Peraturan Dalam Bola Voli, Ini Jenis Pelanggarannya

InfoKekinian.com – Setelah membahas teknik dasar permainan bola voli, kini saatnya kita mengenal peraturan dalam bola voli. Karena peraturan ini akan sangat penting dalam berjalannya pertandinga.

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga ada di Indonesia. Pastinya sebagian besar dari kamu sudah tidak asing lagi dengan permainan bola voli.

Beberapa pertandingan bola voli sering ditayangkan di televisi Indonesia. Jelas, olahraga ini sama terkenalnya dengan olahraga lainnya.

Peraturan Peralatan Bola Voli
Bola voli, atau volleyball dalam bahasa Inggris, merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok yang berlawana, dimana setiap kelompok ini akan terdiri dari enam anggota.

FIVB Federation Internationale de Volleyball adalah induk olahraga internasional untuk bola voli. Sedangkan bola voli di Indonesia dikelola oleh PBVSI Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Jelas, setiap olahraga tentunya akan memiliki seperangkat aturan yang unik didalamnya. Tujuan dari aturan ini adalah untuk memastikan permainan yang lancar dan sportif.

Peraturan permainan bola voli meliputi peraturan perlengkapan, permainan, pelanggaran, dan lain sebagainya.

Kamu yang masih bingung dengan peraturan dalam bola voli tentunya bisa membaca artikel ini hingga selesai, lho. Karena kami akan mengulai semua peraturan dalam bola voli, so stay tuned.

Peraturan Peralatan Bola Voli

Sebelum membahas tentang peraturan permainan bola voli, terlebih dahulu kita harus memahami peralatan yang digunakan dalam permainan bola voli.

Peralatan ini tentunya akan mendukung semua individu dalam olahraga bola voli. Berikut ini adalah aturan untuk peralatan bola voli:

1. Bola Voli

Mirip dengan bola basket dan sepak bola, bola voli memiliki standar ukuran bola internasional resmi, sehingga olahraga ini juga memiliki regulasi internasional.

Standar lingkar bola voli yang disetujui adalah 65-67 cm. Secara resmi, bola voli memiliki berat antara 260-268 gram.

Selain ukuran dan beratnya, bola voli tunduk pada pedoman tekanan internasional. Standar tekanan bola voli resmi adalah antara 0,3 hingga 0,325 kilogram per sentimeter persegi.

Bahan standar bola voli ini adalah kulit atau bahan sintetis. Setelah bola dibuat, bola harus dipompa ke tekanan yang telah ditentukan.

2. Lapangan Bola Voli

Permukaan lapangan sangat penting untuk pelaksanaan permainan dalam olahraga ini, dan ada dimensi internasional yang harus dipatuhi ketika membangun lapangannya, lho Sobat Kekinian.

Kita harus mengetahui ukuran yang benar dan tepat agar olahraga yang dilakukan sesuai dengan aturan resmi. Ukuran lapangan juga memberikan legitimasi pada permainan.

Dimensi lapangan voli standar adalah 9 x 18 meter. 5 cm adalah lebar garis di sepanjang tepi dan panjang garis pertahanan bola voli diukur dari garis tengah adalah 3 meter.

Lebar lapangan bola voli yang tepat di lapangan adalah 9 meter. 18 meter adalah panjang lapangan voli. Terakhir, garis serang normal di lapangan dengan ukuran ini adalah 3 meter.

3. Net Bola Voli

Net bola voli adalah salah satu komponen terpenting dalam permainan. Jaring yang digunakan dalam bola voli ini mirip dengan yang digunakan dalam bulu tangkis dan tenis.

Tetapi, untuk setiap ukuran net nya tentu berbeda antara kedua olahraga itu. Salah satu fungsi jaring bola voli adalah sebagai pembatas antar tim lawan.

Ukuran jaring yang sering digunakan untuk wanita, tentu akan berbeda dengan yang digunakan oleh pria.

Panjang standar jaring wanita adalah 2,24 meter. Sedangkan standar net normal untuk cabang olahraga putra adalah 2,43 meter.

4. Antena Voli

Antena adalah peralatan terakhir yang digunakan saat bermain bola voli. Antena merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam pertandingan bola voli.

Biasanya, antena ini terletak di kedua ujung tiang. Salah satu tujuan memasang antena di kedua ujung tiang adalah untuk membatasi gerakan bola voli ke samping atau di luar lapangan.

Peraturan Olahraga Bola Voli

Peraturan Servis Bola Voli
Aturan ini menjadi dasar untuk membuat olahraga ini mudah dimainkan dan aman bagi para pemainnya.

Dengan aturan ini, tidak akan ada pemain yang akan curang atau bermain secara tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah aturan sistem permainan bola voli:

1. Wasit

Mengamati permainan bola basket atau sepak bola pasti akan mengungkapkan keberadaan wasit.

Kehadiran wasit dirancang untuk memastikan bahwa permainan berjalan dengan lancar dan efisien.

Begitu juga dalam pertandingan bola voli. Wasit diperlukan agar game ini lancar, menyenangkan, dan bebas cheat. Salah satu aturan baku dalam pertandingan bola voli adalah adanya wasit.

2. Penjaga Garis dan Papan Skor

Dalam sistem permainan ini, selain wasit yang mengawasi pertandingan bola voli, harus ada empat orang yang bertanggung jawab untuk menjaga garis lapangan dan papan skor.

3. Anggota Pemain

Apabila ada peserta suatu cabang olahraga yang berhalangan hadir karena bertanding di cabang olahraga lain, maka pertandingan ditunda sampai peserta dari cabang olahraga lain tersebut tiba.

4. Pemain Utama

Sebuah tim dalam permainan bola voli terdiri dari 10 orang. Hanya enam dari setiap sepuluh anggota tim yang menjadi pemain utama atau kunci.

Keenam starter ini akan menjadi pemain lapangan, sedangkan empat sisanya akan menjadi pengganti atau cadangan.

5. Sistem Pergantian Pemain

Dalam sistem pergantian pemain, bola voli dan sepak bola memiliki aturan pergantian yang berbeda. Dalam sepak bola, pergantian pemain dibatasi di lapangan.

Namun, dalam bola voli, pemain pengganti tidak terbatas. Mereka dapat bergiliran sesuai dengan preferensi pelatih dan pergantian dilakukan pada saat permainan dimulai.

6. Minimal Pemain Voli

Minimal Pemain Voli
Jumlah minimal pemain di lapangan voli adalah empat. Jika sebuah tim tidak memiliki pemain, mereka dianggap sebagai tim yang kalah.

7. Kekurangan Pemain

Jika tim memiliki kurang dari empat pemain, pihak penyelenggara memiliki hak untuk secara otomatis menolak mereka tanpa mengharuskan mereka bermain terlebih dahulu.

8. Grup Voli

Setiap pertandingan bola voli terdiri dari delapan tim, dimana delapan tim tersebut dibagi menjadi dua grup. Oleh karena itu, setiap grup berisi empat tim dan setiap tim terdiri dari sepuluh pemain.

9. Hak Bola Masing-masing Tim

Setiap tim hanya diperbolehkan menguasai bola tiga kali selama pertandingan bola voli.

10. Lemparan Koin dalam Voli

Hal pertama yang dilakukan wasit sebelum pertandingan sepak bola atau bulu tangkis adalah melempar koin, yang biasa disebut dengan Coin Toss.

Demikian pula, sebelum dimulainya pertandingan bola voli, kapten akan dipanggil dan wasit akan melakukan pengundian.

Apa itu lemparan koin? The Coin Toss terdiri dari melemparkan koin ke udara, yang ditangkap wasit dengan tangan tertutup.

Wasit selanjutnya akan meminta kapten masing-masing tim bola voli untuk memilih bentuk pada koin.

Jika kapten benar memprediksi hasil lemparan koin, timnya akan mendapatkan hak untuk memulai permainan.

11. Servis Bola Voli

Saat melakukan servis, salah satu pemain tim yang berhak melakukan servis ditempatkan di luar garis lapangan. Setelah berada pada garis luar lapangan, ia diizinkan untuk mengoper bola ke tim lawan.

12. Peraturan Servis Bola Voli

Peraturan Servis Bola Voli
Begitu seorang pemain berada di luar batas, server melempar bola ke lapangan lawannya dengan menjangkau di luar net dan melepaskan bola ke lapangan lawannya.

Jika bola yang diservis tersebut mendarat di tanah atau di tempat terbuka di dalam lapangan lawan, maka tim yang melakukan servis akan diberikan poin.

Namun, jika bola memantul keluar dari lapangan atau mendarat di wilayah tim lawan, itu akan dianggap keluar dan tim lawan akan menerima poin.

Selain itu, permainan berlanjut sampai bola mendarat di satu sisi lapangan jika bola servis menyentuh lawan.

13. Hitungan Poin dalam Voli

Dalam bulu tangkis, penghitungan poin berbeda dengan olahraga cabang olahraga ini. Skor dalam sistem penilaian bola voli adalah 25 poin.

Jika kedua tim mencetak jumlah poin yang sama, 24-24, ada dua poin lagi yang diberikan. Jadi, pertandingan akan menerima dua poin tambahan.

Jika sebuah tim mencetak dua poin pada servis, maka mereka memenangkan permainan.

Misalnya, jika Tim A dan Tim B bermain satu sama lain dalam satu pertandingan, skor akhirnya adalah seri, atau 24-24.

Sekarang, untuk mendapatkan satu set sepanjang pertandingan, tim harus mendapatkan 2 poin.

Jika tim A mencetak dua poin dengan total 26, maka tim A menang. Permainan berlanjut hingga selisih kedua tim mencapai dua poin.

14. Babak Kualifikasi Voli

Di babak kualifikasi, nilai satu tim menghasilkan kemenangan tim itu. Oleh karena itu, jika ada dua tim atau lebih yang memiliki nilai yang sama, maka mereka akan dianggap seri.

Kualitas angka masing-masing tim menunjukkan siapa yang akan tampil sebagai juara grup dan runner-up.

Angka tim adalah jumlah dari angka sebelumnya yang dimainkan oleh masing-masing tim di lapangan.

15. Babak Time Out

Pertandingan bola voli selalu menyertakan batas waktu satu menit, yang terjadi hanya sekali.

16. Pertukaran Area Lapangan

Seperti dalam sepak bola atau bulu tangkis, lapangan diganti pada akhir setiap babak. Hal ini juga sama berlaku untuk bola voli, karena pada akhir setiap putaran, setiap tim akan berganti posisi lapangan.

17. Permintaan Tukar Area Lapangan

Tim dengan skor terendah memiliki opsi untuk miminta atau mencari pertukaran area lapangan untuk menentukan pemenang.

Singkatnya, jika kamu telah maju ke babak ketiga dari pertandingan yang dimainkan. Ketika skor lawan 13 atau lebih tinggi, pihak yang kalah meminta perubahan lapangan.

Selain aturan sistem pertandingan yang telah disebutkan sebelumnya, pemain juga harus menguasai sistem penilaian bola voli.

Ketika bola yang dipantulkan oleh lawan memasuki lapangan tim kita, maka lawan mendapatkan poin dan ketika lawan tidak dapat mengembalikan bola, maka bola itu akan jatuh ke tanah.

Tim lain dapat mencetak poin saat melakukan servis, tetapi tidak dapat menyebabkan bola jatuh dengan memantulkan bola kembali ke area lapangannya.

18. Kemenangan dalam Voli

Ketika salah satu pihak memenangkan dua set berturut-turut dalam satu pertandingan. Kemudian, tim tidak diharuskan bermain sampai set berikutnya. Mengingat bahwa tim telah memenangkan pertandingan.

Peraturan Pelanggaran Olahraga Bola Voli

Peraturan Pelanggaran Olahraga Bola Voli
Peraturan terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah peraturan foul atau pelanggaran dalam permainan bola voli, yang tentunya saat dii lapangan, pemain harus terbiasa dengan aturan pelanggaran.

Sepanjang olahraga permainan bola voli, ada sejumlah aturan yang tidak boleh dilanggar oleh peserta. Berikut ini adalah peraturan yang mengatur tentang pelanggaran olahraga bola voli:

1. Pelanggaran di Lapangan

Peraturan atau regulasi ini dirancang untuk mencegah pemain melanggar aturan yang telah disepakati.

Agar pemain terhindar dari pelanggaran saat bermain di lapangan, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  1. Jika seorang pemain menyentuh net secara tidak sengaja, itu tetap dianggap sebagai pelanggaran
  2. Pelanggaran terjadi jika seorang pemain melewati garis tengah lapangan atau memasuki area lapangan lawan
  3. Dianggap melanggar aturan bagi seorang pemain untuk melempar atau menangkap bola dengan cara yang sama dengan menangkap bola basket
  4. Pemain harus memukul bola sebelum menyentuh tanah atau lantai.

2. Pelanggaran dalam Smash

Demikian pula, jika kamu ingin melakukan smash, pastikan bola yang mendekat tidak menyentuh tanah atau lantai. Karena, kamu akan dianggap melanggar jika:

  1. Bola dianggap keluar jika meninggalkan lapangan permainan dan menyentuh tanah atau lantai
  2. Jika bola jatuh dan keluar di luar lapangan tetapi terus memantul sebelum menyentuh tanah atau lantai, maka itu akan dianggap masuk.
  3. Seorang pemain dikatakan telah melakukan pelanggaran ganda ketika dia menyentuh net bola voli dua kali
  4. Semua anggota badan memenuhi syarat untuk memantulkan bola ke arah lawan dan menjaganya agar tidak menyentuh tanah.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan seputar peraturan dalam bola voli:

Apakah Pemain Voli Bisa 5 Orang?

Secara umum, jumlah pemain dalam olahraga bola voli adalah 10 orang. yang terdiri dari pemain utama serta cadangan.

Dan saat bermain, jumlah pemain minimal empat orang dan maksimal 6 orang, jadi jika dimainkan oleh lima orang saja, maka masih bisa.

Tapi jika jumlah pemain kurang dari empat, maka wasit berhak untuk menghentikan pertandingan tersebut.

Kapan Rotasi Bola Voli?

Pemain dapat melakukan rotasi disaat tim tersebut berhasil mencetak poin atau angka, tapi jika tim tersebut mendapatkan point pberturu-turut, maka tidak perlu melakukan rotasi.

Dan perpindahan atau rotasi pemain ini dilakukan dengan sarah jarum jam.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai peraturan dalam bola voli yang perlu kamu ketahui, lengkap hingga peralatan sampai peraturan dalam pelanggaran.

Jadi setekah membaca artikel ini, kami berharap kamu dapat mempelajarinya dan mempraktekannya saat kamu bermain bola voli. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi deh.

/* */