Cara Memindah Data HP ke Flashdisk Tanpa PC/Laptop Termudah!

Jika melakukan transfer file dari Laptop ke laptop tentu bukanlah masalah karena itu sangat simpel, tinggal pakai flashdisk, beres! Tapi bagaimana kalau data atau filenya ada di HP atau smartphone dan kita ingin meng copykan ke flashdisk? Apa kita harus melakukan transfer file dari hp ke laptop memakai kabel data dulu, lalu setelah itu dari laptop ke flashdisk? Memang bisa, tapi akan sangat ribet tentunya. Tapi tenang saja, ada kok tips cara memindahkan data dari HP ke flashdisk tanpa laptop atau PC.

Saat ini perkembangan smartphone memang sangat luar biasa, banyak sekali fungsi dan kegunaan hp yang sangat membantu kita untuk menggunakan Teknologi, jika dulu hp hanya sebatas alat komunikasi saja, kini fitur yang ada di HP pun mulai bisa disandingkan dengan laptop atau PC, termasuk dalam hal transfer file, kita bisa memindahkan data atau file dari hp ke flashdisk tanpa menggunakan laptop atau PC, bagaimana caranya?

Untuk menjalankan cara tersebut, kita butuh perangkat yang bernama USB OTG. Apa itu USB OTG? OTG sendiri merupakan singkatan dari On The Go, secara singkat, ini merupakan flashdisk sekaligus kabel data untuk smartphone. Bagi kamu yang berniat membeli USB OTG juga sangat disarankan karena harganya sangatlah murah hanya puluhan Ribu saja.

Tapi ingat! tidak semua hp atau smartphone bisa memakai USB OTG, karena masih ada juga smartphone yang masih belum support dengan USB OTG, untuk itu sebelum membelinya, pastikan hp kamu support dulu dengan fitur USB OTG sebenarnya bisa saja sih ponsel yang tidak mendukung fitur USB OTG tapi ingin tetap bisa memakainya, caranya adalah harus me root dan memakai aplikasi pendukung, tapi ini sangat tidak direkomendasikan.

  1. Langsung saja berikut ini cara memindahkan file dari hp ke flashdisk tanpa laptop.
    Sambungkan USB OTG ke hp, jika berhasil dan terhubung, akan muncul ikon di status bar ponsel.
  2. Langkah selanjutnya adalah masuk ke folder atau file manager hp dan cari file yang ingin di copy ke flashdisk, lalu
  3. pilih copy dan cari external storage 1 yang berarti flashdisk.
  4. Langkah berikutnya tinggal memilih ke folder mana kamu ingin transfer file tersebut di flashdisk, sama sebenarnya seperti saat transfer file dari kabel data ke laptop.

itulah tutorial cara transfer file dari hp ke flashdisk tanpa laptop atau pc, kini dengan adanya metode diatas, kamu bakal lebih mudah dalam transfer file karena seperti yang kita tahu, sekarang kebanyakan orang memang lebih memakai smartphone untuk menyimpan file, maka dari itu USB otg dipastikan sangat penting untuk kamu yang sering melakukan transfer file.

 

Tinggalkan komentar