Cara Menggunakan Google Meet Untuk Siswa

infokekinian.com – Pembahasan selanjutnya adalah Cara menggunakan Google Meet untuk siswa. Menggunakan layanan video konferensi kini telah menjadi kebiasaan baru yang membuat penggunanya tetap bekerja dan belajar meski sedang berada di rumah.

Google Meet adalah layanan video yang memudahkan pengguna yang sudah memiliki akun Google untuk terhubung dengan orang lain.

Pengguna Google Meet dapat melakukan panggilan video (video call) dengan maksimal 30 pengguna lain per rapat. Google Meet selain bisa digunakan di smartphone, juga bisa digunakan di laptop.

Cara Menggunakan Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet di Smartphone

Berikut cara menggunakannya:

  1. Unduh aplikasi Google Meet.
  2. Buka aplikasi, bagi yang sudah memiliki akun Gmail, maka sudah otomatis bisa mendaftar. Bagi yang belum memiliki akun Gmail, harus memiliki akun Gmail.
  3. Klik New Meeting untuk memulai panggilan lalu bagikan kode ke orang lain bagi peserta yang diajak bergabung.
  4. Klik Meeting Code dan masukkan kode untuk bergabung dengan panggilan dengan orang lain.

Tidak seperti smartphone, pengguna PC atau komputer dapat menggunakan layanan Meet tanpa menginstal aplikasi.

Pengguna cukup menggunakan browser untuk mengakses situs meet.google.com (browser). Kemudian, login ke layanan Meet dengan akun Google kamu.

Cara Menggunakan Google Meet di Komputer:

Berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Buka situs meet.google.com
  2. Buka Akun Gmail di browser.
  3. Pilih ‘Mulai rapat’ untuk memulai panggilan atau pilih ‘Gabung ke rapat’ (harus pakai kode).
  4. Setelah masuk ke video, kamu bisa mengklik ‘Gabung sekarang’ dan bisa menyalin kode untuk mengundang peserta lain.
  5. Atur mikrofon dan kamera untuk memberikan izin akses

Kesimpulan

Pada tampilan utama ruangan, pengguna dapat mengundang orang lain menggunakan akun Google mereka, mengirim pesan kepada peserta yang hadir, membagikan layar atau slide presentasi yang telah dibuat, membagikan tautan ruang rapat, dan lain sebagainya.

Pengguna dapat kembali ke situs meet.google.com dan memasukkan kode rapat yang dibagikan oleh host pada kolom yang disediakan jika tidak ingin membuat ruangan dan hanya ingin berpartisipasi.

Saat kamu menyiapkan Google Meet, ingatlah bahwa kamu harus memberikan Google Meet akses ke smartphone atau komputer kamu, serta mikrofon dan kamera ponsel cerdas kamu, atau program tidak akan berfungsi dengan benar.

Demikianlah pembahasan kali ini dan jangan lupa untuk terus kunjungi website infokekinian, karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lainnya, yang dapat membantu Sobat kekinian dimanapun berada.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

/* */