Asean Merupakan Organisasi Negara – Negara

Infokekinian.com – Berikut ini kami akan jelaskan mengenai Asean merupakan organisasi negara – negara kawasan mari simak artikel yang sudah kami rangkum secara detail untuk sobat kekinian!

ASEAN merupakan organisasi negara – negara yang ada di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Salah satu tujuan utama dari tujuannya adalah untuk mendorong kerjasama ekonomi, sosial, dan politik di antara negara-negara anggotanya. ASEAN juga telah menetapkan tiga tujuan yang luas serta organisasi dengan target yang lebih spesifik.

ASEAN telah berkembang menjadi kawasan organisasi bagi negara-negara Asia Tenggara. Indonesia juga merupakan anggota dari 10 negara anggota ASEAN. Semua negara di dalamnya berperan penting dalam mencapai tujuan pembentukan ASEAN, termasuk tujuan di bidang politik dan ekonomi.

Pembentukan organisasi ASEAN telah disetujui oleh Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967. Blok regional ini didirikan pada tahun 1967 oleh lima negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).\

Kemudian dinaikkan lagi hingga sekarang menjadi 10 negara. Apa tujuan ASEAN? Buktikan sendiri dengan membaca testimoni pelanggan yang tercantum di bawah ini!

Pengertian ASEAN

Pengertian ASEAN

Negara-negara Asia Tenggara membentuk organisasi ASEAN, sebuah kawasan geopolitik dan ekonomi. Singkatan dari ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. Ibu kota Thailand, Bangkok, tempat ASEAN secara resmi didirikan pada hari itu pada tahun 1967, dan tempat organisasi tersebut masih memiliki kantor pusat hingga saat ini.

Penkamutanganan Deklarasi Bangkok menjadi dasar berdirinya organisasi ini. Seperti dijelaskan di bawah ini, ada lima negara pendiri ASEAN yang ikut menkamutangani Deklarasi Bangkok antara lain Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Sesuai dengan definisi ASEAN, berikut negara-negara yang terdaftar sebagai anggota ASEAN.

Sepuluh negara anggota ASEAN adalah:

Di kawasan untuk mencapai tujuan ASEAN, berbagai negara di Asia Tenggara telah bergabung dengan organisasi ini sepanjang waktu. Saat ini sudah ada 10 negara di kawasan Asia Tenggara, dimana lima di antaranya merupakan pendiri seperti di atas dan lima berikut ini merupakan lima negara yang telah bergabung.

Sepuluh negara yang tercantum di bawah ini semuanya merupakan bagian dari ASEAN.

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Filipina
  4. Singapura
  5. Thailand
  6. Kesultanan Brunei
  7. Orang Vietnam
  8. Laos
  9. Myanmar

Timor Leste merupakan negara yang belum menjadi anggota ASEAN. Meskipun terletak di Asia Tenggara. Sekarang status Timor Leste adalah negara pemantau.

Tujuan Pembentukan ASEAN – Asean merupakan organisasi negara

Keberadaan organisasi ASEAN memiliki tujuh tujuan utama. Kerjasama ekonomi, politik, budaya, dan sosial adalah bagian dari misi ASEAN. ASEAN juga memiliki tujuan untuk mempromosikan studi dari Asia Tenggara dan membangun kerjasama dengan organisasi regional lainnya di dunia.

Berikut ini adalah tujuan ASEAN:

  1. “Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan melalui upaya kerja sama dalam semangat kesetaraan dan kolaborasi untuk membangun dasar bagi komunitas Asia Tenggara yang sukses dan damai”
  2. Mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan melalui komitmen terhadap Piagam PBB dan kebutuhan untuk menegakkan keadilan dan supremasi hukum dalam interaksi regional;”
  3. Memajukan kerjasama aktif dan saling mendukung di bidang kepentingan bersama di bidang ekonomi dan kesejahteraan sosial serta seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi;
  4. Saling membantu dalam bentuk fasilitas pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesi, teknis dan administrasi.
  5. “Berkolaborasi lebih efektif untuk peningkatan penggunaan pertanian dan industri, pertumbuhan perdagangan, termasuk penelitian tentang masalah perdagangan komoditas internasional, peningkatan fasilitas transportasi dan komunikasi dan peningkatan taraf hidup masyarakat”
  6. Untuk tujuan menumbuhkan minat dalam studi Asia Tenggara, dan
  7. “Untuk memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan tujuan dan tujuan bersama, dan mencari semua opsi untuk kerja sama yang lebih dalam di antara mereka sendiri.”
  8. Untuk Mendorong Studi Asia Tenggara
  9. Untuk memelihara kerjasama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan tujuan dan tujuan yang sebanding, dan mengeksplorasi semua pilihan untuk kerjasama yang lebih erat di antara mereka sendiri.

