Pengertian Praktek Kerja Lapangan: Cara Belajar yang Efektif

InfoKekinian.com – Meskipun terdengar familiar, namun masih terdapat sebagian orang yang belum mengetahui pengertian praktek kerja lapangan itu sendiri.

Prakter Kerja Lapangan atau yang biasa kita sebut dengan PKL merupakan sebuah istilah yang sangat familiar terutama dikalangan para siswa di sekolah kejuruan.

Pengertian Praktek Kerja Lapangan
Yan Krukov via Canva

Melalui program PKL, siswa akan mendapatkan pengalaman kerja yang bernilai. Di samping itu, siswa juga akan belajar bagaimana cara mencari dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

PKL merupakan program yang menyediakan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi langsung dalam dunia kerja.

Program ini dijalankan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja yang berkualitas, sehingga siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama PKL.

Pengertian Praktek Kerja Lapangan

PKL merupakan program pendidikan dan pelatihan yang dilakukan dengan cara bekerja langsung dan terarah.

Siswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pengalaman kerja yang berguna untuk perkembangan mereka.

Menurut Oemar Hamalik, PKL merupakan program pelatihan yang bertujuan memberikan keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam pekerjaan tertentu sesuai dengan tuntutan kemampuan pekerja.

Hal ini sangat bermanfaat untuk siswa dalam beradaptasi dan siap untuk masuk ke dunia kerja

Menurut Minarti dan Usaman, PKL adalah program yang sebelumnya dikenal sebagai pendidikan sistem ganda, yaitu pendidikan dan pelatihan yang dilakukan di sekolah dan diterapkan di dunia industri.

Dengan demikian, terjadi kesesuaian antara keterampilan yang siswa peroleh di sekolah dengan tuntutan dari dunia industri.

Sekolah akan memberikan siswa dengan pendidikan umum (normatif), pengetahuan dasar pendukung (adaptif), dan teori dan kemampuan dasar kejujuran (produktif).

Kemudian, melalui program PKL, dunia kerja diharapkan dapat membantu peningkatan keterampilan profesi siswa.

Landasan Praktek Kerja Lapangan

Berdasarkan KEPMEN Pendidikan dan Kebudayaan No.323/u/1997, serta Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Pendidikan adalah upaya yang direncanakan untuk menciptakan lingkungan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritualitas, kekuatan agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan dirinya, bangsa dan negara, serta pelaksanaan magang kerja.

Tujuan Praktek Kerja Lapangan

Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Lukas via Canva

Berikut adalah beberapa tujuan dari praktek kerja lapangan:

1. Membentuk Pola Pikir dan Mindset yang Baik

Kegiatan PKL atau Prakerin diharapkan dapat membentuk pola pikir siswa atau mahasiswa tentang kondisi nyata dunia kerja atau industri, sehingga setelah menjalani program ini, mereka akan memiliki gambaran sederhana dan kompleksitas lingkungan kerja.

Hal ini tidak dapat didapatkan dari pembelajaran di sekolah atau kuliah.

2. Melatih Sikap atau Attitude peserta PKL

Melalui kegiatan praktek kerja lapangan, siswa atau mahasiswa tentunyya akan dapat belajar bagaimana cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik secara profesional dalam dunia kerja.

Hal ini diharapkan dapat membuat mereka merasa lebih percaya diri dan tidak canggung saat berkomunikasi secara profesional ketika mereka terjun dalam dunia kerja.

3. Membentuk Etos Kerja

Tujuan keempat dari praktek kerja lapangan ini adalah untuk membentuk etos kerja yang baik bagi para peserta PKL, baik siswa maupun mahasiswa.

Sehingga nantinya mereka tidak hanya menonjol dari segi teoritis saja, namun dari skill serta kemampuannya akan jauh lebih baik serta berkualitas.

4. Menambah Keilmuan Pengetahuan Dasar dan Ketrampilan Kompetensi

Selanjutnya dari kegiatan PKL ini bisa membentuk serta menjalin hubungan yang baik, antara sekolah dan dunia industri ataupun pelaku usaha.

Manfaat Praktek Kerja Lapangan

Setelah mengetahui tujuan dari PKL, kini saatnya kamu mengetahui beberapa manfaat dari praktek kerja lapangan, antara lain:

1. Memperkenalkan Dunia Kerja Kepada Siswa

Manfaat yang pertama tentunya untuk memperkenalkan kepada siswa bagaimana dunia kerja yang sebenarnya.

