Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan yang Mudah Dipahami

Dalam memberikan pidato singkat tentang kesehatan memang tidak bisa dilakukan dengan terlalu keras atau berkesan menyalahkan kebiasaan yang selama ini dilakukan. Kita harus secara halus mengingatkan mana kebiasaan yang sehat dan mana yang tidak. Tentunya menyadarkan arti kesehatan bagi orang lain sangat mudah dilakukan tetapi belum tentu aplikasinya akan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

 

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati Bapak dan Ibu guru serta teman-teman sekalian yang saya kasihi. Marilah kita haturkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkah, rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dan masih diberikan kesehatan hingga saat ini. Shalawat serta salam juga tak lupa selalu tercurahkan pada junjungan Nabi Muhammad SAW karena atas tuntunannya kita dapat berada di jalan yang terang yaitu Islam. Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 2017, maka saya akan menyampaikan sedikit mengenai kesehatan tubuh kita.

Kesehatan memang menjadi sesuatu yang sangat mahal untuk bisa kita rasakan karena ketika kesehatan kita mulai bermasalah maka biaya pengobatan yang harus dikeluarkan juga cukup besar tentunya. Pasti anda sudah sering mendengar istilah lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal tersebut memang benar karena dengan membentuk pola hidup yang lebih sehat maka kita tidak perlu mengeluarkan lebih banyak dana untuk melakukan langkah pengobatan.

Pada dasarnya tidaklah sulit bagi kita untuk bisa mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar. Hal tersebut bergantung pada seberapa besar keinginan kita untuk tetap bisa hidup sehat dan memperbaiki kebiasaan yang kurang baik. Berkaca pada gerakan masyarakat sehat yang prinsipnya ada tiga langkah besar yaitu melakukan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur serta melakukan cek kesehatan. Selanjutnya akan saya bahas satu per satu mengenai ketiga prinsip dasar gerakan masyarakat sehat atau GERMAS tersebut.

Hadirin sekalian, melakukan aktivitas fisik memang tidak selalu mengenai olahraga berat. Tetapi anda bisa memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan, berkebun atau kegiatan lainnya setidaknya selama 30 menit sehari. Tidak hanya difungsikan untuk membakar kalori di dalam tubuh tetapi juga menjaga kebugaran tubuh anda. Melakukan aktivitas fisik yang ringan tetapi teratur tentu akan memberikan efek lebih baik daripada anda olahraga berat tetapi tidak teratur. Sehingga mulailah untuk membiasakan diri dengan memperbanyak aktivitas fisik dibandingkan hanya berdiam diri dan bergerak statis.

Prinsip yang kedua adalah konsumsi buah dan sayur sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Fungsi dari konsumsi buah dan sayur ini adalah untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh selain kita juga akan mendapatkan asupan nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Fungsi dari serat itu sendiri selain untuk memperlancar proses pencernaan juga dapat mengatur kadar gula darah, mengontrol kolesterol hingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh juga akan semakin maksimal dengan adanya konsumsi serat secara tepat.

Hadirin sekalian, prinsip terakhir adalah cek kesehatan 6 bulan sekali. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar kita mengetahui lebih dini jika sampai ada perkembangan penyakit tertentu di dalam tubuh. Apalagi jika ada perkembangan penyakit berbahaya seperti kanker maka akan bisa dicegah lebih dini pertumbuhannya. Mengatasi penyakit sedini mungkin tentu akan meningkatkan persentase kemungkinan kesembuhannya menjadi lebih besar. Hal tersebut akan menguntungkan karena anda tidak perlu sampai merasakan penyakit yang luar biasa.

Sekian sedikit pidato mengenai kesehatan dari saya, semoga kita tetap diberikan kesehatan dan selalu dilindungi kapanpun dan dimanapun.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Memberikan saran kegiatan yang mudah dan memang bisa langsung diaplikasikan akan lebih mudah ditangkap oleh audiens. Dengan begitu goal kita dalam menyampaikan pesan kesehatan dalam pidato tersebut akan lebih maksimal hasilnya. Pidato tentang kesehatan memang tidak perlu terlalu banyak tetapi yang terpenting adalah mampu terserap dengan baik dalam benak audiens dan membuat perubahan terhadap pola hidup sehatnya.

Tinggalkan komentar