11 Contoh Teks Deskripsi Lengkap dengan Penjelasan, Ciri, Struktur, Jenis

Dalam bacaan setidaknya ada empat jenis teks, yakni teks narasi, deskripsi, argumentasi dan persuasi. Setiap teks memiliki tujuannya masing – masing. Apabila Anda menemukan teks yang menggambarkan sesuatu, baik orang, tempat, hewan atau benda, maka teks tersebut dikenal dengan nama teks deskripsi.

Apa itu teks deskripsi?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian teks deskripsi adalah teks yang berisi akan penggambaran atau pemaparan sesuatu menggunakan kata – kata secara terperinci dan jelas. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih memahami apa yang dimaksud oleh penulis. Selain itu, pembaca juga dibuat seolah – olah ikut merasakan suasana yang ada di dalam cerita tersebut.

Sedangkan pengertian teks deskripsi menurut Tarigan adalah kumpulan tulisan yang menggambarkan sebuah kisah. Tujuan dari tulisan tersebut agar bisa membuat para pembaca menikmati, memahami dan merasakan apa yang ditulis, mulai dari suasana hati, gambaran hingga aktivitas.

Keraf juga memberikan artian bahwa teks deskripsi adalah sebuah bentuk wacana sebuah objek atau benda yang ditulis dan disajikan agar pembaca seolah – olah bisa melihat sendiri benda tersebut atau benda tersebut berada di depan mata kepala pembaca.

Dari ketiga pengertian di atas bisa disimpulkan bahwa pengertian teks deskripsi adalah teks yang memaparkan dan menggambarkan sesuatu secara menyeluruh dengan sebuah kata – kata agar pembaca bisa memahami tulisan bahkan hingga merasakan apa yang ditulis itu sehingga benar – benar seperti berada di depan mata mereka sendiri.

Ciri – ciri teks deskripsi

Teks deskripsi merupakan teks yang sangat mudah dikenali dibandingkan dengan jenis teks lainnya. Hal ini dikarenakan beberapa cirinya yang sangat menonjol, seperti berikut ini:

  • Teks deskripsi menggambarkan sesuatu.
  • Sesuatu yang digambarkan, ditulis dengan sangat rinci dan jelas serta melibatkan panca indera.
  • Saat membaca teks deskripsi, maka pembaca akan seolah – olah merasakan apa yang dibahas dalam teks tersebut.
  • Paragraf deskripsi biasanya menjelaskan ciri –  ciri sebuah objek, mulai dari bentuk, warna, ukuran hingga ciri – ciri keadaan objek tersebut.

Struktur teks deskripsi

Ada tiga struktur teks deskripsi sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh dan baik, seperti berikut ini.

  1. Identifikasi, artinya merupakan penentu akan identitas sebuah benda, orang dan lain sebagainya.
  2. Klarifikasi, artinya susunan harus sesuai sistem dalam kelompok dan sudah memenuhi aturan atau kaidah yang ditetapkan.
  3. Deskripsi bagian, artinya bagian dalam teksnya berisi akan gambaran – gambaran bagian yang ada dalam teks tersebut.

Jenis – jenis teks deskripsi

Setidaknya ada tiga jenis teks deskripsi, seperti berikut ini:

  1. Teks paragraph deskripsi subjektif, yakni teks paragraph deskripsi yang menggambarkan suatu objek menurut kesan yang dimiliki oleh penulis teks.
  2. Teks paragraph spatial, yakni teks deskripsi yang hanya menggambarkan objek berupa tempat, benda, ruang dan lain sebagainya.
  3. Teks paragraph objektif, yakni teks yang menggambarkan apa adanya menurut keadaan objek tersebut tanpa menambahkan opini penulis tersebut.

Langkah penyusunan teks deskripsi

Langkah menyusun teks deskripsi hampir sama dengan penyusunan teks pada umumnya, yakni

  1. Membentuk objek yang akan dibahas atau tema.
  2. Menentukan tujuan dalam penulisan.
  3. Membuat kerangka karangan.
  4. Mencari data – data dan melakukan pengamatan.
  5. Menguraikan kerangka karangan sesuai dengan topik menjadi teks deskripsi yang utuh.

Kaidah bahasa teks deskripsi

  1. Menggunakan kata benda yang sesuai dengan topik apa yang ingin dideskripsikan, contohnya sepedaku, temanku Lani, ibuku tersayang dan masih banyak lagi.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, contohnya Lani adalah teman masa kecilku yang baik dan sangat penyayang.
  3. Memiliki kata sifat untuk menggambarkan sesuatu, contohnya memiliki dua telinga, Lani siswa yang pintar.
  4. Memiliki kata kerja transitif untuk menggambarkan sesuatu objek, contohnya diriku mengenakan blus berwarna biru dengan rok putih.
  5. Memiliki kata kerja berupa pendapat atau perasaan untuk memberikan opini dan menggambarkan pendapat pribadi penulis, contohnya saya rasa anjing adalah hewan yang royal, saya yakin bahwa buku tersebut mahal.
  6. Memiliki kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan, contohnya di pekarangan, di savannah, dengan pelan.
  7. Memiliki kata kiasan, bisa berupa perumpamaan atau metafora, contohnya, rambutnya hitam layaknya langit malam tanpa bintang.

Contoh teks deskripsi tentang orang

1.     Contoh teks deskripsi tentang Lionel Messi

Lionel Andres Messi Cuccittini atau Leo Messi lebih dikenal dengan sebutan Lionel Messi merupakan salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia saat ini. Messi lahir pada tanggal 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina. Dirinya memiliki zodiak Cancer. Pada tahun ini, Lionel Messi berumur 32 tahun. Pemain sepak bola profesional ini merupakan anak dari pasangan Jorge Horacio Messi dan Celia Maria Cuccittini. Dari dulu, Messi merupakan anggota setia dari klub yang membesarkan namanya, FC Barcelona. Namun keterampilannya juga yang membawanya menjadi salah satu pemain sepak bola dengan bayaran termahal saat ini di dunia, yakni 40 juta euro.

Dalam klub dan lapangan, Messi bertuga sebagai kapten dan pemain penyerang. Kemampuan dribbling bola selama pertandingan memang tidak perlu diragukan lagi. Maka tak heran kalau Lionel Messi dijuluki sebagai penari di atas bola. Dengan nomor punggung 10, menggambarkan kemampuan Messi yang selalu mendapatkan nilai sempurna, layaknya ujian di sekolah. Memang, semasa karirnya, Messi sudah membawa pulang berbagai prestasi dan tropi bersama FC Barcelona serta negaranya. Beberapa prestasi yang dimilikinya adalah Ballon d’Or, Top Scorer in FC Barcelona, European Golden Shoe. Bahkan dirinya juga pernah memecahkan rekor, seperti pencetak gol terbanyak dalam satu musim dengan 50 gol, pemain bola pertama yang mencetak lima gol hanya dalam satu pertandingan di musim 2011/2012.

Lionel Messi merupakan pemain bola dengan kulit yang cerah, putih dan bersih. Mukanya yang bulat ditambah senyumannya yang khas adalah ciri dari Lionel Messi. Selain itu, lionel Messi memiliki rambut lurus berwarna coklat gelap. Dirinya memiliki warna mata coklat. Tubuhnya yang atletis dengan tinggi 170 cm dan berat 67 kg. Lionel Messi adalah pemain yang suka dengan warna biru. Hal ini menjadikan alasan Messi untuk mentato lengan kanannya dengan warna biru hitam. Selain itu, ada juga tato berwarna hitam di bagian kaki kirinya.

Menurut saya, Lionel Messi merupakan orang yang paling disiplin. Terutama berkaitan dengan tubuhnya yang sehat dan jadwal latihan. Buktinya, Lionel Messi bukannya pemain yang merokok. Bahkan tidak ada catatan merokok tentangnya. Menurut beberapa sumber, Lionel Messi merupakan pemain bergolongan darah O positif.

2.     Teks deskripsi tentang namaku Mira

Halo, nama saya adalah Miranda Aria Kirana. Saya sering dipanggil dengan nama Mira. Saya berusia 10 tahun dan lahir di Pemalang, Jawa Tengah. Ayah saya adalah orang Jawa, sedangkan ibu saya adalah orang Manado. Saya tinggal di Jalan Terusan Borobudur V no. 15A. Malang menjadi kota tempat saya tinggal dan tumbuh sekarang.

Saya orangnya sedikit chubby dan tinggi. Rambut saya panjang dan agak sedikit ikal di bagian bawah. Warna rambut saya adalah hitam kecoklatan. Selain itu, saya memiliki mata coklat, hidung kecil dan mulut kecil.

Saat ini saya mengenakan kemeja berwarna putih dengan rok merah, kaos kaki putih dan sepatu hitam. Hari ini saya tidak mengepang rambut saya, tetapi menggunakan jepit rambut kupu – kupu berwarna kuning.

Saya orangnya suka berbicara, tetapi sopan dan suka bercanda. Makanan favorit saya adalah burger dan minuman favorit saya adalah cola. Saya sangat suka dengan anjing. Saya bisa sedikit memainkan piano dan gitar.

Contoh teks deskripsi tentang hewan

Contoh teks deskripsi tentang hewan

1.     Contoh teks deskripsi tentang panda

Apakah kamu tau film berjudul “Kung Fu Panda”? Di film tersebut, panda digambarkan sebagai binatang yang gendut, suka makan mie, tetapi jago kung fu. Sebenarnya, panda yang asli tidak seperti itu. Panda bukanlah hewan yang jago kung fu seperti di film – film.

Panda merupakan hewan asli dari daratan China, tepatnya Chuna Barat dan tengah. Hewan yang dikatakan mirip dengan beruang ini, sebenarnya memiliki beberapa perbedaan dibandingkan beruang pada umumnya. Panda merupakan hewan dengan bulu tebal berwarna putih yang menutupi seluruh bagian tubuhnya. Sedangkan, lingkaran warna hitam ada di area mata, telinga, hidung, kaki, tangan dan pundak. Warna itulah yang membuat pada berbeda dari spesies beruang lainnya dan membuatnya semakin unik dan menggemaskan.

Namun sama halnya dengan spesies beruang pada umumnya, panda memiliki body yang besar, ekor pendek, moncong panjang dengan hidung besar dan telinga yang bundar. Namun cara hidup panda dan beruang sangatlah berbeda. Pasalnya, beruang kebanyakan lebih menyukai ikan salmon, sedangkan 90% panda makanannya adalah bambu. Hal inilah yang membuat panda beradaptasi dengan makanannya. Di mana, panda dilengkapi dengan otot – otot kuat, rahang besar dan gigi geraham yang kuat untuk melumat bambu – bambu tersebut sehingga bisa mengekstrak nutrisi di dalam bambu tersebut. Selain itu, dibandingkan dengan beruang, panda lebih suka tinggal di pohon. Walaupun badannya yang besar, panda adalah pemanjat yang ulung.

2.     Deskripsi teks tentang Raja Hutan (Singa)

Singa adalah hewan yang hidup secara berkelompok. Hewan ini bisa dengan mudah ditemukan di daratan padang savana di Afrika. Tetapi, kadang singa juga bisa ditemukan di hutan – hutan yang lebat. Dalam satu kelompok, terdiri dari satu singa jantan dengan banyak singa betina. Singa jantan itulah yang merupakan pemimpin dalam kelompok dan menjaga para singa betina dan area perburuannya. Sedangkan, untuk singa betina bertugas untuk mencari makanan dengan cara berburu bersama.

Singa sering dikenal sebagai sang raja hutan. Bagaimana tidak, hewan ini merupakan hewan paling ganas dan buas. Badannya yang besar, wajahnya yang seram ditambah dengan auman singa yang panjang dan keras membuat semua lawannya tidak berkutik.

Berat singa jantan dewasa bisa mencapai 225 kg, sedangkan untuk singa betina hingga 150 kg. Kebanyakan singa bisa bertahan hidup selama 10 sampai 15 tahun di alam liar. Namun singa di kebun binatang atau taman safari, umurnya bisa mencapai 20 tahun. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan makanan dan tempat tinggal singa sudah terjamin.

Singa masih termasuk dalam spesies kucing besar. Namun dibandingkan dengan jenis kucing pada umumnya, singa tidak bisa memanjat pohon. Singa memang terlihat lebih kuat dan sangat perkasa. Auman singa jantan bisa berguna untuk melindungi diri dan kelompoknya dari musuh saat perkelahian. Di alam liar, perkelahian antar singa jantan memang sering terjadi, baik untuk memperebutkan singa betina atau wilayah perburuannya. Bagi yang menang akan mendapatkan keduanya, sedangkan yang kalah harus meninggalkan tempat tersebut.

3.     Deskripsi teks tentang gajah

Gajah merupakan salah satu hewan herbivora terbesar, mulai dari daun, rumput hingga buah – buahan. Tidak seperti hewan kebanyakan, gajah memiliki kulit yang hampir tidak ada bulunya sama sekali, bulu gajah hanya terdapat pada bagian ekornya saja. Gajah merupakan hewan berkaki empat dan memiliki belalai yang sangat panjang, fleksibel dan digunakan untuk memegang atau difungsikan layaknya tangan.

Gajah juga merupakan hewan yang hidup berkelompok, terdiri dari gajah jantan yang terbesar sebagai pemimpin kelompok, anak gajah dan para gajah betina. Gajah juga merupakan hewan dengan pendengaran yang sangat baik dan tajam. Hal ini dikarenakan telinga mereka yang juga lebar dan besar.

Dengan telinga tersebut, gajah bisa mendengar hingga jarak puluhan kilometer. Di belakang telinga gajah ada bagian terlembut yang dikenal dengan nama knuckle. Knuckle digunakan oleh pawang gajah di kebun binatang untuk memberikan arahan dan perintah kepada hewan yang satu ini. Saat ini, gajah merupakan salah satu hewan yang populasinya semakin menurun, maka tak ayal kalau gajah merupakan salah hewan yang dilindungi.

Contoh teks deskripsi tentang tempat

teks deskripsi tentang tempat

1.     Teks deskripsi tentang Indonesia

Indonesia, tempat di mana aku lahir dan tinggal. Menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dan Ocenia, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan 17 ribu pulau di dalamnya. Indonesia memiliki 35 provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa, termasuk aku. Alhasil, Indonesia dikenal sebagai negara terpadat keempat di dunia.

Selama setahun aku di sini, bekerja keras untuk kehidupan dan Indonesia. Indonesia adalah tempat terbaik untuk tinggal, salah satunya adalah Jakarta, ibukota Indonesia yang menjadi tempat tinggalku.

Indonesia berbatas langsung dengan Papua New Guinea, Timor Leste dan Malaysia. Namun tidak ada batasan cinta di hatiku untuk Indonesia. Semua orang tahu bahwa Indonesia dekat dengan Filipina, Singapura, Australia, Andaman dan Pulau Nicobar. Semuanya adalah tetangga Indonesia yang kusuka tetapi tidak sebesar rasa sukaku pada Indonesia.

Dengan banyaknya pulau, Indonesia memiliki berbagai suku, budaya dan agama. Jawa menjadi salah satu suku paling dominan dalam hal politik dan suku terbesar di Indonesia. Rasa nasionalisme yang ada di setiap darah penduduk Indonesia menjadi alat pemersatu kita walaupun beda suku, agama, bahasa, dan ras. Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.

Walaupun berbeda – beda, kita harus tetap bersatu, seperti motto Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun menjadi salah satu negara terbesar dengan penduduk terbanyak, Indonesia menjadi negara yang sangat kaya. Bukan hanya kaya akan budaya, tetapi juga sumber daya alam di dalamnya.

2.     Contoh teks deskripsi tentang Kota Roma

Italia memiliki berbagai kota terkenal. Salah satunya adalah Roma. Kota dengan sejuta sejarah di dalamnya. Apabila kamu mengunjungi Roma, kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman dan mengunjungi berbagai tempat yang tak terduga. Menurut sejarahnya, Kota Roma ditemukan oleh dua saudara kembar, yakni Romulus dan Remus pada 21 April 753 SM. Hal ini diperkuat dengan peninggalan berupa perkampungan pertanian di area tersebut. Dengan semakin majunya Gereja Katholik, Roma menjadi salah satu kota terpenting, baik dalam pemerintah dan agama.

Kota Roma juga menjadi salah satu pusat di jaman Renaissance. Hal ini bisa dilihat dengan jalan jalanan serta berbagai bangunan tua. Bahkan, hingga sekarang banyak bangunan di Roma yang masih terpengaruh dengan zaman Renaissance. Pengunjung juga bisa melihat berbagai karya seni peninggalan jaman tersebut, seperti Istana Baroque, Obelisks, Town Square dan masih banyak lagi.

Roma juga dikenal dengan karya arsitektur. Salah satunya adalah Colosseum. Colosseum adalah salah satu amphitheater terbesar di jamannya dan di bangun pada abad 70 M. Mungkin sekarang, Colosseum tidak sepenuhnya utuh, namun kemegahan yang dimilikinya masih sangat terasa.

Kota Roma saat ini masih menjadi salah satu kota yang sibuk. Kota dengan sejuta sejarah, agama dan seni di dalamnya. Kamu bisa melihat berbagai pertunjukan musik. Setiap tahunnya, Roma mengadakan festival film. Roma adalah rumah bagi Cinecitta studio, studio terbesar di Eropa.

3.     Teks deskripsi singkat tentang Venice

Salah satu kota terkenal di Italia adalah Venice. Venice memang kota yang menarik untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, Venice menyimpan berbagai sejarah dan tempat-tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Venice didirikan kurang lebih 2000 tahun lalu, yakni saat Barbarian menduduki berbagai kota di Roma. Sekitar tahun 800 hingga 1000 M, Venice menjadi salah satu kota termaju kala itu. Hal ini membuat Venice memiliki pemerintahannya.

Dengan perkembangan itulah, Venice menjadi jalur perdagangan laut yang penting. Tetapi tetap saja ancaman selalu datang. Bajak laut menjadi ancaman terbesar kala itu. Namun sedikit demi sedikit ancaman tersebut berkurang. Hal ini dikarenakan Venice memutuskan untuk memindahkan jalurnya ke pesisir timur.

Mendengar kota Venice, yang terbesit di pikiran kita adalah kanal. Kanal menjadi landmark dari kota Venice. Pasalnya, kanal merupakan jalur transportasi utama di kota ini. Mengunjungi kota Venice, kamu akan merasakan suasana kota yang penuh sejarah dan budaya. Menjelajah setiap sudut kanal ditemani dengan alunan lagu dari pendayung perahu menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Contoh teks deskripsi tentang benda

Contoh teks deskripsi tentang benda

1.     Deskripsi teks tentang Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi budha terbesar di Indonesia. Candi Borobudur dibangun pada abad ke – 9 oleh Dinasti Syailendra yang dibawah kepemimpinan Kerajaan Mataram. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ini sudah tersohor hingga ke Mancanegara.

Gaya arsitektur dari Candi Borobudur dipengaruhi oleh bangunan Gupta dari India. Candi Borobudur dibangun di atas bukit setinggi 46 meter dan memiliki delapan lantai yang terbuat dari batu alam.

Lantai pertama hingga kelima memiliki bentuk persegi dan dikelilingi oleh dinding yang diukir dengan relief Budha di dalamnya. Sedangkan, tiga lantai sisanya memiliki bentuk melingkar. Di bagian atas Candi Borobudur terdapat banyak stupa. Di mana, stupa kecil mengelilingi stupa terbesar di tengahnya. Di setiap stupa terdapat patung Budha di dalamnya.

Untuk bisa mencapai puncak, kamu harus berjalan sekitar 4,8 km dari pintu masuk dan melewati banyak anak tangga. Seni arsitektur dari Candi Borobudur merupakan simbol dari alam semesta. Candi Borobudur menjadi salah satu situs warisan dunia pada tahun 1983. Selain itu, Candi Borobudur merupakan peninggalan kebanggaan Indonesia.

2.     Teks deskripsi tentang taj mahal

Taj Mahal adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Dibangun di Agra oleh Kaisar bernama Syah Jahan untuk mengenang kematian istri tercintanya. Taj Mahal merupakan area pemakaman dan peristirahatan terakhir, Mimtaz Mahal. Area pemakaman ini terdiri dari pintu masuk, taman yang luas, masjid di sebelah kiri, guest house di sebelah kanan dan beberapa bangunan megah di sekitarnya. Kompleks dari bangunan Taj Mahal juga meliputi hingga di area sungai Yamuna.

Taj Mahal berdiri dengan kokoh di atas tanah seluas 3 hektar lebih dengan keempat sudut yang terpotong sehingga membentuk segi delapan yang tidak presisi. Desain arsitekturnya mencontoh konsep Arab, yakni bangunan yang berdiri sendiri, namun setiap elemen saling melengkapi dan berhubungan dengan bangunan utama. Taj Mahal menggunakan konsep geometri dan simetri dalam seni arsitekturnya.

Kubah utama Taj Mahal memiliki diameter 58 meter dengan ketinggian 213 meter. Kubah tersebut diapit oleh empat menara. Keempat menara tersebut dibangun dengan sangat cantik setinggi 162,5 kaki. Kubah di tengah dikelilingi oleh ruang kubah dengan berbagai panel dan dinding bernuansa islam di dalamnya.

Kemegahan Taj Mahal tidak hanya sampai di situ saja, bangunan ini seluruhnya di bangun dari marmer putih. Keindahan Taj Mahal tidak hanya nampak dari luar saja. Saat fajar dan matahari terbenam, Taj Mahal begitu indah. Belum lagi saat malam hari, Taj Mahal nampak bersinar terang di bawah sinar rembulan. Ketika pagi tiba, Taj Mahal seolah – olah menghilang saat dilihat dari seberang sungai Yamuna karena memang tertutup oleh kabut.

3.     Contoh deskripsi singkat tentang novel kesayangan

Aku memiliki sebuah buku kesayangan. Sebenarnya itu bukanlah sebuah buku, melainkan satu set novel. Cerita di dalamnya berupa dunia ajaib dengan naga dan berbagai makhluk mitologi kesukaanku. Kakak perempuanku lah yang membelikan novel ini sewaktu dirinya ke Inggris tahun lalu untuk menyelesaikan penelitiannya. Dirinya tahu bahwa aku sangat suka sekali dengan naga, makanya kakakku membelikan novel ini. Aku sangat senang mendapatkannya. Kuletakan novel tersebut di dalam lemari kaca berisi koleksi novel kesayangan ku lainnya.

Kumpulan novel kesukaanku merupakan novel tebal sejumlah empat buah. Setiap novel memiliki sekitar 500 hingga 600 halaman. Ke semuanya masih dalam bahasa Inggris, makanya saat membaca novel tersebut terkadang aku harus membuka kamus untuk mencari arti katanya.

Sampul buku novel kesayanganku terbuat dari kulit. Setiap buku memiliki warna kulit yang berbeda – beda. Ada yang berwarna coklat muda, coklat, kuning dan merah. Judulnya selalu ditulis di sisi kiri dan depan novel. Ada sebuah kotak khusus untuk menyimpan semua novel tersebut. Kotak itu dilapisi dengan bahan kulit yang berwarna hijau.

Contoh teks deskripsi dalam karya sastra

teks deskripsi dalam karya sastra

1.     Jamaica Inn karangan Daphne Du Maurier

Hari itu adalah hari dingin nan kelam di akhir November. Cuaca berubah hanya dalam semalam, ketika angin membawa awan kelabu dan derasan hujan bersamanya. Walaupun tidak berlangsung lama, di jam dua siang kelabu malam musim dingin seperti mulai mendekati bukit dan membungkusnya dengan kabut.

2.     The high window karangan Raymond Chandeller

Dia memiliki rambut berwarna silver abu – abu nan permanent, sedikit keras, dan mata besar yang lembab dengan pandangan simpatisnya.

Itulah contoh teks deskripsi yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda.

Tinggalkan komentar