Contoh Surat Penawaran Kerjasama, Fungsi dan Cara Membuatnya

Surat penawaran kerjasama termasuk dalam surat resmi dan bagian dari komunikasi bisnis. Contoh surat penawaran kerjasama digunakan oleh perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama yang dijalin adalah untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

Selain untuk perusahaan, surat penawaran kerjasama juga ditujukan untuk organisasi ataupun individu. Surat penawaran kerjasama adalah komunikasi awal antara dua belah pihak sebelum melakukan kerjasama.

Fungsi Surat Penawaran Kerjasama

Sebagai komunikasi awal, surat penawaran kerjasama bisa menjadi media penjajakan. Selain itu, surat penawaran kerjasama juga berguna sebagai penawaran saling menguntungkan.

Melalui surat penawaran kerjasama ini pula, suatu perusahaan dapat memperkenalkan produk mereka. Sebab itulah surat penawaran dapat berfungsi untuk meningkatkan pemasaran produk.

Namun, diluar itu semua, surat penawaran kerjasama dapat menciptakan relasi baru dari bidang bisnis yang berbeda. Dengan adanya relasi baru, otomatis akan lebih banyak yang mengenal produk perusahaan Anda.

Alasan utama dibuatnya surat penawaran kerjasama adalah untuk menjalin kemitraan. Oleh karenanya, surat penawaran harus mencantumkan dengan jelas penawaran seperti apa yang diberikan.

Salah satu poin yang tidak kalah penting adalah keuntungan yang diperoleh dari kerjasama tersebut. Informasi detail berkemungkinan untuk menarik minat penerima surat kerjasama.

Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama

Surat penawaran kerjasama merupakan surat resmi. Maka pembuatannya pun tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar surat penawaran kerjasama bersifat formal dan sopan. Di antaranya adalah:

  • Gunakan bahasa resmi

Contoh surat penawaran kerjasama yang baik dan benar adalah ditulis dengan menggunakan bahasa resmi. Selain itu, surat juga dibuat sesingkat mungkin dan langsung pada intinya.

  • Identitas perusahaan 

Identitas perusahaan adalah elemen utama yang tidak boleh terlupakan. Identitas perusahaan sebagai pemberi penawaran kerjasama harus ditulis secara jelas. Mulai dari nama, telepon, alamat, dan email.

  • Penjelasan rinci 

Surat penawaran kerjasama memuat penjelasan secara rinci terkait penawaran kerjasama itu sendiri. Anda harus menjelaskan kerjasama seperti apa yang ditawarkan dan apa saja keuntungannya.

  • Nama lengkap dan tanda tangan

Dalam surat penawaran kerjasama, nama lengkap dan tanda tangan adalah faktor penting berikutnya. Tanda tangan beserta stempel perusahaan menandakan surat tersebut bersifat resmi dan profesional.

Selain elemen di atas, terdapat format dalam penulisan surat penawaran kerjasama. Format tersebut terdiri dari kop surat perusahaan, tempat dan tanggal dibuatnya surat, perihal, lampiran jika ada, pembuka surat, isi surat, penutup surat, serta nama dan tanda tangan.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Berikut ini contoh surat penawaran kerjasama yang ditulis sesuai dengan format yang berlaku.

  • Contoh surat penawaran kerjasama catering

ARABELLA CATERING

[Alamat lengkap usaha catering]

Telp. [Pastikan nomor dapat dihubungi]

Email: [Alamat email catering]

[Tempat][Tangga, bulan, dan tahun pembuatan surat]

Hal: Penawaran Jasa Catering

Lampiran: Daftar Menu Arabella Catering

Kepada Yth,

Bapak/Ibu [Nama Pimpinan]

Pimpinan WO [Nama Wedding Organizer]

[Alamat lengkap Wedding Organizer]

Dengan hormat,

Perkenalkan kami dari Arabella Catering. Kami adalah pengusaha Catering di [Kota tempat usaha] yang sudah memiliki pengalaman selama [Lama usaha berjalan] yang menangani catering di dalam maupun luar kota.

Bersama dengan surat ini, kami bermaksud untuk menawarkan kerjasama untuk menjadi salah satu pemasok catering di [Nama Wedding Organizer].

Kemampuan yang kami miliki cukup mumpuni [Sebutkan apa saja kelebihan catering Anda. Seperti jenis makanan yang dapat disajikan] 

Terkait daftar harga di Arabella Catering telah kami lampirkan pada lembar daftar dan harga menu.

Besar harapan kami surat penawaran kerjasama ini dapat diterima, sehingga terjalin kerjasama antara Araballa Catering dan [Nama Wedding Organizer].

Atas perhatian dan waktu yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

[Nama Terang]

Owner Arabella Catering

Itulah contoh surat penawaran kerjasama yang diajukan pada Wedding Organizer. Surat penawaran kerjasama ini dapat ditolak ataupun diterima oleh perusahaan yang dituju.

Oleh karenanya, susunlah surat penawaran kerjasama sebaik dan serapi mungkin. Cantumkan informasi dan keuntungan apa saja yang dapat diterima oleh perusahaan tersebut jika bekerjasama dengan Anda.

 

Tinggalkan komentar