Cara Mengatasi Insomnia Bagi Anda Yang Susah Tidur

Masalah sulit tidur memang sering dialami kebanyakan orang khususnya orang dewasa. jika sudah berhari hari anda mengalami sulit tidur kemungkinan besar itu merupakan penyakit Insomnia. Waktu tidur normal untuk setiap orang sendiri yaitu 6 sampai 8 Jam dalam sehari, tentu saja masalah insomnia ini harus segera dihilangkan karena akan sangat fatal jika terlalu ber larut laru, karena insomnia sendiri dibagi menjadi 3 kategori, dan yang paling berbahaya adalah insomnia kronis.

 

Ada banyak sekali faktor penyebab insomnia atau kurang tidur, terutama faktor psikologis dan bisa juga karena faktor fisik seperti sakit pada bagian tubuh tertentu maupun karena pengaruh obat obatan. untuk lebih mengenal mengenai apa itu insomnia, berikut ini beberapa gejalanya yang mudah diketahui.

  • Sering Terbangun Pada Malam Hari
  • Tidak bisa tidur siang.
  • Tubuh mudah lelah dan sulit tidur.
  • Rasa Emosi meningkat.
  • Dan lain lain.

Penyebab insomnia atau Sulit Tidur

  • Stress

Ini penyebab paling umum dimana orang yang stress akan sulit untuk tidur, jika anda merasakan sedang dalam keadaan stress, lupakan saat akan waktunya tidur.

  • Gangguan Psikologi

Selain stress, penyebab utama insomnia bisa jadi karena terganggunay psikologi seseorang, baik itu dari tempat tidur yang kurang nyaman dan sebagainya, faktor psikologi ini juga termasuk dalam gangguan stress.

  • Efek Samping Obat

Terkadang memang ada obat obatan tertentu yang dapat membuat kita menjadi susah tidur, jadi alangkah baiknya anda supaya lebih teliti lagi dalam memilih obat obatan yang anda konsumsi.

  • Faktor Lain

Penyebab insomnia juga bisa disebabkan karena faktor lain misalnya saja faktor lingkungan yang tidak dapat membuat anda tenang maupun kondisi tempat seperti gelap dan sebagainya.

Dan seperti yang sudah saya katakan diatas, insomnia terbagi menjadi beberapa jenis, diantara lain:

1.Insomnia temporer

Masalah sulit tidur yang muncul hanya sekali dua kalu saja, hal ini masih normal karena mungkin penyebabnya hanya stress belaka.

2.Insomnia Akut

Penyakit sulit tidur yang merupakan insomnia akut biasanya berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bahkan sampai 1 bulanan, pada masa ini, anda harus benar benar ekstra untuk secepatnya mengatasi insomnia.

3.Insomnia Kronis

Gejala penyakit insomnia yang paling parah dan semakin sulit dicegah, dan kemungkinan besar insomnia yang kronis ini akan dapat menimbulkan beberapa gangguan lain seperti mudah berhalusinasi ataupun merasa melihat sesuatu yang aneh.

Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia akut ? berikut ini beberapa metode yang dapat anda coba.

Cara Mengatasi Masalah Insomnia

  • Hindari Minuman Alkohol

Alkohol tidak bagus untuk anda yang sedang mengalami penyakit susah tidur insomnia ini, alkohol dapat membuat anda berhalusinasi yang tentu tidak akan membuat tidur anda menjadi nyaman.

  • Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi terutama kopi hijau, dapat membuat anda susah tidur, boleh boleh saja jika anda ingin tetap mengonsumsinya, namun usahakan hindari konsumsi kafein atau kopi sebelum malam hari, normalnya adalah 3 jam sebelum tidur disarankan adalah batas maksimal anda minum kopi atau kafein.

  • Lupakan Semua Masalah

Manusia memang tidak pernah lepas dari yang namanya masalah sehari hari, namun selalu memikirkannya juga tidaklah baik untuk kesehatan, salah satunya bisa membuat stress dan sulit tidur atau insomnia, maka dari itu, saat akan waktunya tidur, cobalah anda untuk melepaskan semua masalah yang ada, anda bisa dengan melakukan kegiatan kegiatan tertentu yang menyenangkan sehingga anda akan lebih enjoy untuk tidur.

  • Olahraga

Ini tips yang cukup ampuh untuk mengatasi insomnia, dengan berolahraga, tubuh kita otomatis akan terasa lelah, sehingga lebih mudah untuk tidur, namun jangan terlalu berlebihan berolahraga, karena kalau berlebihan, itu juga tidak baik karena dapat membuat badan kita menjadi pegal pegal dan lain sebagainya. olahraga secukupnya saja dan teratur setiap hari.

  • Perbanyak Minum Air Putih dan Susu

Minumlah air putih dan susu yang cukup untuk membuat tubuh anda mudah tidur dan ini merupaan metode yang cukup efektif untuk mengatasi susah tidur atau insomnia, air putih dan susu sangat penting sebagai cairan tubuh anda.

  • Mandi Air Hangat

Cara berikutnya untuk mengatasi insomnia adalah dengan mandi menggunakan air hangat, dengan air hangat, tubuh anda akan lebih merasa rileks dan otot otot pun menjadi lebih lentur sehingga akan membuat tubuh kita menjadi lebih nyaman.

Makanan Untuk Mengatasi Insomnia

Selain tips diatas, anda juga bisa mencoba tips lain yakni dengan mengonsumsi makanan makanan khusus untuk mengatasi insomnia atau susah tidur, apa saja makanan tersebut? simak ulasannya berikut ii:

  • Jus Buah Ceri

Buah Ceri memiliki kandungan melantonin dan asam amino serta hormon tidur yang dapat membuat anda akan terhindari dari yang namanya insomnia, mengonsumsi jus buah ceri sebelum tidur patut anda coba sebagai solusi masalah sulit tidur.

  • Walnut

makanan untuk mengatasi insomnia berikutnya adalah walnut, walnut memiliki kandungan berupa hormon yang dapat membbuat orang lebih mudah tidur.

  • Almond

Selain jus buah ceri dan walnut, almond juga sangat baik untuk anda penderita penyakit sulit tidur atau insomnia, almond bagus karena memliki kandungan magnesium yang dapat membuat tubuh anda menjadi lebih enak dan mudah tidur, karena seperti yang kita tahu bahwa salah satu yang membuat anda susah tidur biasanya adalah masalah kekurangan magnesium.

  • Coklat

Pernah dengar kan bahwa coklat dapat menghilangkan marah seseorang? Yap, Benar Sekali, Coklat memang makanan yang sangat rekomended untuk anda yang susah tidur, coklat memiliki sifat menenangkan bagi anda yang mengonsumsinya, sehingga masalah sulit tidur pun akan dapat teratasi. coklat memiliki kandungan serotonin yang ampuh untuk membuat piiran terhindar dari stres dan emosi, sehingga akan membuat tubuh dan pikiran rileks dan mudah tidur.

  • Madu

Madu juga bisa untuk menghilangkan penyakit insomnia akut, madu ini mengandung hormon insulin tinggi dan juga dapat membuat tubuh anda lebih mudah mengalami rasa kantuk.

  • Buah Pisang

Sama halnya seperti coklat yang dapat menenangkan pikiran, pisang juga dapat menenangkan bagian tubuh namun pada otot otot tubuh. Pisang dikenal sebagai sumber makanan para atlet untuk membuat otot tubuhnya menjadi lebih lentur, jadi tak heran jika buah pisang bisa dikatakans ebagai makanan untuk mengatasi insomnia karena dapat membuat otot tubuh menjadi tenang dan rileks sehingga akan lebih mudah tidur.

Cara Mengatasi Insomnia Menurut Islam

Bagi anda orang yang beragama islam, anda sangat beruntung karena islam mempunyai metode tersendiri, diantaranya:

Dengan Obat perilaku

Obat perilaku merupakan cara dimana anda harus memperbaiki perilaku anda sehari hari seperti seirng beribadah, menghindari perbuatan yang dilarang dan lebih mendekatkan dirke Tuhan dengan membaca Ayat Suci Al Quran maupun Dzikir, ini cara yang sangat ampuh untuk membuat sisi psikologis anda menjadi lebih damai dan tenang.

Itulah beberapa cara mengatasi insomnia atau masalah sulit tidur, dengan menerapkan metode diatas dengan benar, maka insomnia pun akan segera dapat dhiilangkan sehingga anda dapat tidur dengan normal seperti biasa.

Tinggalkan komentar