Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp

Infokekinian.com – Banyak pengguna internet ingin tahu cara membuat centang hijau di WhatsApp. Penasaran bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui informasinya secara lengkap dan jelas.

WhatsAp adalah platform perpesanan yang sering digunakan di seluruh perangkat. Pengguna perangkat smartphone akan merasa aplikasi ini cukup berguna untuk mengirim pesan tanpa menggunakan pulsa.

Apa itu Centang Hijau di WhatsApp_

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang bekerja mirip dengan SMS, dengan pengecualian membutuhkan koneksi internet untuk berinteraksi dan mengakses aplikasi.

Untuk memanfaatkannya, calon pengguna hanya perlu mendaftar dengan nomor ponsel yang aktif, setelah itu bisa langsung berhubungan dengan pengguna lain.

Berdasarkan statistik Statista, Indonesia menempati urutan keempat dunia dengan 84,4 juta pengguna WhatsApp, menurut data dari databoks.katadata.co.id. Pada tahun 2021, akan ada lebih dari 2 miliar orang di planet ini.

Berdasarkan informasi ini, jelas bahwa WhatsApp memiliki banyak janji sebagai alat bisnis, khususnya di Indonesia. Selain itu, didukung oleh perusahaan yang sangat bereputasi.

WhatsApp Business API diluncurkan pada tahun 2018 oleh perusahaan di bawah naungan Meta. Aplikasi ini hampir identik dengan WhatsApp dalam hal aplikasi.

Perbedaan antara aplikasi ini dan WhatsApp versi reguler adalah dirancang untuk memenuhi tuntutan para pebisnis atau perusahaan dalam merekrut klien menggunakan WhatsApp.

Perusahaan dan pebisnis sama-sama ingin mendapatkan kepercayaan konsumen mereka, sehingga tanda centang hijau di aplikasi WhatsApp dapat berfungsi sebagai simbol resmi.

Jika kamu menerima pesan dengan tanda centang hijau dari institusi atau pengguna, ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya, kredibel, atau asli.

Jadi, jika kamu ingin memiliki centang hijau di akun kamu dan menjadi bisnis yang kredibel, kamu harus tahu cara mendapatkan atau membuat centang hijau berikut di WhatsApp.

Apa itu Centang Hijau di WhatsApp?

WhatsApp Verified Badge atau yang sering disebut ”centang hijau” merupakan sebuah tanda yang menunjukkan akun terverifikasi, kredibel dan dapat dipercaya atau asli.

Centang hijau ini diberikan kepada pengguna-pengguna tertentu saja berdasarkan legalitas sebuah lembaga, perusahaan atau bisnis. Sehingga tidak sembarang orang dapat membuatnya

Pada intinya tidak diperuntukan bagi perorangan dan berbeda dengan verifikasi pada media sosial. Biasanya centang hijau diberikan kepada lembaga pemerintahan, perusahaan besar, dan tokoh publik.

Hal tersebut bertujuan agar perusahaan mendapatkan kredibilitas dari khalayak banyak dan tentunya menghindari penipuan. Centang hijau ini hanya bisa didaftarkan melalui platform WhatsApp Business API.

Apa Saja Manfaat Centang Hijau di WhatsApp?

Ketika kamu sudah memiliki Verified Badge “Centang Hijau” di nomor WhatsApp, maka banyak manfaat yang bisa didapatkan. Antara lain manfaatnya adalah sebagai berikut:

Membangun kepercayaan (kredibilitas) diantara khalayak atau customer dengan perusahaan

Mengurangi keraguan pelanggan karena centang hijau adalah tanda untuk lembaga/perusahaan resmi dan terpercaya

Meningkatkan penjualan dan branding secara gratis, karena nama perusahaan akan otomatis muncul di kolom chat pelanggan.

Bisa terhubung dengan aplikasi CRM yang membantu megelola usaha atau bisnis yang kamu miliki.

Cara Mendapatkan / Membuat Centang Hijau

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan usaha agar lebih dipercaya oleh pengguna WhatsApp, tentunya harus mengikuti ketentuan.

Berikut adalah cara mendapatkan / membuat agar centang hijau di WhatsApp:

1. Menghubungkan ke Facebook Business Manager

Langkah pertama dalam mendapatkan verifikasi dari WhatsApp adalah mendaftarkan terlebih dahulu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP).

Dengan kedua hal tesebut menunjukkan bahwa bisnis yang kamu miliki bersifat legal atau resmi. Tanpa hal tersebut, kamu tidak dapat mendaftarkan akun kamu untuk mendapatkan centang hijau.

2. Memilih Official Business Partner WhatsApp

Tidak semua akun personal yang bisa didaftarkan nomornya secara langsung, akan lebih baik jika kamu menggunakan Official Business Partner (BSP) WhatsApp ketika pendaftaran.

Pilih BSP WhatsApp yang disarankan banyak oleh banyak orang. Dengan demikian, kemungkinan besar kamu dapat terverifikasi akan sangat besar dibandingkan menggunakan nomor biasa.

3. Mendaftarkan Nomor WhatsApp

Berikutnya yaitu mendaftarkan langsung nomor ke pihak WA untuk digunakan sebagai nomor perusahaan. Namun, akan lebih baik jika menggunakan jasa BSP WhatsApp karena bisa membantu proses verifikasi.

4. Mendapatkan “Centang Hijau”

Setelah mengikuti prosedur dan mekanisme yang berlaku, selanjutnya kamu harus menunggu proses verifikasi. Proses ini tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Biasanya jika seluruh syarat terpenuhi maka centang hijau akan otomatis muncul di nomor WhatsApp perusahaan yang kamu ajukan. Nah, tidak begitu sulit kan proses pendaftarannya?

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp, dan perlu di ingat jika tidak sembarangan orang dapat membuat centang hijau dari WhatsApp.

WhatsApp sendiri cukup ketat dan hanya akan memverifikasi perusahaan yang benar-benar memiliki ijin tertulis dan resmi dari lembaga yang berwenang mengeluarkannya.

Demikianlah artikel mengenai Cara Membuat Centang Hijau di WhatsApp dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */