Aplikasi Edit Video di PC Untuk Pemula

InfoKekinian.com – Berbagai macam aplikasi edit video PC tersedia bagi pemula, jenis dan fitur yang unik untuk membuat video yang menarik secara visual dan berkualitas tinggi.

Untuk membantu kamu dengan kebutuhan pengeditan video kamu, kami telah menyusun daftar program terbaik yang tersedia, masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik.

Selain dapat diakses secara gratis, aplikasi tersebut tentunya cukup mudah digunakan, sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Pastikan juga kamu menyimak penjelasan ini dengan seksama agar nantinya kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kemampuanmu, dan karakteristik dari perangkat PC itu sendiri.

Beberapa aplikasi edit video di pc untuk pemula

Aplikasi Edit Video di Pc

Berikut adalah beberapa ulasan mengenai aplikasi edit video terbaik di pc bagi pemula.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premier adalah aplikasi pengeditan video PC pertama siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Adobe Premiere Pro yang merupakan software editing video terbesar.

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti televisi dan merupakan aplikasi editing video pilihan di kalangan para ahli.

Bagaimana tidak, Adobe Premiere Pro memberikan akses dukungan bagi setiap pengguna untuk menyelesaikan banyak hal untuk hasil video yang maksimal.

Mulai dari banyaknya kartu edit video dan plug-in untuk mempercepat proses pengeditan, efek audio video, dan format file tambahan. yang mendukung.

Kamu dapat melakukan berbagai tugas pengeditan di sini, apakah kamu sedang mengerjakan proyek video, video YouTube, video musik, acara langsung, atau film video.

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor: Prosesor Pentium 4 atau Athlon 64 – Core i3+ dari Intel atau AMD.
  2. RAM: 4GB RAM
  3. 500 Megabyte

2. Avidemux

Nah, software atau program editing video dari Avidemux juga bisa dimanfaatkan untuk proses editing video secara gratis dan dengan hasil yang lumayan. Meskipun kamu dapat memperolehnya secara gratis, tentu saja aplikasi ini sarat dengan fitur-fitur yang lugas dan mudah digunakan.

Bagi kamu yang baru mulai mengedit video, kami sangat menyarankan untuk mendownloadnya, karena pengoperasiannya cukup praktis mulai dari pemotongan video, filter video, dan lain-lain. DVD, AVI, MP4, ASF, dan banyak format video lainnya semuanya didukung oleh aplikasi ini, seperti banyak lagi. Bagaimana menarik bukan?

Berikut ini adalah persyaratan minimal:

  1. Prosesor : –
  2. RAM: –
  3. Ukuran file : 24

3. Avs Video Editor

Aplikasi pengeditan video PC Avs Video Editor dilengkapi dengan tampilan layar yang sangat interaktif dan fleksibel, juga dikemas dengan fungsi yang sangat lengkap untuk proses pengeditan.

Dalam prosesnya, aplikasi sudah menawarkan opsi timeline yang memungkinkan kamu untuk membedakan antara video, teks, audio, dan efek pada tahap pengeditan.

Selain itu, Avs Video Editor sudah memanfaatkan teknologi cache video, memastikan aplikasi pengeditan video berjalan dengan cepat dan lancar setiap saat.

Terlepas dari kapasitas ukuran file yang relatif kecil, mengedit film akan sangat mudah karena banyak manfaat dari program ini.

Tapi ketahuilah bahwa kemampuan yang diberikannya sangat luas dan tidak akan kalah dengan program lain. Berikut ini adalah spesifikasinya:

Spesifikasi Minimum

  1. Intel Core 2 Duo dan AMD Athlon 64 X2
  2. RAM-nya 2GB.
  3. Ukuran File: 138 MB.

4. Camtasia

Aplikasi pengeditan video Camtasia dapat digunakan di komputer Windows atau Mac dalam pengaturan dunia nyata.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, tetapi aplikasi ini dimuat dengan sejumlah besar fitur unik yang memungkinkan kamu menghasilkan film berkualitas baik. Kemudian juga aplikasi ini sangat mudah digunakan, terutama untuk pemula.

Di antara manfaat yang diberikannya adalah dapat merekam video di perangkat lunak PC.

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor: 2.0GHz dengan Dual Core.
  2. RAM: 4GB RAM
  3. Ukuran File: 2GB
  4. Versi 5.0 dari Corel Video Studio

5. Corel Video Studio

Untuk program editing video PC dari Corel Video Studio tentunya tidak perlu diragukan lagi karena sudah cukup terkenal di kalangan editor sebagai software editing berbagai macam film.

Aplikasi ini sangat user-friendly dan memiliki antarmuka yang lugas, sehingga cocok untuk berbagai pengguna dengan berbagai tingkat literasi komputer.

