Posisi Dan Tugas Pemain Voli, Ini Cara Melakukan Rotasi

InfoKekinian.com – Masih dengan pembahasan bola voli, pada artikel kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal posisi dan tugas pemain voli.

Bola voli adalah salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Jumlah pemain bola voli utama harus setidaknya empat dan tidak lebih dari enam.

Jika kurang di bawah batas minimal itu, wasit dapat menghentikan permainan tersebut. Jumlah rata-rata pemain bola voli adalah sepuluh orang yang terdiri dari pemain utama dan cadangan.

Fungsi dan Posisi Pemain Bola Voli

Setiap orang dalam permainan memiliki tujuan mereka sendiri. Dalam posisi bertahan, libero bertanggung jawab untuk menerima bola dari lawan.

Lantas, bagaimana posisi dan tugas pemain voli lainnya? Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Fungsi dan Posisi Pemain Bola Voli

Sebelum menjadi olahraga yang populer secara global, bola voli memiliki sejarah yang panjang. Dr Syahrizal menyatakan dalam bukunya permainan bola voli, yang menjelaskan bahwa olahraga ini ditemukan oleh William C. Morgan, seorang pendidikan jasmani Young Man Christian Association (YMCA).

Setelah berinteraksi dengan James Naismith, penemu bola basket, Morgan terinspirasi untuk mendirikan olahraga baru.

Sejak didirikan pada tahun 1895 di Amerika Serikat, nama, permainan, dan aturan olahraga yang dulu dikenal sebagai Mintonette telah berubah.

Alfred T. Halstead mengubah nama Mintonette menjadi bola voli pada tahun 1896. Perubahan tersebut berkaitan dengan karakteristik permainan, terutama pantulan bola sebelum menyentuh tanah atau volleying.

Bola voli terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan seperti komposisi jumlah pemain bola voli adalah salah satu yang paling terlihat.

Secara historis, jumlah pemain bola voli berfluktuasi atau tidak menentu. Kemudian, sebagai hasil dari banyak perkembangan dan aturan baru, jumlah pemain dikurangi menjadi antara empat dan enam individu.

Setiap pemain bola voli memiliki tanggung jawab dan peran yang berbeda dalam permainan. Berikut adalah posisi serta tugas para pemain bola voli:

Server

Server adalah pemain yang bertugas melakukan servis untuk memulai pertandingan bola voli. Servis ini dimaksudkan untuk mengirim bola melewati jaring lawan dan masuk ke wilayahnya.

Server ini ditujukan untuk pemain bola voli peringkat pertama atau nomor satu. Biasanya, servis ini dilakukan secara bergantian.

Jika terjadi pergeseran penguasaan bola sepanjang pertandingan yang mengakibatkan perubahan poin, maka akan terjadi pergantian server.

Setter atau Tosser

Set-Upper (setter) atau tosser adalah pemain yang tugasnya mengatur dan menentukan serangan. Dalam permainan bola voli, pemain nomor tiga berperan sebagai tosser.

Dalam pertandingan bola voli, fungsi tosser adalah memberikan umpan matang kepada spiker agar dapat melakukan smash atau pukulan kuat yang mengarah ke area bermain lawan.

Biasanya, tosser ini akan memberikan umpan saat mencoba serangan kedua.

Spiker

Dalam sepak bola, seorang striker bertanggung jawab untuk mencetak gol. Sedangkan dalam bola voli, pemain dengan tanggung jawab yang sama dikenal sebagai spiker.

Spiker atau smasher ini bertanggung jawab untuk mencetak poin dengan pukulannya. Pada posisi ini mengharuskan pemain untuk menempati posisi 2 dan 4 selama pertandingan.

Untuk pukulan kuat atau smash ke wilayah lawan, seorang spiker akan melanjutkan umpan pelempar.

Saat dalam posisi bertahan, spiker bisa memblok bola tim lawan dan tugas-tugas ini umumnya dikenal sebagai blok.

Libero

Libero
Biasanya, pemain yang menempati posisi 5 dan 6 bertindak sebagai libero. Tugas libero adalah menerima serangan lawan dari posisi bertahan dan mencegah bola masuk ke area permainan.

Ketika bola dihalau dengan benar, tentunya lawan tidak dapat mencetak poin. Selama pertandingan bola voli, libero biasanya akan menonjol.

Hal ini dikarenakan pemain tersebut tidak mengenakan jersey berwarna sama dengan rekan setimnya.

Pemain Cadangan

Biasanya, tim juga akan membawa pemain cadangan ke permainan, karena pergantian pemain dalam bola voli ini dapat dilakukan, lho Sobat Kekinian.

Sebuah tim hanya dapat melakukan pergantian pemain lebih dari satu dalam satu waktu dan pergantian pemian ini dilakukan saat permainan selesai atau time out.

Sistem Poin di Pertandingan Bola Voli

Sama seperti olahraga lainnya, bola voli memiliki peraturan permainannya. Ini mencakup pertimbangan teknis seperti ukuran lapangan, jumlah poin, dan bahkan sistem poin.

As all we know, Federation International de Volleyball (FIVB) telah menetapkan aturan dalam permainan bola voli.

Aturan selanjutnya akan diterapkan oleh federasi bola voli di negara-negara tertentu. Aturan ini akan di adaptasi oleh PBVSI atay Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Sebuah tim akan menerima poin, terutama untuk perhitungan, jika mereka mampu menempatkan bola di lantai dasar area bermain lawan.

Tim lawan akan menerima poin jika bola keluar dari garis lapangan atau menyentuh net lebih dari dua kali.

Sebuah tim dapat dinyatakan sebagai pemenang pertandingan bola voli jika mengalahkan lawannya dalam dua putaran atau set berturut-turut.

Jika kedua belah pihak memenangkan dua set pertama, set ketiga akan dimainkan. Pertandingan bola voli individu menggunakan sistem rally point dengan total 25 poin.

Jika sebuah tim mencapai jumlah total poin, mereka segera memenangkan set. Namun, situasi akan berubah jika kedua tim mendapatkan jumlah poin atau seri yang sama.

Misalnya, skor terikat pada 24-24. Permainan akan berlanjut sampai satu tim mencapai keunggulan dua poin.

5 Cara Melakukan Rotasi pada Permainan Bola Voli

Cara Melakukan Rotasi pada Permainan Bola Voli
Berikut adalah lima cara yang perlu kamu lakukan dalam perpindahan tempat atau rotasi pada permainan bola voli:

1. Mengetahui Posisi Pemain di Lapangan

Lapangan voli akan terdiri dari dua baris, dimana setiap tim enam orang akan menempati masing-masing baris ini.

Setiap individu dalam skuad memiliki nama dan posisi yang unik dan berbeda. Rotasi yang akan dilakukan akan ditentukan oleh posisi pemain di lapangan.

2. Mengetahui Peran Masing-Masing Pemain di Dalam Tim atau Regu

Mengetahui peran seseorang dalam rotasi permainan bola voli selanjutnya merupakan sarana untuk melakukan rotasi. Setiap pemain dalam skuad memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi pemain bola voli di dalam tim berbeda dengan posisinya di lapangan, yang berubah setiap putarannya. Bahkan setelah rotasi, peran pemain dalam tim tidak akan berubah.

3. Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Melakukan Rotasi atau Perputaran

Dalam permainan bola voli, rotasi dilakukan searah jarum jam. Rotasi berakhir ketika tim penerima ditugaskan ke server.

Setelah posisi 1 server posisi 1, pemain akan maju ke posisi 6, kemudian ke posisi 5, posisi 4, posisi 3, dan terakhir posisi 2.

Aspek penting dari rotasi untuk dipahami adalah bahwa setiap pemain harus melakukan rotasi satu kali setelah timnya menerima server, dan sekali lagi setelah tim lawan menerima bola dan kehilangan satu poin.

4. Mengetahui Waktu Melakukan yang Tepat untuk Melakukan Pergantian

Dalam permainan bola voli, pergantian pemain ditentukan oleh kemampuan dan posisi pemain.

Pada posisi bek kanan, pemain baris depan dapat digantikan oleh pemain baris belakang atau diperbolehkan melakukan servis sebelum digantikan oleh pemain lain.

Ketika pemain mendekati kiri depan lapangan, pemain baris belakang kemungkinan besar akan digantikan oleh pemain baris depan.

5. Mengetahui Gerakan yang Diizinkan Sesudah Melakukan Rotasi

Ketika server telah terlibat dengan bola untuk mengoptimalkan lokasi pemain, pemain dapat bergerak. Setelah server melakukan kontak, pemain dapat bergerak ke kiri depan jika dia seorang tosser.

Hal ini berlaku untuk posisi selain tosser juga. Ingatlah bahwa pemain harus tetap diam sampai server memukul bola.

Selain itu, pemain diperbolehkan berganti posisi, tetapi pemain bertahan tidak dapat mendekati net untuk menembak dan harus melancarkan serangan dari belakang garis serang.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan seputar posisi dan tugas pemain bola voli:

Apa Tugas dari Pemain Server?

Tugas pemain server adalah melakukan pukulan atau servis untuk menandakan dimulainya permainan. Posisi server ini dapat dilakukan secara bergantian, lho.

Pemain Voli Pada Posisi 3 Berperan Sebagai Apa?

Posisi nomor 3 pada bola voli adalah tosser yang berperan dalam memberikan umpan kepada smasher atau spiker.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai posisi dan tugas atau tanggung jawab para pemain voli selama pertandingan yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu adalah seorang pemula, maka sebaiknya kamu memahami aturan serta teknik dasarnya terlebih dahulu.

Sehingga, nantinya kamu dapat memeberkan kontribusi yang besar kepada tim selama pertandingan.

/* */