Aplikasi Membuat Layanan Paspor Online

Infokekinian.com – Seperti yang kamu ketahui sekarang sudah ada Aplikasi Membuat Layanan Paspor Online yang sudah tersedia di play store, berikut ini penjelasannya. Simak artikel ini hingga selesai.

Layanan Paspor Online APK yang sudah diganti menjadi M-Paspor APK sangat diperlukan untuk mengurus administrasi pembuatan atau penggantian paspor di kantor imigrasi.

Seperti yang diketahui, jika paspor penting sebagai salah satu dokumen yang menunjukkan identitas seorang warga negara ketika bepergian ke luar negeri, baik untuk kepentingan diplomasi atau lainnya.

Berdasarkan pada KBBI, paspor adalah surat keterangan yang dikeluarkan pemerintah untuk seorang warga negara yang akan mengadakan perjalanan ke luar negeri.

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan jika ingin membuat paspor, yaitu dengan cara manual dan juga secara online. Tentunya membuat paspor secara online memiliki kelebihan tersendiri.

Mengurus paspor di Indonesia sudah dapat dilakukan melalui Layanan Paspor Online APK yang kini diganti dengan M-Paspor APK. Seperti apakah dan bagaimana cara memakainya? Berikut ulasannya untuk kamu.

Apa Itu Layanan Paspor Online APK?

Paspor Online adalah layanan yang disediakan oleh Direktorat Sistem Dan Teknologi Informasi Keimigrasian Republik Indonesia.

Dasarnya adalah mengantisipasi antrian pembuatan paspor yang membludak, sehingga membuat konsep pendaftatrannya secara langsung online di internet.

Efesiensinya sudah terasa, karena masyarakat yang tinggalnya jauh dari kantor imigrasi setempat, kini sudah bisa mengurus dokumen-dokumen kelengkapannya melalui perangkat yang tersambung per jaringan internet.

Tentang Layanan Paspor Online APK

Aplikasi Pendaftaran Antrean Permohonan Paspor Secara Online diluncurkan pertama kali ketika bulan januari 2019 silam, dan sambutan yang diberikan masyarakat luas selalu positif sekali.

Akan tetapi, pihak Direktorat Keimigrasian RI sekarang menggantinya, dengan menggunakan sistem terbaru dan aksesnya yang lebih baik untuk menminimalisir kemacetan parah.

Nah, untuk kamu semua sebagai pengguna tentunya harus mendapatkan smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi dari sebelumnya, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk digunakan.

Harapan mendalam pemerintah melalaui pelunculan sistem apapun berupa M-Paspor bagi warga negara republik Indonesia, yang akan menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah tanpa penutup.

Termasuk untuk pembuatan data-data paspor saat akan naik haji ke mekah pergi ibadah umroh sudah bisa dilakukan dengan mudahnya pakai M-Passpor.

Administrasi pembuatan atau penggantian paspor di kantor imigrasi sangat diperlukan dengan layanan Paspor Online APK yang dianti M-Paspor APK.

Seperti diketahui, paspor merupakan dokumen penting yang menetapkan identitas seseorang ketika kamu melakukan perjalanan ke negara lain, baik untuk tujuan memperoleh ijazah atau sesuatu yang lain.

Paspor adalah surat keterangan yang dikeluarkan untuk melakukan kunjungan ke luar negeri,

Jika kamu ingin membuat paspor, kamu memiliki dua opsi: kamu dapat melakukannya secara manual atau online. Pastinya membuat paspor online dengan kelebihan yang tersendiri.

Tentang Layanan Paspor Online APK

Layanan Paspor Online adalah aplikasi antrian paspor yang dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat Sistem & Teknologi Informasi Keimigrasian RI dalam jaringan (internet).

Aplikasi ini diuncurkan sebagai langkah untuk memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan paspor. Khususnya dalam hal pengurangan jumlah antrian di kantor imigrasi.

Masyarakat tidak perangkat ke kantor imigrasi untuk memperoleh nomor antrian, kini dapat dilakukan di rumah pergi hanya memerlukan smartphone dan jaringan internet yang baik.

Seperti diketahui, aplikasi Layanan Paspor Online diluncurkan pada 21 Januari 2019 dengan nama Aplikasi Pendaftaran Antrean Permohonan Paspor secara online (APAPO).

Namun, gunakan aplikasi ini tak lagi saat ini, dan Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI menggatinya pada 2022 dengan aplikasi terbaru bernama M-Paspor.

M-Paspor diharapkan mampu memberlakukan permohonan di bidang produksi dan distribusi paspor. Selain itu, kamu juga dapat menghapus fitur dari versi aplikasi sebelumnya.

Layanan Paspor Online APK Digantikan M-Paspor

Saat ini, Aplikasi Layanan Paspor Online (APAPO) sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store atau App Store untuk iOS. Artinya, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk mengurus paspor lagi.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, jika pemerintah melalui Dirjen Imigrasi telah mengurus paspor bernama M-Paspor

Jika pemerintah melalui Dirjen Imigrasi telah mengurus paspor bernama M-Paspor, dan jika pemerintah melalui Dirjen Imigrasi telah mengurus Aplikasi sekarang tersedia di resmi platform.

Kamu digunakan mengunduh dan memakainya di perangkat yang digunakan. dalam beberapa fitur untuk memudahkan pengguna ada di aplikasi terbaru ini.

Aplikasi ini memudahkan pemohon dalam proses pembuatan paspor dengan mengutip informasi dari Google Play Store. Pemohon dapat menginpu data dengan dokumen persayaratan di mana dan kapan.

Fitur dalam aplikasi tentunya akan sangat membantu jika terus dikembangkan, dan berikut ini adalah fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi layanan paspor online terbaru, yaitu M-Paspor.

Fitur-Fitur MPaspor APK

Fitur-Fitur M-Paspor APK

Berangkat dari kebijakan pemerintah pusat di masa pandemi Covid-19, aplikasi M-Paspor memungkinkan masyarakat tak perlu antri di kantor imigrasi.

1. Daftar dari Rumah

Pemohon dapat mengakses aplikasi dengan mudah, baik di rumah! Tidak perlu antri terjebak macet dan berkeliaran di sekitar Kantor Imigrasi.

2. Pelayanan Keimigrasian yang Mudah

Saat ini, satu akun dapat digunakan untuk membayar beberapa kali pemrosesan paspor online tanpa memerlukan Batasan.

3. Bebas Pilih Kantor Imigrasi

Pemohon kini dapat mengajukan permohonan paspor di kantor imigrasi Indonesia melalui aplikasi M-Paspor ini secara online.

4. Kemudahan Pembayaran

Apabila data sudah lengkap, pemohon dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam proses penerbitan paspor dengan melakukan pembayaran.

5. Bebas Pilih Jadwal Kedatangan

Pemohon dapat memilih jadwal kedatangan ke Kantor Imigrasi yang dituju oleh kebutuhan dan keinginan.

6. Ubah Jadwal Kedatangan

Jika kamu tidak dapat pergi ke kantor imigrasi karena kamu tidak memiliki jadwal permohonan paspor, maka pemohon mendapatkan kesempatan satu kali untuk mengubah jadwal kedatangan pada H-1 sebelum hari kedatangannya.

Download Layanan Paspor Online

Sebelumnya, pastikan kamu memiliki jaringan yang baik agar dapat terhubung dengan cepat dan mudah. Selain itu, perhatikan masa pakai baterai ponsel cerdas kamu dan pastikan baterainya memadai.

Deskripsi Detail:

  1. Nama: M-Paspor
  2. Versi: 4.1.0
  3. Pengembang: Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI
  4.  Ukuran: 39 MB

Download

Cara Daftar Paspor Online

Mendaftar untuk pembuatan / penggantian paspor dapat dilakukan secara online melalui M-Paspor APK. Berikut ini adalah langkah-langkahnya untuk kamu:

  1. Daftar akun menggunakan identitas diri, email, dan nomor telepon
  2. Kemudian, pilih pengajuan permhonan paspor dan isi kuisioner dengan benar
  3. Input dan upload dokumen persyaratan paspor yang diminta
  4. Melakukan pembayaran melalui Bank, Kantor Post, Marketplace atau Indomaret. Batas waktu pembayaran maksimal 2 jam setelah dokumen diunggah
  5. Pastikan jenis permohonan paspor (baru/pengganti) sudah benar
  6. Datang ke kantor imigrasi yang dipilih sesuai jadwal
  7. Jangan lupa bawa persyaratan dokumen asli dan materai

Perlu diingat jika setelah permohonan yang diajukan secara online, pemohon harus membawa berkas asli yang telah diunggah pada aplikasi dan menunjukkan bukti pendaftaran ke kantor imigrasi.

Kesimpulan

Aplikasi Pendaftaran Paspor Secara Online sudah diluncurkan pertama kali ketika bulan Januari 2019 silam, dan sambutan yang diberikan kepada masyarakat luas positif sekali ketika muncul lagi.

Masyarakat tidak perangkat ke kantor imigrasi untuk memperoleh nomor antrian, kini dapat dilakukan di rumah pergi.

M-Paspor diharapkan mampu memberlakukan permohonan di bidang produksi dan distribusi paspor.

Pemohon dapat memilih jadwal kedatangan ke Kantor Imigrasi yang dituju oleh kebutuhan dan keinginan.

Pastikan kamu memiliki jaringan yang baik sehingga kamu dapat terhubung dengan cepat dan mudah. Demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.