Perbedaan Windows 11 Se dan Windows 11 Biasa

Infokekinian.com – Berikut ini adalah informasi mengenai perbedaan windows 11 se dan windows 11 biasa yang belum kamu ketahui. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Microsoft secara resmi menggantikan sistem operasi sebelumnya dengan merilis Windows 11, sistem operasi terbarunya, beberapa bulan lalu.

Microsoft memperkenalkan Windows 11 SE untuk institusi pendidikan pada awal November lalu seolah tidak puas dengan pencapaian ini.

Perbedaan Windows 11 SE dengan Windows 11 Biasa

Windows 11 School Edition sebenarnya ditujukan untuk pelajar dan berbeda dari Windows 11 “biasa”

Sistem operasi unik ini dirancang untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi yang diperlukan ketika siswa terlibat dalam proses pembelajaran.

Ada beberapa perbedaan antara kedua sistem operasi meskipun keduanya diproduksi oleh raksasa teknologi Microsoft.

Perbedaan Windows 11 SE dan Windows 11 Biasa

Adapun perbedaan antara Windows 11 SE dan Windows 11, sebagai berikut:

1. Dirancang Khusus untuk Sekolah

Windows 11 School Edition tidak bisa digunakan oleh sembarang orang di perangkat yang kamu gunakan, seperti namanya. Pengguna bahkan tidak dapat beralih ke Windows 11 “normal”,

Yang dirancang khusus untuk sekolah, atau memutakhirkannya. Ini akan menjamin bahwa Microsoft, sebuah perusahaan besar, memberikan perhatian khusus kepada sekolah.

2. Windows Rasa Chrome OS

Windows 11 SE dirancang terutama untuk menantang Chrome OS, yang sekarang menjadi sistem operasi pilihan untuk institusi pendidikan.

Selain itu, sistem operasi ini menggunakan layanan berbasis cloud, yang merupakan gagasan yang mirip dengan Chrome OS.

3. Dukungan Hardware yang Terbatas

Windows 11 SE membatasi dukungan perangkat keras selain “membatasi” opsi perangkat lunak penggunanya. Menarik untuk dicatat bahwa laptop dengan prosesor yang kuat, RAM di atas 8GB, dan penyimpanan di atas 128GB tidak akan dapat menjalankan sistem operasi ini.

4. Tidak Ada Microsoft Store

Sistem operasi ini, yang dirancang khusus untuk sekolah, tidak memiliki Microsoft Store dan hanya mendukung aplikasi aplikasi kecil.

Microsoft mengambil tindakan ini untuk menyingkirkan aplikasi yang dianggap tidak berguna selama proses pembelajaran.

5. Hanya Bisa Dijalankan dengan Laptop Khusus

Menjalankan beberapa perbedaan dari Windows 11 SE versi sebelumnya, rasanya tidak pantas jika sistem operasi ini hanya bisa digunakan dengan laptop tertentu.

Microsoft awalnya bermaksud menawarkan Surface Laptop SE, laptop yang hanya dapat menjalankan Windows 11 SE.

6. Institut Pendidikan Miliki Kendali Penuh

Pada perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows 11 SE, personel TI memiliki wewenang untuk melakukan instalasi. Artinya, siswa tidak boleh mengacaukan teknologi kamu, termasuk memasang aplikasi apa pun.

Windows Rasa Chrome OS

7. Tidak Dijual Secara Terpisah

Kamu tidak dapat menguji Windows 11 SE karena tidak tersedia secara terpisah, berbeda dengan sistem operasi Microsoft secara keseluruhan. Selain itu, jika terjadi kesalahan, kami bahkan tidak dapat menginstal ulang sistem operasi ini.

8. Snap Layouts

Windows 11 SE memiliki lebih simpel dan single-mode. Snap Layouts digunakan dalam beberapa pengaturan dalam edisi normal.

9. Widgets

Windows 11 SE tidak memiliki widgets karena dianggap mengganggu kegiatan belajar mengajar, Windows 11 SE tidak menyertakannya.

Fitur ini dinonaktifkan secara default di edisi standar, tetapi Microsoft Edge di Windows 11 akan diatur untuk menerima ekstensi Chrome.

Secara default, dokumen akan dicadangkan ke OneDrive; dalam edisi standar, fitur ini dinonaktifkan secara default.

10. Windows SE memiliki wallpaper bawaan yang warna-warni.

Selain itu, Microsoft terus melakukan pra-instal aplikasi penting Microsoft 365 di Windows 11 SE (default). Saat digunakan di masa mendatang, aplikasi akan selalu berjalan dalam mode layar penuh.

Aplikasi seperti Zoom dan Chrome yang meningkatkan proses belajar mengajar juga akan didukung di Windows 11 SE.

Fitur Windows 11

Berikut ini ada beberapa fitur windows 11:

1. Fitur Teams

Kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan jika sebelumnya harus melakukannya untuk melakukan panggilan video. Ini karena fitur tambahan Windows 11 yang sudah ada, Teams.

Dimana fitur ini membantu kamu menghubungkan koneksi dengan orang lain. baik dalam bentuk cetak maupun film. Rapat dengan anggota staf bahkan dapat menggunakan fitur Teams ini.

Selain itu, fitur Teams dapat mengintegrasikan beberapa file ke dalam satu dokumen. Fitur yang satu ini bahkan memungkinkan untuk integrasi aplikasi.

Alhasil, kamu kini tidak diharuskan menginstal banyak aplikasi. Hebatnya, fitur taskbar Windows Teams akan mudah diakses secara default. Jadi tidak perlu mencari sebelum mengklik untuk membukanya.

2. Fitur Multitasking Desktop

Pernah mencoba mengatur desktop multitasking? Untuk tampilan, tampilan layar yang dapat menampilkan dua atau lebih jendela tab yang sekarang kamu gunakan.

Untuk melihat pekerjaan lain yang sedang kamu kerjakan, kamu tidak perlu beralih antar jendela di layar. Selain itu, pekerjaan kamu selesai lebih cepat.

Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows adalah fitur multitasking desktop, yang kini tersedia di Windows 11.

Tugas yang sedang berlangsung juga dapat digabungkan menggunakan fitur ini. Namun, itu juga dapat digunakan untuk membuka layanan streaming dan game secara bersamaan.

Oleh karena itu, semua orang dalam lingkaran dapat menggunakan fitur multitasking desktop ini.

3. Fitur Widget

Kamu pengguna smartphone mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “widget”. Kalender, prediksi cuaca, dan berita terbaru semuanya termasuk dalam fitur widget ini.

Fitur widget ini masih absen dari versi Windows sebelumnya. Oleh karena itu, ketika pengguna ingin mengetahui berita dan update terbaru mengenai saham, kamu harus membuka web terlebih dahulu.

Namun, jika kamu ingin melihat bagaimana kinerja saham di pasar global, kamu tidak perlu lagi membuka web.

Karena fitur widget Windows 11 juga menawarkan berita stok terbaru yang kamu butuhkan. Untuk pertama kalinya, fitur widget Windows 11 menyertakan AI (Artificial Intelligence). Jika kamu menyeretnya, tampilan widget juga akan memenuhi seluruh layar.

Dirancang Khusus untuk Sekolah

4. Fitur Voice Command, Pen, and Gesture

Windows 11 memiliki fitur kontrol suara, pena, dan gerakan selain tiga fitur yang disebutkan di atas. kamu dapat berselancar di komputer atau laptop kamu hanya dengan menggunakan suara kamu berkat fitur kontrol suara kami.

Akibatnya, kamu dapat membuka program tanpa keyboard dan mouse. Ini tidak diragukan lagi cukup menarik, bukan?

Dan terakhir, ada fitur pen, yang memungkinkan pengguna untuk menulis langsung di layar laptop. Saat menggunakan jari kamu untuk memindahkan kursor langsung dari layar berkat fitur gestur.

Oleh karena itu, memindahkan kursor tidak lagi terbatas pada mouse atau panel sentuh.

5. Fitur Windows Store

Sejak Windows edisi sebelumnya, sudah ada fitur windows store. Untuk mempermudah pengguna, tampilan Windows Store telah sedikit diubah di Windows 11.

Di Windows 11, tampilan windows store menjadi lebih berwarna. Sehingga mata konsumen juga akan semakin dimanjakan dengan tampilan baru toko Windows tersebut.

Fitur Windows Store terus melayani tujuan yang sama. kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi dengan itu.

Aplikasi untuk melakukan diskusi, aplikasi untuk bekerja, aplikasi untuk mengedit, aplikasi, dan masih banyak lagi.

Namun, kamu mungkin menemukan aplikasi yang kamu inginkan lebih cepat dengan fitur Windows Store terbaru.

6. Fitur Xbox Game Pass

Sistem operasi Windows 11 diperlukan bagi kamu yang senang bermain video gamer. Ini karena Windows 11 memperkenalkan fitur baru bernama Xbox Game Pass yang sangat ideal untuk para gamer.

Sebuah fitur yang game yang ingin kamu mainkan akan terintegrasi secara otomatis. Kamu dapat menggunakan fitur Xbox Game Pass untuk bermain game di platform lain di PC kamu.

Atau kamu bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk memainkan game langsung di cloud Xbox. Selain itu, fitur Xbox Game Pass memiliki kemampuan Cross Save dan Cross Play yang memungkinkan kamu beralih antara PC dan cloud Xbox.

7. Fitur Gaming

Gaming adalah fitur baru di Windows 11 yang membantu para gamer selain fitur Xbox Game Pass. Fitur ini sedang dikembangkan semaksimal mungkin, memungkinkan game yang dibuat untuk DirectX11 dan versi yang lebih tinggi untuk segera didukung oleh Auto HDR dimulai dengan Windows 11 tanpa perlu mengaturnya terlebih dahulu.

Fitur yang didukung Auto HDR ini akan membantu mempercepat loading game saat digunakan dengan Direct Storage.

Akibatnya, mungkin lebih cepat dari sebelumnya untuk membuka game dengan kualitas visual yang sangat baik.

8. Fitur Android

Fitur Android adalah fitur berikut yang disertakan dalam Windows 11. Di mana pengguna dapat menghubungkan ponsel Android kamu ke komputer yang menjalankan OS Windows 11 berkat fitur khusus ini.

Kamu tidak perlu lagi mentransfer file ke komputer menggunakan kabel data karena lebih banyak tugas sekarang dapat diselesaikan di ponsel kamu.

Fitur Android ini memungkinkan perangkat yang menjalankan OS Windows 11 untuk mengunduh aplikasi dari Android selain mentransfer data antara smartphone dan komputer.

Namun, tidak perlu dikatakan bahwa aplikasi akan dimodifikasi terlebih dahulu dan disesuaikan dengan komputer yang menggunakan Amazon dan Windows Store.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan melalui artikel yang kami buat. Demikian artikel tentang perbedaan windows 11 se dan windows 11 biasa. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi yang sedang di cari

/* */