Jenis Peluang Usaha Jasa Yang Paling Diminati

Infokekinian.com – Saat ini sudah banyak peluang usaha yang bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk pada bidang jasa. Maka dari itu, ada 19 jenis peluang usaha jasa yang paling diminati dan bisa kamu lakukan sesuai dengan kemampuan kamu.

Siapapu pasti mempunyai keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tahun ini dengan menjadi seorang wirausahawan bukanlah hal yang buruk.

Apalagi jika kamu memiliki keahlian khusus, akan sangat mudah bagi kamu untuk memasuki dunia jasa atau jasa.

19 Jenis Peluang Usaha Jasa Dengan Omzet Besar

Untuk memulai penghasilan tambahan tahun ini, bisnis jasa adalah urutan terbaik untuk meluncurkan bisnis baru.

Kamu harus tahu bahwa satu layanan dapat menghasilkan pendapatan puluhan juta dolar untuk bisnis berbasis layanan.

kamu juga beruntung, karena ada banyak jenis layanan yang dapat memberi kamu peluang bisnis terbaik tahun ini.

Jika masih bingung, yuk simak daftar 15 jenis bisnis jasa yang paling laris di tahun ini. Selamat membaca!

19 Jenis Peluang Usaha Jasa Dengan Omzet Besar

Selain menjual produk, bisnis di sektor jasa menghasilkan sejumlah besar bisnis. Ada banyak keuntungan untuk meluncurkan bisnis di bidang jasa atau pelayanan.

Seperti kesempatan untuk menerima harga tinggi per layanan dan menghemat modal. Faktanya, ada banyak jenis peluang usaha jasa yang tidak memerlukan investasi awal!

Jika kamu tertarik untuk terjun ke bisnis jasa, yuk simak rekomendasi 19 jenis peluang usaha jasa yang berpenghasilan tinggi berikut ini.

1. Jasa Pembuatan Website (Web Developer)

Jenis peluang usaha jasa yang pertama adalah membuka jasa pembuatan website atau yang disebut juga dengan web designer.

Di era digitalisasi ini, kebutuhan akan website untuk bisnis suatu perusahaan semakin meningkat pesat.

Perusahaan otomatis akan tertinggal jika tidak segera melakukan upgrade untuk memiliki website sendiri. Penyebabnya adalah persaingan bisnis digital yang semakin ketat.

Jelas, tidak ada pebisnis yang menginginkan kekalahan dalam dunia persaingan. Untuk pesanan ini, mereka akan membutuhkan layanan desain situs web kamu untuk membuat situs web bisnis yang paling profesional.

Jika kamu memiliki minat, keterampilan, dan pengetahuan khusus di bidang coding dan TI, menjadi pengembang situs web adalah bisnis layanan terbaik untuk segera diluncurkan.

Seorang pengembang web dapat memperoleh puluhan hingga puluhan juta dolar untuk satu situs web. Selain itu, kamu tidak memerlukan investasi awal untuk memulai bisnis ini.

Selain itu, profesional TI akan selalu dibutuhkan di masa depan; dengan demikian, bisnis kamu tidak akan pernah kekurangan pelanggan.

2. Jasa Penulisan Artikel SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization baru-baru ini muncul sebagai jenis peluang usaha jasa yang berkembang pesat.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan di masa pandemi virus corona adalah melakukan penetrasi ke dunia digital.

SEO adalah dasar dari pemasaran digital. kamu dapat menerima lalu lintas gratis, pelanggan potensial yang ditargetkan, dan kemungkinan peningkatan pengenalan merek.

Mayoritas layanan SEO di Indonesia relatif mahal. Jumlahnya dapat bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan dan hasil yang diinginkan klien.

Selama koneksi internet yang memadai tetap terjaga, bekerja sebagai konsultan SEO sangat menyenangkan karena bisa dilakukan dari jarak jauh.

3. Usaha Jasa Titip (Jastip)

Usaha Jasa Titip

Pasti kamu pernah mendengar tentang jastip atau setoran jasa. Bisnis di bidang jasa titipan (jastip) mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terbukti dengan tren belanja saat ini.

Meski begitu, kamu tetap bisa mencoba peruntungan saat mengunjungi sebuah kota. Misalnya, saat berlibur di Yogyakarta atau Bali.

Jastip gudeg bisa kamu bagikan melalui IG story atau WA story ke keluarga, teman, dan rekan kerja.

4. Jasa Pengelolaan Media Sosial

Jenis peluang usaha jasa selanjutnya adalah pengelolaan media sosial. Jika kamu tertarik untuk menekuni bisnis ini, cara pengoperasiannya hampir sama dengan agensi pada umumnya.

Kamu harus dapat mengusulkan rencana konten untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.

Generasi Z juga cocok untuk bisnis layanan manajemen media sosial karena mereka sangat akrab dengan fitur dan fungsi berbagai platform.

5. Jasa Pembuatan Website

Kamu dapat mencoba memulai bisnis yang menawarkan layanan pembuatan situs web. Bisnis ini tidak membutuhkan investasi awal yang besar.

Yang diperlukan hanyalah jaminan, keahlian pengembangan web, dan kepercayaan pelanggan.

Sementara itu, penyedia layanan hosting dan domain saat ini memenuhi permintaan untuk hosting web dan nama domain. Kamu dapat memilih produk dalam dan luar negeri yang kualitasnya telah dievaluasi.

6. Jasa Desain

Jasa Desain

Banyak perusahaan rintisan dan bisnis mapan membutuhkan layanan desain modern dan menarik secara visual untuk memenuhi kebutuhan pemasaran digital mereka.

Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pendapatan dan uang saku kamu. kamu dapat menawarkan layanan kamu melalui media sosial, email, atau platform freelancer.

Pendapatan dari jenis peluang usaha jasa desain ini yang terbilang sangat tinggi, apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan dari mana saja dengan komputer dan koneksi internet.

7. Barbershop

Tempat pangkas rambut dan layanan tata rambut bukanlah pilihan yang layak untuk bisnis sampingan.

Banyak bisnis yang menyediakan layanan kesehatan dan kecantikan mulai berkembang biak di layanan metropolitan utama.

8. Jasa Joki Game Online

Siapa yang tidak senang bermain game? Di era digital ini, semakin banyak orang yang menjadi gamer online.

Tidak hanya untuk anak-anak dan remaja, tetapi juga untuk pekerja kantoran dan karyawan yang menggunakan game online sebagai bentuk relaksasi setelah hari yang panjang.

Kamu bisa menawarkan jasa joki game online sebagai solusi bagi mereka yang mengutamakan gengsi jika peminatnya sangat banyak.

Berapa kamu dibayar? Tentunya, tarifnya bisa disesuaikan berdasarkan tingkat kesulitan misi.

9. Jasa Review Produk

Jasa Review Produk

Mereka yang menggemari perangkat elektronik pasti tidak asing lagi dengan istilah reviewer. Kegiatan yang bisa dikemas dalam bentuk tulisan atau video ini bisa menjadi pekerjaan yang sangat menggiurkan dan mendatangkan uang.

Kamu dapat membuat konten untuk review produk dalam bentuk video atau website. Setiap jenis konten memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sangat disarankan untuk beradaptasi dengan keterampilan, semangat, dan anggaran yang disediakan.

10. Jasa Follower Sosial Media

Siapa yang saat ini tidak memanfaatkan media sosial? Setiap orang menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan bisnis dan pribadi.

Namun, untuk bisnis atau pemasaran media sosial, jumlah pengikut akun merupakan faktor penting untuk akun media sosial yang dikelola perusahaan. Akibatnya, layanan pengikut adalah layanan penting saat ini.

Pengguna media sosial, khususnya untuk tujuan bisnis, membutuhkan bisnis yang menawarkan layanan untuk meningkatkan jumlah pengikut dalam waktu singkat untuk meningkatkan kesadaran.

Kamu dapat mulai menawarkan layanan pengikut untuk platform seperti Instagram dan Twitter yang sangat diperdagangkan dan memerlukan sistem follow-to-follow untuk dikembangkan.

11. Jasa Make Up Artist (MUA)

Jenis peluang usaha jasa make up ini mirip dengan bisnis evergreen yang selalu diminati. Namun, tidak semua orang bisa menawarkan bisnis make up artist ini karena membutuhkan pengetahuan khusus di industri make up.

Jika kamu memiliki pengalaman di bidang tata rias dan kecantikan, inilah kesempatan terbaik bagi kamu untuk melakukan pengabdian masyarakat!

Layanan makeup artist ini bisa membidik banyak pasar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Penata rias selalu dibutuhkan untuk berbagai acara, termasuk pemotretan dan pesta. Bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para penjahat.

12. Jasa Dekorasi Photobooth

Jasa Dekorasi Photobooth

Memotret dan selfie telah menjadi hobi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Di berbagai acara, individu tidak bisa meninggalkan sesi foto untuk dokumentasi atau unggahan media sosial.

Alhasil, jasa dekorasi photobooth selalu dalam pelayanan prima di berbagai acara. Sebagai hasil dari popularitas fotografi di masyarakat, photobooth dapat menjadi daya tarik bagi peserta acara.

13. Jasa Sewa Kendaraan

Jasa sewa kendaraan sangat penting di tempat tujuan wisata seperti Jogja, Bali, dan Jakarta. Tingginya permintaan sewa kendaraan di kawasan wisata disebabkan oleh semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dan dunia, serta potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia sendiri.

Dengan menawarkan jasa sewa kendaraan dan pemandu wisata kepada wisatawan, dijamin bisnis kamu akan sangat menguntungkan.

14. Jasa Gardening

Tidak semua orang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur taman. Karena itu, jika kamu memiliki antusiasme dan keahlian ini, jangan sia-siakan! kamu bisa memulai bisnis jasa terkait berkebun.

Di tengah seruan untuk go green tahun ini, jasa taman harus banyak diminati karena semua orang ingin membuat rumah dan tempat kerja mereka lebih hijau.

Layanan berkebun ini dapat disediakan untuk kelas menengah ke atas atau untuk bisnis.

15. Jasa Sewa Kamar atau Apartement

Jasa Sewa Kamar atau Apartement

Tingginya mobilitas penduduk Indonesia di dalam negeri karena berbagai alasan, seperti pekerjaan atau perjalanan, menciptakan peluang bisnis untuk persewaan kamar harian atau mingguan, kos-kosan, dan apartemen.

Akan jauh lebih mudah bagi kamu untuk memasarkan persewaan kamar kepada calon tamu, mengingat banyaknya jenis aplikasi penawaran penginapan yang tersedia saat ini.

Jika kamu memiliki banyak properti residensial atau bangunan kosong yang tidak berpenghuni, peluang bisnis ini wajib kamu coba.

16. Jasa Video Shooting

Pendokumentasian suatu acara atau event yang diadakan sangatlah penting. Video merupakan salah satu format dokumentasi karena foto fisik kini dianggap sudah usang.

Pada tahun 2022, bisnis jasa video shooting bisa menjadi salah satu peluang bisnis terbaik jika kebutuhan tersebut diperhatikan.

Untuk menangkap peluang bisnis ini, bagaimanapun, membutuhkan keterampilan videografi khusus.

17. Jasa Photographer

Meski jasa fisik tidak lagi diminati, fotografer selalu diminati untuk berbagai acara. Ini tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan untuk mendokumentasikan acara tersebut, karena setiap orang ingin didokumentasikan dengan baik.

Jangan ragu untuk membuka bisnis ini jika kamu memiliki pengalaman atau hobi fotografi. kamu dapat menyediakan jasa fotografi untuk acara prewedding, wisuda, pesta ulang tahun, pernikahan, dan acara spesial lainnya.

18. Jasa Cuci Kendaraan

Jasa Cuci Kendaraan

Jasa cuci mobil merupakan salah satu jenis peluang usaha jasa yang abadi dan akan selalu dibutuhkan hingga tahun ini.

Jelas, ini terjadi karena jumlah kendaraan meningkat setiap tahun. Dengan demikian, layanan cuci mobil akan selalu diinginkan oleh semua pemilik kendaraan, di mana pun lokasinya.

Meski memiliki kendaraan, kecil kemungkinan mereka memiliki waktu dan tenaga untuk mencucinya, apalagi jika mereka tinggal di kota besar dan sangat sibuk.

Oleh karena itu, mereka akan memilih layanan cuci mobil kamu karena lebih nyaman. Peluang bisnis ini memiliki pasar yang besar, biaya awal yang rendah, dan keuntungan yang lumayan untuk sekali cuci mobil.

