Sejarah dan Peraturan Permainan Sepak Bola

Infokekinian.com – Sudah tak asing lagi jika kita mendengar nama olahraga sepak bola, bahkan hingga sejarah dan peraturan permainan sepak bola pun sudah tak asing lagi.

Sepak bola merupakan olahraga yang digemari banyak orang, baik itu anak kecil, remaja, bahkan orang dewasa.

Wanita yang menyukai sepak bola, seperti pria, sangat menantikan pertandingan sepak bola langsung.

Pengertian Sepak Bola

Kali ini, kita akan membahas permainan sepak bola secara lebih rinci, termasuk aturan permainan, aturan pemain, dan sebagainya. Berikut beberapa informasi lebih lanjut untuk kamu sekarang.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang menggunakan bola karet dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan.

Setiap tim olahraga memiliki 11 pemain inti serta beberapa pemain pengganti. Masing-masing pemain ini memiliki peran dan tanggung jawab tertentu dalam permainan, seperti striker atau penyerang, penjaga gawang, dan sebagainya.

Dalam permainan sepak bola ini, tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan dianggap sebagai pemenang.

Sepak bola secara umum adalah olahraga yang dimainkan dengan cara menggiring atau menendang bola dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan tetap berpegang pada aturan tertentu.

Istilah sepak bola terdiri dari dua kata yaitu soccer yang berarti menendang dengan kekuatan kaki, dan ball yang merupakan alat permainan bulat yang terbuat dari karet atau kulit.

Permainan sepak bola dikenal sebagai sepak bola di Inggris dan sepak bola di Amerika Serikat. Ini adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, dengan banyak orang rela begadang semalaman untuk menonton siaran langsung pertandingan sepak bola dunia.

Pengertian Permainan Sepak Bola Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum, para ahli juga membahas pengertian sepak bola. Berikut adalah beberapa definisi sepak bola dari para ahli yang harus kamu ketahui untuk lebih memahami tentang apa permainan sepak bola ini:

Agus Salim

Menurut Agus Salim, sepak bola adalah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan kaki, dengan tujuan utama permainannya adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dengan tetap berpegang pada berbagai peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Soekatamsi

Menurut Soekatamsi, sepak bola diartikan sebagai permainan olahraga beregu atau beregu yang setiap regunya terdiri dari 11 pemain, termasuk seorang penjaga gawang.

Muhajir

Menurut Muhajir, pengertian permainan sepak bola adalah permainan yang dimainkan dengan cara menendang atau menendang bola.

Dimana tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya sambil mempertahankan gawang itu sendiri dari serangan lawan agar tidak kebobolan. bola.

Lucbacher

Menurut Luxbacher, sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain yang mempertahankan gawang dari serangan lawan dan berusaha memasukkan bola ke gawang lawan.

Remmy Muchtar

Menurut Remmy Muchtar, sepak bola adalah permainan yang dimainkan dengan mengatur bola dengan kaki dan mengatur gerakan tubuh dalam permainan.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencoba membobol gawang lawan sambil mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola pada umumnya adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan agar dapat memenangkan permainan. Secara lebih spesifik, tujuan dari permainan sepak bola adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah bola masuk ke gawangnya sendiri.
  2. Membuat gol melawan lawanmu
  3. Membangun kerjasama tim sehingga ada kerjasama permainan yang solid.
  4. Prestasi dalam dunia olahraga khususnya sepak bola
  5. Menjaga dan mengembangkan sportivitas antar pemain untuk memastikan permainan yang adil.
  6. Tingkatkan kesehatan dan kebugaran kamu secara keseluruhan.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Menurut catatan sejarah, sepak bola pertama kali dikenal di Tiongkok pada abad ke-2 dan ke-3 SM, pada masa Dinasti Han.

Pada saat itu, orang Tionghoa bermain sepak bola dengan bola kulit, menendang atau menendangnya ke jaring kecil.

Permainan sepak bola ini populer di banyak negara di dunia, termasuk Yunani, Jepang, dan Roma. Pada saat itu, orang-orang di Yunani, Roma, dan Jepang memainkan game ini untuk bersenang-senang.

Sementara permainan sepak bola modern dimulai di Inggris dengan memberlakukan aturan dan peraturan tertentu, permainan atau olahraga ini semakin populer.

Awalnya permainan sepak bola dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, namun seiring berjalannya waktu, masyarakat dunia mulai mengenal permainan sepak bola.

FIFA, yang merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football, didirikan pada tahun 1904.

FIFA adalah badan pengatur sepak bola internasional yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis.

Permainan sepak bola kemudian berkembang menjadi olahraga di mana negara-negara bersaing memperebutkan piala dunia.

Kompetisi pertama untuk Piala Dunia diadakan pada tahun 1930 di Uruguay, dan itu juga dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Ada beberapa teknik dasar permainan yang harus dipahami setiap pemain saat memainkan permainan sepak bola ini. Beberapa teknik dasar yang digunakan dalam permainan sepak bola adalah sebagai berikut:

Teknik Menendang Bola

Teknik pertama melibatkan menendang bola saat bermain. Menguasai teknik menendang bola merupakan teknik yang paling dominan dan harus dipahami oleh setiap pemain dalam permainan sepak bola.

Teknik Menendang Bola

Dalam teknik menendang ini, beberapa syarat harus dipenuhi, antara lain menendang bola dengan kaki belakang, menendang bola dengan kaki belakang, dan menendang bola dengan kaki bagian dalam.

Teknik Menghentikan Bola

Teknik ini bertujuan untuk menghentikan bola saat dilempar oleh anggota tim lain atau saat memegang bola. Ada beberapa cara untuk menahan atau menghentikan bola, antara lain:

  1. Menggunakan bagian dalam kaki untuk menghentikan bola
  2. Menggunakan bagian luar kaki untuk menghentikan bola
  3. Menggunakan punggung kaki untuk menghentikan bola
  4. Menggunakan telapak kaki untuk menghentikan bola
  5. Menggunakan perut atau dada untuk menghentikan bola
  6. Menggunakan paha untuk menghentikan bola
  7. Menggunakan kepala untuk menghentikan bola.

Teknik Menggiring Bola

Ada juga teknik menggiring bola dalam sepak bola, atau ketika seorang pemain membawa bola ke gawang lawan.

Menggiring bola adalah teknik membawa atau mendorong bola ke arah tertentu sambil berlari agar bola tetap bisa dikuasai saat menggelinding ke tanah. Berikut ini adalah beberapa teknik atau metode menggiring bola:

  1. Menggunakan kaki alternatif untuk menggiring bola
  2. Menggunakan bagian belakang kaki untuk menggiring bola
  3. Menggunakan bagian luar kaki untuk menggiring bola
  4. Menggunakan kaki bagian dalam untuk menggiring bola

Teknik Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola

Ada teknik atau metode menyundul bola dalam sepak bola. Menyundul bola adalah gerakan di mana bola didorong dengan menggunakan kekuatan kepala sambil melayang di udara. Pemain menyundul bola ini adalah mendorong bola ke arah yang diinginkan.

Peraturan Dasar dalam Permainan

Ada beberapa aturan dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh setiap pemain dan semua pihak saat mengikuti olahraga yang satu ini.

Jika tidak, olahraga tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini adalah beberapa aturan sepak bola:

Jumlah Pemain

Setiap tim sepak bola memiliki 11 pemain inti. Para pemain kunci ini masing-masing memiliki tanggung jawab dan peran mereka sendiri dalam permainan.

Satu penjaga gawang, satu hingga tiga pemain penyerang, dua hingga lima gelandang, dan empat pemain bertahan digunakan. Beberapa posisi pemain tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini:

Penjaga Gawang

Penjaga gawang adalah pemain yang tugasnya menjaga agar bola lawan tidak masuk ke gawang.

Posisi Bertahan

Bek yang juga dikenal dengan sebutan bek adalah posisi pemain yang bertugas untuk mencegah lawan masuk ke area pertahanan.

Posisi Tengah

Pemain pada posisi ini disebut juga sebagai gelandang atau playmaker, adalah pemain dalam permainan sepak bola yang bertugas untuk mengatur permainan tim dan membantu pemain tengah dan pemain menyerang.

Posisi Sayap

Winger atau pemain sayap adalah posisi pemain sepak bola yang bertugas untuk mengontrol permainan di sisi kiri atau kanan lapangan.

Posisi Penyerang

Striker atau striker adalah posisi pemain yang tugasnya memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Ukuran Lapangan

Sepak bola dimainkan di lapangan rumput yang memiliki ukuran yang telah ditentukan. Garis batas pada sisi lapangan berfungsi sebagai pembatas antara bagian dalam dan luar lapangan.

Ukuran Lapangan

Untuk orang dewasa, ukuran standar lapangan sepak bola adalah sebagai berikut:

  1. Panjang 100-120 meter
  2. Lebar 65-75 meter
  3. Lebar gawang: 7, 32 meter
  4. Ketinggian yang diinginkan adalah 2,44 meter.

Kotak penalti terletak di area sekitar gawang. Kotak pinalti adalah area tendangan pinalti dimana penjaga gawang diperbolehkan menangkap bola dengan tangannya jika pemain bertahan melakukan pelanggaran terhadap lawan.

Durasi Permainan

Sebuah pertandingan sepak bola berlangsung dua babak masing-masing 45 menit, menurut aturan sepak bola internasional.

Namun, wasit yang bertanggung jawab atas permainan memiliki wewenang untuk memberikan waktu tambahan, yang berkisar antara 1 hingga 5 menit di setiap babak.

Dalam pertandingan tertentu, seperti contoh di sistem gugur, jika kedua tim memiliki skor yang sama setelah dua ronde permainan, dua ronde perpanjangan waktu akan dimainkan.

Jika perpanjangan waktu berakhir seri, adu penalti akan diadakan sampai satu tim dinyatakan sebagai pemenang.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai sejarah dan peraturan permainan sepak bola dan lengkap dengan teknik dalam permainan hingga aturan-aturan yang berlaku.

Demikianlah artikel mengenai Sejarah dan Peraturan Permainan Sepak Bola dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */