Tempat Wisata di Jogja Selain Pantai

Infokekinian.com – Kamu ingin pergi berlibur ke jogja bareng bestie, tapi bingung mau kemana? Yuk cek tempat wisata di jogja selain pantai, yang bisa kamu jadikan referensi ketika liburan.

Siapa yang tidak kenal Yogyakarta? Kota yang terkenal dengan menu nasi gudegnya ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

Selain Bali, Jogja atau Yogyakarta telah menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di Indonesia. Alhasil, wajar jika banyak pengunjung yang datang untuk berlibur.

Beragam Tempat Wisata di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti namanya, merupakan provinsi yang menarik. Selain dipimpin oleh seorang Sultan yang masih berkuasa dan sangat disegani.

Jogja memiliki kelebihan lain berupa peninggalan sejarah yang masih terjaga kelestariannya hingga penduduk aslinya yang sangat ramah dan baik hati.

Beragam Tempat Wisata di Jogja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jogja adalah salah satu tujuan wisata paling terkenal di Indonesia.

Masih banyak lagi tempat wisata di Jogja selain candi yang merupakan warisan budaya kuno dan menjadi daya tarik wisata.

Hadirnya destinasi wisata yang begitu banyak tentunya akan semakin seru dan memberikan banyak pilihan.

Pengunjung yang ingin berwisata dan menikmati liburan di Jogja akan menemukan banyak sekali pilihan wisata yang tentu saja populer dan akan mempercantik liburan mereka.

Lantas, apa saja tempat wisata di Jogja yang paling terkenal dan populer? Simak beberapa ulasannya di bawah ini:

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Yogyakarta, jika tidak seluruh Indonesia. Kuil ini terdaftar di salah satu daftar warisan dunia UNESCO.

Borobudur adalah candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia, menurut salah satu faktanya. Candi ini secara teknis tidak terletak di Jogja karena berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah.

Berjarak sekitar 40 kilometer barat laut Yogyakarta dan dapat diakses melalui berbagai moda transportasi umum.

Yang membuat candi ini menarik adalah candi ini memiliki 72 stupa yang populer di kalangan wisatawan.

Candi Prambanan

Selain Borobudur, Jogja memiliki beberapa candi lain yang sama-sama menawan dan terkenal di Indonesia. Candi yang dimaksud adalah candi Hindu Candi Prambanan.

Candi ini berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Yang membuat candi ini menarik adalah relief pada dinding candi yang menceritakan kisah Ramayana.

Candi Prambanan

Selain itu, pementasan Rama dan Sinta juga sering diadakan di pura ini. kamu yang berkunjung ke lokasi ini pasti akan terhibur dengan pertunjukannya.

Selain itu, karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, pura ini sangat mudah diakses dengan berbagai moda transportasi.

Jalan Malioboro

Kembali ke pusat kota Jogja, pemberhentian wisata kamu selanjutnya adalah Jalan Malioboro. Ya, jalan ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Jogja, dan mengunjungi Jogja tidak akan lengkap tanpa mengunjungi jalan legendaris ini.

Lokasi ini memiliki banyak penjual makanan yang menawarkan menu spesial, serta penjual kerajinan tangan dan pakaian.

Apalagi saat malam tiba, jalan ini disulap menjadi tempat nongkrong anak muda yang bergandengan tangan dengan rekan kerja sambil bersenang-senang.

Pasar Bering Harjo

Pasar Bering Harjo adalah salah satu pasar tertua di Yogyakarta. Pasar ini terletak di Jalan Malioboro dan sangat ramai setiap hari.

Pasar ini menawarkan berbagai macam suvenir unik dengan harga yang sangat terjangkau. Inilah salah satu alasan mengapa wisatawan berbondong-bondong ke lokasi ini.

Selain mencari oleh-oleh, di kawasan ini banyak pedagang yang menjual berbagai barang seperti pakaian, batik, makanan tradisional, uang kuno, ramuan herbal, dan lain sebagainya. Rasanya jika belum mengunjungi pasar legendaris ini, belum lengkap liburan ke Jogja.

Benteng Vredeburg

Siapa yang belum pernah mendengar tentang benteng yang familiar ini? Ya, Vredeburg adalah salah satu peninggalan kolonial Jogja.

Benteng Belanda yang terletak di dekat ujung selatan Jalan Malioboro ini kini menjadi salah satu objek wisata sejarah dan pendidikan paling populer di daerah tersebut.

Selain mendengar salah satu bukti sejarah kolonialisme, kamu juga bisa melihat bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh para founding fathers bangsa melalui diorama yang ada di museum di benteng ini.

Diorama ini menggambarkan peristiwa sejarah. Diorama ini bahkan bisa mengajarkan kamu tentang sejarah.

Selain itu, beberapa festival budaya sering diadakan di benteng ini, yang tidak diragukan lagi menarik untuk diikuti.

Bahkan, kini sudah ada kafe yang dibangun di sekitar benteng yang sangat cocok untuk bersantai sambil menyeruput secangkir kopi.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang paling menarik, khususnya bagi mereka yang tertarik dengan wisata sejarah.