Kemudian juga di dalamnya dilengkapi dengan kemampuan yang sangat menarik dan memungkinkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan pengeditan video.

Maka tidak ada ketidakpastian dalam hal karakteristik yang diberikannya untuk kamu instal dan jalankan secara instan.

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor: Intel Core i3 atau AMD A4 3.0 SHZ / Lebih Tinggi.
  2. RAM: 4GB RAM.

6. CineFX Jahshaka

CineFX Jahshaka adalah aplikasi edit video gratis dengan kualitas terbaik yang mendukung platform Linux, Windows, XP, 78 dan Vista. kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit film di SD.

VD, HD, atau bahkan film 3d yang sebenarnya menggunakan berbagai format seperti MP3, MPEG, OGG, MOV, dan WAP. Namun, dalam kondisi saat ini, aplikasi tidak memiliki polesan.

Berikut detail dan link download CineFX Jahshaka bagi kamu yang penasaran dan tertarik:

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor:
  2. RAM: 4GB RAM

7. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector adalah aplikasi edit video dengan segala kemudahan dan kelengkapan fungsinya. Menggunakan fungsi Proyek Ekspres, pengguna dapat menyelesaikan proses pengeditan lebih cepat dan sederhana daripada jika mereka melakukannya secara manual.

Pelacakan gerak, pengeditan video 360, gradasi warna, kunci cheoma, dan alat berguna lainnya semuanya disertakan dalam aplikasi ini. Paling tidak, kamu membutuhkan ruang disk kosong sebesar 2 GB untuk mengakomodasi kebutuhan RAM.

Keunggulan Aplikasi Editing Video PC Cyberlink PowerDirector

  1. Ini cukup ringan dan dapat digunakan pada perangkat PC dengan spesifikasi sederhana.
  2. Kelengkapan fitur.
  3. Kekurangan
  4. Kualitas hasil video tidak sebagus hasil program Adobe Premiere.
  5. Tidak direkomendasikan untuk kursus editor pro.
  6. Spesifikasi Minimum
  7. Microsoft Windows 7/8/8.1/10 – 64-bit adalah sistem operasi yang direkomendasikan.
  8. Pilih antara prosesor Intel Core i5 atau AMD Phenom II+.
  9. Grafik : 1GB VRAM Nvidia GeForce 8500GT atau AMD/ ATI Radeon HD5800 atau Intel HD Graphics.
  10. Memori: 2GB
  11. DirectX : DirectX 11.0
  12. Penyimpanan: 7GB

8. DaVinci Resolve

Aplikasi pengeditan video PC yang tidak membosankan mungkin yang kamu butuhkan. maka solusinya adalah DaVinci Resolve yang membantu kamu untuk membuat kualitas video tertinggi dengan hasil yang maksimal.

Bagaimana tidak, aplikasi ini mirip dengan software Adobe Premiere Pro yang sangat kami sarankan untuk kamu, karena banyak fitur menarik yang dihadirkannya, mulai dari audio mixing, multicam editing, motion graphics, dan lain-lain.

Menakjubkan bukan? Untuk mempelajari lebih lanjut, perhatikan poin-poin berikut:

  1. Kelebihan Aplikasi Editing Video DaVinci Resolve
  2. Ini dapat diakses secara gratis dan multi-platform WIndows, MAC, dan LINUX.
  3. Mudah digunakan, ringan, dan memiliki rendering yang cepat.
  4. Kekurangan DaVinci Resolve
  5. Tampilan antarmuka pengguna tampak kaku dan sulit dipahami oleh sebagian orang.
  6. Bug yang sering muncul.
  7. Spesifikasi Minimum
  8. Versi 64-bit Windows 8/8.1/10 didukung.
  9. Diperlukan Intel atau AMD CPU quad-core.
  10. Memori: RAM 16 GB.
  11. Kartu grafis NVIDIA atau AMD Radeon dengan setidaknya empat gigabyte RAM diperlukan untuk visual.
  12. DirectX : DirectX 11.0
  13. Sepuluh gigabyte ruang penyimpanan.

9. EaseUS Video Editor

Aplikasi dari EaseUS Video Editor ini terkesan fresh, ringan, dan smart, oleh karena itu kami sarankan untuk kamu yang belum terlalu paham tentang video editing.

Silakan gunakan untuk apa pun yang berhubungan dengan pengeditan video, seperti memotong, berbagi, mengkompilasi, menambahkan efek transisi, dan sebagainya.

Kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini dapat dikamulkan untuk menyelesaikan tugas proyek video yang sedang kamu kerjakan, apapun itu.

Berikut penjelasan lengkapnya:

Spesifikasi Minimum

  1. OS: Windows XP, Vistal, 7, 8, 8.1, dan 10.
  2. Prosesor: Prosesor Intel dual-core atau lebih tinggi.
  3. Memori: 1 GB atau Ram diperlukan.
  4. Penyimpanan: 200 MB dari tiga ruang hard drive yang dibutuhkan

10. HitFilm Express

Selain sepenuhnya gratis, HitFilm Express adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin mengedit film dari genre apa pun dan untuk tujuan apa pun. Aplikasi ini cukup bagus dibandingkan dengan perangkat lunak pengeditan video gratis lainnya, karena memiliki fungsi yang cukup menarik.

Unsur-unsurnya beragam mulai dari efek video, grading, bahkan penggunaan VFX seperti yang terjadi pada film-film action Korea saat ini. Tak perlu khawatir, aplikasi ini juga kompatibel dengan sistem berbasis MAC.

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor: Intel Core i3, Core i5, i7 atau Setara dengan AMD.
  2. RAM: 4GB RAM

11. Kate’s Video Toolkit

Juga dikenal karena ukuran filenya yang kecil, tetapi dengan fungsionalitas penuh untuk format yang didukungnya, Kate’s Video Toolkit mendukung berbagai jenis file video dari WMV hingga AVI hingga MOV dan semua yang ada di antaranya.

Apa yang dapat kamu peroleh saat menggunakan aplikasi ini adalah transcoding film dan memberikan efek semacam Transisi 3D. Aplikasi ini juga mendukung perangkat Windows 98, XP, dan Vista.

Spesifikasi Minimum

  1. CPU: Pentium 4+ (Intel Corporation).
  2. 2 GB RAM

12. Lightworks

Untuk aplikasi edit video PC gratis terakhir Lightsworks sangat kami sarankan untuk kamu yang lebih suka melakukan editing video layaknya seorang pro editor.

Aplikasi ini sarat dengan fitur terbaik yang dapat membantu setiap pengguna untuk memproses film dengan hasil yang optimal. Format video HD, NTSC, dan PAL semuanya mendukung jumlah piksel ini. Menariknya, aplikasi tersebut telah dievaluasi oleh editor pro.

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor: Intel Core i3, Core i5, Core i7 atau Setara AMD.
  2. RAM: 4GB RAM.

13. Openshot

Nah, kamu bisa menggunakan Openshot atau program atau software video editing open source secara gratis, caranya juga sederhana. kamu dapat menggunakan perangkat lunak pada PC yang menjalankan Mac, Windows, atau Linux, dan memiliki antarmuka wajah yang mirip dengan iMovie.

Ada kemampuan menarik yang dipamerkannya di sini, mulai dari memotong transisi video, rotasi, pengomposan, overlay gambar, pengubahan ukuran klip, penskalaan,watermark, pemangkasan, gertakan, dan fasilitas untuk menghasilkan animasi dalam bentuk format 3D. Berikut ini adalah link ke file dan daftar persyaratan:

Spesifikasi Minimum

  1. OS : Sistem Operasi 64 – bit – Linux, OS X, Windows 7, 8, dan 10.
  2. Paling tidak, kamu membutuhkan RAM 8GB, tetapi kami menyarankan setidaknya 16GB.
  3. Penyimpanan: 500 MB ruang hard drive untuk instalasi.

14. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio adalah aplikasi untuk mengedit film di perangkat PC dengan biaya terjangkau dan sarat dengan fitur menarik dan tentu saja cukup lengkap.

Namun pada dasarnya aplikasi ini dirancang untuk editor amatir atau pemula yang ingin belajar mengedit, karena dikemas dengan 1500 efek dan template yang dapat kamu manfaatkan.

Jika kamu memiliki keraguan tentang kualitas produk, kamu selalu dapat mencobanya dan melihat sendiri.

Minimal Spesifikasi

  1. Prosesor: Intel Core Duo 1,8 GHz. Diperlukan 3800+ kecepatan clock pada prosesor Intel atau AMD Athlon 64 X3.
  2. 2 GB RAM
  3. Ukuran File: 8GB

15. VideoPad Video Editor

Aplikasi pengeditan video ini dapat digunakan di komputer berbasis Windows mana pun. Setiap pengguna akan diberkahi dengan kemampuan yang komprehensif seperti, drop and drug, video cutting dan kamu juga dapat memberikan efek tambahan lainnya seperti transisi, dan lainnya.

Spesifikasi aplikasi VideoPad Video Editor

  1. Prosesor Core i3, 15, atau 7 (atau setara AMD) direkomendasikan.
  2. RAM: 4GB RAM

16. VSDC Free Video Editor

Aplikasi ini pernah cukup populer, dan itu terjadi pada tahun 2019. Pada sistem PC yang dapat menghapus tkamu air, aplikasi ini sangat ramah pengguna dan mudah digunakan.

Dalam proses penggunaan aplikasi, kamu dapat menggunakannya untuk mengedit film, menambahkan efek transisi dengan cepat dan hasilnya berkualitas tinggi. Selain itu, VSDC memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Langsung saja kita download link berikut :

Spesifikasi Minimum Aplikasi VSDC

  1. Prosesor: Intel Core i3, Core i5, Core i7 atau Setara AMD.
  2. RAM: 4GB RAM

17. Sony Vegas Pro 13

Selanjutnya untuk software editing video PC, khususnya Sony Vegas Pro13 yang memiliki berbagai kemampuan yang menarik dan karakteristik yang beragam yang dapat menghasilkan film yang bagus. Jika kamu suka mengedit film untuk tujuan tertentu, aplikasi ini adalah pilihan tepat untuk kamu.

Tahukah kamu bahwa aplikasi ini terus bertarung dengan Adobe Premiere Pro dan Apple Final Cut Pro X, tetapi kami sangat menyarankan Sony Vegas untuk editor pemula atau amatir.

Kehadiran fungsi timeline dapat memudahkan kamu untuk membuat video unik seperti berbagi audio dan video dan juga dapat menampilkan video audio di trek terpisah.

Persyaratan Minimum untuk PC kamu

  1. Prosesor: Prosesor 2 GHz
  2. RAM: 4GB RAM.
  3. 500 Megabyte

18. VirtualDub

Buat kamu yang sedang mencari aplikasi edit video gratis, jawabannya adalah VirtualDub. Karena gratis dan berkualitas tinggi, aplikasi ini sangat ideal untuk siswa yang hanya perlu membuat film pendek untuk proyek sekolah yang tidak memerlukan banyak pengeditan.

Bagaimana tidak, aplikasi tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk langsung menangkap foto melalui layar PC. Di sini kamu dapat memodifikasi video menggunakan format AVI yang direkam atau hanya menyimpannya.

Karena audio dalam video dapat dihapus atau diganti dengan menggunakan aplikasi VirtualDub, kamu juga tidak perlu khawatir. Pengaturan blur, pertajam, dan kecepatan video hanyalah beberapa dari banyak opsi berguna yang tersedia.

Spesifikasi Minimum

  1. Prosesor Celeron dari Intel
  2. 2 GB RAM
  3. Ukuran file: 1,9

19. Windows Movie Maker

Jika kamu ingin mengedit video menggunakan PC Window Movie Maker, kamu harus menggunakan komputer berbasis Windows. Aplikasi ini memiliki kapasitas ukuran yang terlihat praktis, lugas, dan cocok untuk kamu seorang pemula.

Jika kamu memiliki komputer Windows, kamu harus mencoba program pengeditan Windows Movie Maker sesegera mungkin.

Minimum Spesifikasi

  1. Prosesor: Intel Pentium III, Perangkat Mikro Lanjut (AMD) Athlon.
  2. RAM: Total 128 megabyte RAM.

20. Wondershare Filmora

Aplikasi edit video PC selanjutnya adalah Wondershare Filmora yang bisa kamu dapatkan secara gratis dan cukup ringan yang tidak akan membuat perangkat PC kamu lemot atau lag. Di sini untuk pengguna baru, kamu tidak perlu mencari pelajaran tentang cara menggunakannya di YouTube, karena sudah ada panduan cara menggunakannya, jadi sangat bagus untuk menghasilkan pengeditan video favorit kamu.

Namun, penting untuk dicatat bahwa versi gratis Wondershare Filmora menambahkan tkamu air ke semua video aplikasi.

Kelebihan Aplikasi Editing Video Wondershare Filmora

  1. Dapat diakses sepenuhnya secara gratis.
  2. Aspek antarmuka pengguna hidup dan sangat direkomendasikan untuk editor pemula dengan pelajaran gratis.
  3. Kekurangan dari aplikasi Wondershare Filmora
  4. Tkamu air ditambahkan ke video yang telah dirender.
  5. Spesifikasi Minimum
  6. OS: Windows 7, 8, 8.1, 10 64-bit.
  7. CPU: 2GHz+ Intel i3 atau prosesor yang lebih tinggi.
  8. Memori: 4GB
  9. Memori VRAM: 2 GB Intel HD Graphics 5000 atau NVIDIA GeForce GTX 700 atau AMD Radeon R5.
  10. DirectsX : DirectX 11.0
  11. Penyimpanan: 10GB

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi edit video PC yang kami rekomendasikan untuk kamu yang sedang membutuhkan aplikasi editing untuk menyelesaikan berbagai proyek seperti tugas sekolah, konten channel. Semoga bermanfaat !

/* */