Aplikasi Peduli Kementrian ESDM, Ini Fitur dan Link untuk Downloadnya

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi aplikasi peduli kementrian ESDM, ini fitur dan link untuk downloadnya. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Aplikasi Peduli Kementerian ESDM ini untuk kamu yang ingin mendapatkan subsidi pemerintah atau bantuan berupa listrik gratis.

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat menggunakan aplikasi ESDM care; banyak kriteria yang harus dipenuhi.

Pembuat aplikasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, atau hanya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menetapkan kriteria ini.

Aplikasi Peduli Kementrian ESDM, Ini Fitur dan Link untuk Downloadnya

Aplikasi ini memuat banyak orang yang dapat memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia baik skala mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pedagang, dan individu.

Dari segi aplikasi, ternyata menawarkan sejumlah keunggulan. Tentunya tujuan dari fitur ini adalah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam menggunakannya.

Namun dalam skala grafik, aplikasi ini identik dengan aplikasi pemerintah lainnya, jadi harap bersabar jika kamu sedang menggunakannya atau berencana untuk menggunakannya.

Aplikasi ini ditujukan untuk menjawab keresahan masyarakat, khususnya dalam hal kenaikan atau perubahan harga tarif listrik saat ini.

Akibat lonjakan harga batu bara, Kementerian ESDM meluncurkan kebijakan berupa subsidi listrik melalui aplikasi ini.

Apakah aplikasi benar-benar diperlukan? Apakah kamu ingin mengunduh aplikasi? Jika itu masalahnya, baca ulasan di bawah ini.

Tentang Aplikasi Peduli Kementrian ESDM

Jika kamu ingin download Aplikasi Peduli Kementrian ESDM segera maka kamu harus mengetahui tentang aplikasi ini terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

Aplikasi Peduli ESDM mulai diluncurkan 14 Januari 2020. Adapun aplikasi tersebut dirancang dan diluncurkan oleh bagian Kementerian ESDM yakni Pusdatin ESDM.

Aplikasi tersebut memiliki ukuran yang cukup kecil yakni 4,4mb sehingga aplikasi tersebut tidak memakan kapasitas memori kamu yang cukup banyak.

Peluncuran dari aplikasi ini berdasarkan amanat Pemerintah yang terus berkomitmen memberikan listrik yang terjangkau bagi masyarakat.

Adapun salah satu langkahnya adalah dengan memberikan subsidi listrik untuk golongan tertentu. Keakurasian data dalam pemberian subsidi listrik menjadi kunci utama dalam pelaksanaan subsidi listrik yang lebih tepat sasaran.

Kementerian ESDM menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menyatakan bahwa masyarakat miskin di Indonesia sebesar 40%.

Sejak tahun 2017 hingga saat ini, Pemerintah telah melaksanakan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran, dengan pemberian subsidi tarif tenaga listrik diberikan untuk seluruh rumah tangga daya 450 VA.

Disisi lain, untuk rumah tangga miskin dan tidak mampu daya 900 yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Maka dari itu, peluncuran aplikasi ini menjalankan tugas yang telah diamanatkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021.

Bahwa Pemerintah menyediakan dana untuk kelompok masyarakat tidak mampu. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi ini harus digunakan oleh masyarakat yang tidak mampu atau sedang menjalankan bisnis UMKMnya.

Jika kamu masuk ke dalam bagian tersebut maka Sabilia akan membawa kamu untuk Download Aplikasi Peduli Kementrian ESDM. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fitur Aplikasi Peduli Kementrian ESDM

Setelah mengetahui tentang aplikasi ini maka kamu harus mengetahui juga fitur-fitur yang ditampilkan aplikasi tersebut sebelum Download Aplikasi Peduli ESDM.

Berikut fitur-fitur yang ditampilkan oleh Aplikasi Peduli Kementrian ESDM, sebagai berikut:

  1. Pengaduan Subsidi, fitur ini memiliki fungsi untuk kamu sebagai pengguna dalam mengajukan dan mendapatkan subsidi listrik gratis.
  2. Cek NIK BDT, fitur ini memiliki fungsi untuk kamu sebagai pengguna dalam mengetahui Nomor Induk Keluarga dari Basis Data Terpadu.
  3. Cek Subsidi Listrik, fitur ini memiliki fungsi untuk kamu sebagai pengguna dalam mengetahui apakah kamu sebagai pengguna mendapatkan subsidi tersebut atau tidak.
  4. Informasi Pengaduan, fitur ini memiliki fungsi untuk kamu sebagai pengguna untuk mengetahui pengaduan yang sudah diajukan.
  5. Berita, fitur ini memiliki fungsi untuk kamu sebagai pengguna dalam mengetahui langkah atau kebijakan baru dari Kementerian ESDM.

Download Aplikasi Peduli Kementrian ESDM

Sebelumnya, pastikan untuk memiliki jaringan yang baik agar dapat mengunduhnya dengan cepat dan lancar.

Selain itu, perhatikan penyimpanan perangkat ponsel terlebih dahulu. Berikut adalah link untuk downloadnya:

  1. Nama: Aplikasi Peduli ESDM
  2. Versi: 1.0.1
  3. Pengembang: Pusdatin ESDM
  4. Ukuran: 4.4 MB

Link Download DISINI

Cukup mudah bukan untuk download aplikasi Aplikasi Peduli ESDM di ponsel kamu? Jika sudah mendownload dan kamu bingung untuk menginstallnya dibawah ini adalah caranya.

Cara Pasang Aplikasi Peduli ESDM

Jika kamu sudah selesai download, namun bingung bagaimana cara memasangnya. Silahkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk instalasi aplikasinya di ponsel kamu:

  1. Pertama kamu harus Download aplikasinya terlebih dahulu, melalui Link yang telah disediakan diatas.
  2. Setelah itu buklah terlebih dulu Pengaturan, lalu kamu pilih menu Keamanan atau Security, lalu kamu aktifkan Install App Sumber Tidak Dikenal atau Unknown Sources.
  3. Selanjutnya silahkan kamu buka Folder atau File tempat menyimpan Aplikasi yang telah didownload sebelumnya, dan pilih Install untuk memulai Pemasangan Aplikasi.
  4. Selesai.

Cara Melakukan Pengaduan di Aplikasi Peduli ESDM

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang masih bingung bagaimana cara melakukan melakukan pengaduan agar kamu mendapatkan subsidi listrik secara gratis.

Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Jika sudah mengunduh aplikasi tersebut dan sudah terinstal maka kamu harus melakukan pendaftaran untuk memasuki aplikasi tersebut.
  2. Lengkapi data-data yang diperlukan aplikasi tersebut agar kamu benar-benar mendapatkan subsidi listrik.
  3. Setelah melakukan pengisian data profil secara lengkap maka kamu perlu melakukan pengecekan kembali.
  4. Jika kamu sudah melakukan pengecekan maka kamu tinggal mengakses fitur pengajuan subsidi dan melengkapi persyaratan tambahan untuk mendapatkan subsidi yang diinginkan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai fitur dan link lengkap untuk download aplikasi peduli ESDM, yang belakangan ini sedang dicari.

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi Peduli Kementrian ESDM, Ini Fitur dan Link untuk Downloadnya, dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.