Meski telah dibekali dengan berbagai teori, namun secara umum para siswa ini tidak mempunyai pengalaman secara profesional dalam dunia kerja.

Oleh karena itu, PKL ini dibentuk sebagai wadah bagi para siswa untuk mendapatkan pengalaman terjun langsung ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Mengasah Keterampilan

Mengasah Keterampilan
Tumsasedgars via Canva

Selain memberikan pengalaman, tentunya PKL ini juga bermanfaat sebagai wadah untuk mengasah keterampiran para siswa.

Keterampilan yang didapatkan tentunya merupakan keterampilan yang belum pernah diajarkan di Sekolah.

3. Membentuk Pola Pikir

Bagi para siswa yang belum mempunyai pengalaman profesional di dunia kerja, tentu pembentukan pola pikir yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan dilapangan ini sangat penting.

Dalam kegiatan praktek kerja lapangan tentunya siswa akan menghadapkan secara langsung dengan masalah yang nyata.

Dan dari masalah inilah yang secara tidak langsung akan membentuk pola pikir mereka menjadi lebih baik dan konstruktif.

4. Menjalin Kerja Sama

Manfaat dari PKL adalah untuk menjalin kerja sama dengan para instansi atau perusahaan yang menjalankan industri dan usaha.

Selain memungkinkan terciptanya hubungan yang baik dalam penyelenggaraan pelatihan kerja, PKL juga dapat memberikan kesempatan untuk menemukan tenaga kerja yang tepat dan membuka peluang kerja sama lainnya.

5. Mempersiapkan SDM yang Berkualitas dalam Industri

Di sisi lain, PKL memberikan manfaat bagi industri melalui terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Seperti yang telah disampaikan, PKL menyediakan kesempatan bagi siswa yang selama ini hanya mendapatkan ilmu teori di sekolah untuk merasakan dunia kerja secara nyata dan menerapkan teori yang telah dipelajarinya.

6. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Last but not least, PKL memberikan manfaat dalam meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam kepentingan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja.

Dengan demikian, setelah lulus dari sekolah, siswa sudah memiliki pengalaman profesional untuk bersaing di dunia kerja yang sebenarnya.

Mengenal Laporan PKL

Mengenal Laporan PKL
RossHelen via Canva

Setelah menyelesaikan kegiatan praktek kerja lapangan, biasanya para siswa akan diminta untuk membuat dan menyusun laporan.

Laporan PKL merupakan laporan yang dibuat dan disusun sebagai syarat khusus untuk mendapatkan tanda dinyatakannya kamu lulus pada program PKL.

Laporan PKL umumnya berisi sebuah laporan yang dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto yang tentunya berkaitan dengan kegiatan selama program PKL.

Struktur Laporan PKL

Struktur laporan PKL biasanya terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:

  1. Halaman judul: berisi judul laporan, nama mahasiswa, institusi, dan tahun PKL
  2. Abstrak: ringkasan singkat tentang isi laporan
  3. Pendahuluan: menjelaskan latar belakang, tujuan, dan metodologi PKL
  4. Tinjauan Pustaka: membahas literatur yang relevan dengan topik PKL
  5. Deskripsi PKL: menjelaskan detail tentang PKL yang dilakukan, termasuk jadwal, tugas, dan aktivitas yang dilakukan
  6. Hasil dan Pembahasan: menyajikan hasil yang diperoleh dari PKL dan membahasnya
  7. Kesimpulan dan Saran: memberikan kesimpulan dari PKL dan memberikan saran untuk penelitian selanjutnya
  8. Daftar Pustaka: menyajikan daftar sumber yang digunakan dalam laporan

Perlu diingat bahwa struktur laporan PKL mungkin berbeda-beda sesuai dengan institusi atau perusahaan tempat melakukan PKL.

Pastikan untuk membaca petunjuk dari institusi atau perusahaan sebelum membuat laporan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian praktek kerja lengkap dengan fungsi, manfaat serta tujuan dan struktur dari laporan PKL.

Bagaimana, Sobat Kekinian, apakah kamu sudah memahami arti dari PKL?

/* */