Aplikasi Mind Mapping Untuk Laptop

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan merekomendasikan aplikasi mind mapping untuk laptop, yang dapat membantu Sobat kekinian dalam membuat mind mapping.

Bagi seorang siswa, mind map bermanfaat dalam mengingat catatan belajar. Bagi pekerja, mind map dapat menjadi alat untuk brainstorming atau kolaborasi tim.

Kelompok-kelompok brainstorming di tempat kerja menggunakan teknik mind mapping untuk mengatasi masalah dan membuat pilihan.

fungsi mind mapping

Apakah kamu ingin mengembangkan agenda untuk konferensi tahunan atau merencanakan waktu kamu sebagai seorang manajer? analisis SWOT Mind mapped dapat membantu kamu menemukan kekurangan atau peluang dalam rencana kamu.

Fungsi Mind Mapping

Kamu dapat menerapkan peta pikiran ke:

  1. Memperkirakan keuntungan
  2. Persiapan untuk wawancara kerja
  3. Pengembangan dan pemasaran produk
  4. Menyempurnakan Proposal
  5. Mengatur pameran dagang
  6. Merencanakan pesta kantor

Aplikasi Mind Mapping Populer

FreeMind, XMind, dan MindJet (sebelumnya Mindmanager) adalah aplikasi peta pikiran yang populer saat ini.

Namun karena semua aplikasi tersebut tidak menyertakan semua yang mungkin kamu perlukan, berikut ini beberapa aplikasi mind mapping yang bisa kamu pertimbangkan.

Aplikasi pembuat Mind Mapping

Berikut adalah aplikais yang dapat kamu gunakan:

1. Coggle

Aplikasi mind mapping ini merupakan ekstensi Chrome. Kamu bisa langsung menggunakannya di browser daripada menginstalnya sebagai ekstensi Chrome.

Coggle menyimpan pekerjaan kamu di browser juga. Coggle hadir dalam tiga varian antara lain Free, Awesome, dan Organization.

Versi gratisnya memungkinkan kamu membuat map tak terbatas, jadi Coggle harusnya cukup baik untuk kebutuhan kamu.

Versi komersial hadir dengan fitur-fitur seperti mode presentasi dan mind map pribadi tak terbatas.

2. MindMapple

MindMaple adalah aplikasi desktop dan iOS yang memiliki versi gratis dan pro. MindMapple secara default sudah menyertakan tema dan template.

Pemikir visual akan menyukai aplikasi ini karena memungkinkan untuk menambahkan gambar dan clip-art.

Pilih topik apa pun di mind map kamu dan gunakan perpustakaan Clip Art untuk menambahkan gambar yang sesuai.

MindMapple memiliki serangkaian fitur yang kuat untuk menangani proyek yang lebih besar. Beberapa mind map dapat disusun dalam satu dokumen.

Kamu dapat melacak topik dengan prioritas dan jadwal penting untuk manajemen proyek. Saya merekomendasikan MindMapple karena kelengkapannya.

Versi Pro memberi kamu fitur-fitur canggih seperti ekspor PDF, keamanan kata sandi, dan ekspor ke Microsoft Office.

3. NovaMind

NovaMind adalah aplikasi brainstorming lintas platform yang bisa digunakan di desktop Windows, Windows 8, iPad, Mac OS X, atau Android, dan online sebagai NovaMind Cloud.

NovaMind adalah aplikasi komersial tetapi memiliki versi gratis yang cukup mumpuni. Ketika pertama kali memulai NovaMind kamu akan disuguhi tutorial interaktif untuk memperkenalkan konsep dasar.

Aplikasi ini memiliki tata letak yang berguna dimana membantu kamu dapat mendesain dengan cepat karena topik tidak diizinkan secara tumpang tindih di atas satu sama lain.

4. Sketchboard

Sketchboard nampaknya lebih kearah papan tulis kolaborasi daripada aplikasi khusus mind mapping. Tapi papan tulis sangat penting untuk brainstorming kolaboratif yang dipasangkan dengan aplikasi obrolan yang bagus.

kamu juga dapat mengintegrasikan Sketchboard dengan alat komunikasi internal tim seperti Slack, Google Drive, HipChat, GitHub, dan FlowDock. Seperti mayoritas alat mind mapping, Sketchboard.io juga hadir dengan pilihan paket gratis dan berbayar.

5. Visual Understanding Environment

Visual Understanding Environment (VUE) adalah proyek Open Source dari Tufts University. Versi terbaru dari aplikasi ini dirilis pada bulan Oktober tahun ini.

Aplikasi mind mapping lintas platform ini dirancang untuk pengajaran, pembelajaran, dan penelitian.

Tetapi kamu dapat menggantinya kembali sesuai dengan kebutuhan kamu. VUE dapat menangani map yang kompleks dengan baik.

Kesimpulan

Itulah daftar aplikasi pembuat Mind MApping yang bisa kamu coba dan pilihlah satu dari rekomendasi di atas, yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Demikianlah artikel mengenaiaplikasi mind mapping untuk laptop, dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu Sobat kekinian.

/* */