Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom Untuk Pemula

InfoKekinian.com – Lightroom adalah salah satu platform pengeditan foto terbaik. Cara menggunakan aplikasi Lightroom sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah sendiri.

Aplikasi besutan perusahaan Adobe ini sarat dengan beberapa alat dan fitur menarik yang dapat kamu gunakan untuk mengambil gambar dan mengedit foto.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat meningkatkan daya tarik visual dari foto yang belum diproses. Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh fotografer untuk mengubah gambar mereka.

Jika kamu tertarik menggunakan Lightroom di ponsel cerdas kamu, kami akan memandu kamu melalui proses langkah demi langkah.

cara - cara untuk menggunakan lightroom bagi pemula

Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom

Secara garis besar, Lightroom lebih efektif digunakan, karena aplikasi multimedia dikembangkan khusus untuk membantu pengguna mengedit gambar.

Aplikasi yang kamu pilih adalah pilihan yang sangat baik jika tujuan kamu adalah untuk meningkatkan daya tarik estetika gambar kamu. Berikut adalah teknik untuk mengubah gambar sedemikian rupa sehingga hasilnya menarik.

Cara Mengedit Foto Menggunakan Lightroom

  1. Pertama-tama, unduh aplikasi Lightroom di ponsel yang akan kamu gunakan.
  2. Setelah itu, luncurkan aplikasi. Di halaman utama kamu akan diperkenalkan dengan beberapa fitur aplikasi, tetapi kamu dapat melewatinya dengan mengklik tombol lewati.
  3. Untuk memulai, kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi ini. Ada berbagai pilihan login, termasuk memanfaatkan Facebook, Google dan Apple untuk pengguna iOS.
  4. kamu dapat mulai menambahkan objek baru segera setelah kamu membuka halaman utama Lightroom. Dengan mengklik album item baru.
  5. Setelah itu kamu akan diberikan pilihan dan memilih opsi Album.
  6. Cukup pilih nama untuk album dan tekan “Ok.”
  7. Kemudian buka album dan tambahkan foto yang ingin kamu ubah dengan memilih opsi kamera di sudut kanan bawah.
  8. kamu dapat mengambil foto secara langsung untuk diedit atau diambil dari ponsel cerdas kamu.
  9. Untuk menambahkan foto ke album Lightroom, pilih dan klik tombol Tambah.
  10. Awasi bilah kemajuan dan tunggu hingga impor selesai dengan sukses.
  11. Jika ya, pilih foto mana yang akan kamu ubah terlebih dahulu.
  12. Halaman pengeditan akan terbuka untuk kamu secara otomatis. Ada berbagai alat yang dapat kamu pilih, pilih yang kamu inginkan.
  13. Untuk memanfaatkan Preset Lightroom, yang harus kamu lakukan adalah mengklik alat Profil. kamu dapat melihat banyak preset dan alat pengeditan Lightroom yang dapat kamu gunakan secara gratis.
  14. Saat mengedit foto dengan apk ini, kamu juga dapat menyalin formula Lightroom dari situs web Google.
  15. Ketuk simbol bagikan di bagian atas lalu pilih Simpan ke Perangkat untuk menyimpan pekerjaan kamu setelah selesai mengeditnya langsung ke ponsel atau tablet kamu.
  16. Selesai.

Fungsi Tool Lightroom

Jika kamu seorang pemula atau pengguna baru, kamu mungkin tidak sepenuhnya memahami tujuan dari alat yang disediakan. Berikut adalah fungsi dari beberapa alat yang mungkin kamu ketahui.

Untuk mempersempit ruang lingkup foto, istilah “selektif” digunakan. Hanya versi premium yang tersedia untuk digunakan dengan alat ini.

  1. Healing, membantu melakukan penyesuaian atau perubahan pada bagian-bagian foto, seperti noda, jerawat, dan sebagainya. Sama seperti alat terakhir, kamu harus meningkatkan ke premium untuk menggunakannya.
  2. Crop adalah alat untuk membentuk kembali foto ke dimensi aslinya.
  3. Profiles, menawarkan untuk melakukan editing foto dengan memanfaatkan preset atau filter yang sudah tersedia.
  4. Auto, foto kamu akan diedit secara otomatis untuk meningkatkan kontrasnya.
  5. Light, berfungsi untuk mengubah pencahayaan foto, seperti Exposure, Contrast, Highlight, Shadow, White & Black, dan Curve.
  6. Color, membantu memodifikasi warna foto, seperti White Balance, Temperature, Tint, Vibrance, Saturation, B&W, dan Mix.
  7. Effects, Efek Kabut, Vignette, Grain, dan banyak efek lainnya tersedia di perangkat lunak pengedit foto Effects.
  8. Detail, adalah dua alat untuk meningkatkan kejernihan dan ketajaman foto.
  9. Optik, membantu memicu koreksi lensa dan mengurangi aberasi kromatik
  10. Geometry, menyediakan untuk memperbaiki dan mengubah perspektif foto menggunakan alat geser tegak lurus dan terpandu.
  11. Preset, bertindak sebagai sumber preset foto yang diberikan oleh Adobe Lightroom.
  12. Reset, berfungsi untuk mengembalikan perubahan pada kondisi asli foto sebelum diedit.

Kesimpulan

Nah itu adalah cara – cara menggunakan aplikasi lightroom buat pemula, nah buat sobat kekinian sekarang udah tahu kan gimana cara menggunakan aplikasi lighroom. Semoga bermanfaat!

/* */