Aplikasi Pengecil Ukuran File Terbaik

InfoKekinian.com – Menggunakan aplikasi pengecil ukuran file mungkin membantu Kamu menangani file yang ukurannya terlalu besar. Aplikasi ini mampu mengecilkan ukuran file lebih kecil dari ukuran aslinya.

Namun, tidak mengurangi kualitas file yang disediakan. Alternatif bagi mereka yang memiliki sedikit memori yang perlu menampung sejumlah besar data.

Tidak hanya itu, terkadang file yang terlalu besar juga sulit untuk diunggah ke situs atau layanan tertentu, oleh karena itu harus dikurangi terlebih dahulu. Ada berbagai jenis file, dan masing-masing dapat diciutkan menggunakan aplikasi. Berikut daftar aplikasi file yang dapat meminimalkan ukuran:

beberapa aplikasi pengecil ukuran file

1. Aplikasi Pengecil Ukuran File PDF

PDF telah berkembang menjadi salah satu format file yang paling banyak digunakan di berbagaai macam platform. Format ini sangat mudah digunakan pada banyak sistem dan cukup dapat diandalkan.

Namun terkadang saat mendistribusikan file ini kami terkendala dengan ukurannya yang besar. Untungnya, sekarang ada beberapa alat kompresi PDF gratis yang dapat diakses secara online.

Aplikasi ini bisa mengecilkan ukuran file cukup gunakan aplikasi ini untuk mengompresnya. Selain itu, mereka juga dapat menggabungkan atau membagi file PDF. Aplikasi pengecil ukuran file PDF ini memiliki banyak kemampuan. Jika Kamu membutuhkan aplikasi ini untuk pendidikan dan pekerjaan,

2. Aplikasi Pengecil Ukuran File Foto

Untuk memampatkan dan memperkecil ukuran aplikasi foto beberapa mungkin bertanya-tanya mengapa ukurannya menyusut.

Jawabannya adalah untuk kepentingan internet. Ini akan memakan waktu lebih sedikit untuk situs web atau aplikasi untuk menampilkan gambar yang lebih kecil. Menghemat kuota merupakan keuntungan tambahan, selain menghemat waktu (bagi yang membukanya).

Ya, tepatnya sekarang kuota dan koneksi internet juga ditingkatkan. Tapi ukuran gambarnya juga meningkat. Grafik yang sedikit lebih kecil jelas lebih ramah pengguna untuk berbagai konteks, termasuk situs web.

Jadi jika Kamu secara rutin berurusan dengan foto-foto untuk alasan web, aplikasi pengecil ukuran file foto tentu yang Kamu butuhkan. Seharusnya tidak ada kesulitan jika Kamu telah menggunakan aplikasi pengubah gambar seperti Photoshop.

3. Aplikasi Pengecil Ukuran File di Android

Pengenalan aplikasi pengecil ukuran file di Android tidak diragukan lagi memudahkan kita untuk meminimalkan ukuran berbagai format file, baik itu gambar, PDF, atau film.

Jadi, jika Kamu memiliki file yang besar dan ingin memperkecil ukurannya, yang harus Kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi tersebut.

Jangan khawatir, meskipun ukurannya diperkecil, kualitas file tidak akan turun dan akan tetap baik-baik saja.

Mereka yang kehabisan penyimpanan internal atau eksternal sering beralih ke kompresi sebagai metode alternatif untuk mengurangi ukuran file mereka.

Ukuran file yang lebih rendah tidak hanya menghabiskan lebih sedikit ruang penyimpanan, tetapi juga mempermudah pengiriman email atau pengunggahan.

4. Aplikasi Pengecil Ukuran File Word

Saat ini tentunya kebanyakan orang sudah mengenal program pengolah kata yang satu ini. Ya, ini karena popularitas Ms Word selalu konsisten dari waktu ke waktu. Gaya dan alat dalam aplikasi ini juga sangat ramah sehingga mudah digunakan oleh berbagai kelompok.

Ms Word yang dikenal sebagai pengolah kata, tidak hanya menyediakan kumpulan kata tetapi juga foto, grafik, tabel dan lain sebagainya di dalam Ms Word. Karena itu file yang dihasilkan Word mungkin memiliki ukuran file yang lebar.

Jumlah halaman, foto, tabel, grafik, dan komponen lain dalam file akhir semuanya berkontribusi signifikan terhadap ukurannya. Nah, awal dari itu, berikut ini kami akan menyajikan artikel tentang cara mengecilkan ukuran file Word agar lebih efektif untuk email atau penyimpanan.

5. Aplikasi Pengecil Ukuran File

Berikut daftar aplikasi pengecil ukuran file yang kami rekomendasikan

1. Kompres File PDF

Aplikasi pertama yang disarankan adalah Compress PDF Files. Satu-satunya tujuan aplikasi ini adalah untuk mengurangi ukuran file PDF.

Uniknya, Kamu bisa menentukan ukuran file yang diinginkan.

Meski sudah berkurang, kualitas file tetap terjaga.

Kelebihan dari aplikasi ini berupa mengecilkan ukuran file hingga 90 persen dari ukuran file aslinya, proses kompres ukuran file cukup cepat sehingga bisa langsung digunakan untuk mengkompres beberapa file, metode kompresi dari aplikasi ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

2. Kompresor Video – Kompres Video/Foto dengan cepat

Foto dan film dapat dikompresi menggunakan aplikasi kedua yang tersedia di file Android. Aplikasi ini mampu memangkas ukuran file dari ukuran aslinya menjadi maksimal. Selain itu, dimungkinkan untuk memisahkan file video menggunakan aplikasi ini.

Tentu saja, mengosongkan memori penyimpanan merupakan keuntungan besar, karena file yang paling banyak memakan ruang cenderung berupa gambar dan video. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk segera berbagi file terkompresi dengan orang lain dengan metode praktis.

3. WinZip – Zip UnZip Tool

Aplikasi ketiga yang disarankan untuk digunakan adalah WinZip – Zip UnZip Tool. Menganalisis file duplikat menjadi sederhana dengan bantuan aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat segera mengompresi ukuran banyak file sebelum membuat arsip ZIP.

Ini adalah suatu keharusan bagi semua orang yang mentransmisikan file dalam folder tetapi khawatir tentang ukuran file. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengompres berbagai jenis file seperti gambar, PDF, excel hingga powerpoint sehingga lebih efektif untuk diinstal.

4. RAR

Bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang lain, RAR adalah aplikasi yang bagus untuk kompresi file. Sangat mudah digunakan dan gratis untuk mengunduh RAR atau WinRAR, keduanya merupakan utilitas kompresi file all-in-one.

Ini sangat baik untuk Kamu yang menyimpan banyak file di perangkat seluler Kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan proses transfer file tanpa terganggu oleh ukuran yang terlalu besar.

Tidak hanya itu, file terkompresi dapat langsung dibagikan dengan teman melalui media obrolan dengan cara yang praktis.

5. ZArchiver

ZArchiver adalah aplikasi terakhir dalam daftar kami. Selain mengompresi file, program ini juga dapat mengurangi ukurannya. ZArchiver adalah alat manajemen arsip yang menyediakan desain UI dasar namun praktis.

Perlu dicatat bahwa aplikasi pengarsipan ini dapat digunakan secara offline, yaitu tanpa akses ke internet. Cukup dengan satu sentuhan untuk melakukan prosedur kompresi file yang mendukung aplikasi format, termasuk 7z (7 zip), zip, gzip, bzip2, tar, XZ, lz4, dll.).

Gunakan program kompresi file ini di ponsel cerdas Kamu untuk mengurangi ukuran semua jenis file. Kamu dapat menghemat ruang penyimpanan ponsel cerdas dengan menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan

Itu adalah beberapa aplikasi pengecil ukuran file yang kami rekomendasikan dan kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengecil file lainnya yang kami jelaskan diatas. Semoga bermanfaat!