Daftar Lomba 17 Agustusan, Yang Lucu Dan Unik

Infokekinian.com – Jika berbicara tentang hari kemerdekaan Indonesia, tentunya tidak akan jauh dengan perlombaan yang biasa diadakan. Maka dari itu, kami akan membagikan daftar lomba 17 agustusan.

Lomba 17 Agustus ini biasanya diikuti oleh masyarakat setempat dan tentunya tanpa di pungut biaya apapun, juga akan mendapatkan hadiah yang menarik.

Biasanya ada beberapa kategori yang dilombakan, seperti kategori anak-anak, ibu-ibu, dan juga untuk bapak-bapak, serta untuk semua kalangan usia.

Perlombaan Untuk Anak-Anak

Perlombaan ini biasanya dikelola oleh panitia seperti karang taruna, di setiap daerahnya yang menggunakan biaya dari kas maupun donatur.

Sebelum membahas perlombaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar acara perlombaan pun dapat berjalan dengan baik dan lancar. Diantaranya sebagai berikut:

Keuangan, satu hal yang sangat diperlukan tentunya adalah keungan. Karena untuk mengadakan acara perlombaan ini kamu memerlukan biaya untuk pembelian hadia, alat perlombaan dan sbg

Kemeriahan, tentunya ini diinginkan oleh siapapun agar suasana lomba 17 Agustus ini meriah yang dipenuhi oleh gelak tawa serta kebahagian banyak orang

Makna, walaupun perlombaan ini hanya untuk hiburan semata. Tetapi, tentunya setiap perlombaan memiliki makna tersendiri untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan, dan membangun jiwa nasionalisme.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita masuk ke referensi ide perlombaan untuk acara 17 Agustus.

Perlombaan Untuk Anak-Anak

Berikut adalah daftar lomba yang bisa dimainkan oleh anak-anak:

1. Lomba Memasukan Paku Kedalam Botol

Lomba ini termasuk ke dalam lomba yang sangat sederhana, kamu hanya perlu membutuhkan sebuah tali dan paku yang akan di ikatkan pada pingging peserta layaknya sebuah ekor.

Setelah hitungan ketiga, peserta harus berlari kearah botol yang berada di garis finish. Dan yang membuat seru perlombaan ini adalah, peserta harus memasukan paku yang telah di ikat itu ke dalam botol tanpa menggunakan tangan.

Jadi peserta hanya bisa menggunakan pinggang dan bokongnya untuk bergerak agar paku tersebut bisa masuk ke dalam botol.

Setelah berhasil, maka peserta harus membawa botol tersebut dan berlari hingga ke garis start tadi. Eitss.. jangan sampai paku nya keluar daari botol saat kamu berlari ya.

2. Balap Karung Pakai Helm

Perlombaan yang tak kalah seru berikutnya adalah lomba balap karung, kalau biasanya peserta hanya masuk ke dalam karung yang sebatas pinggang dan berlompat hingga finish.

Tapi kalau balap karung kali ini berbeda, peserta harus masuk ke dalam karung yang kemudian akan di ikat disekitar pundaknya lalu kemudian menggunakan helm. Setelah itu mereka akan melompat hingga garis finish.

Dan yang membuat serunya adalah ketika peserta tersebut melompat seperti katak, apalagi ukuran karungnya yang kecil pun membuat gerak mereka terbatas.

Tak ayal jika ada beberapa dari peserta akan terjatuh, tapi tenang. Hal ini akan aman karena peserta menggunakan helm dan juga ada panitia yang siaga untuk membantu peserta untuk bangun kembali.

3. Lomba Kelereng

Lomba Kelereng
Peserta diminta untuk menggigit ujung sendok yang sudah diberikan kelereng, dan kemudian akan berjalan menuju ke garis finish dalam hitungan ketiga.

Jika peserta menjatuhkan kelereng sebelum garis finish, maka peserta harus mengambil kelereng tersebut dan mengulangnya dari awal.

4. Memasukkan Bendera ke Botol

Dalam hitungan ketiga, peserta akan diminta untuk memindahkan bendera dari botol yang berada di garis start ke botol yang berada di garis finish.

Dalam perlombaan ini, tentu akan mengambil juara yang telah menyelesaikan perlombaan ini paling cepat. Dan biasanya total yang digunakan adalah sebanyak 5 bendera.

5. Memindahkan Karet dengan Sedotan

Dalam perlombaan ini, panitia perlu menyiapkan sedotan dan juga karet. Nantinya peserta akan dipasangkan kemudian diminta untuk memindahkan karet menggunakan sedotan yang ujungnya telah di gigit atau di jepit dengan mulut.

Lalu peserta pertama akan berlalu hingga garis tengah, dan mengoper karet itu kepada peserta kedua. Setelah itu, peserta kedua pun harus lari hingga garis finish.

Perlombaan Untuk Ibu-Ibu

Perlombaan Untuk Ibu-Ibu

Berikut adalah beberapa perlombaan yang cocok untuk ibu-ibu:

1. Lomba Memasak

Lomba memasak merupakan salah satu kompetisi yang memeprtandingkan hasil masakannya paling enak dan unik.

Oleh karena itu, tidak hanya harus dimasak dengan enak, tetapi juga harus diberi hiasan agar lebih menarik secara visual.

2. Merias Wajah dengan Mata Tertutup

Perlombaan mengharuskan kamu utnuk merias wajah seseorang dengan mata tertutup, yang hasilnya ditentukan dengan hasil make up terbaik. Perlombaan ini tentunya akan menjadi lucu karena hasil riasan yang ceroboh seperti blepotan.

3. Lomba Fashion Show

Lomba Fashion Show
Lomba fashion show adalah kompetisi di mana semua aspek kecantikan, termasuk pakaian, rias wajah, dan sebagainya, dinilai.

Untuk memenangkan kompetisi ini, kamu harus menjadi wanita dengan penampilan menarik dan tentunya terbaik di antara semua peserta

4. Memasukan Benang kedalam Jarum

Peserta di haruskan untuk memasukan benang ke dalam jarum sambil berjalan dari garis start hinga finnish.

5. Lomba Menyanyi

Lomba ini mengharuskan peserta untuk menyanyikan sebuah lagu, dan suara terbaiklah yang menentukan pemenangnya.

Untuk membuat perlombaan lebih seru, kamu dapat menambahkan tantangan, seperti memakai gigi palsu atau tidak diizinkan untuk mangap atau membuka mulut.

Perlombaan untuk Bapak-Bapak

Perlombaan untuk Bapak-Bapak
Berikut adalah daftar lomba 17 agustusan yang diperuntukan untuk bapak-bapak:

1. Lomba Futsal pakai Daster

Lomba ini sebenarnya sama dengan pertandingan futsal pada umumnya, hanya saja para peserta harus mengenakan daster.

Dalam perlombaan ini, para bapak-bapak akan bermain futsal sambil mengenakan daster, yang akan membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

2. Lomba Tarik Tambang

Lomba ini membutuhkan tali yang sangat besar, dengan banyak peserta yang bersiap untuk menariknya di posisi kanan dan kiri.

Setelah titik tengah tali ditandai, para peserta akan saling tarik menarik sampai titik tengahnya bergeser cukup jauh.

Bahkan dalam kompetisi ini terkadang pemain ambruk karena lawannya terlalu kuat untuk menariknya, oleh karena itu kompetisi ini akan terlihat menegangkan karena akan menempatkan kekuatan peserta terhadap lawannya.

3. Lomba Panjat Pinang

Lomba Panjat Pinang
Lomba ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu, karena merupakan kompetisi yang paling ditunggu-tunggu di setiap daerah.

Dalam kompetisi ini, para peserta diminta untuk memanjat tiang yang telah diolesi oli dengan berbagai macam hadiah yang menarik yang berada dipuncaknya.

Sehingga peseta harus melakukan kerja sama untuk memanjat tiang licin, dan perlombaan ini lah yang paling banyak ditunggu-tunggu dan sudah menjadi ciri khas ketika perayaan HUT RI.

4. Lomba Voli Net Tertutup

Seperti bola voli pada umumnya, peserta dalam kompetisi ini harus mencetak skor tertinggi untuk menang. Namun, yang membuat lomba ini unik dan lucu adalah penggunaan net yang ditutupi oleh kain.

Sehingga para peserta pun tidak dapat melihat pergerakan bola saat mendekati lawan karena tertutup kain.

5. Lomba Sport Lainnya

Ada tambahan lomba bertema olah raga lainnya yang bisa digelar, seperti bulu tangkis, bola, tenis meja, catur, dan lain-lain.

Namun demikian, rintangan baru harus dihadirkan, seperti mewajibkan peserta mengenakan daster, sarung tangan, dan penutup mata.

Perlombaan Terbuka untuk Semua Kalangan

Berikut adalah daftar lomba 17 Agustusan yang bisa di ikuti oleh semua kalangan, terutama untuk remaja:

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba ini menuntut kontestan untuk mengkonsumsi kerupuk yang diikat tanpa memegangnya. Sehingga nantinya kerupuk akan bergoyang-goyang sehingga menyulitkan peserta untuk menggigit dan mengunyahnya.

Alternatifnya, jika kamu menyukai perlombaan yang lebih seru, kamu bisa mengikat ujung tali ke jempol kaki. Oleh karena itu, pendeknya panjang tali ditentukan oleh kaki peserta.

Karena semakin tinggi peserta mengangkat kakinya, maka akan semakin pendek pula kerupuk yang akan dimakannya. Dan pemenang ditentukan oleh siapa yang paling cepat menghabiskan kerupuk.

2. Lomba Balap Karung

Peserta diminta untuk menggunakan karung dan memegang ujungnya dengan tangan, setelah hitungan ketiga, mereka harus melompat dari garis start ke garis finish. Pemenang ditentukan oleh siapa yang paling cepat mencapai garis finis.

3. Lomba Gebuk Bantal

Lomba Gebuk Bantal
Bambu yang digunakan dalam kompetisi ini harus berukuran besar dan cukup panjang untuk dijadikan penghubung sungai atau kolam.

Para peserta kemudian duduk di atas bambu sambil memegang bantal, dan mereka diharuskan menjatuhkan lawannya ke dalam air dengan cara memukulnya dengan bantal.

4. Lomba Gigit Koin

Lomba ini biasanya menggunakan buah kelapa atau semangka yang biasanya dilapisi cokelat dan ditancapkan beberapa koin.

Peserta diharuskan menggigit koin dan memasukkannya ke dalam wadah. Peserta harus mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan.

5. Kompetisi Makan Tercepat

Peserta wajib mengkonsumsi seluruh makanan yang telah disajikan. Namun, biasanya panitia tidak menyediakan banyak makanan, oleh karena itu pemenang kompetisi pemakan tercepat ditentukan hanya oleh pemakan tercepat yang mulutnya telah bersih. Misalnya, makan telur rebus, mie samyang, dll.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai rekomendasi perlombaan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi untuk mengadakan perlombaan 17 Agustus.

Jadi ketika kamu ditunjuk untuk menjadi panitia perlombaan, kamu tidak perlu bingung lagi, deh. Karena kamu bisa menggunakan perlombaan yang ada, seperti yang telah kami sediakan di atas.

Perlombaan ini sebenarnya tidak hanya digunakan saat 17 Agustus saja. Tapi bisa kamu gunakan untuk kegiatan perlombaan dalam ajang lainnya, atau bahkan jika kamu sedang berkumpul dengan keluarga besar kamu.

Dan sebenarnya, masih ada banyak lagi perlombaan yang tak kalah menarik dan lucu lainnya. Jadi, mari kita meriahkan acara hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini!

Demikianlah artikel mengenai daftar lomba 17 agustusan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */