Aplikasi Pelacak Nomor IMEI Hp

InfoKekinian.com – Hp hilang dengan aplikasi pelacak nomor IMEI selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas karena masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja teknik pelacakan ini.

IMEI sebenarnya dapat digunakan untuk mengidentifikasi smartphone, namun melacak ponsel yang hilang menggunakan IMEI bukanlah perkara sederhana yang hanya dapat dilakukan dengan hanya mengklik, mengklik, atau menyalin nomor IMEI ke situs atau aplikasi.

Jika kita tidak hati-hati, kita bahkan mungkin terjebak di situs web atau aplikasi palsu, membuang-buang waktu kita untuk kegiatan yang tidak berguna.

Agar lebih mudah dipahami, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah apa itu IMEI dan apa yang dicapainya. Mengapa IMEI dapat digunakan untuk melacak handset dan bagaimana caranya.

beberapa aplikasi pelacak nomor imei

Apa Itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan kumpulan nomor unik (15 digit) yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan.

Dengan nomor IMEI ini, kita dapat mengetahui tentang merek ponsel, model, tahun rilis, dan parameter teknis lainnya. Nomor IMEI harus dimasukkan ke situs atau aplikasi identifikasi IMEI untuk melakukan ini.

Aplikasi Pelacak Nomor IMEI Hp

Berikut adalah aplikasi pelacak nomor IMEI di Hp

1. Pelacak Nomor IMEI dengan Hubungi Operator Seluler

Ketika smartphone kamu hilang hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah datang ke layanan pelanggan operator seluler. Beri tahu pemiliknya bahwa hp telah hilang dan kamu ingin melacak atau mengtahui keberadaan bp tersebut.

Bawa nomor utama dan nomor IMEI kamu. Setelah itu, operator akan mencari surat keterangan kehilangan dari kantor polisi setempat.

Operator akan melacak lokasi ponsel menggunakan nomor IMEI. Pendekatan ini, di sisi lain, memiliki keterbatasan. Operator hanya akan dapat menemukan lokasi terakhir ponsel yang diketahui jika pencuri mengeluarkan kartu SIM lama dan menggantinya dengan yang baru.

Selain itu, jika ponsel dalam keadaan hidup, tersambung ke internet, dan menggunakan GPS, nomor IMEI dapat digunakan untuk menemukan lokasi perangkat.

2. Pelacak Nomor IMEI dengan Google Find My Phone

Google Find My Phone memungkinkan untuk menemukan ponsel yang hilang atau dicuri dengan melacak nomor IMEI-nya. Ada banyak prasyarat untuk melakukan prosedur ini, yaitu:

harus mengetahui nomor IMEI smartphone yang hilang, ponsel yang hilang dalam keadaan hidup dan mode lokasi (GPS) aktif.

Setelah kamu memverifikasi bahwa semua prasyarat telah dipenuhi, lanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Perangkat lain yang terhubung ke internet dapat digunakan untuk mengakses situs web Google Temukan Ponsel Saya.
  2. Masukkan nomor IMEI ponsel yang hilang di sini. HP akan mudah melacak apakah akun di telepon terhubung ke Google atau menggunakan akun Google.
  3. Setelah itu, tunggu sebentar.
  4. Setelah tkamu seru muncul, klik di atasnya.
  5. Google akan menampilkan hasil tracking atau lokasi terkini dari ponsel yang bersangkutan.
  6. Tiba sesegera mungkin dan aktifkan nada dering di ponsel kamu dengan menekan tombol Putar Suara.
  7. Jika tempat yang ditentukan tidak mungkin didapatkan, pemilik HP dapat menyerahkannya.
  8. Pilih Hapus Perangkat/Hapus Perangkat dari menu yang muncul.
  9. Opsi ini akan menghapus semua data di HP.

3. Pelacak Nomor IMEI dengan Find My iPhone

Satu-satunya aplikasi Find My iPhone adalah untuk menemukan iPhone yang salah tempat. Aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh pengguna iPhone iOS 5 ke atas dengan ID Apple yang valid.

Nah setelah menginstal aplikasi ini di smartphone yang hilang dan tentu saja handset harus terhubung ke jaringan internet.

Berikut cara menggunakan aplikasi Find My iPhone untuk menemukan lokasi iPhone yang salah tempat.

  1. Buka situs web iCloud.
  2. Setelah halaman berkamu iCloud ditampilkan, masuk menggunakan ID Apple kamu yang hilang.
  3. kamu harus menggunakan fitur Temukan iPhone Saya untuk menemukan ponsel kamu.
  4. Memilih opsi ini akan memungkinkan mesin untuk menemukan HP iPhone dengan akurasi yang tepat.
  5. Jika iPhone yang hilang tidak terhubung ke internet, kamu dapat menggunakan pilihan HP untuk mengaktifkan opsi menerima email alih-alih mencoba menyambungkannya.
  6. Opsi ini akan memantau posisi perangkat menggunakan peta.
  7. IPhone akan memungkinkan banyak alternatif bagi pengguna HP, seperti menderingkan suara, mengirim pesan, mengunci iPhone dari jarak jauh hingga menghapus semua data pribadi di ponsel.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi yang bisa sobat kekinian gunakan untuk melacak nomor hp IMEI. Semoga bermnafaat!

/* */