Teknik Dasar Permainan Baseball, Terlengkap!

InfoKekinian.com – Pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal teknik dasar permainan baseball yang sekilas mirip dengan permainan softball dan kasti.

Baseball atau bisbol adalah olahraga populer di banyak negara, termasuk Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Timur, dan Karibia. Di beberapa negara ini, bisbol adalah olahraga utama.

Pengertian Baseball
Bisbol biasanya dimainkan sebagai hiburan nasional di Amerika. Jumlah penonton yang ingin menghadiri pertandingan bisbol ini, seperti yang diharapkan, jauh lebih besar daripada olahraga lainnya.

Untuk mengenal teknik dasar permainan baseball lebih lanjut, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Baseball

Baseball, umumnya dikenal sebagai bisbol, adalah olahraga yang melibatkan penggunaan bola kecil. Baseball menampilkan dua tim yang bersaing dan setiap regu memiliki sembilan anggota.

Permainan bisbol ini menyerupai softball yang menekankan pada kerjasama tim dan kekompakan tim untuk meraih kemenangan.

Permainan bisbol ini sangat populer di Amerika Serikat, di mana banyak orang bermain bisbol. Tujuan dari permainan bisbol adalah untuk menjaga tim sebagai pemukul dan memperoleh skor untuk menang.

Sejarah Baseball

Ada banyak teori tentang asal usul permainan bisbol ini, dan beberapa mengklaim bahwa olahraga ini dimulai di Amerika, sementara yang lain mengklaim bahwa baseball berasal dari Inggris.

Pada tahun 1971, bisbol menjadi populer di Amerika. Berita Inggris melaporkan pada tahun 1903 bahwa bisbol berasal dari Inggris.

Henry Chadwick adalah orang pertama yang bermain baseball, yang berasal dari olahraga rounders.

Mantan pemain baseball Albert Spalding membantah hal ini dan menggarisbawahi bahwa baseball adalah olahraga yang berasal dari Amerika Serikat. Menurutnya, Abner Doubleday adalah penemu baseball.

Untuk menentukan siapa dan di mana bisbol ditemukan untuk olahraga pertama, sebuah komisi dibentuk untuk menentukan siapa dan di mana bisbol ditemukan untuk olahraga pertama.

Dan pada akhirnya, dunia mengakui Amerika sebagai penemu baseball. Sehingga dapat ditunjukkan bahwa Amerika adalah negara pertama yang bermain bisbol dan formasi New York Kninkerbockers pada 23 September 1845 adalah tim bisbol pertama di Amerika.

Baseball telah berkembang di seluruh dunia dari waktu ke waktu. Pada tahun 1938, IBAF didirikan dengan tujuan mengatur semua hal yang berhubungan dengan bisbol di seluruh dunia.

Asal usul bisbol di Indonesia sudah ada sejak tahun 1960. Namun, tidak diketahui secara pasti siapa penemu permainan ini di Indonesia. Awalnya, olahraga bisbol diperkenalkan pada masa kolonial.

Namun, ungkapan permainan bisbol lebih dikenal oleh orang Indonesia. Jakarta dan Bandung adalah kota-kota di Indonesia tempat olahraga ini berkembang.

Teknik Dasar Baseball

Teknik Dasar Baseball
Teknik dasar permainan baseball dipisahkan menjadi empat kategori, berikut penjelasannya:

Teknik Melempar Bola

Melempar bola dalam olahraga baseball ini tidak boleh sembarangan, juga tidak boleh asal-asalan dalam melempar.

Pelempar juga harus menggunakan metode yang mencegah pemukul batter agar tidak terhubung dengan bola yang dilempar.

Cara melempar bola yang benar adalah dengan mengayunkan tangan dari atas lalu melempar bola langsung ke pemukul.

Teknik Memegang Tongkat Pemukul

Teknik memegang pemukul baseball yang benar adalah dengan kedua tangan, erat-erat, agar stick untuk memukul tidak jatuh saat digunakan untuk memukul bola baseball.

Teknik Memukul Bola

Pemukul atau biasa disebut batter harus mampu memukul bola dengan kekuatan yang cukup. Selain itu, pemukul harus dapat dengan cepat membedakan arah dari mana bola mendekat.

Pemukul memainkan peran penting dalam olahraga bisbol, maka dari itu jika satu pemukul gagal memukul bola, itu bisa menjadi bencana bagi tim.

Teknik Menangkap Bola

Peran penangkap dalam bisbol adalah catcher. Penangkapan bisbol tidak sembarangan dan membutuhkan metode tertentu.

Rahasianya adalah semakin baik kemungkinan menangkap bola, semakin dekat tubuh dengan bola bisbol.

Peraturan dalam Permainan Baseball

Setiap tim dalam permainan bisbol memiliki sembilan pemain yang menempati posisi berikut:

  1. Pelempar bola atau pitcher
  2. Penangkap atau catcher
  3. Penjaga marka atau base pertama
  4. Penjaga marka atau base kedua
  5. Penjaga marka atau base ketiga
  6. Penjaga lapangan antara base 1 dan 3
  7. Penjaga di sayap kiri
  8. Penjaga di sayap tengah
  9. Penjaga di sayap kanan.

Durasi olahraga bisbol adalah sembilan babak.

Lapangan dan Properti dalam Permainan Baseball

Lapangan dan Properti dalam Permainan Baseball
Berikut ini adalah gambaran lengkap tentang lapangan baseball dan karakteristiknya:

Lapangan Baseball

Lapangan baseball mempunyai bentuk bujur sangkar, yang ditengahnya terdapat gundukan pitcher yang berfungsi sebagai tempat untuk melempar bola.

Panjang jarak antar base atau marka adalah 27 meter dan jarak dari gundukan pitcher ke homplate adalah sejauh 60 kaki, dengan garis bujur yang terbentuk dari homeplate ke base pertama dan ketiga.

Bola Baseball

Putih adalah warna khas bola yang digunakan dalam permainan bisbol dan memiliki bentuk melingkar dengan jahitan merah. Bola baseball dibuat dari bahan kulit atau sintetis.

Tongkat Pemukul

Tongkat atau alat pemukul dalam permainan bisbol ini berbentuk bulat dengan panjang 86cm dan berdiameter 7cm. Pegangan pada tungkat pun boleh dibalut meskipun tidak boleh lebih dari 40cm.

Sarung Tangan

Setiap pemain bisbol tentunya akan memakai sarung tangan kulit. Untuk penangkap dan penjaga base pertama, akan membutuhkan sarung tangan yang lebih tebal lagi.

Gunakan sarung tangan tanpa ibu jari atau dengan bentuk bulat lengkap untuk catcher. Mirip dengan catcher, pelempar dan penjaga pangkalan juga menggunakan sarung tangan melingkar, tetapi ibu jari mereka berbeda.

Pelindung Catcher

Catcher ini menggunakan Catcher Protector saat bermain baseball. Sarung tangan catcher pun dipisahkan menjadi tiga bagian, antara lain:

  1. Masker yang digunakan untuk melindungi wajah
  2. Body protector untuk melindungi dada
  3. Leg guard yang berguna untuk melindungi atau menutup tungkai pada bagian bawah.

Sepatu

Pemain bisbol diizinkan memakai sepatu yang terbuat dari kanvas dan kulit halus. Sol sepatu boleh yang datar atau berukir.

Sol logam dan pelat tumit diizinkan selama tang yang menonjol tidak melebihi tiga perempat inci.

Base

Base, biasa disebut sebagai tempat hinggap untuk para pemain baseball. Ada empat base atau marka, yang ditetapkan sebagai base I, base II, base III, dan base IV.

Base ini terbuat dari karet atau bahan lain dan bentuk base ini adalah segilima yang memiliki ragam ukuran seperti 30-22-43-22-30 cm.

Cara Bermain Baseball

Cara Bermain Baseball
Setiap regu terdiri dari sembilan orang dan setiap regu akan berfungsi sebagai tim pemukul dan pertahanan selama bermain.

Tim yang memukul akan berusaha berlari di antara base sampai mereka kembali ke home plate. Adapun unit penjaga, mereka secara konsisten berusaha menghentikan laju lawan.

pemukul harus diposisikan di home plate dan digunakan untuk mencoba memukul bola yang diberikan oleh bouncer. Bouncer harus menggunakan ayunan tangan yang kuat saat memantulkan bola.

Ketika seorang pemukul memukul bola bisbol tiga kali, dia harus kembali ke base pertama sebelum digantikan oleh pemukul lain.

Manfaat Permainan Baseball

Berikut adalah manfaat dari permainan baseball:

Menurunkan Berat Badan

Banyak orang terpesona dengan penurunan berat badan. Jika kamu salah satunya, maka kamu harus mencoba permainan ini karena menggabungkan ayunan, lari cepat, menangkap, dan berjalan, yang semuanya dapat membakar lebih banyak kalori daripada satu latihan.

Faktanya, menurut sebagian besar ahli kesehatan, seseorang dengan berat 160 pon dapat membakar 365 kalori setiap jam berlatih olahraga ini.

Permainan ini mengharuskan penggunaan dan gerakan seluruh tubuh dan dapat menjaga seluruh tubuh tetap hidup.

Mengasah Pikiran

Bisbol dapat meningkatkan pemikiran kita karena pemain harus membuat keputusan sepersekian detik mengenai kapan dan di mana harus menggunakan pendekatan yang optimal.

Hal itu bisa membuat pikiran pemain tajam, energik, dan waspada. Selain itu, seorang pemain harus memiliki kapasitas mental untuk mempelajari keterampilan lebih cepat.

Menghilangkan Stres

Permainan juga merupakan pelampiasan alami untuk stres, karena kemarahan, perubahan suasana hati, dan terkadang ketidaksabaran diganti dengan kesenangan, menghasilkan pikiran yang tenang.

Jika kita sangat stres, menghabiskan sepanjang hari di kamar kita mungkin sedikit membantu, tetapi akan menghasilkan sedikit.

Bermain baseball ini tidak hanya dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus mental, tetapi juga dapat menyegarkan pikiran.

Memperkuat Lengan dan Kaki

Dalam bisbol, lengan dan kaki adalah dua bagian tubuh yang paling banyak digunakan. Melempar bola, memukul pemukul, dan menangkap bola dapat membantu meningkatkan kekuatan lengan dan otot.

Selain itu, dapat membantu meningkatkan fleksibilitas sendi.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa yang Membedakan Antara Softball dan Baseball?

Yang membedakan permainan softball dengan baseball ini terletak pada teknik melemparnya. Dimana pada softball, pelempar akan melempar bola ke arah pemukul dengan cara melempar ke arah bawah tangan.

Sedangkan pada permainan baseball, pelempar bola akan melambungkan bola kearah hitter dengan melempar kearah atas tangan.

Berapa Total Inning Pada Permainan Baseball?

Total dalam permainan baseball ini adalah 9 babak yang biasa disebut sebagai inning dan disetiap satu inning para tim akan mempunyai kesempatan dalam memukul untuk mencetak angka atau run.

Kenapa di Indonesia Tidak Ada Bisbol?

Meskipun baseball ini sangat populer di negara Jepang di Amerika, tetapi di Indonesia permainan ini kurang populer.

Hal ini dikarenakan terbatasnya lapangan baseball yang di sediakan oleh pemerintah.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik dasar permainan baseball yang lengkap dengan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dan permainan baseball ini merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim dengan setiap timnya terdiri sembilan orang.

/* */