Cara Bisnis Yang Mudah dan Menguntungkan

Infokekinian.com – Ada berbagai macam cara bisnis yang mudah dan menguntungkan yang bisa kamu coba pada masa ini, selain itu juga ada beberapa cara bisnis yang mudah dicoba untuk pemula serta dengan modal yang tidak begitu besar.

Menjalankan bisnis adalah tugas yang kami arahkan. Tergantung dana yang tersedia, jenis usahanya juga cukup beragam.

Namun, pada kenyataannya, kita memiliki kendali yang besar atas profesi yang kita pilih. Masalah permodalan relatif baru, karena banyak bisnis dapat dijalankan tanpa modal atau dengan modal yang sangat sedikit.

Cara Bisnis Yang Menguntungkan

Ada banyak cara untuk memulai bisnis. Namun yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana menjalankan bisnis yang sukses agar kita bisa meraih kesuksesan di masa depan.

Aspek terpenting dalam menjalankan bisnis adalah seberapa baik produk atau layanan kita dapat terjual di pasar.

Selain itu, dengan berbisnis, kita bisa belajar banyak, mulai dari sikap pantang menyerah, mengejar inovasi bisnis, dan banyak lagi.

Tentu saja, seseorang dengan bisnisnya sendiri akan dapat bekerja secara mandiri, tidak dibatasi oleh orang lain.

Oke, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara mendalam tentang strategi bisnis yang sukses guna memastikan kesuksesan bisnis yang kita geluti.

Yuk simak ulasan tips dan praktik cara bisnis yang baik bagi yang akan menjalankan bisnis agar terhindar dari kerugian berikut ini!

Cara Bisnis Yang Menguntungkan

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu diingat ketika meluncurkan bisnis:

1. Membangun Mindset yang Positif

Dalam bisnis, pola pikir kita memiliki dampak yang signifikan terhadap jenis bisnis yang akan kita jalani.

Selain itu, pola pikir yang kuat akan menentukan kesuksesan bisnis kita di masa depan. Penentu sebenarnya dari kesuksesan bisnis kita adalah mentalitas bisnis kita.

Banyak orang percaya bahwa pola pikir seseorang memiliki pengaruh 95 persen, sedangkan 5 persen sisanya terdiri dari faktor teknis dan non-teknis.

Oleh karena itu, tahan keinginan untuk mudah menyerah saat menghadapi rintangan.

2. Menentukan Ide Usaha

Cara bisnis yang baik tidak lepas dari konsep bisnis yang akan kita kembangkan. Kami melakukan riset pasar, misalnya, untuk menentukan jenis bisnis apa yang akan kami dirikan.

Alternatifnya, kita bisa mempertimbangkan kondisi masyarakat sekitar dan tetangga terdekat kita. Ada juga kemungkinan kita bisa mengubah hobi kita menjadi bisnis. Pada dasarnya, bukan begitu?

3. Menghitung Modal Usaha dengan Tepat

Banyak orang percaya bahwa kurangnya modal merupakan hambatan utama untuk meluncurkan bisnis.

Terlepas dari kenyataan bahwa ada banyak cara untuk membangun bisnis dengan modal yang sangat sedikit atau tanpa modal sama sekali.

Contohnya termasuk menjalankan bisnis sebagai agen real estat yang memfasilitasi pembelian dan penjualan properti.

Ada juga bisnis yang menyediakan jasa penulisan, desain grafis, dan jasa lainnya. Karena itu, jangan terburu-buru mengambil keputusan dan berhenti sebelum memulai!

4. Belajar dari Masternya

Belajar dari Masternya

Poin keempat ini harus dipenuhi jika kita ingin menjadi pebisnis yang sukses.

Seperti dalam eksperimen ilmiah, kita harus terlebih dahulu mempelajari dan memahami teori yang disampaikan oleh pengajar sebelum menerapkannya langsung ke lapangan.

Bahkan ketika kita berlatih, kita akan selalu didampingi oleh seorang guru untuk memastikan keberhasilan percobaan kita. Hal yang sama berlaku untuk bagaimana kami menjalankan bisnis kami.

Oleh karena itu, untuk mencapai kesuksesan, kita harus terus memperoleh pengetahuan baru dan tidak bergantung pada angan-angan.

5. Perhatikan Peluang Bisnis

Kami dapat terus fokus pada peluang bisnis yang telah kami selidiki sebelumnya, yang merupakan cara bisnis yang baik.

Ketika kita memiliki peluang bisnis, kita harus memaksimalkannya semaksimal mungkin. Bisa jadi kegigihan kita dalam menjalankan bisnis akan membuat kita populer.

6. Menentukan Langkah Promosi dengan Tepat

Mengelola bisnis memerlukan lebih dari sekadar menawarkan barang atau jasa kepada pelanggan. Namun, diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam mengembangkan strategi promosi ini, kami juga harus memperkirakan biaya yang terkait dengan mempromosikan produk dan layanan kami.

Orang-orang yang baru memulai bisnis sering menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka.

7. Mulai Bisnis dengan Berjualan

Langkah pertama dalam membangun bisnis adalah menjual. Kita bisa mulai berjualan dengan produk yang banyak diminati.

Kamu dapat menawarkan produk kamu melalui media sosial atau E-commerce gratis untuk menyederhanakan prosesnya.

Kami hanya membutuhkan sedikit modal untuk membeli produk yang akan kamu tawarkan.

8. Membuat Sebuah Website

Membuat Sebuah Website

Jika banyak orang memulai bisnis dengan membuka toko pakaian, apotek, atau usaha offline lainnya, tidak ada salahnya kita mencoba membuka toko online.

Di era digital ini, mayoritas orang lebih menyukai kepuasan instan. Mungkin karena jadwal harian mereka yang padat, mereka tidak punya banyak waktu untuk berbelanja di toko.

Kita dapat memanfaatkan ini dengan mendirikan toko online kita sendiri. Selain E-Commerce yang sudah ada, kita bisa membuat website untuk digunakan sebagai toko.

Keunggulan website ini dibandingkan E-Commerce adalah pelanggan akan lebih percaya pada produk yang kami tawarkan.

Jika kamu kesulitan membuat situs web, kamu dapat menggunakan WordPress atau Blogger sebagai CMS.

9. Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Menjalankan sesuatu bersama-sama akan membuatnya terasa lebih mudah. Bergabung dengan komunitas bisnis tidak boleh dihindari ketika membangun bisnis.

Dalam sebuah komunitas bisnis, akan banyak berbagi pengalaman bisnis, baik positif maupun negatif, serta solusi dari mereka yang telah memulai bisnis sebelumnya.

Dan secara otomatis, kita akan memperoleh banyak informasi baru yang nantinya akan kita gunakan untuk membangun bisnis yang telah kita jalani.

10 Jaga Kesehatan

Jika kamu ingin memulai bisnis, menjaga kesehatan kamu sangat penting. Tidak ada gunanya menunggu jika bisnis kita berkembang, karena tubuh sakit dari mengurus bisnis.

Jaga kesehatan kamu agar kamu dapat menikmati buah dari usaha bisnis kami dan dana yang dapat kami gunakan untuk membantu orang lain.

11. Berdoa

Sebagai hamba, kita wajib berdoa untuk kesuksesan, kelancaran, dan kemampuan untuk mengatasi segala rintangan.

Dengan berdoa kepada Tuhan, kita dapat mempercayakan segala hal yang menyangkut hasil akhir kepada-Nya.

Tentunya, kami berharap bisnis kami akan beroperasi secara efisien dan sesuai dengan tujuan kami. Tentu saja, doa kamu harus disertai dengan usaha.

Oleh karena itu, inilah beberapa metode bisnis yang efektif dan tepat untuk pemula yang bisa kamu terapkan saat memulai bisnis. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman kamu!

Jenis Bisnis Modal Kecil Untuk Pemula

Berikut adalah 10 jenis bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk pemula:

1. Ikut Bisnis Franchise

Ikut Bisnis Franchise

Pertama, kamu dapat mengikuti sistem waralaba untuk produk tertentu dengan mendaftar ke pemilik bisnis, yang kemudian menerima lisensi untuk menjual produk franchise.

Ini adalah rekomendasi bisnis awal kami bagi mereka yang baru memulai. Kita tidak perlu khawatir dengan inovasi dan manajemen bisnis yang kompleks, yang merupakan salah satu keuntungan dari bisnis waralaba.

Kami akan menerima saran tentang setiap aspek bisnis yang akan kami operasikan. Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang baru memulai di dunia bisnis.

Individu yang berpengalaman dapat membangun bisnis waralaba mereka sendiri dan menjual izin usaha kepada individu yang tertarik untuk berkolaborasi dan menjual konsep dan produk bisnis.

Sistem waralaba ini antara lain mengajarkan manajemen bisnis dan pengembangan bisnis pemula.

Saran untuk memilih waralaba:

  1. Pilih yang terpercaya
  2. Pilih yang memiliki konsep paling jelas.
  3. Pilih organisasi dengan layanan terbaik dan manajemen inovasi produk.
  4. Pilihan harus disesuaikan dengan lingkungan di mana bisnis akan diluncurkan.
  5. Pilih yang paling sesuai dengan modal usaha kamu.

Jika kamu bertanya, Ada rekomendasi yang sudah terpercaya? Saya memiliki list beberapa, misalnya:

  1. Warung spesial sambal (SS)
  2. Ayam gempuk pak gembus
  3. Indomart dan alfamidi (setidaknya kamu harus membeli lisensi pada kisaran 400-600 juta)
  4. Atau Franchise KFC (jika kamu memiliki tempat, ijin dan modal yang besar)
  5. Kopi Janji Jiwa
  6. Kopi Kenangan
  7. Cha Time

2. Julan Paket Internet

Dulu, bisnis besar para remaja belajar jual beli pulsa, namun era pulsa elektrik telah digantikan oleh paket internet. Karena hampir semua komunikasi berbasis internet menjadi lebih murah.

Bahkan para pemain terbesar dalam bisnis ini bisa meraup keuntungan yang sangat besar. Tentu tidak bisa dibandingkan dengan remaja yang memiliki bisnis paket internet; hanya teman dekat dan keluarga yang membelinya.

Jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu dapat menempatkan beberapa loket pulsa dan paket internet secara strategis. Misalnya, di sekitar pasar atau kampus.

Saya percaya bahwa menjual paket internet adalah bisnis yang ideal untuk pemula. Tidak perlu banyak pengetahuan untuk memasuki bisnis paket internet; namun, kamu harus memiliki tiga hal berikut:

  1. Networking, seperti mencari agen paket internet terpercaya
  2. Manajemen keuangan
  3. Strategi pemasaran

Ini kira-kira persyaratan minimum jika kamu ingin menjadi penjual paket internet yang sukses.

3. Makanan ringan

kamu yang baru terjun ke dunia bisnis pasti masih bingung industri mana yang paling cocok untuk kamu. Bisnis snack merupakan bisnis yang cocok untuk pemula.

Bisnis Untuk Pemula. kamu yang bisa menghasilkan snack/jajanan akan sangat diuntungkan. Namun bagi kamu yang tidak memproduksi, bisa mendapatkannya langsung dari produsennya.

Jajanan merupakan makanan yang paling diidamkan oleh sebagian besar orang. Bisnis ini tidak diragukan lagi menguntungkan dan sangat direkomendasikan untuk pemula.

kamu bisa memulai bisnis sampingan dengan menjual makanan ringan. Atau kamu langsung terlibat dalam produksi skala kecil hingga menengah.

Ciptakan penyajian makanan yang menarik, kemasan yang menarik, harga yang kompetitif, dan tentunya rasa yang lezat.

Jika kamu tidak memproduksi makanan ringan sendiri, simpanlah dan mulailah menjualnya kepada teman-teman kamu secara online dan offline.

kamu bisa menggunakan bisnis snack berikut ini sebagai referensi:

  1. Jualan kerupuk udang
  2. Keripik singkong
  3. Lidi pedas
  4. Saleh (bahan dasar pisang)
  5. dan lainnya

4. Dropshiper

Apa itu dropship, khususnya? Dropshipping adalah metode penjualan barang milik orang lain atau produsen kepada konsumen.

Tanpa sepengetahuan kamu, barang dikirim langsung dari produsen ke pembeli atas nama kamu; kamu bertindak sebagai penghubung.

kamu bisa mencari supplier yang menawarkan dropshipping, atau bisa memanfaatkan market place besar seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk mencari supplier.

Sistem dropship sangat menguntungkan karena hampir tidak membutuhkan modal. kamu hanya memerlukan smartphone, akun media sosial untuk tujuan pemasaran, dan situs web.

Menggunakan sistem dropship membutuhkan kesabaran dalam menanggapi pertanyaan dari calon pembeli. kamu harus memperoleh pengetahuan produk untuk berhasil membeli dan menjual sistem dropship.

kamu tidak memerlukan inventaris, sehingga kamu tidak memerlukan toko atau gudang. Bagi yang masih baru dalam jual beli dan memiliki modal terbatas, menjadi dropshipper adalah pilihan terbaik.

5. Usaha Fotocopy

Usaha Fotocopy

Ini adalah bisnis sederhana untuk pemula, karena fotokopi tidak memerlukan kemampuan khusus. Masalah teknis dapat dengan cepat dikuasai.

Jika kamu ingin benar-benar berkonsentrasi pada bisnis ini, kamu bisa mulai membuka toko fotokopi di area kampus.

Misalnya, kamu dapat membagikan fotokopi ke seluruh lingkungan kampus atau sekolah di awal. kamu juga dapat membuka layanan fotokopi di lingkungan kantor, seperti perusahaan atau kantor pemerintah.

Lakukan perbaikan agar layanan fotokopi kamu berbeda dan diminati. Misalnya, dengan memberikan layanan fotokopi gratis selama periode pembukaan awal.

Atau secara bersamaan menerima dokumen cetak yang dikirim melalui WhatsApp. Jika kamu berhasil mendirikan bisnis fotokopi di satu lokasi, kamu juga bisa membuka beberapa lokasi tambahan.

6. Aksesoris smartphone

kamu memiliki ponsel? Smartphone harus memiliki beberapa perlengkapan pendukung, seperti casing, lapisan anti gores, tahan air, dan headphone.

Hampir setiap orang memiliki smartphone, menjadikan bisnis aksesoris smartphone sebagai peluang bisnis yang layak.

Karena sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus. Bisnis smartphone cocok untuk kamu yang baru memulai bisnis.

Saya memiliki kebocoran kecil di area ini. kamu dapat menawarkan aksesoris smartphone murah dengan mengimpor dari China.

Saya sarankan mencoba Aliexpress saat mencari pemasok aksesori ponsel cerdas.

Di AliExpress, harga sangat rendah. Untuk memulainya, kamu dapat membeli barang dengan harga kurang dari $500, sehingga menghindari pajak impor.

Namun, jika ternyata toko aksesoris kamu berkembang pesat, kamu bisa membelinya dengan harga grosir di Alibaba. Masih lebih murah…

Misalnya, casing smartphone dapat dibeli di AliExpress seharga $0,1. kamu dapat menjual di sini hanya dengan Rp 10.000, menghasilkan keuntungan lebih dari 50%.

7. Usaha loket pembayaran PPOB

Di loket PPOB, kamu bisa melakukan berbagai pembayaran, antara lain pembelian pulsa listrik prabayar atau pascabayar, pulsa telepon, pembayaran pajak, dan pembayaran kredit kendaraan bermotor.

Untuk pendaftaran PPOB, kamu dapat bekerja sama dengan BRI, Mandiri, dan bank lain yang menawarkan layanan pembayaran PPOB.

Jika kamu masih bingung tentang sistem dan spesifikasinya, biasanya PPOB akan memberikan panduan yang komprehensif. Cukup tinjau manual dan spesifikasi teknisnya.

Loket PPOB cocok dibuka di lingkungan perumahan, kampus, dan pasar. Karena syarat pembayaran di loket PPOB bermanfaat bagi masyarakat dan mempermudah pembayaran.

8. Jualan baju wanita atau Anak kecil online

Bisnis yang membidik perempuan dan anak-anak sebagai target pasarnya adalah yang paling lugas. Pertama, karena wanita senang berbelanja, dan kedua, karena anak kecil biasanya bergantung pada ibu mereka.

Menjual pakaian wanita dan perlengkapan anak-anak adalah bisnis yang ramah untuk pemula.

kamu bisa menemukan supplier di sentra tekstil, seperti pasar tekstil Tanah Abang di Jakarta, pasar tekstil gubug Tegal di Cirebon, dan pasar besar seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Bagaimana dengan cara promosi?

kamu dapat membuka toko fisik atau mengubah rumah kamu menjadi fasilitas penyimpanan. kamu bisa berjualan online melalui Instagram dan Facebook, misalnya.

Ambil setidaknya 30 persen dari harga pembelian sebagai keuntungan. Misalnya, jika kamu membeli barang seharga 10.000 rupiah, kamu bisa menjualnya dengan harga 14.000 rupiah.

9. Bisnis Kuliner Hits

Bisnis Kuliner Hits

kamu dapat menjual lebih banyak produk makanan kamu jika enak dan menarik bagi generasi muda.

Bisnis Untuk Pemula, Misalnya, frasa berikut saat ini menerima paling banyak hits:

  1. Corndog (Korea)
  2. Ramen
  3. Tahu bulat
  4. sate taichan

Keberhasilan bisnis rata-rata seperti itu tidak bertahan lama. Untuk menjaga tren agar tetap diminati, kamu harus terus berinovasi dan mengembangkan produk kuliner baru, menarik, dan disukai.

Konsep kuliner hit food ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan dua strategi secara bersamaan.

Kamu bisa meniru konsep dan branding beberapa restoran sukses sebelum menggabungkannya dengan produk kuliner sukses.

Seperti di warung Upnormal misalnya, konsep bisnis restoran cukup populer di kalangan anak muda.

Makanan yang dijual masih konvensional, antara lain mirebus, bihun goreng, dan makanan pokok lainnya.

Kamu dapat menggabungkan konsep restoran yang sukses dan produk kuliner yang sukses.

Restoran populer biasanya memiliki desain yang Instagrammable, dan makanan populer memiliki rasa dan tampilan yang khas. Bisnis kamu dapat menggabungkan kedua konsep tersebut.

Bisnis ini menurut saya sangat cocok untuk para pemula, terutama yang berjiwa muda dan selalu up-to-date dengan trend terkini.

10. Toko perlengkapan bayi

Jika pada poin delapan saya membahas bisnis pakaian jadi wanita dan anak, maka pada poin sepuluh saya akan membahas bisnis perlengkapan bayi. Bisnis perlengkapan bayi memiliki prospek yang menjanjikan.

Persyaratan perlengkapan bayi hampir sama dengan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Ini adalah peluang bisnis bagi yang berminat menjual perlengkapan bayi.

Kamu yang baru mengenal dunia bisnis tidak akan merasa bisnis ini menantang. kamu tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk mulai mencari pemasok dan lokasi strategis.

Jika kamu kekurangan lokasi yang strategis, kamu bisa mulai menjual barang secara online dan menyimpan persediaan di rumah.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Jualan Apa Yang Laku di Kampung?

Berikut adalah daftar jualan yang laku di kampung:

  1. Bakso dan mie ayam
  2. Gorengan
  3. Kue basah
  4. Pecel lele
  5. Nasi goreng
  6. Bubur
  7. Soto
  8. Kupat tahu

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara bisnis yang mudah dan menguntungkan yang perlu kamu perhatikan dalam memulai berbisnis.

Selain itu, kami juga membagikan 10 jenis bisnis yang cocok untuk kamu coba sebagai pemula dan tentunya dengan modal yang tidak begitu besar.

Sobat kekinian, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba berbisnis. Kamu bisa memulai berbisnis dengan hal mudah terlebih dahulu, seperti misalkan usaha dalam menawarkan jasa yang tidak memerlukan modal untuk memulainya.

Dan yang perlu kamu ingat adalah, “Jangan hanya duduk-duduk dan menanti kesempatan datang. Bangunlah dan ciptakan kesempatan itu sendiri.”Jadi tetap semangat dan jangan menyerah, ya Sobat Kekinian.

Demikianlah artikel mengenai cara bisnis yang mudah dan menguntungkan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */