Contoh Alat Musik Ritmis dan Pengertiannya

Ada berbagai macam alat musik yang bisa dijumpai sekarang ini. Salah satunya alat musik ritmis. Nah, kira-kira apa pengertian dan contoh alat musik ritmis? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Alat musik ritmis adalah alat musik yang hanya bisa menghasilkan beberapa nada unik sebagai pengiring alat musik lainnya.  Dengan kata lain, alat musik ritmis tidak menghasilkan nada tetap.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis memiliki bentuk dan cara memainkan yang bervariatif. Ada yang dimainkan dengan cara digoyang, ada pula yang dipukul. Meski begitu, fungsi alat musik ini tetaplah sama, yaitu untuk mengatur tempo sebuah lagu.

Selain tempo, alat musik ritmis dijadikan penanda dalam intro, verse, maupun reff. Sementara dalam pertunjukan orkestra, alat musik ritmis berfungsi sebagai penyempurna instrumen.

Jenis-jenis Alat Musik Ritmis

Setelah mengetahui makna dan fungsi alat musik ritmis, saatnya untuk mengenal contoh alat musik ritmis.

contoh alat musik Rebana

  • Rebana 

Rebana identik dengan lagu-lagu melayu yang kental akan unsur religi. Selain itu, rebana juga seringkali digunakan dalam pertunjukan seni dan adat. Alat musik ritmis ini memiliki dua bunyi  berbeda ketika dimainkan.

Bunyi pertama adalah bunyi pukulan yang dihasilkan ketika bagian kulit rebana dipukul. Sementara bunyi kedua adalah bunyi gemerincing.

Dari segi bentuk, rebana hampir mirip dengan drum kecil. Untuk bisa mendapatkan nada yang pas, bagian kulit dari rebana harus dipukul dengan tempo sesuai.

Alat musik Kendang

  • Kendang  

Alat musik ritmis yang satu ini ialah alat musik tradisional khas Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kendang adalah kayu dengan rongga yang ditutupi kulit sapi.

Selain digunakan untuk musik tradisional, kendang juga digunakan sebagai pengiring dalam musik kontemporer.

Alat musik Conga

  • Conga 

Alat musik ritmis selanjutnya adalah conga. Alat musik khas Afrika ini mempunyai bentuk mirip kendang. Jenis alat musik ritmis ini sering dijumpai dalam musik pop modern.

Dikenal dengan nama conga, ternyata masyarakat Afrika menyebutnya dengan tumbora. Sekarang ini, alat musik conga banyak terbuat dari fiberglass atau serpihan kayu.

Alat musik Tifa

  • Tifa

Tifa merupakan alat musik tradisional yang tergolong dalam alat musik ritmis. Biasanya alat musik tifa digunakan dalam upacara tradisional, seperti di daerah Maluku dan Papua.

Cara memainkan alat musik tifa mirip dengan kendang. Yaitu dengan dipukul bagian kulitnya. Selain itu, alat musik tifa juga terbuat dari kayu dengan rongga di bagian tengahnya. Sementara salah satu sisinya ditutup dengan kulit.

Alat musik Tamborin

  • Tamborin 

Sama seperti rebana, alat musik tamborin juga mempunyai dua bunyi yang berbeda ketika dimainkan. Yakni bunyi pukulan dan gemerincing.

Cara memainkan alat musik tamborin adalah dengan dipukul dan digoyangkan. Tamborin semakin sering dijumpai dalam karya musik saat ini.

Alat musik Kastanyet

  • Kastanyet 

Alat musik ritmis yang bernama kastanyet ini memiliki bentuk mirip kerang kecil. Cara memainkan alat musik kastanyet adalah dengan menyatukan kedua sisinya.

Kastanyet dapat dimainkan dengan dua tau tiga jari saja karena bentuknya kecil. Selain ukuran yang mini, kastanyet memiliki warna yang cukup beragam, sehingga tampilannya terlihat menarik.

Alat musik Simbal

  • Simbal 

Contoh alat musik ritmis berikutnya adalah simbal. Alat musik ritmis ini memiliki ukuran yang beragam. Dari yang kecil, sedang, hingga besar. Alat musik simbal berbentuk bulat seperti cakram dan terbuat dari logam.

Biasanya, untuk menghasilkan nada simbal dimainkan dengan memadukan kedua sisinya. Selain itu, simbal juga bisa dimainkan dengan memukul satu sisinya menggunakan tangan atau stik.

Alat musik Marakas

  • Marakas 

Alat musik marakas seringkali digunakan untuk mengiri lagu yang semarak, sebab marakas mempunyai bunyi yang meriah. Jika dilihat dari bentuknya, marakas hampir mirip dengan permen lolipop.

Alat musik ritmis ini dapat menghasilkan bunyi kita digoyang-goyangkan. Bentuknya terdiri dari pegangan dan bola besar pada bagian atasnya.

Alat musik Triangle

  • Triangle

Alat musik triangle banyak ditemukan dalam musik klasik. Alat musik ritmis yang sudah ada sejak abad ke-16 ini akan mengeluarkan bunyi ketika dipukul sisi-sisinya.

Itulah contoh alat musik ritmis yang sering digunakan dalam lagu.

Tinggalkan komentar