Cara Membuat Profil LinkedIn: Ada 8 Tahap Penting

Infokekinian.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai Cara membuat profil LinkedIn ada 8 tahap penting untuk membuat profil linkedin. Ayok simak penjelasannya dibawah ini!

LinkedIn adalah situs jejaring sosial dengan konsep khas: mayoritas penggunanya adalah profesional bisnis.

Seperti halnya identitas, LinkedIn biasanya digunakan sebagai metode untuk menampilkan diri atau bisnis kamu kepada calon rekan kerja atau organisasi dengan berbagai alasan.

Beberapa pengguna LinkedIn dengan sengaja membuat profil untuk memberikan nilai lebih bagi bisnis mereka, sementara yang lain mempromosikan diri dan mencari mitra bisnis.

Menurut statistik terbaru LinkedIn, negara ini memiliki lebih dari 255 juta pengguna aktif dan Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan pengguna tercepat ketiga.

Apa pun tujuan kamu membuat akun LinkedIn, yang terpenting adalah terlihat profesional.

Tentu saja kamu tidak ingin orang lain menganggap kamu tidak profesional di jejaring sosial ini, dan bagian penting untuk menunjukkan seberapa profesional kamu adalah melalui penampilan profil.

Hanya saja, sebagai anggota baru, kamu mungkin merasa kesulitan untuk menampilkan profil profesional di LinkedIn.

Jangan berkecil hati, kami akan mencoba membantu dengan 8 langkah penting untuk mengubah profil “kasar” kamu menjadi lebih profesional.

8 Tahap Cara Membuat Profil LinkedIn

8 Tahap Cara Membuat Profil LinkedIn

Berikut ini merupakan tahap-tahap membuat profil LinkedIn:

Sempurnakan Headline Profil Kamu

Sobat harus menyadari bahwa headline profil memiliki peran seperti sampul majalah, terkadang orang menilai isi sampul, profil yang tidak lengkap dan asli akan memberikan kesan yang mengerikan.

Bukankah tujuan memiliki profil LinkedIn untuk memasarkan merek pribadi atau profesional kamu? Agar tidak ada yang bertanya-tanya berapa usia kamu, pastikan nama, pendidikan, jenis usaha, dan alamat kamu sejelas mungkin.

Tulis Riwayat Pekerjaan kamu

Riwayat kerja atau pengalaman bisnis juga penting ketika kamu bertujuan untuk memasarkan kemampuan atau pengetahuan kamu. Cantumkan saja riwayat pekerjaan kamu meskipun itu tidak terkait dengan jenis bisnis yang kamu iklankan.

Pengguna lain yang ingin tahu tentang pekerjaan kamu sebelumnya akan menghargai informasi ini. Sebutkan proyek atau bisnis yang kamu geluti sekarang.

Membuat Profil LinkedIn Tuliskan Jenjang Pendidikan kamu

Agar semuanya terlihat bersih dan menghemat waktu, banyak pengguna LinkedIn hanya menunjukkan dua tahun terakhir kuliah mereka.

Tetapi menghasilkan daftar latar belakang pendidikan yang menyeluruh benar-benar memberikan nilai tambah yang menguntungkan kamu di mata pelanggan.

Dalam Membuat Profil LinkedIn Berikan dan Minta Testimonial

Memiliki testimonial dari pengguna lain seperti kolega, klien, atau karyawan kamu mungkin merupakan nilai tambah yang bermanfaat.

Apa gunanya? Karena menunggu orang memberikan testimoni bukanlah hal yang mudah, maka dari itu berikan testimoni terlebih dahulu baru kemudian minta testimoni kembali.

Buat dan Terlibatlah dalam Grup

kamu dapat membuat grup di LinkedIn berdasarkan jenis bisnis atau pekerjaan yang kamu lakukan, seperti yang kamu lakukan di jejaring sosial lainnya.

Untuk membuat kamu tampil lebih profesional, teknik yang paling efektif adalah dengan terlibat dalam kelompok atau grup yang kamu pahami, kamu bahkan dapat membuat grup sendiri dan terlibat aktif di dalamnya.

Dengan menjadi pribadi terlibat di dalamnya kamu akan semakin dikenal sehingga kemungkinan untuk mencapai tujuan utama kamu akan jauh lebih sederhana.

Buat dan Gunakan Lencana

Lencana profil mungkin merupakan metode yang sangat baik untuk mengiklankan diri kamu atau bisnis kamu.

Di LinkedIn, kamu dapat memilih salah satu dari 10 lencana dan mempublikasikan lencana di setiap blog, situs web, atau forum yang kamu ikuti.

Buatlah Daftar Koneksi Pribadi

Salah satu fitur LinkedIn adalah kemampuan untuk terhubung dengan pengguna lain dengan mengirimkan permintaan koneksi kepada mereka.

Permintaan kamu akan disetujui asalkan kamu menyertakan semua informasi yang relevan tentang hubungan kamu dengan individu tersebut dan membuat pesan pribadi untuk mereka.

Gunakan Foto Profil yang Baik

Di area ini, banyak pengguna jejaring sosial seperti Facebook memiliki sudut pandang “aneh”, beberapa pengguna secara aktif mempublikasikan gambar model cantik untuk menarik perhatian pengguna lain dan kemudian menggunakan koneksi mereka untuk menjual sesuatu.

Di Facebook jenis taktik ini bekerja dengan sangat baik, tetapi tidak di LinkedIn.

Untuk sebagian besar, audiens LinkedIn terdiri dari pengguna bisnis yang mendasarkan penilaian mereka tentang nilai seseorang pada informasi yang diberikan dalam ringkasan profil dan judul ringkasan daripada daya tarik foto profil pengguna.

Posting gambar yang relevan dan terkini, dan pastikan itu ditampilkan dengan jelas di profil media sosial kamu.

Kesimpulan

Sebagai pengguna LinkedIn baru, kamu mungkin merasa kesulitan untuk menampilkan profil profesional di situs.

Jangan berkecil hati, kami akan berusaha membantu dengan 8 langkah penting untuk mengubah profil “kasar” kamu menjadi profil yang membuat kamu terlihat lebih profesional.

Memiliki testimonial dari pengguna lain mungkin menjadi nilai tambah yang bermanfaat. kamu dapat membuat grup di LinkedIn berdasarkan jenis bisnis atau pekerjaan yang kamu lakukan.

Lencana profil mungkin merupakan cara terbaik untuk mengiklankan diri kamu atau bisnis kamu. Gunakan foto profil yang bagus dan pastikan itu relevan dan terkini.