Jenis-Jenis Imunitas atau Kekebalan Tubuh

Jenis Imunitas / Kekebalan Tubuh – Halo sobat kekinian semuanya, kali ini kita sama-sama akan membahas tentang sistem imun, lebih tepatnya tentang jenis imunitas atau kekebalan tubuh.

loading...

Seperti yang kita ketahui tubuh memiliki kemampuan untuk menahan atau menghilangkan benda asing serta sel-sel abnormal dalam tubuh atau  yang kita kenal dengan imunitas. Nah, imunitas atau kekebalan tubuh ini dapat dibedakan menjadi dua macam.

Jenis Imunitas Kekebalan Tubuh

Jenis-Jenis Imunitas ( Kekebalan Tubuh )

Imunitas Aktif

Merupakan jenis imunitas yang diperoleh akibat kontak langsung dengan toksin atau pantogen sehingga tubuh mampu memproduksi antibodinya sendiri. Imunitas Aktif dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Imunitas Aktif Alami : terjadi jika seseorang terpapar satu jenis penyakit, kemudian sistem imunitas memproduksi antibodi dan limfosit khusus. Imunitas ini dapat bersifat seumur hidup contohnya seperti imunitas terhadap cacar dan campak, atau dapat pula bersifat sementara seperti imunitas terhadap gonore dan pneumonia.
  • Imunitas Aktif Buatan ( Induksi ) : imunisasi yang merupakan hasil dari pemberian vaksin / vaksinasi. Vaksinasi sendiri adalah pantogen yang mati/dilemahkan, atau toksin yang telah diubah. Vaksin bertujuan untuk merangsang respon imunitas atau kekebalan tubuh. Contohnya seperti vaksin MMR ( measles mumps rubella ) untuk melawan campak dan pemberian vaksin BCG ( bacille calmette guerin ) untuk melawan tuberkolosis.

Imunitas Pasif

merupakan jenis imunitas dimana jika antibodi dari satu individu dipindahkan ke individu lainnya. Imunitas Pasif ini juga dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Imunitas Pasif Alami : terjadi melalui pemberian ASI kepada bayi dan saat IgG ibu masuk ke plasenta, sehingga dapat memberikan kekebalan tubuh setelah kelahirkan untuk beberapa minggu/bulan.
  • Imunitas Pasif Buatan : terjadi melalui injeksi antibodi dalam serum yang dihasilkan oleh orang atau hewan yang kebal karena pernah terpapar antigen tertentu. Contohnya, antibodi dari kuda yang kebal terhadap gigitan ular dapat diberikan kepada manusia yang terkena gigitan ular sejenis.

Oke sob, itu tadi sedikit pembahasa singkat mengenai imunitas atau kekebalan tubuh. Semoga setelah membaca penjelasan diatas sobat semua menjadi lebih paham. Jangan pernah berhenti untuk belajar, salam sobat kekinian :V

loading...
Suka Artikel Ini?

Ketik Komentar / Pertanyaanmu dibawah ini ▼

Your email address will not be published.