Aplikasi Desain Fashion di Laptop

InfoKekinian.com – Tidak ada lagi batasan bagaimana desain pakaian dapat dibuat sketsa di atas kertas di dunia serba digital ini. Aplikasi desain fashion kini sudah banyak tersedia untuk membantu kamu untuk menggambar fashion.

Untuk orang-orang yang hanya ingin mempelajari lebih lanjut tentang desain busana atau yang ingin menemukan aplikasi desain yang berbeda dari yang sudah mereka gunakan, kami akan memberikan 10 saran untuk program desain pakaian yang dapat kamu gunakan di PC kamu.

rekomendasi aplikasi desain fashion

Aplikasi Desain Fashion di Laptop

Berikut adalah daftar aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mendesain fashion di laptop.

1. Concepts – Aplikasi Desain Fashion di Laptop

Concepts adalah aplikasi menggambar yang memiliki banyak alat berguna yang dapat membantu perancang busana bekerja lebih cepat. Aplikasi ini dapat membuat gambar terlihat bagus meskipun ukurannya lebih besar. Hal ini memudahkan untuk mengubah detail desain kaos.

Lalu ada juga roda alat yang memungkinkan pengguna mengubah alat lain tanpa harus meninggalkan kanvas yang sedang mereka kerjakan. Namun fitur aplikasi ini lebih baik pada versi iPhone dan iPad.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi desain baju dari Concepts, kamu bisa mendapatkannya secara gratis dari Microsoft Store.

2. Autodesk Sketchbook

Ini adalah salah satu pilihan terbaik bagi orang yang ingin mendesain pakaian dengan aplikasi PC. Aplikasi ini memiliki lebih dari 140 jenis kuas yang dapat terlihat seperti kamu sedang menggambar di atas kertas atau kanvas.

SketchBook juga memiliki panel samping yang memiliki banyak alat menggambar yang berbeda. Meski hampir semuanya memiliki layar, namun penempatannya tetap rapi sehingga tidak menghalangi desain.

Hal lain yang baik tentang aplikasi ini adalah betapa mudahnya untuk digunakan. Sekali lagi, ini menarik. AutoDesk SketchBook ini dapat diunduh secara gratis di tautan ini, dan dapat digunakan secara gratis.

3. Tayasui Sketches – Aplikasi Desain Fashion di Laptop

Ada aplikasi yang bisa membantu kamu membuat desain baju digital. Ini disebut Sketsa Tayasui. Aplikasi ini memiliki banyak alat menggambar yang berbeda di sisi layar, sehingga pengguna dapat mengganti alat dengan lebih mudah.

Kemudian, masing-masing kuas mulai dari pensil hingga kuas cat air memiliki tip, ukuran, dan opasitas yang berbeda.

Karena tidak hanya itu, mereka juga memiliki banyak template pola yang berbeda yang dapat mereka gunakan untuk membantu mereka mendesain pakaian yang mereka buat.

Selain itu, ada juga fungsi pencampuran warna, yang memungkinkan kamu mencampur dua warna menjadi satu dan mengubah konsentrasinya untuk mendapatkan warna sempurna yang kamu inginkan.

Sayangnya, aplikasi menggambar ini hanya untuk Mac. Jika kamu ingin mendapatkannya secara gratis, kamu bisa langsung ke Mac Store App.

4. Adobe Illustrator

Berbicara tentang seni digital, rasanya tidak lengkap jika tidak menyertakan Adobe. Sebagai perancang busana, kamu mungkin menggunakan Illustrator untuk membuat desain sederhana atau kompleks. Ini adalah salah satu produk Adobe.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat sketsa datar, ilustrasi fashion, dan katalog line sheet. Karena aplikasi ini sangat populer di kalangan desainer, ada banyak tutorial di web.

Hanya saja aplikasi ini tidak gratis. Setiap bulan, kamu harus membayar sekitar Rp. 280.000 untuk menggunakannya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena mereka masih memiliki versi uji coba gratis yang dapat kamu unduh dari halaman Adobe ini.

5. Corel Draw – Aplikasi Desain Fashion di Laptop

CorelDraw juga banyak digunakan oleh para fashion designer yang kesulitan membuatnya di lapangan. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan orang membuat sketsa datar dan ilustrator dengan cepat.

Pengguna yang ingin menggunakan CorelDraw harus membayar sekitar $49,95 per bulan untuk menjadi anggota. Ada juga uji coba CorelDraw gratis, yang bisa kamu dapatkan di sini.

6. Adobe Photoshop

Illustrator bukan satu-satunya produk Adobe yang dapat digunakan untuk desain fashion. Photoshop juga dapat digunakan.

Photoshop memiliki alat yang memungkinkan kamu mengubah desain material, menambahkan bayangan dan sorotan tanpa membuatnya terlihat seperti berasal dari tekstur material, dan membuat sketsa.

Dalam hal membuat sketsa, Illustrator sebenarnya adalah yang terbaik. Tetapi ketika datang untuk mendesain dan mengubah tekstil, Photoshop lebih baik daripada desain lainnya, meskipun membutuhkan lebih banyak uang.

Jika kamu membayar sekitar Rp 280.000 sebulan, kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara penuh. Kunjungi halaman ini jika kamu tidak yakin ingin membelinya. kamu dapat mencoba versi gratisnya terlebih dahulu.

7. CLO – Aplikasi Desain Fashion di Laptop

Buat desain pakaian dalam 3D jika kamu ingin memamerkannya kepada dunia. Jika demikian, aplikasi CLO ini harus ada di desktop kamu. Dengan CLO, pengguna dapat dengan cepat membuat berbagai macam gaya, dari kemeja sederhana hingga pakaian dengan detail pola yang rumit.

CLO juga memiliki avatar 3D siap pakai, sehingga pengguna dapat membuat desain yang diinginkan langsung di avatar mereka. Aplikasi ini juga memiliki banyak materi yang berbeda dengan visualisasi yang mendekati materi aslinya.

Sayang sekali software CLO ini tidak gratis. Untuk semua fiturnya, kamu akan dikenakan biaya sekitar 50 dolar AS sebulan.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan untuk sobat kekinian, kalian bisa memilih mana aplikasi yang akan digunakan untuk menggambar fashion. Semoga bermanfaat!