Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh yang Belum Kamu Ketahui

Manfaat Pete – Halo sob, pasti udah pada tau dong sama makanan yang satu ini. Yups, pete atau petai memang sudah sangat dikenal khususnya bagi masyarakat Indonesia. Berbagai resep masakan khas Indonesia, kebanyakan juga menggunakan pete sebagai bahannya.

loading...

Tumbuhan yang satu ini dikenal karena memiliki bau yang khas, yang mungkin tidak disukai oleh sebagian orang ya. Tapi apakah pete hanya bau saja, apakah ada manfaat mengkonsumsi pete buat kesehatan tubuh kita? Itu yang akan kita bahas kali ini sob.

Manfaat Pete untuk Kesehatan

Percaya nggak percaya ternyata pete mengandung banyak sekali manfaat sob. Pete atau petai mengandung tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, dan juga mengandung serat makanan. Jadi makan petai bisa membuat tenaga sobat menjadi lebih baik. Selain itu manfaat pete untuk kesehatan tubuh manusia pun ada banyak seperti awet muda, menghilangkan stress, mencegah anemia, menurunkan tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi. Lebih jelasnya akan kita bahas dibawah.

Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengatasi Gangguan PMS
    Yak buat sobat yang sedang kedatangan tamu atau PMS (Pre Menstrual Syndrome) dan sering emosian dan mood cepat berubah, mengkonsumsi pete dapat membuat mood sobat terjaga dan lebih bahagia karena pete mengandung tryptophan. Pete juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood sobat.
  2. Obat Awet Muda Alami
    Percaya atau nggak, pete bisa menjadi obat awet muda loh sob. Pete mengandung banyak protein yang berguna untuk meregenerasi kulit. Nggak percaya, coba aja sobat liat orang-orang yag suka mengkonsumsi pete :v
  3. Mencegah Terjadinya Anemia
    Anemia atau kekurangan darah bisa diatasi dengan mengkonsumsi pete, karena pete mengandung banyak zat besi yang berguna sebagai bahan pembentuk darah dalam tubuh manusia.
  4. Menurunkan Darah Tinggi / Hipertensi
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pete mengandung zat yang bisa membuat mood kita menjadi lebih baik. Tentunya dengan mood yang baik, tekanan darah tinggi dapat menurun.
  5. Menambah Nafsu Makan
    Nah, buat sobat yang merasa nafsu makannya kurang. Coba deh mengkonsumsi pete, karena menurut kebanyakan orang mengkonsumsi pete dapat meningkatkan nafsu makan juga.
  6. Menghindari dari Kegemukan
    Loh kok bisa, tadi katanya menambah nafsu makan. Iya sob, pete juga megandung banyak serat yang baik untuk mengikat lemak-lemak didalam tubuh kita, sehingga menghindari timbuan lemak berlebih dalam tubuh.
  7. Menghindari Penyakit Stroke
    Menurut ulasan “The New England Journal of Medicine” , makan petai sebagai bagian dari diet teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat strok hingga 40%.
  8. Menghilangkan Gatal Gigitan Nyamuk
    Kalau yang ini bukan petenya ya, tapi kulit pete nya. Sobat tinggal gosokkan bagian dalam kulit pete kebagian yang gatal akibat gigitan nyamuk.
  9. Menghentikan Kebiasaan Merokok
    Buat sobat yang mau berhenti merokok, coba deh konsumsi Pete. Kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam manfaat pete ini dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok dan menghentikan nikotin untuk masuk ke dalam tubuh.
  10. Melancarkan Pencernaan
    Pete yang mengandung banyak serat juga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Buat sobat yang mengalami masalah pencernaan, monggo dicoba mengkonsumsi tanaman ajaib yang satu ini.

Oke sob, sebenernya masih banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi pete bagi kesehatan tubuh kita. Tapi menurut kami, 10 itu merupakan yang wajib sobat ketahui tentang manfaat pete/petai. Semoga bermanfaat sob.

loading...
Suka Artikel Ini?

Ketik Komentar / Pertanyaanmu dibawah ini ▼

Your email address will not be published.