Pengertian Apa itu Aplikasi Pengolah Angka

Infokekinian.com – Sobat kekinian, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai pengertian aplikasi pengolah angka, lho. Kamu yang ingin tahu, baca ini sampai akhir ya!

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya adalah aplikasi pengolah angka.

Keberadaan program aplikasi untuk mengolah angka-angka ini sangat penting dan memudahkan pekerjaan manusia, terutama yang berhubungan dengan angka dan pengolahan data lainnya.

Aplikasi Pengolah Angka

Adanya aplikasi yang dihasilkan melalui peralatan komputasi ini merupakan komponen bantu yang sangat penting dalam menunjang pekerjaan berbagai industri.

Berbekal aplikasi untuk mengolah angka-angka tersebut, kamu tidak perlu menyiapkan laporan secara manual yang bisa memakan waktu lama.

Penggunaan program aplikasi pengolah angka sangat penting di banyak bidang industri, termasuk keuangan, perbankan, akuntansi, dan analisis data, misalnya. Pekerjaan kamu akan lebih efisien dan efektif jika kamu menggunakan aplikasi ini.

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Sebelum membahas lebih jauh mengenai berbagai macam aplikasi pengolah angka, tidak ada salahnya jika kita terlebih dahulu mempelajari pengertian dari aplikasi yang satu ini.

Memiliki pemahaman yang kuat tentang fungsi dan makna aplikasi akan memudahkan semua pembaca untuk menggali lebih dalam dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tujuan aplikasi.

Aplikasi untuk memproses angka, juga dikenal sebagai aplikasi pemrosesan Nomor Spreadsheet, adalah program yang biasanya digunakan untuk mengedit, merekam, dan menghitung data yang diatur dalam kolom dan baris, sehingga memudahkan untuk mengatur dan mengubah program.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet ini sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan mulai dari membuat laporan keuangan, laporan penjualan, pembelian, rumus hitung, tabel spreadsheet, analisis data, dan masih banyak lagi kegunaan yang dapat menggunakan aplikasi ini.

Apakah aplikasi database sama dengan yang digunakan untuk memproses nomor ini? Bukan. Pada dasarnya kedua hal di atas adalah dua hal yang terpisah.

Aplikasi atau spreadsheet pemrosesan angka, seperti yang dijelaskan dalam definisi di atas, berbeda dari kedua konsep ini dan tidak memiliki hubungan dengan keduanya.

Tidak ada fungsi kueri basis data yang tersedia di spreadsheet. Juga, spreadsheet tidak memberikan objek data dan struktur data yang dapat diidentifikasi sebagai database.

Berangkat dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa aplikasi untuk mengolah angka dan database adalah dua entitas yang berbeda.

Sebagai salah satu aplikasi komputer yang sangat berguna, mungkin tidak sedikit dari kamu yang bertanya-tanya siapa penemu aplikasi pengolah angka ini.

Sebagai informasi, pengembang pertama aplikasi pengolah angka (Spreadsheet) adalah Bob Frankston dan juga rekannya bernama Daniel Bricklin. Kedua orang ini adalah pionir dalam memproduksi spreadsheet dengan aplikasi bernama VisiCalc.

Paska pengembangan tersebut, keberadaan berbagai program pengolah angka pun terus mengalami perkembangan.

Pada akhirnya, banyak aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh berbagai kelompok pemrogram muncul.

Ketersediaan berbagai aplikasi pengolah angka memudahkan pekerjaan kantor serta tugas-tugas terkait data, grafik, dan analisis bagi manusia.

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Setelah kamu mengetahui apa itu aplikasi pemrosesan angka dan apa fungsinya, hal berikutnya yang harus kamu ketahui adalah apa fungsinya.

Secara umum, fungsi utama aplikasi untuk memproses angka adalah untuk memproses data yang disediakan secara numerik.

Sebagai gambaran konkrit, berikut beberapa fungsi dari program aplikasi pengolah angka yang perlu kamu ketahui dan juga perhatikan.

1. Membuat Tabel Data

Seperti yang sudah kamu ketahui, pada beberapa sektor bisnis dan industri perlu membuat berbagai macam hal seperti laporan dan lain sebagainya.

Biasanya, salah satu bentuk yang digunakan untuk menyajikannya adalah menggunakan tabel data.

Agar bisa menyajikan berbagai macam jenis tabel data dengan mudah, maka salah satu yang digunakan adalah aplikasi pengolah angka atau yang juga dikenal sebagai spreadsheet ini.

/* */