Prinsip Utama ASEAN

Prinsip Utama ASEAN – Asean merupakan organisasi negara

Prinsip-prinsip nyata, tentu saja, dibutuhkan oleh hampir semua organisasi. Hal ini juga berlaku untuk negara-negara ASEAN. Semua anggota organisasi ASEAN diharapkan untuk mematuhi seperangkat nilai-nilai fundamental. Ini adalah prinsip dasar keberadaan.

  1. Menghormati kedaulatan, kesetaraan, kemerdekaan, dan integritas geografis setiap negara serta identitas nasionalnya yang unik
  2. Kebebasan setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional yang bebas dari intervensi, subversi atau paksaan
  3. Tidak ikut campur dalam urusan negara lain sebagai anggota
  4. Penyelesaian perselisihan dan konflik secara damai adalah norma.
  5. Menahan diri dari menggunakan kekerasan atau ancaman.
  6. Kerjasama yang efektif antar anggota di dalamnya.
  7. Ada 10 poin dalam Piagam ASEAN yang membahas berbagai topik dan nilai. Konsep saat ini dikukuhkan dan dicanangkan pada bulan November 2007 yang telah berlaku sejak tahun 2008. Berikut adalah beberapa isinya
  8. Menekankan pentingnya ASEAN dalam kerjasama regional.
  9. Menghormati prinsip-prinsip teritorial, kedaulatan, integritas, non-intervensi dan identitas nasional anggota ASEAN.
  10. Mempromosikan perdamaian dan identitas regional, penyelesaian masalah secara damai melalui komunikasi dan konsultasi, dan menolak agresi.
  11. Penegakan hukum internasional sehubungan dengan hak asasi manusia, keadilan sosial dan perdagangan multinasional.
  12. Mempromosikan integrasi regional perdagangan.

Pengangkatan Sekretaris Jenderal dan Wakil Tetap ASEAN.

Masih ada masalah yang harus diselesaikan selama KTT ASEAN, termasuk apakah organisasi hak asasi manusia dan sistem penyelesaian sengketa harus dibentuk atau tidak.

Pengembangan hubungan dan sikap asing yang bersahabat dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (seperti Uni Eropa) (seperti Uni Eropa)

Meningkatkan frekuensi KTT ASEAN dua kali setahun dan kekuatan untuk berkumpul untuk skenario darurat.

Gunakan kembali bendera, lagu kebangsaan, dan simbol ASEAN pada tanggal 8 Agustus untuk menghormati Hari Nasional ASEAN.

Bentuk Kerjasama di ASEAN

Bentuk Kerjasama di ASEAN

Organisasi-organisasi ASEAN telah memiliki banyak contoh kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini berlaku untuk berbagai bidang mulai dari sektor ekonomi, sektor sosial budaya hingga politik. Berikut beberapa jenis kerjasama yang ada di negara-negara Asia Tenggara.

Sektor Ekonomi – Asean merupakan organisasi negara

Hanya bekerja di bidang ekonomi yang dimaksudkan untuk meminimalkan dan menghilangkan beberapa hambatan di bidang ekonomi, misalnya dengan membangun sistem ekonomi regional yang bersatu. Kerjasama ini mencakup ranah industri, perdagangan, serta pembentukan kawasan sektor perdagangan bebas di Asia Tenggara

Sektor Sosial

Bidang kebudayaan, informasi, pendidikan, lingkungan hidup, ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta penanggulangan bencana alam, kesehatan, sumber daya manusia, pembangunan sosial, pengentasan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, dan pemuda, pengendalian narkoba, pembenahan administrasi, dan ketenagakerjaan publik semua mendapat manfaat dari kerja sama internasional di bidang-bidang ini.

Sektor Politik – Asean merupakan organisasi negara

Kerja sama di bidang politik dan keamanan akan diarahkan untuk membina keamanan, stabilitas, dan perdamaian, khususnya di kawasan ASEAN dan dunia.

Kesimpulan

Nah itu saja artikel yang bisa kami sampaikan kepada sobat kekinian mengenai ASEAN merupakan organisasi di negara – negara kawasan .

Jika ada salah kata mohon dimaafkan,semoga bermanfaat dan mendidik. Artikel lainnya juga bisa kamu lihat di Infokekinian, kami membahas banyak mengenai teknologi, pendidikan dan info lainnya

/* */