Museum ini dapat ditemukan di Jalan Boyong, kilometer 25, Kaliurang Barat. Museum ini dibangun di atas lahan yang cukup luas, kurang lebih 1,2 hektar.

Museum Ullen Sentalu

Karena berada di dekat pegunungan, biasanya udara di museum ini sangat sejuk. Suhu di sekitar museum ini biasanya antara 15 dan 20 derajat Celcius. Bukankah itu luar biasa? Yang membuat museum ini menarik adalah keunikannya.

Pengunjung akan disambut oleh pintu masuk berbentuk labirin yang akan membawa mereka ke salah satu ruang pameran bawah tanah. Nah, di lokasi ini, kamu akan bisa melihat benda-benda bersejarah yang menarik.

Koleksi sejarah dan budaya Kerajaan Mataram yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kerajaan Yogyakarta dan Kerajaan Solo menjadi salah satu perhatian museum. Namun, mengambil foto di ruang pameran tidak diperbolehkan saat mengunjungi museum ini.

Kraton Yogyakarta

Perjalanan ke Jogja tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi Kraton Yogyakarta. Ya, istana ini adalah salah satu bangunan bersejarah Jogja dan berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya.

Sebuah museum di dalam keraton menampilkan berbagai barang dari Kesultanan Yogyakarta. Pamerannya banyak dan beragam, mulai dari barang-barang rumah tangga hingga barang antik hingga hadiah Eropa.

Jika kamu ingin pergi, pagi hari adalah waktu terbaik. Hal ini dikarenakan keraton hanya dibuka untuk umum hingga pukul 2 siang.

Taman Sari

Taman Sari merupakan destinasi wisata di Jogja selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Ini merupakan destinasi wisata yang menarik, terutama bagi kamu yang terpesona dengan dunia sejarah.

Taman Sari adalah bangunan bersejarah di Yogyakarta. Lokasi ini dulunya merupakan tempat pemandian para selir kerajaan.

Taman Sari, di sisi lain, telah mempertahankan bentuk aslinya sejak penciptaannya. Taman Sari, di sisi lain, adalah murni objek wisata dan tidak lagi digunakan sebagai pemandian.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi adalah salah satu tujuan wisata terpenting di Jogja. Karena baru dibuka pada tahun 2009, maka dipastikan museum ini menjadi destinasi wisata baru.

Museum ini berada di dekat perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Museum ini menarik karena menampilkan fakta sejarah tentang Gunung Merapi.

Ada juga ruangan tempat pemutaran film tentang letusan Gunung Merapi yang merenggut beberapa nyawa beberapa tahun lalu.

Gua Jomblang

Goa Jomblang yang ditemukan belum lama ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkenal.

Gua Jomblang

Gua ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan sangat ideal bagi mereka yang mencari tujuan wisata yang akan menguji adrenalin kamu.

Gua ini menarik karena vertikal dan berisi hutan purba. Selanjutnya kamu akan berkesempatan untuk melihat sinar matahari dari lubang gua yang akan sangat indah dan mempesona.

Gua Pindul

Gua Pindul juga merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di Kabupaten Gunung Kidul. Gua ini terkenal dengan kegiatan cave tubing yang terkenal.

Perlu diketahui bahwa gua ini memiliki panjang hingga 350 meter, lebar 5 meter, dan kedalaman 5 hingga 12 meter.

kamu yang pemberani dan menyukai tantangan bisa mencoba menu liburan cave tubing yang disiapkan oleh pengelola.

Menggunakan ban pelampung, cave tubing akan memakan waktu sekitar 45 menit. Apakah kamu menemukan diri kamu tertantang?

Candi Ratu Boko

Selama di Jogja, kamu bisa mengunjungi Candi Ratu Boko yang kembali ada di peta wisata berupa candi.

Pura ini merupakan salah satu tujuan wisata yang paling menarik dan dapat menjadikan pengalaman wisata yang sangat menyenangkan.

Candi Ratu Boko terletak di atas bukit, sehingga suhunya menyenangkan. Candi Ratu Boko juga menarik karena pemandangan alamnya.

Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset merah yang sempurna. Banyak pengunjung yang datang pada sore hari untuk menikmati keindahan alam.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan adalah salah satu tujuan wisata paling menarik di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan kebun buah-buahan dimana berbagai jenis buah bisa dinikmati.

Selain buahnya, yang membuat destinasi wisata ini menarik adalah pemandangan alamnya yang menakjubkan. Karena ketinggiannya, kamu dapat melihat awan dari kebun ini.

Selanjutnya, jika kamu pergi pagi-pagi sekali, kamu akan dapat menikmati kabut yang indah. Disarankan untuk mengunjungi lokasi ini pada pagi hari.

Hutan Mangrove

Tertarik untuk mengunjungi hutan mangrove? Jogja punya jawaban untuk pertanyaan kamu. Saat ini hutan mangrove telah dibuka sebagai destinasi wisata di Jogja, tepatnya di kawasan Kulon Progo.

Hutan Mangrove

Ini adalah salah satu atraksi, dan merupakan konservasi alam yang menarik. Area hutan yang hijau dan lebat akan membuat kamu tetap sejuk.

Jika kamu ingin rehat sejenak dari kesibukan dan pekerjaan kamu, lokasi ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jika kamu berkunjung ke Jogja bersama anak dan keluarga, Jogja Bay adalah tempat yang tepat. Ini adalah destinasi wisata modern yang terkenal di Jogja, terutama untuk keluarga dengan anak-anak.

Jogja Bay, seperti namanya, merupakan tujuan wisata yang populer untuk olahraga air. Ada banyak wahana air yang tersedia di lokasi ini, yang tentunya bisa kamu nikmati.

Tidak hanya ada wahana permainan di location, tetapi ada juga pertunjukan yang pasti akan membuat liburan kamu lebih berwarna.

Air Terjun Kedung Pedut

Suara cipratan air sangat menenangkan dan menenangkan. Itulah mengapa pergi ke air terjun adalah ide yang menarik untuk diikuti.

Jika kamu sedang berkunjung ke Jogja, berkunjung ke air terjun Kedung Pedut merupakan pilihan yang sangat menarik dan tepat. Kedung Pedut terletak di Kabupaten Kulon Progo yang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Namun, perjalanan panjang akan terbayarkan saat kamu tiba di destinasi wisata ini. Ya, bagi kamu yang merindukan kesejukan alam, air terjun yang masih jernih dan alami akan memberikan kesegaran.

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan objek wisata yang tergolong baru di Jogja. Sebelumnya, lokasi ini merupakan tambang batu kapur yang dinonaktifkan.

Bukit kapur ini, bagaimanapun, kini telah menjadi salah satu alternatif tujuan wisata yang lebih murah dan lebih ramai.

Ukiran khas di bukit kapur inilah yang membuat destinasi wisata ini menarik. Tebing Breksi juga merupakan tempat yang bagus untuk menyaksikan matahari terbenam. Kamu dapat mendaki bukit untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Kali Biru

Siapa yang belum pernah mendengar destinasi wisata populer ini? Ya, Kali Biru yang terletak di Kulon Progo ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja.

Ini adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan dan ratu pariwisata Jogja yang berkuasa saat ini.

kamu akan dapat melihat perbukitan hijau dari atas di lokasi ini. Saat kamu berkunjung, pemandangan indah berpadu dengan udara sejuk akan menciptakan suasana damai di hati kamu.

Gunung Becici

Apakah kamu senang pergi ke bukit? Jika kamu melewatkan Puncak Becici, perjalanan kamu ke Jogja belum lengkap. Inilah destinasi wisata baru di Jogja yang sangat menarik untuk dikunjungi di sore hari.

Gunung Becici

Puncak ini merupakan salah satu tempat terindah untuk menyaksikan matahari terbenam. Destinasi wisata yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Jogja ini cukup mudah dijangkau karena akses jalannya sudah bagus.

Sindu Kusuma Edupark

Apakah kamu ingin pergi berlibur bersama keluarga? Sindu Kusuma Edupark, di sisi lain, merupakan objek wisata yang menarik di Jogja.

Destinasi wisata ini sesuai dengan namanya merupakan tempat wisata edukasi yang sangat menarik. Lokasi ini memiliki banyak sekali wahana seru, terutama untuk anak-anak.

Bukit Bintang Jogja

Jogja memiliki salah satu destinasi wisata malam hari yang sangat menarik. Bukit Bintang merupakan salah satu destinasi wisata yang dimaksud. Tempat wisata ini berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Gunung Kidul.

Lokasi ini merupakan bukit dimana kamu bisa melihat lampu kendaraan yang sangat indah terlihat seperti bintang yang berkelap-kelip.

Nah, di lokasi ini kamu bisa menikmati pemandangan, angin sepoi-sepoi, dan tentunya kuliner khas Jogja yang sangat nikmat.

Hutan pinus

Hutan pinus

Ingin mengunjungi kawasan hutan yang sejuk dan sejuk? Hutan Pinus, di sisi lain, adalah tujuan wisata di Jogja yang harus kamu kunjungi.

Destinasi wisata yang terletak di pinggiran kota Jogja ini sangat ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Kamu dapat menikmati lingkungan alam yang tenang dan keindahan pohon pinus besar di lokasi ini.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung merupakan salah satu destinasi wisata yang kurang terkenal di Jogja. Keindahan bukit ini, di sisi lain, tidak bisa dipungkiri.

Keindahan pemandangan bisa dilihat dari atas bukit ini berupa kumpulan awan tebal. Nah, buat kamu yang hobi foto-foto, ini destinasi yang wajib dikunjungi.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisatta di Jogja selain pantai yang bisa kamu kunjungi bareng bestie kamu dan sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata di Jogja,selain tempat yang kami rekomendasikan di atas.

Demikianlah artikel mengenai Tempat Wisata di Jogja Selain Pantai dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */