Aplikasi Parental Control Jarak Jauh Gratis di Android

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai aplikasi parental control jarak jauh gratis di Android. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Penggunaan smartphone yang sering disebut dengan ponsel pintar sudah tidak terkendali. Siapapun, dari anak-anak hingga orang dewasa, dapat menggunakan ponsel pintar tanpa batasan.

Daftra Aplikasi Parental Control di Android

Hal ini dikarenakan gaya hidup dan kebutuhan setiap orang yang sudah bergantung pada perangkat elektroniknya.

Orang tua telah menjadi terbiasa dengan anak-anak mereka menggunakan smartphone, yang mengakibatkan kecanduan. Banyak hal negatif yang bisa terjadi jika anak tidak diawasi selama bereksplorasi.

Saat ini sedang dibahas tentang seorang anak yang dapat mengisi ulang game online dengan uang yang diperoleh dari supermarket tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Aspek yang berkontribusi adalah ketidakmampuan untuk mengawasi aktivitas anak-anak saat mereka menggunakan smartphone.

Untungnya, perkembangan aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk memantau perilaku anak-anak mereka menggunakan ponsel mereka telah membuat segalanya lebih mudah bagi mereka.

Sehingga orang tua dapat melakukan intervensi sedini mungkin untuk mencegah anaknya melakukan perilaku yang tidak seharusnya dilakukan saat bermain smartphone.

Daftar Aplikasi Parental Control di Android

Berikut 5 aplikasi parental control untuk pengguna Android yang harus kamu coba:

1. Kid’s Shell

Dengan memanfaatkan aplikasi Kid’s Shell Parental Control, orang tua dapat mengatur aplikasi yang dibolehkan untuk diakses seorang anak dalam satu menu atau tampilan.

Penggunaannya pun lebih mudah. Anak tidak bisa memasang aplikasi sembarangan, karena sebelumnya harus dilakukan melalui persetujuan dari orang tua, dan juga anak tidak bisa melihat iklan plus saling berkirim pesan tanpa pengetahuan orang tua.

Fitur pendukung:

  1. Tombol Locked Home
  2. Password matematika untuk Parent mode dan exit
  3. Lebih dari 48 aplikasi yang diperbolehkan

2. Kids Zone Parental Controls

Kids Zone Parental Control merupakan aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk membuat profil khusus pada penggunaan smartphone anak.

Dalam pembuatan setiap profilnya, orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk diakses oleh anak. Selain itu, bisa menambahkan wallpaper unik juga, lho.

Pada Kid’s Zone mode juga bisa di-setup password untuk mencegah anak mengganti larangan yang telah ditentukan. Selain itu, juga ada fitur untuk sesi time out atau membatasi waktu penggunaan.

Jika batas waktu penggunaan smartphone yang telah ditentukan habis, maka anak tidak bisa menggunakan smarpthone hingga waktu yang telah ditentukan.

Kids Shell

Fitur pendukung:

  1. Membuat PIN yang dibutuhkan untuk membuka smartphone.
  2. Dapat mengganti default PIN sehingga anak remaja kamu tidak bisa mengakses smartphone-nya.

3. Kids Place – Parental Control

Kids place memiliki fitur child lock yang dapat melindungi dan mencegah anak untuk membuka aplikasi mobile, mengunduh aplikasi baru, melakukan panggilan telpon dan sms, hingga hal-hal yang berkaitan dengan pembayaran yang tidak diizinkan.

Terdapat fitur restart bagi orang tua yang berguna saat anak tidak sengaja keluar dari aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan pemblokiran telepon dan melakukan disable semua sinyal WiFi.

Saat melakukan pemasangan pada ponsel dan memakai aplikasi ini untuk pertama kalinya, orang tua diwajibkan untuk setup password untuk alasan keamanan.

Fitur pendukung:

  1. Blokir panggilan telepon
  2. Disable signal WiFi
  3. Mengatur waktu penggunaan
  4. Dapat support beberapa profil pengguna.

4. Family Time Parental Control

Family Time Parental Control hadir dengan dua aplikasi mobile terpisah yang memungkinkan orang tua untuk mengontrol aktivitas anak pada smartphone tanpa melihat anak yang sedang bermain secara langsung.

Orang tua dapat mengaksesnya dari dashboard smartphone dan laptop. Dari dashboard yang ditampilkan, orang tua dapat mengakses seperti kontak, riwayat panggilan, aplikasi yang terpasang, tempat yang pernah dikunjungi, hingga website yang pernah diakses oleh anak.

Fitur pendukung:

  1. Blokir pemasangan aplikasi baru
  2. Pengaturan waktu penggunaan
  3. Melihat report aktivitas
  4. SOS/tombol Panik – Menerima sinyal SOS dari perangkat anak secara detail lengkap dengan posisinya.
  5. PickMeUp Alerts merupakan fitur yang bisa digunakan saat anak membutuhkan jemputan dari orang tua.

5. Screen Time Parental Control

Screen Time Parental Control merupakan aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk mengatur waktu penggunaan ponsel mereka.

Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk diakses dan dipasang pada ponsel anak.

Termasuk melakukan pemblokiran akses game ketika sudah memasuki waktu tidur namun tetap membiarkan akses untuk aplikasi membaca.

Hal ini memungkinkan anak untuk fokus mengerjaan tugas tanpa takut mereka memainkan game hingga larut.

Fitur pendukung:

  1. Pause & Play – Memberikan waktu tambahan bagi anak kamu untuk memakai smartphone mereka.
  2. Time Limits – Mengatur waktu yang diperbolehkan pada aplikasi mobile yang ingin kamu batasi.

Sebagai orang tua, kakak, atau paman/bibi untuk keponakanmu, sudahkah kamu memanfaatkan aplikasi yang tersedia untuk memantau aktivitas anak di bawah umur dalam menggunakan ponselnya?

Segera lakukan pencegahan sedini mungkin terhadap tingkah laku negatif anak di dunia maya dengan memantau penggunaan ponsel yang mereka miliki.

6. Mobicip

Yang pertama ada aplikasi bernama Mobicip. Kelebihan mobicip ini ada banyak banget loh kamu bisa memonitoring layar anak lewat smartphone kamu, tidak hanya itu ada app lock dan kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa di-lock.

Ada pula screen time dimana kamu atur jam berapa yang diperbolehkan anak tersebut memakai smartphone dan jika timer selesai otomatis layar smartphone akan terkunci dan masih banyak lagi keunggulan aplikasi ini untuk digali. Download Mobicip.

Kids Zone Parental Controls

7. Kaspersky Safe Kids

Selanjutnya ada Kaspersky Safe Kids Di aplikasi ini kamu bisa mengontrol penuh apa yang dilakukan oleh smartphone anak-anak.

Kelebihan paling menonjol dari aplikasi ini adalah aplikasi ini mampu mengirim feedback atau laporan tentang apa saja yang diposting entah itu di sosmed, youtube, dll.

Kamu juga bisa memonitoring siapa saja teman-teman mereka dan siapa saja yang berinteraksi dengan mereka.

Aplikasi ini juga mampu memblokir toolbar searching yang mengarah ke pornografi, kekerasan ataupun konten-konten yang bermuatan dewasa. Download Kaspersky Safe Kids.

8. App Lock

Selanjutnya ada App Lock, memang aplikasi bukan di khususkan untuk parental tetapi aplikasi ini sangat penting untuk data-data kamu.

Terkadang ada suatu kasus dimana data penting terhapus ketika sang anak bermain dengan smartphone orang tua.

Tetapi dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang menurut kamu sangat penting dan ketika sang anak memainkannya tidak bisa membuka aplikasi yang dikunci itu.

Oh ya aplikasi ini bawaan dari Android ya jadi kamu gak perlu install di smartphone kamu.

9. Offtime

Di list ke-empat ada Offtime, nah aplikasi ini sangat bagus untuk melatih kedisiplinan anak dengan waktu.

Seluruh aplikasi akan tertutup pada saat offtime dan yang aktif hanya aplikasi seperti kalkulator, atau aplikasi-aplikasi belajar yang sebelumnya sudah disetel.

Bisa dibilang aplikasi ini sangat mengurangi kebiasaan anak akan games, youtube, atau bahkan medsos.

Aplikasi ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin fokus akan pekerjaan, aplikasi ini akan mem-block semua notifikasi yang mengganggu kinerja kamu. Download Offtime.

10. Surfie

Terakhir ada aplikasi anti cyber bullying yaitu Surfie. Di aplikasi Surfie ini akan ada beberapa keyword yang bisa kamu pasang yang mengarah ke arah bully dan aplikasi ini akan secara otomatis akan mendeteksi keyword tersebut akan langsung men-shutdown aplikasi tersebut.

Kamu bisa memasang keyword tersebut mulai dari instant messenging hingga sosmed anak tersebut, akan ada transkrip pembicaraan yang akan terkirim ke smartphone kamu dan kamu bisa melacak secara langsung transkrip tersebut.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai daftar aplikasi parental control, untuk kamu para orang tua. Agar tetap bisa mengawasi anak-anak yang sedang bermain Handphone, dan tentunya bisa digunakan saat jarak jauh.

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi Parental Control Jarak Jauh Gratis di Android dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.