Cara Bermain Bola Tangan dengan Mudah

InfoKekinian.com – Siapa yang disini sudah mengenal permainan bola tangan? Atau bahkan kamu belum mengetahuinya? Don’t worry, karena kita akan membagikan cara bermain bola tangan yang baik dan benar.

Bola tangan adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola, hanya saja, sesuai dengan namanya, ini dimainkan dengan tangan.

Pengertian Bola Tangan
Bola tangan telah dimainkan sejak 100 M, pada zaman Yunani Kuno. Ingin tahu lebih banyak tentang olahraga ini? Yuk simak artikel ini untuk mengetahui sejarah hingga cara bermain bola tangan.

Pengertian Bola Tangan

Bola tangan merupakan salah satu cabang olahraga dari bola besar yang dimainkan secara beregu yang saling bersaing satu sama lain.

Sebuah tim terdiri dari 14-16 pemain dengan 7 pemain inti, termasuk penjaga gawang, dan pemain yang tersisa berfungsi sebagai cadangan, yang berguna untuk mengganti pemain inti jika terjadi cedera atau performa buruk.

Struktur olahraga ini menyerupai sepak bola, namun ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Bola tangan membawa bola dan mencetak gol menggunakan tangan, sedangkan sepak bola menggunakan kaki, sehingga bola tangan memiliki lebih sedikit pemain dan penonton daripada sepak bola.

Tujuan dari olahraga bola tangan ini adalah untuk mencetak gol atau poin sebanyak-banyaknya ke gawang lawan untuk memenangkan pertandingan dan untuk mempertahankan gawang sendiri agar tidak kebobolan.

Sejarah Bola Tangan

Peraturan Bola Tangan
Olahraga bola tangan ini diyakini berasal dari Yunani Kuno antara 130 dan 200 M. Urania adalah nama olahraga yang sebanding atau sama dengan bola tangan, meskipun aturan serta metode bermainnya yang sedikit berbeda dengan sekarang.

Pada abad ke-11, bola tangan berkembang di Jerman, yang dipopulerkan oleh seorang pria bernama Walther Von Der Vgelweide dengan nama yang berbeda, yaitu fangballspiel atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, permainan tangkap bola dengan sebelas peserta.

Kemudian, handball ini mengalami perkembangan yang pesat hingga ke benua Eropa dan Amerika. Dan olahraga ini dipraktekkan di Denmark dan Prancis sepanjang abad keempat belas.

Kemudian pada abad ke-17 M, permainan ini juga dimainkan oleh penduduk asli Amerika yang dikenal dengan nama Eskimo.

Sekitar abad ke-19 Masehi, handball mengalami berbagai perubahan regulasi dan dikenal sebagai field handball dengan tujuh pemain.

Hirschman dan Dr. Karl Schelenz adalah orang Jerman yang berkontribusi dalam pengembangan olahraga ini, sehingga keduanya pun diakui sebagai pencipta bola tangan lapangan modern.

Banyak kompetisi telah diadakan sejak meningkatnya popularitas dan penyebaran permainan bola tangan.

International Handball Federation (IHF) didirikan pada tahun 1946 dan menjadi tuan rumah kejuaraan bola tangan internasional pada tahun 1954. Ada sekitar 160 negara yang terdaftar sebagai anggota IHF.

Sejarah Bola Tangan di Indonesia

Sejarah handball atau bola tangan di Indonesia berawal dari zaman penjajahan Belanda, namun hanya sedikit orang yang mengetahui fakta ini.

Hal ini dikarenakan tidak adanya organisasi bola tangan atau pertandingan. Pada tahun 1951, bola tangan pertama kali dimainkan pada PON II Jakarta, disusul DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Siswa sekolah menengah atas di Indonesia mengenal bola tangan sebagai salah satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah-sekolah dan dinas kemiliteran.

Pada tahun 2008, Indonesia memprakarsai pengembangan bola tangan. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asian Beach Sports Championship (Asian Beach Game).

Setelah Asian Beach Games, baik indoor maupun pantai, permainan ini terus berkembang. Selain itu, kejuaraan bola tangan khusus lainnya telah dipentaskan baik di dalam negeri maupun internasional.

Teknik Dasar Bola Tangan

Teknik Dasar Bola Tangan
Berikut adalah teknik dasar dari bola tangan:

1. Teknik Menggiring Bola atau Dribbling

Dalam sepak bola, menggiring bola sangat penting untuk menentukan kemenangan. Hal yang sama berlaku untuk bola tangan, dimana pada teknik ini membutuhkan latihan yang konsisten untuk menguasainya.

Menggiring bola yang baik tentunya menuntut tangan yang elastis atau tidak kaku, agar bola dapat dipantulkan dengan lebih mudah.

2. Teknik Menembak atau Shooting

Kamu akan dapat mencetak gol dan meraih kemenangan jika kamu menembak dengan akurat dan dengan kekuatan yang cukup menggunakan teknik ini.

Pemain yang memiliki lemparan kuat dan berada di posisi depan biasanya akan melakukan tembakan.

3. Teknik Mengumpan atau Passing

Jika kamu tidak ahli atau mahir, baik dalam menembak atau dribbling, maka hal ini akan tertutupi jika kamu ahli dalam mengumpan bola.

teknik ini tentunya sangat penting bagi keberhasilan tim, kenapa? Karena seorang pemain bisa mencetak gol setelah menerima umpan yang baik dan indah dari rekan satu timnya.

Berikut ini adalah dua teknik yang bisa kamu lakukan dalam mengumpan bola di berbagai situasi serta kondisi:

  1. Menggunakan satu tangan untuk mengumpan, strategi ini digunakan untuk memancing teman kamu dari jarak yang sangat jauh.
  2. Menggunakan dua tangan, teknik ini dilakukan saat teman berada di dekatnya.

4. Menagkap Bola atau Catch

Teknik ini sangat penting untuk menerima umpan dan tembakan dari lawan dalam bola tangan. Dibutuhkan banyak latihan untuk mempelajari teknik ini, yang tidak terlalu sulit atau sederhana.

Kamu harus bisa menangkap bola yang mendekat dengan cepat, bola yang tinggi, bola yang rendah, dan bola yang menggelinding serta memprediksi kapan bola harus ditangkap membutuhkan banyak insting.

5. Teknik Menghadang Lawan

Teknik terakhir yang tidak kalah pentingnya dengan teknik lainnya adalah teknik blocking. Kamu berpotensi menjadi seorang defender jika kamu mahir dalam menghalau spell lawan.

Untuk menghadapi lawan, kamu harus memiliki tubuh yang besar, fisik yang kuat, dan stamina yang ekstra.

Peraturan Bola Tangan

Peraturan Handball
Berikut ini adalah beberapa peraturan dalam permainan bola tangan:

Jumlah Pemain Bola Tangan

Setiap tim bola tangan terdiri dari tujuh pemain. Enam individu adalah pemain yang bergerak bebas di lapangan, sedangkan yang ketujuh adalah penjaga gawang.

Masing-masing pihak diizinkan untuk menggunakan tujuh pemain pengganti per pertandingan. Selama permainan, salah satu pihak boleh mengganti pemain tanpa memberi tahu wasit.

Durasi Permainan Bola Tangan

Pada olahraga bola tangan akan dilakukan dalam dua babak, dimana setiap babaknya akan berlangsung selama 30 menit dengan istirahat 15 menit di antara babak.

Ukuran Lapangan Bola Tangan

Seperti semua olahraga, ukuran lapangan bola tangan diatur oleh aturan resmi. Dimensinya hampir identik dengan lapangan futsal, dan dapat dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan, meskipun final resmi dimainkan di dalam ruangan.

Berikut ini adalah ukuran lapangan bola tangan:

  1. Panjang: 40 meter
  2. Lebar: 20 meter
  3. Jarak free throw atau lemparan bebas: 9m
  4. Garis gawang: 6 meter
  5. Jarak ke titik penalti: 7 meter
  6. Di tengah lingkaran dengan radius 9,15 meter adalah titik dari mana lemparan permainan berasal
  7. Setiap sudut lapangan harus dilengkapi dengan bendera berukuran tinggi 1,5 meter.

Ukuran Gawang Bola Tangan

Tiang gawang terbuat dari kayu dengan lebar 12,5 cm dan dilengkapi dengan jaring dan dimensi gawang bola tangan ditentukan dari bagian dalam tiang gawang dan bagian dalam mistar gawang, sebagai berikut:

  1. Tinggi: 2 meter
  2. Lebar: 3 meter

Peralatan Permainan Bola Tangan

Panjang lapangan bola tangan adalah 90-100 meter dengan lebar 55-65 meter. Sementara itu, bola dengan ukuran berbeda digunakan untuk anak laki-laki dan perempuan.

