Apa itu Cross Border Shopee, Ini Penjelasannya!

Infokekinian.com – Infokekinian akan membahas mengenai apa itu arti Cross Border Shopee, yuk simak bagaimana ulasan dan penjelasannya dibawah ini ya!

Tampaknya ada banyak minat di kalangan netizen untuk mempelajari lebih lanjut tentang fenomena shopee lintas batas. Simak ulasan berikut ini.

Shopee adalah salah satu aplikasi belanja online paling populer di Indonesia. Sebagai aplikasi marketplace, Shopee sendiri dikenal sering menawarkan banyak event dan promo menarik bagi penggunanya.

Sebut saja promo fake sale, promo bulanan shopee, promo diskon dan cashback dan masih banyak lagi. Di shopee, kamu juga akan menemukan voucher dan koin shopee yang bisa dijadikan potongan harga.

Selain itu, sebagai salah satu aplikasi terpopuler, pengembang shopee juga tidak henti-hentinya memperbarui dan menyempurnakan fitur-fiturnya. Sebelumnya, Shopee telah mengembangkan dompet digital dan opsi kredit yang disebut Shopee bayar nanti.

Yang terbaru baru saja merilis fitur Shopee express. Dibandingkan dengan ekspedisi lain, ini adalah metode ekspedisi pengiriman resmi yang disukai Shopee karena biayanya yang lebih murah.

Namun, yang menjadi pertanyaan bagi pengguna saat ini adalah apa istilah shopee lintas batas? Kalau penasaran, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Cross Border Shopee, Ini Penjelasannya! (2)

Apa itu Cross Border Shopee?

kamu mungkin pernah mendengar istilah lintas batas di kalangan pengguna shopee. Jadi apa sebenarnya arti istilah ini?

Jika kita melihat cross border sendiri merupakan sebuah kata dari bahasa inggris yang jika diartikan adalah to cross the border. Lalu border apa yang dimaksud dalam cross border Shopee ini?

Perlu kamu ketahui juga bahwa di dalam aplikasi Shopee banyak sekali toko online yang membuka lapak dari berbagai daerah. Bahkan beberapa di antaranya berada di luar negeri dan bukan di Indonesia.

Shopee sendiri merupakan aplikasi yang berasal dari Singapura. Hingga saat ini Shopee juga telah beroperasi di berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika. Semuanya bisa hadir di shopee dengan kemudahan platform internet itu sendiri yang memiliki cakupan global.

Nah, meski ada server yang mengelola alur aplikasi Shopee di berbagai tempat, kamu tetap bisa berbelanja di toko yang jauh meski di luar negeri. Hal ini juga berlaku bagi pelapak yang juga bisa membuka toko di luar negeri untuk mendapatkan pasar di Indonesia.

Cross Border Shopee Adalah

Mungkin sekarang kita mulai memahami konsep bahwa cakupan Shopee sangat luas sehingga penjual dan pembeli dapat memperoleh barang dari seluruh dunia.

Kembali lagi ke pembahasan sebelumnya jika pengertian lintas batas itu sendiri adalah lintas batas. Nah perbatasan yang dimaksud di Shopee disini adalah perbatasan negara atau lokasi antara penjual dan konsumen.

Mungkin saja kamu bertemu dengan penjual yang mengirimkan barang kepada kamu dari negara lain. Saat kamu melihat barang yang ingin kamu beli, deskripsi toko biasanya menyertakan informasi tentang lokasi barang tersebut saat ini.

Karena penjualnya berada di negara lain, mereka dapat mengatur lokasi Shopee di sana. Dan jika terjadi transaksi antara penjual di luar negeri dengan konsumen, maka transaksi tersebut disebut lintas batas.

Jadi secara sederhana, lintas batas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transaksi yang terjadi lintas batas wilayah atau dari negara yang berbeda. Untuk toko yang lintas batas sendiri berada di luar dan nantinya paket akan dikirim namun dengan ongkos kirim yang lebih mahal.

Saat ini juga sudah banyak akun cross-border yang tersedia di server Indonesia. Kebanyakan dari mereka berada di China dan menawarkan produk yang memang berbeda dengan pada umumnya.

Pengiriman lintas batas memiliki sejumlah keunggulan. Jika opsi pengiriman ini dari luar negeri dan menggunakan standar Shopee, pasti akan lebih mahal.

Selain itu biasanya setelah masuk wilayah Indonesia paket akan tetap dikirimkan kepada kamu menggunakan ekspedisi lain sebagai pihak ketiga seperti jnt, jne, sicepat dan lain-lain.

Kesimpulan

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai cross border shopee. Cross border ini berarti melewati perbatasan wilayah negara atau ke luar negeri.

Sebelum dikirim menggunakan ekspedisi yang ada di Indonesia, barang akan masuk ke bea cukai terlebih dahulu. Setalah melewati prosedur di Bea Cukai, baru barang bisa di drop menggunakan ekspedisi seperti JNT, JNE, Sicepat atau Anteraja.