Program Beasiswa Pemerintah Korea GKS (KGSP)

Infokekinian.com – Kamu pasti salah satu orang yang menantikan program beasiswa pemerintah Korea yang akan segera dibuka ini, kan?

Program beasiswa ini telah di rancang oleh pemerintah Korea untuk memberikannya kesempatan kepada para siswa internasional untuk belajar di perguruan tinggi di Korea, mengejar gelar akademik.

Apa itu GKS
Selain itu juga untuk meningkatkan serta memperdalam persahabatan yang timbal balik antara negara Korea dengan negara yang berpartisipasi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Sobat Kekinian untuk mengenal lebih jauh dari program beasiswa pemerintah Korea GKS ini.

Apa itu GKS?

GKS merupakan kepanjangan dari Global Korean Scholarship, atau yang dulu dikenal sebagai Korean Goverment Scholarship Program (KGSP). Merupakan sebuah program dibawah naungan NIIED, Korea Selatan.

Melalui program ini, pemerintah Korea Selatan juga membuka besiswa hingga S3. Dimana pada jenjang S1 ini akan memakan waktu pendidikan selama 5 hingga 7 tahun, dengan rincian 1 tahun pelatihan bahasa Korea dan sisanya adalah masa pendidikan S1.

Dan pada jenjang S2 ini ditentukan dengan masa pendidikan selama 3 tahun dan masa pendidikan selama 4 tahun untuk jenjang doktor atau S3.

Beasiswa ini memiliki kuota sebanyak 1.276 yang tersedia untuk 153 negara, salah satunya adalah Indonesia yang mendapatkan kuota sebanyak 65. 26 kuota untuk jalur embassy dan 39 kuota untuk jalur universitas.

Beasiswa GKS ini sendiri dikelola langsung oleh salah satu lembaga di pemerintah Korea, yaitu National Institute for International Education (NIIED).

Selain itu terdapat sekitar 67 universitas di Korea yang telah berpartisipasi, sehingga pelamar dapat memilih untuk studi di salah satu kampus tersebut.

Misalkan, Ewha Woman University, Chung-Ang University, Ajou University, Dongguk University, Gwangju Institute of Science and Technology, Hanyang University, Hankuk University of Foreign Studies, Inha University, dan masih banyak lainnya.

Jalur Pendaftaran Beasiswa GKS

Jalur Pendaftaran Beasiswa GKS
Pada beasiswa ini terdapat dua jalur yang tersedia, sebagai berikut:

1. Jalur Universitas

Jalur ini di khususkan untuk para pelamar yang telah lolos seleksi tahap pertama yang telah ditetapkan oleh pihak universitas yang di pilih.

Dalam artian, kamu bisa memilih dan mendaftar langsung ke universitas mana yang ingin kamu tuju.

2. Jalur Embassy atau Kedutaan Besar Korea

Jalur ini mirip dengan jalur universitas, dimana para pelamar harus berhasil lolos seleksi pada tahap pertama yang telah di tetapkan oleh Kedutaan Besar Korea yang ada di Indonesia.

Jadi pada jalur ini kamu akan melamarnya melalui KEDUBES, tidak langsung melamar ke universitas yang di tuju.

Benefit dari Beasiswa GKS

Benefit dari Beasiswa GKS
Berikut adalah fasilitas dan benefit yang ditawarkan oleh program GKS:

  1. Biaya penerbangan pulang-pergi, saat keberangkatan dan saat pulang ke negara asal setelah menyelesaikan pendidikan
  2. Tunjangan tempat tinggal yang akan diberikan satu kali saat masuk ke Korea sebesar 200.000 KRW atau setara dengan Rp 2.5 juta.
  3. Tunjangan bulanan sebesar 900.000 KRW – 1.000.000 KRW, atau setara dengan 11 hingga 13 juta rupiah
  4. Biaya penelitian sebesar 210.000 KRW bagi bidang sosial, dan 240.000 KRW pada bidang sains
  5. Biaya pelatihan bahasa Korea sebesar 800.000 KRW atau 10 juta rupiah
  6. Biaya pendidikan yang akan ditanggung penuh, dengan maksimal 5.000.000 KRW setiap semester
  7. Biaya penggantian disertasi atau tesis sebesar 500.000 – 800.000 KRW atau setara dengan 6-10 juta rupiah
  8. Tunjangan asuransi kesehatan sebesar 20.000 KRW atau Rp 250.000 setiap bulannya
  9. Tunjangan yang akan didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan dan kembali ke negara asalnya, sebesar 100.000 KRW atau 1.2 juta rupiah
  10. Dan tunjangan kemampuan bahasa Korea, jika mencapai skor TOPIK 5 sebesar 100.000 KRW atau 1.2 juta rupiah.

Persyaratan Beasiswa GKS

Persyaratan Beasiswa GKS
Berikut adalah beberapa persyaratan umum untuk melakukan pendaftaran beasiswa GKS:

  1. Bukan warganegara Korea Selatan
  2. Pelamar beasiswa harus mempunyai kesehatan yang memadai secara fisik maupun mental, untuk tinggal di negara asing dalam waktu yang lama
  3. Untuk jenjang S1, pelamar harus berada di bawah usia 25 tahun pada tanggal masuk
  4. Jenjang S2 dan S3 dibawah usia 40 tahun
  5. Telah selesai pendidikan formal baik dasar hingga menengah
  6. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif atau GPA di atas 80% dari institusi pendidikan terakhir
  7. Untuk jenjang S1 dan S3, telah mendapatkan gelar Sarjana ataupun Magister pada saat tanggal kedatangan
  8. Pelamar yang telah mengikuti atau mendapatkan program pendidikan di Korea, tidak dapat mendaftar pada program GKS. Namun jika pelamar pernah mengikuti program pertukaran pelajar atau kunjungan studi di universitas Korea dapat mendaftar
  9. Peserta hanya bisa memilih satu jalur saja saat pendaftaran. Apabila ketahuan mendaftar pada kedua jalur tersebut, maka berkas pendaftarannya akan di abaikan pada saat tahap seleksi kedua
  10. Bagi para peserta yang sebelumnya pernah mendaftar dan terpilih menjadi penerima beasiswa GKS, lalu mengundurkan diri atau bahkan pernah di diskualifikasi selama masa penerimaan, maka tidak bisa mendaftar kembali program beasiswa GKS ini.

Dokumen Pendaftaran Beasiswa GKS

Dokumen Pendaftaran Beasiswa GKS
Berikut adalah beberapa syarat berkas dokumen yang dibutuhkan untuk melamat beasiswa GKS:

  1. Formulir aplikasi (formulir 1)
  2. Personal statement atau pernyataan pribadi (formulir 2)
  3. Study plan atau rencana studi (formulir 3)
  4. Surat rekomendasi (formulir 4), yang bisa kamu dapatkan dari Kepala sekolah, guru maupun ketua jurusan. Yang kemudian surat tersebut dimasukkan ke dalam amplop dalam keadaan di segel, untuk jalur embassy perlu melampirkan dua buah surat rekomendasi
  5. GKS applicant aggrement (formulir 5)
  6. Personal medical agreement (formulir 6)
  7. Bukti kewarganegaraan, seperti Akte Kelahiran ataupun Kartu Keluarga
  8. Salinan resmi ijazah SMA/Sederajat
  9. Jika ada, kamu bisa melampirkan salinan sertifikat TOPIK atau kemampuan bahasa Korea, maupun sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC atau kemampuan bahasa Inggris
  10. Jika dibutuhkan, lampirkan sertifikat penghargaan yang pernah di peroleh
  11. Dan salinan paspor pemohon atau pelamar, jika diminta.

Untuk formulir pendaftaran 1-6 bisa kamu unduh di sini

Cara Mendaftar Beasiswa GKS

Cara Mendaftar Beasiswa GKS
Berikut adalah cara mendaftar beasiswa GKS melalui dua jalur yang tersedia:

1. Jalur Universitas (University Track)

Pada jalur ini, pemohon hanya bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan Ilmu Alam (Natural Sains) dan Teknik (Engineering).

Pada jalur universitas ini, pemohon hanya bisa mendaftar di satu universitas dan satu jurusan saja. Pendaftaran juga dilakukan secara langsung kepada universitas yang dituju di Korea, sehingga tata cara untuk melamarnya pun berbeda-beda.

Maka dari itu, pemohon harus secara aktif untuk melakukan pengecekan ke website resmi dari universitas atau bisa menghubungi contact person dari masing-masing universitas nya.

Untuk batas waktu pendaftarannya pun beragam, hanya saja tidak akan lewat dari tanggal 20 Oktober.

2. Jalur Kedutaan (Embassy Track)

Berbeda dengan University Track, jalur kedutaan ini membuka semua jurusan. Pemohon dapat memilih tiga universitas, dengan syarat harus menyertakan universitas tipe B.

Kamu perlu melengkapi semua berkas dokumen yang telah diminta lalu mencantumkan format berikut pada amplop:

(Nama Lengkap)

2023 Global Korea Scholarship

Embassy of the Republic of Korea

Jl. Gator Subroto Kav.57 jakarta 12950

Telp: 021-2967-2555

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar program beasiswa pemerintah Korea:

Apakah GKS ada Wawancara?

Jawabannya adalah ada. Karena GKS membuka dua jalur pendaftaran, dan kamu mendaftar melalui jalur kedutaan, maka kamu pengeriman dokumen, seleksi hingga wawancara akan dilakukan oleh pihak Kedutaan Republik Korea yang ada di Indonesia.

Dan sebaliknya, jika kamu melamar melalu jalur universitas. Maka kamu akan melakukan wawancara langsung dengan pihak universitas yang telah kamu pilih.

Kapan Pendaftaran KGSP/GKS Dibuka?

Biasanya program beasiswa ini akan dibukan sebulan atau dua bulan sebelum ujian masuk perguruan tinggi di Korea (수능), tepatnya sekitar bulan september hingga oktober.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai program beasiswa pemerintah Korea GKS atau yang dulu dikenal sebagai KGSP, dimana kamu bisa mendapatkan beasiswa full melalui beasiswa ini. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mendaftar?

Demikianlah artikel mengenai program beasiswa pemerintah Korea dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */