Sejarah Singkat Bola Voli di Dunia

Infokekinian.com – Kami akan memberikan beberapa informasi mengenai sejarah bola voli indonesia berikut pembahasan lebih jelasnya pada artikel dibawah ini ya!

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini? Olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 6 orang, masing-masing kelompok ini sangat populer di seluruh dunia.

Apalagi jika bukan permainan bola voli. William G. Morgan, orang yang menemukan olahraga ini, membuatnya populer pada tahun 1895.

Pada awalnya permainan bola ini tidak disebut permainan bola voli melainkan miniote. Jika demikian halnya, bagaimana bisa namanya diganti menjadi Bola Voli?

Tidak ada salahnya meneliti sejarah bola voli, baik di Indonesia maupun dunia, untuk mempelajari lebih jauh. Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini!

Mengenal sosok William G Morgan Sebagai Pendiri Bola Voli

Mengenal sosok William G Morgan Sebagai Pendiri Bola Voli

Berbicara tentang sejarah bola voli tentu tidak lepas dari sosok penciptanya, terutama William G Morgan. Bola voli merupakan campuran dari bola tangan, bola tenis, bola basket, dan bisbol yang semuanya menggunakan permainan bola besar.

William diperkenalkan ke permainan ini ketika dia bertemu James Naismist, permainan yang dikreditkan dengan menciptakan bola basket.

James Naismisth adalah tokoh yang disegani oleh William karena kecintaannya di bidang atletik sepanjang hidupnya, terutama lahir pada 6 November 1962 dan meninggal pada 1939 pada 28 November.

Permainan bola voli ini ditemukan setelah 4 tahun mengikuti perkembangan bola basket. Awalnya pada tanggal 9 Februari 1985, William menciptakan game ini dengan ide untuk diperuntukan bagi anggota Young Mens Christian Association atau lebih dikenal dengan singkatan YMCA yang saat itu sudah tidak muda lagi.

Tentu dengan performa yang berkurang. Hal ini dilakukan karena di usia yang sudah tidak muda lagi namun masih memiliki kecintaan yang besar terhadap olahraga, dibuatlah permainan bola voli yang tidak terlalu memberatkan seperti bola basket. Morgan menyebutkan bahwa game ini dapat dimainkan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Morgan mendirikan olahraga ini untuk Young Men’s Christian Association karena di sanalah ia mengenyam pendidikan sebagai seorang pemuda.

Di sinilah William G. Morgan pertama kali bertemu James Naismist, kakak laki-lakinya, dan permainan yang memperkenalkannya pada bola basket.

Morgan merasa tergerak untuk mencita-citakan apa yang telah dicapai James sebagai hasil dari percakapan mereka. Pada tahun 1895, William G Morgan bekerja sebagai direktur pendidikan jasmani di Young Mens Christian Association di Massachusetts. Selama hidupnya ia mengabdikan hidupnya untuk bidang fisik sampai akhir hayatnya.

Morgan meninggal dunia pada tahun 1942, dalam usia 76 tahun. Beberapa prestasi yang pernah diraih William G Morgan sepanjang hidupnya antara lain pernah diundang sebagai tamu kehormatan di Spinfield Alumni Dinner sebagai sosok yang mewarnai olahraga di dunia. dunia sebagai pencetus permainan bola voli.

Selain itu, ia juga meraih penghargaan dari organisasi bola voli Volleyball Hall of Fame di Massachusetts, Amerika Serikat.

Latar Belakang Singkat Bola Voli di Indonesia

Asal usul bola voli tidak lepas dari permainan kehidupan William G Morgan, yang berlangsung selama beberapa dekade dari awal hingga akhirnya diterima oleh seluruh dunia.

Hal ini juga berlaku untuk Indonesia. Orang Indonesia pertama kali melihat permainan bola voli ini pada masa penjajahan Belkamu pada tahun 1928.

Pada saat itu, permainan bola voli hanya boleh dimainkan oleh para petinggi Belkamu dan para bangsawan. Hingga akhirnya, dalam rangka mewujudkan olahraga jasmani di Indonesia, Indonesia mulai mempelajari berbagai macam pendidikan jasmani dari Belkamu.

Sejak awal permainan bola voli, permainan ini rutin dimainkan oleh pasukan di asrama mereka atau di lapangan terbuka.

Bahkan terkadang ada pertandingan antar tim. Tidak mengherankan, mungkin, bahwa begitu banyak orang menyukai olahraga khusus ini.

Pada akhirnya, olahraga bola voli ini berkembang sangat pesat. Pada tanggal 22 Januari 1955, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI didirikan. Hal ini bersamaan dengan berdirinya organisasi bola voli di kota-kota besar Indonesia.

Pada saat yang sama, Indonesia menjadi tuan rumah pertama kalinya pertandingan bola voli. Hingga pada akhirnya sejarah bola voli dapat menyebar dengan cepat ke pelosok tanah air dan dapat dimainkan oleh semua orang seperti sekarang ini.

Sejarah Bola Voli di Dunia

Sejarah bola voli dimulai dengan ditemukannya bola voli untuk pertama kalinya. Pencetus permainan ini adalah William G Morgan pada tahun 1895. Morgan merancang permainan ini untuk kepentingan keanggotaan YMCA yang menua.

Hal ini dikarenakan usia yang tidak lagi muda tentunya akan memiliki performa yang lebih rendah, sehingga kamu akan merasa lelah saat memainkan permainan bola basket yang ditemukan 4 tahun sebelumnya.

Untuk sementara, olahraga ini menggunakan nama “minette” alih-alih “bola voli.” Namun, istilah Mintonetee tidak lagi disukai karena bola voli atau bola voli yang lebih populer dari waktu ke waktu. Karena memiliki aturan permainan yang menarik, bola voli cukup populer.

Bahkan oleh semua pecinta olahraga di dunia. Olahraga ini benar-benar memadukan 4 olahraga bola utama, antara lain basket, baseball, tenis, dan bola tangan. Bola basket lebih menuntut fisik, oleh karena itu permainan ini lebih cocok untuk pemain yang lebih muda. Namun, itu dapat dimainkan oleh pemain dari segala usia.

Cara Bermain Bola Voli

kamu akan lebih tertarik mempelajari cara bermain bola voli setelah mengetahui perkembangan bola voli di masa lalu. Permainan ini mudah dilakukan. Biasanya dilakukan oleh 2 kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 6 orang.

Dalam memainkan permainan bola voli ini, kamu setidaknya harus menguasai 4 keterampilan dasar bola voli. Pemain bola voli yang hebat dibuat, bukan dilahirkan, ketika mereka telah menguasai keempat keterampilan ini. Wow, itu cukup keren. Taktik bola voli: apa yang harus kamu ketahui? Servis, pemblokiran, passing, dan smash adalah bagian dari ini.

Sedangkan beberapa aturan penting dalam permainan bola voli ini adalah sebagai berikut:

Sistem Permainan Voli

Sistem Permainan Voli

Dalam sejarah permainan bola voli, baik di seluruh Indonesia maupun di dunia, telah ada sistem pertandingan yang diterima bersama, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Ada total 10 pemain di setiap regu, termasuk 6 pemain starter dan 4 pemain bangku cadangan.

Dalam setiap pertandingan, jumlah minimum peserta di lapangan adalah 4 orang

Jika anggotanya kurang dari 4 maka tim dianggap gugur atau kalah

Pergantian pemain dapat dilakukan secara bebas dan tidak dibatasi

Kontes dilakukan dalam 3 putaran (2 menang) dan 5 babak bagaimana jika 3 menang?

Teknik penghitungan menggunakan reli dengan 25 poin. Jika seri, poin tambahan akan diberikan sampai ada selisih 2 poin, seperti dalam kasus seri 24-24.

Sistem Penghitungan Angka dalam Bola Voli

Ini berlanjut hingga satu tim mengumpulkan 25 poin berturut-turut. Matematika bola voli mencakup metode berikut:

Bola mendarat di area lawan maka tim kamu akan mendapatkan poin. Jika bola mendarat di wilayah kamu, tim lawan akan mendapatkan poin.

Sebuah tim kehilangan poin jika mengambil bola dari permainan, dan sebaliknya.

Skor tim lain jika kamu melakukan servis tetapi tidak melewati net, dan sebaliknya.

Larangan Bermain Voli

Dalam permainan bola voli ini terdapat berbagai peraturan yang mengatur tentang larangan dalam permainan bola voli, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Ketika seorang pemain melakukan kontak dengan gawang atau melewati garis gawang.

Mengejar bola ke luar lapangan, selama belum menyentuh permukaan lapangan masih sah, tetapi setelah menyentuh lapangan dilarang

Karena tidak mungkin ditangkap, bola harus dipantulkan.

Dalam setengah, tidak lebih dari satu kali time out dapat diambil oleh satu sisi.

kuran Lapangan Voli

Ukuran Lapangan Voli

Dalam sejarah bola voli, William G Morgan pernah mencatat bahwa permainan ini dapat dimainkan di dalam atau di luar ruangan. Ukuran lapangan, yaitu 9 meter kali 18 meter, masih diatur.

Namun, tinggi net pemain pria dan wanita berbeda. Tinggi net untuk putra adalah 2,43 meter, sedangkan tinggi net untuk putri adalah 2 meter dengan lebar net yang sama yaitu 1 meter.

Kesimpulan

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat kekinian mengenai Sejarah Bola Voli di Dunia semoga artikel diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian ya!

/* */