Apa itu Cloudfare? Faktor Website dan Internet Down

Infokekinian.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai Apa itu Cloudfare faktor website dan inernet down. Yuk simak bagaimana penjelasannya!

Banyak website yang sempat error kemarin dan itu berasal dari Cloudfare tersebut. Sempat menjadi trending topik lantaran tidak hanya satu website, melainkan hampir seluruh website dan termasuk website besar yang mengalami gangguan atau Error.

Tentu saja, website e-commerce harus cepat agar bisa diakses dengan mudah sekaligus aman sehingga tidak bisa diretas. Cara termudah untuk membuat website yang cepat dan aman adalah dengan menggunakan CloudFlare.

Apa saja fungsi CloudFlare_

Apa itu CloudFlare?

Apa itu Cloudfare? CloudFlare bertindak sebagai penghubung antara situs web dan penggunanya. Selain mempercepat pemuatan situs web kamu, jembatan penghubung ini dapat menjaganya tetap aman dari peretas.

Apa saja fungsi CloudFlare?

Semua kunjungan ke situs web kamu harus melalui jembatan yang disebut CloudFlare. Sangat menarik untuk dicatat bahwa CloudFlare memiliki alat dan kemampuan berikut untuk membantu kamu dengan situs web kamu:

1. Menganalisa Tindakan Berbahaya Pada Website – Apa itu Cloudfare

Dengan melihat IP kamu, sumber daya yang dikunjungi, dan seberapa sering pengguna mengakses situs kamu, CloudFlare dapat mengevaluasi apakah pengunjung berbahaya. CloudFlare akan membatasi akses pengunjung ini dan situs kamu dilindungi dari berbagai serangan.

2. Memberikan Jalur Tercepat untuk Pengunjung Website – Apa itu Cloudfare

Dengan menggunakan CloudFlare, pengunjung situs web kamu akan dipandu ke jalur tercepat. kamu melakukannya dengan merutekannya ke server CloudFlare terdekat. Misalnya, pengunjung situs kamu berada di Eropa. Kemudian, mereka akan diteruskan ke server CloudFlare yang terletak di Eropa untuk akses tercepat.

3. Memberikan Laporan Pengunjung Website – Apa itu Cloudfare

CloudFlare dapat memisahkan kunjungan situs web kamu dan memberikan laporan terperinci. kamu dapat memeriksa apakah ini robot mesin pencari, ancaman, atau pengunjung manusia. kamu juga dapat memeriksa seluruh jumlah pengunjung dan informasi dari mana situs web itu dikunjungi.

4. Menyaring Komentar Pengunjung Website – Apa itu Cloudfare

CloudFlare mampu melindungi website dari komentar spam. Dengan begitu, website kamu tidak akan dibanjiri komentar termasuk iklan atau ujaran kebencian yang berulang-ulang.

Memberikan informasi kepada pengunjung jika mesin mereka terkena virus
Fitur CloudFlare ini menguntungkan pengunjung situs web kamu sekaligus meningkatkan keamanannya. Pengunjung akan diminta untuk memasukkan captcha sebelum CloudFlare menawarkan saran penghapusan virus.

Bagaimana kamu dapat menggunakan CloudFlare untuk situs web kamu_

Bagaimana kamu dapat menggunakan CloudFlare untuk situs web kamu?

CloudFlare sangat mudah untuk digunakan. Untuk memulai, cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Buka website com.
  2. Daftar menjadi anggota Cloudflare dengan memasukkan nama, email, serta alamat website kamu.
  3. Secara otomatis, Cloudflare akan mendeteksi nameserver dan IP address dari host yang digunakan website kamu
    .
    kamu akan dihadapkan pada pengaturan keamanan dan cache. Pilih sesuai kebutuhan kamu dan klik next.
  4. CloudFlare akan memberikan nameserver yang bisa disalin.
  5. Buka pengaturan domain website kamu, kemudian masukkan nameserver yang diberikan oleh CloudFlare.

Apakah CloudFlare berbayar?

Jawabannya adalah ya dan tidak. CloudFlare menawarkan fasilitas gratis bagi kamu yang menginginkan kemampuan terbatas, namun tetap mampu menjaga dan mempercepat akses ke website.

Namun, jika kamu menginginkan fasilitas yang dapat membuat situs web kamu menjadi lebih baik, harap tingkatkan akun CloudFlare kamu ke akun pro atau akun bisnis.

Bagaimana Proses Menggunakan CloudFlare?

CloudFlare melindungi dan mempercepat situs web kamu dengan mengarahkan semua lalu lintas ke server CloudFlare situs web kamu setelah terdaftar di CloudFlare. CloudFlare secara otomatis mengoptimalkan transmisi data di situs web untuk kualitas tinggi, kecepatan dan kinerja yang cepat.

Selain membatasi bot dan crawler yang intensif bandwidth, CloudFlare juga akan mencegah ancaman apa pun ke server sumber situs web. Hasil yang akan kamu peroleh adalah peningkatan tingkat keamanan dan kecepatan.

Keuntungan dari Cloudflare

Cloudflare dapat menutupi alamat IP sebenarnya dari hosting situs. Peretas akan merasa sulit dan tidak akan dapat menyerang server yang berfungsi.

Sumber daya yang bertanggung jawab untuk memuat situs akan lebih cepat, dan beban server akan diturunkan, dengan pembuatan cache web oleh layanan ini.

Cloudflare mengubah komponen keamanan situs untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap semua serangan DDoS.

Selama situs sedang offline, layanan ini mengatakan akan terus menyajikan data yang di-cache hingga situs tersebut dicadangkan.

Server nama dari penyedia tersebut dapat digunakan untuk menambahkan catatan DNS host DNS jika pendaftar tidak menyediakan opsi tersebut.
bisnis ini menyediakan layanan gratis jika kamu ingin menambahkan banyak domain sekaligus

kamu dapat melarang akses ke situs dari wilayah atau negara tertentu. Fitur ini mungkin diminta oleh pengguna jika suatu saat kamu menerima banyak serangan dari negara tertentu.

Bagaimana Proses Menggunakan CloudFlare_

Apa Kelemahan CloudFLare?

Tidak ada yang sempurna, dan CloudFlare juga tidak. Ada kerugian tertentu untuk menggunakan CloudFlare untuk situs web kamu. CloudFlare adalah jembatan antara pengunjung dan situs web kamu. Cloudflare tidak dapat mengakses situs web kamu jika dilindungi dengan cara ini.

Di CloudFlare ada layanan untuk mempertahankan situs web dari serangan DDoS, dijuluki “Saya Sedang Diserang”. Soalnya, kemampuan ini juga menghambat robot dari mesin pencari.

Akibatnya, Google akan kesulitan menemukan situs web kamu.
Kelemahan CloudFlare dapat dielakkan dengan mengendalikan CloudFlare secara efektif. Misalnya, jika CloudFlare tidak berfungsi, kamu tidak boleh menggunakan fitur “Saya Sedang Diserang”.

Kesimpulan

CloudFlare bertindak sebagai penghubung antara situs web dan penggunanya. Ini berarti bahwa semua kunjungan ke situs web kamu harus melalui jembatan yang disebut CloudFlare. Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu Cloudfare, semoga bermanfaat ya sobat kekinian.

/* */