19. Jasa Penerjemah

Penerjemah dan layanan terjemahan semakin populer di kalangan generasi muda. Pekerjaan ini dapat ditemukan melalui media sosial, forum online, atau situs web freelancer yang mempertemukan pekerja dengan klien.

Biaya yang dikenakan oleh penyedia layanan jasa sangat bervariasi. Biasanya ditentukan oleh jumlah kata atau halaman dalam naskah.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Peluang Usaha Jasa

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari beberapa jenis peluang usaha jasa:

Keuntungan Usaha di Bidang Jasa

Keuntungan Usaha di Bidang Jasa

Tak sedikit pengusaha yang tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang jasa karena ia menawarkan beberapa keuntungan berikut:

Modal Relatif Kecil

Karena fakta bahwa produk dari bisnis jasa adalah kemampuan daripada barang berwujud, produksi tidak diperlukan. Oleh karena itu, modal awal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis biasanya tidak terlalu besar.

Berbeda dengan tukang cukur, misalnya, ia tidak membutuhkan modal yang besar, apalagi jika jasanya berjenis mobile shaving.

Namun demikian, masih terdapat usaha-usaha di bidang jasa yang membutuhkan modal yang relatif besar, seperti jasa transportasi, rumah sakit, jasa sewa mobil, dan lain-lain.

Tidak Perlu Ada Stok Barang

Karena tidak ada proses produksi dalam bisnis jasa, maka tidak perlu ada stok barang. Bisnis akan terus beroperasi selama keterampilan yang dijual tetap diminati, dan tidak memerlukan proses manufaktur.

Ini merupakan keunggulan dibandingkan dengan bisnis yang menjual barang, yang diharuskan untuk memelihara persediaan mentah, setengah jadi, atau jadi.

Bahkan perhitungan umum harus minimal tiga kali lipat stok untuk mengantisipasi masalah seperti barang retur.

Tidak Perlu Ada Modal Mengendap

Ini juga salah satu keuntungan dari bisnis berbasis layanan versus bisnis berbasis barang. Karena tanpa persediaan tidak ada kemungkinan barang tidak terjual.

Berbeda dengan bisnis di bidang barang, stok harus selalu tersedia, dan terkadang masih ada stok yang tidak terjual. Hal ini pada akhirnya menimbulkan biaya yang cukup untuk menjadi modal tetap.

Tidak Memerlukan Gudang dan Distribusi

Jelas, tidak memiliki persediaan menghilangkan kebutuhan akan gudang sebagai fasilitas penyimpanan.

Ini akan mengurangi biaya, karena menyewa gudang tidak murah. Selain gudang, bisnis tidak lagi bertanggung jawab atas distribusi barang.

Tidak ada sumber daya manusia yang diperlukan untuk mengelola perputaran persediaan, menghitung, atau memeriksa, juga tidak ada biaya transportasi yang dikeluarkan.

Ini adalah keuntungan lain dari bisnis jasa dibandingkan bisnis dengan produk fisik.

Kerugian Usaha di Bidang Jasa

Kerugian Usaha di Bidang Jasa

Jelas tidak cukup hanya membahas kelebihannya saja. Karena itu juga perlu mempertimbangkan kekurangan bisnis di industri jasa untuk menentukan apakah kita bisa mengantisipasinya sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa kerugian yang terkait dengan operasi bisnis di industri jasa:

Tantangan Strategi Promosi

Tidak seperti bisnis di sektor produk, bisnis di sektor jasa biasanya tidak dapat menggunakan produk mereka untuk tujuan promosi.

Jelas, promosi lebih sulit untuk dieksekusi, sehingga ini akan membuat lebih sulit untuk mempromosikan bisnis jasa.

Inilah sebabnya mengapa mereka sering meminta testimonial pelanggan, karena nantinya dapat digunakan untuk tujuan pemasaran.

Sehingga calon pelanggan percaya bahwa produk atau jasa tersebut berkualitas tinggi. Akibatnya, ini adalah salah satu kekurangan bisnis jasa.

Karena akan sulit untuk mendapatkan pelanggan selama masa perkenalan. Mengingat terbatasnya jumlah kesaksian yang diperoleh.

Akibatnya, mereka biasanya harus menetapkan tarif yang rendah, yang menghasilkan keuntungan yang berkurang.

Produk Tidak Bisa Dikembalikan (retur)

Jika kamu menemukan bahwa sepatu atau pakaian yang kamu beli tidak sesuai, kamu mungkin ingin kembali ke toko dan menukarnya dengan ukuran yang lebih sesuai.

Namun, ketika membeli produk dalam bentuk layanan, tidak mungkin untuk mengembalikannya. Pada akhirnya, apa yang ingin kamu kembalikan?

Ini juga salah satu kelemahan bisnis jasa: lebih sulit untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan. Ketika seorang pelanggan sudah tidak puas dengan suatu produk, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketidakpuasan itu.

Kualitas Produk Diketahui di Akhir

Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan pelaku usaha di bidang jasa, karena pelanggan hanya dapat menentukan kualitas produknya setelah melakukan pembelian.

Misalnya, kamu tidak menyadari kualitas layanan spa sampai kamu membeli dan menggunakannya.

Benar, ada ulasan pelanggan, tetapi meskipun terlihat bagus, kamu belum tentu menerima hasil yang sama.

Ini karena fakta bahwa apa yang kamu terima dapat bervariasi, seperti yang dijelaskan di bagian berikut.

Kualitas Produk Bisa Bervariasi

Produk merupakan salah satu pembeda antara bisnis di bidang jasa dan bisnis berbasis produk.

Dalam bisnis barang, terutama yang dibuat dengan bantuan mesin, kualitasnya relatif konsisten karena proses produksinya identik, dengan komposisi dan kuantitas yang telah ditentukan.

Berbeda dengan bisnis di bisnis jasa, itu disediakan pada waktu yang berbeda dan oleh berbagai karyawan, membuat kualitasnya kurang konsisten.

Misalkan kamu mengunjungi seorang tukang cukur bulan lalu; kualitasnya mungkin berbeda jika kamu kembali setahun kemudian. Memperoleh pelanggan yang loyal juga menjadi tantangan bagi pelaku usaha di bidang jasa.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar jenis peluang usaha jasa:

Peluang Di Bidang Jasa Yang Sangat Dibutuhkan Masyarakat Apa Saja?

Menurut survei yang kami lakukan, ada beberapa jenis peluang usaha jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu:

  1. Jasa Perbaikan Komputer
  2. Jasa Perbaikan Kendaraan Bermotor (Bengkel)
  3. Jasa Kursus Keterampilan
  4. Bisnis Jasa Event Organizer
  5. Bisnis Jasa Fotografi.

Jasa Profesi Apa Saja?

Berikut adalah beberapa jenis peluang usaha jasa profesi yang populer dan semakin trend di kalangan milenial dan generasi muda:

  1. Bisnis Jasa Titip
  2. Bisnis Jasa Foto
  3. Bisnis Jasa Desain Interior dan Arsitektur
  4. Bisnis Jasa Konsultan
  5. Bisnis Jasa Les/ Tutor Belajar.

Mengapa Seorang Guru Masuk Dalam Pekerjaan di Bidang Jasa?

Seorang guru bekerja untuk mengajar, mendidik, dan membimbing siswa. Maka dari itu guru termasuk kedalam jenis pekerjasaan yang menghasilkan jasa dan jasa yang dihasilkan adala mengajar, mendidik serta membimbing siswanya.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai 19 jenis peluang usaha jasa yang paling diminati belakangan ini, serta kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memulai usaha di bidang jasa.

Dan kamu juga bisa menjadikan rekomendasi jenis peluang usaha jasa di atas sebagai bahan referensi yang bisa kamu pilih untuk menambah penghasilan.

Kamu cukup memilih salah satu jenis peluang usaha jasa di atas yang cocok serta relevan dengan kemampuan dan kebutuhan saat ini.

Dan tentunya kamu juga perlu menganalisis peluang dan modal dengan benar dan tepat sebelum memulai usaha, agar nantinya kamu mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi kamu.

Lalu yang terpenting dan perlu di ingat adalah tetap semnagat dan jangan mudah menyerah, karena “Siapa yang berhenti berusaha ketika menghadapi kegagalan, berarti dia telah gagal.”

Demikianlah artikel mengenai 19 jenis peluang usaha jasa yang paling diminati dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */