Contoh Pelanggaran Ham dan Jenisnya Lengkap!

HAM merupakan singkatan dari Hak Asasi Manusia, HAM memiliki sifat mutlak artinya dimiliki oleh semua orang di seluruh dunia tanpa memandang ras, suku, agama dan lain sebagainya. setiap orang yang lahir ke dunia ini pada dasarnya memiliki hak hak tertentu. namun hal ini bukan berarti semua orang bisa mendapatkan hak nya sebagai manusia, karena diluar sana terdapat banyak sekali contoh kasus pelanggaran HAM di setiap hampir semua negara termasuk Indonesia.

 

Di Indonesia sendiri, HAM sangat jelas diatur oleh Undang Undang, sebelum membahas mengenai contoh pelanggaran HAM, ada baiknya kita paham dan mengerti dulu apa saja jenis pelanggaaran HAM, berikut ini jenisnya.

  • Pelanggaran HAM Berat

Pelanggaran HAM yang berat sangat merugikan pihak atau orang terkait, ada beberapa contoh kategori pelanggaran HAM berat misalnya seperti pembunuhan, penyiksaan, perbudakan dan mengasingkan orang tertentu.

  • Pelanggaran HAM Ringan

Selain berat, ada juga jenis pelanggaran HAM yang bersifat Ringan mulai dari penganiayaan, pemukulan dan menghalangi suatu orang atau kelompok untuk mengeluarkan pendapat maupun aspirasinya.

Contoh Pelanggaran HAM

Penyerangan Isarel Terhadap Palestina

Saya rasa semua orang tahu pelanggaran HAM yang satu ini, bahkan sampai sekarang pun masih berlangsung mengenai pelanggaran israel dalam merampas hak asasi manusia warga palestina, dimana isarel berusaha menyandera dan menjajah serta mengusir palestina dari negerinya sendiri. Pelanggaran HAM berat ini belum bisa diatasi, bahkan badan keamanan dan perdamaian dunia PBB pun kehabisan akal untuk mengatasi konflik yang satu ini.

Kekejaman Adolf HItler

Adolf HItler merupakan salah satu tokoh sejarah dari Jerman dimana ia pernah melakukan penangkapan dan pengasingan musuh politik yang menentang pemerintahan otoriter miliknya. dan juga mengusir serta membunuh bangsa Yahudi, membantai warga Austria di Cekoslovakia.

Kasus Husni Mubarak Mesir

Presiden Mesir Husni Mubarak yang memerintah dalam empat dekade pada jaman dahulu, juga pernah melakukan tindakan pelanggaran HAM dimana ia menyuruh anak buahnya untuk melakukan penembakan terhadap massa atau rakyat yang sedang melakukan tindakan protes akan kepemimpinannya. namun ia berhasil ditangkap dan dibunuh oleh rakyat mesir pada waktu itu.

Kasus Etnis Rohingya

Di Tahun 2017 ini, masyarakat dunia dihebohkan dengan kasus etnis Rhongya yang terjadi di Myanmar, meskipun ini sudah berlangsung sejak lama juga, ini merupakan contoh pelanggaran ham yang tidak bisa ditolerir lagi dimana pemerintah militer Myanmar melakukan pembantaian, pembunuhan dan pemerkosaan terhadap warga etnis dari Rohingya. hal ini terjadi karena pemerintah Myanmar menganggap bahwa etnis rohingya adalah kaum Stateles People atau warga tanpa kewarganegaraan karena mereka menganut agama islam. sudah ratusan bahkan ribuan warga rohingya tewas terbunuh oleh pemerintah Militer Myanmar sejauh ini dan ribuan warga hilang serta puluhan ribu mengungsi ke negara lain. kasus pelanggaran HAM ini merupakan salah satu yang terberat di tahun 2017 ini, bahkan mereka (Pemerintah Militer Myanmar) tidak ragu untuk melakukan tindakan kejam ini pada anak kecil sekalipun.

Itulah beberapa Contoh Pelanggaran HAM yang terjadi di dunia saat ini, dengan informasi diatas semoga bisa membantu anda mengetahui lebih dalam mengenai fakta kejadian yang pernah terjadi pada dunia ini, sekarang tugas kita adalah bagaimana menjaga HAM orang lain agar tidak tertindas. Selain itu sebisa mungkin kita juga harus peduli dengan membantu mereka misalnya warga etnis rohingya yang Hak Asasinya dirampas begitu saja.

Tinggalkan komentar