Bobot bola putra antara 425-475gr, sementara berat bola pada putri antara 325 hingga 400 gram. Selain itu, diameter bola pun bervariasi.

Dimana bola tangan pria memiliki lingkar yang lebih besar, antara 58 hingga 60cm. Untuk wanita, keliling bola adalah antara 54 hingga 56cm.

Mencetak Gol

Pemain lapangan diperbolehkan menyentuh, mengoper, dan menggiring bola ke gawang lawan.Gol tercipta ketika bola melewati sebagian besar garis gawang. Penjaga gawang diizinkan untuk bergerak bebas di dalam area gawang untuk memblokir bola.

Pelanggaran

Tindakan berikut merupakan pelanggaran dalam permainan bola tangan:

  1. Lebih dari tiga langkah atau tiga detik menggiring bola
  2. Terlalu dekat atau ramai dengan pemain lain
  3. Mengoper bola di luar zona yang diperbolehkan
  4. Dilarang menahan, menarik, atau mendorong lawan saat menggiring bola
  5. Terlibat dalam tindakan kekerasan terhadap pemain lawan.

Cara Memainkan Bola Tangan

Cara Memainkan
Mirip dengan sepak bola, sebagaimana kamu hanya bisa menggiring bola dengan kaki kamu. Dan kamu hanya bisa menggunakan tangan kamu untuk bermain bola tangan.

Bola hanya boleh menyentuh tangan, kepala, badan, paha, dan lutut, dan harus dipantulkan atau dilempar ke pemain lain setelah pemegangnya mengambil tidak lebih dari tiga langkah.

Oleh karena itu, hanya mungkin untuk menahan bola selama tiga detik.

Manfaat Permainan Bola Tangan bagi Kesehatan

Bola tangan adalah olahraga dengan banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat saat mengikuti olahraga ini:

1. Menambah Massa Otot

Bola tangan adalah olahraga yang sangat baik untuk mendapatkan massa otot. Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science membuktikan hal ini.

Setelah 12 minggu aktivitas bola tangan yang konsisten, massa otot peserta naik 900 gram.

2. Menurunkan Massa Lemak

Selain peningkatan massa otot, seseorang dalam penelitian yang sama menunjukkan penurunan massa lemak.

Karena temuan ini, bola tangan mungkin dapat dipasangkan dengan olahraga lain yang mempromosikan penurunan lemak.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Selain itu, bermain bola tangan selama 12 minggu meningkatkan massa tulang paha sebesar 0,8%.

Hal ini adalah temuan yang sangat signifikan karena massa tulang paha dapat memprediksi kemungkinan terjadinya osteoporosis.

4. Meningkatkan Stamina

Bola tangan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan pernapasan, sehingg kedua faktor ini akan meningkatkan stamina kamu dari waktu ke waktu, sehingga akan memungkinkan kamu untuk tampil baik di lapangan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Saat berlatih olahraga seperti sepak bola dan bola tangan, kamu akan banyak berlari. Jenis latihan aerobik ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, melatih detak jantung, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

6. Meningkatkan Kelincahan dan Kelenturan

Kelincahan dan kelenturan kamu akan ditingkatkan dengan berlari, menggiring bola lawan, mengoper, dan menembak bola. Selain itu, refleks kamu akan lebih unggul dari sebelumnya.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa Keterampilan yang Dibutuhkan Pada Bola Tangan?

Keterampilan yang dibutuhkan dalam permainan bola tangan tentunya adalah gerak, kekuatan, ketepatan, serta kecepatan.

Bagaimana Kelompok Pemain Bola Tangan Dinyatakan Menang?

Pemenang dari permainan bola tangan ini ditentukan dari perolehan angka terbanyak dari salah stu tim yang bertanding.

Hal ini tentunya sama dengan sistem penilaian dari sepak bola, dimana setiap pemain berhasil memasuki bol ake gawang, maka timnya akan mendapatkan 1 poin.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian, sejarah serta cara bermain bola tangan yang bisa kamu lakukan atau coba mainkan bersama teman-teman kamu.

Dan bisa kita simpulkan bahwa bola tangan adalah olahraga yang memiliki kemiripan dengan sepak bola, namun bola dikendalikan dengan tangan bukan kaki. Selain itu, bola tangan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

/* */