Mengenal Permainan Bola Besar, Ini Jenis-Jenis Lengkapnya!

InfoKekinian.com – Siapa yang disini yang sudah mengenal permainan bola besar? Yups, bol abesar merupakan sebuah istilah yang merujuk kepada olahraga yang menggunakan sebuah bola yang berukuran besar.

Pasti sudah tahu kan olahraga apa saja yang menggunakan bola besarini? Mulai dari sepak bola, basket, voli, hingga rugby.

Mayoritas olahraga bola besar hanya dapat dimainkan oleh dua tim, yang masing-masingnya terdapat beberapa pemain.

Apa Itu Permainan Bola Besar
Meski disebut sebagai sebuah permainan, sejatinya bola besar ini merupakan sebuah olahraga yang mempunyai sejarah dan aturan dalam memainkannya.

Kamu tentunya sudah mengenal karena pernah mempelajarinya disaat sekolah, jadi permainan bola besar mana yang pernah kamu mainkan?

Yuk simak artikel ini hingga selesai untuk mengenal permainan bola besar lebih lengkap dan jelas.

Apa Itu Permainan Bola Besar?

Permainan bola besar adalah salah satu olahraga yang paling populer dan disukai karena melibatkan banyak tenaga dan energi dalam memainkannya.

Permainan bola besar biasanya dimainkan dengan bola yang berukuran besar atau berdiameter lebih dari 50 cm, dan gerakannya memerlukan penggunaan anggota badan.

Biasanya, olahraga semacam ini dimainkan dalam tim dan di lapangan.

Fungsi Permainan Bola Besar

Berikut adalah fungsi dari permainan bola besar:

1. Berat Badan Terkontrol

Rata-rata pemain bola besar memiliki massa tubuh yang sehat karena setiap permainan bola besar membutuhkan energi yang besar.

Proses meluruhkan lemak tubuh sangat terbantu dengan olahraga bola besar.

2. Meninggikan Badan

Selain dapat mengontrol berat badan, dapam permaianan bola besar ini dapat membantu kamu dalam proses pertumbuhan tinggi badan kamu, lho.

Hal ini dikarenakan setiap gerakan melompat dalam metode permainan bisa melatih tulang kaki, sehingga mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki dan mempercepat perkembangannya.

3. Menjaga Stamina Tubuh

Permainan bola besar dapat meningkatkan stamina karena kegiatan bola besar membutuhkan energi fisik atau stamina yang sangat besar.

Dimana pemain dalam permainan bola besar ini harus memiliki stamina yang tinggi agar tidak cepat lelah.

4. Konsentrasi Akan Terlatih

Konsentrasi pemain dapat ditingkatkan melalui partisipasi dalam olahraga bola besar, yang memungkinkan mereka untuk bertahan dan menyerang lawan.

Konsentrasi yang baik akan menghasilkan pemikiran yang tepat dan meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan pemain.

5. Memiliki Mental dan Kepribadian yang Kuat

Mentalitas dan sikap seseorang harus tangguh jika dia ingin unggul dalam olahraga bola besar, karena olahraga bola besar tidak hanya membutuhkan stamina tingkat tinggi, tetapi juga usaha yang cukup besar.

Padahal, jika pemain kekurangan kedua elemen tersebut, jelas akan berdampak tidak langsung pada permainan.

Saat memainkan olahraga bola besar, kepribadian seseorang juga diperlukan untuk melatih kerja tim yang efektif.

Ciri-Ciri Permainan Bola Besar

Ciri-Ciri Permainan Bola Besar
Berikut adalah ciri ciri dari bola besar:

1. Adanya Pemain Cadangan

Pada olahraga bola besar harus membutuhkan pemain cadangan karena jika nanti ada pemain yang cedera selama pertandingan, permainan akan tetap berlanjut karena ada pemain pengganti atau cadangan.

2. Memerlukan Anggota Banyak

Olahraga bola besar membutuhkan pemain di setiap regu. Banyak anggota dari setiap tim akan berkolaborasi untuk memastikan keberhasilan tim yang baru dibuat.

3. Adanya Strategi atau Teknik-Teknik yang Harus Dikuasai

Strategi atau teknik diperlukan dalam permainan bola skala besar karena, untuk membuat keputusan yang tepat, pemain harus mengetahui dan melatih rencana yang akan mereka gunakan saat permainan dimulai.

4. Lebih Rumit Daripada Permainan Bola Kecil

Sifat permainan bola besar sedikit lebih rumit daripada permainan bola kecil, hal ini dikarenakan ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi selama periode permainan dalam olahraga bola besar.

5. Menggunakan Bola yang Ukuran Besar

Permainan bola besar memiliki ciri khas yang sesuai dengan namanya karena setiap permainannya membutuhkan ukuran bola yang besar.

Jenis-Jenis Permainan Bola Besar

Jenis-Jenis Permainan Bola Besar
Berikut adalah beberapa jenis dari permainan bola besar:

Sepak Takraw

Jika berbicara sepak takraw, tentu kebanyakan dari kita pasti sudah mengenal permainan sepak takraw ini.

Takraw adalah salah satu jenis permainan sepak takraw yang populer dalam budaya Indonesia. Bola sepak takraw ini terbuat dari kayu atau rotan.

Mirip dengan bola voli dan bulu tangkis, struktur permainanya memiliki jaring di tengahnya. Jika kita menendang bola langsung ke wilayah lawan, maka tentunya kita akan mencetak poin.

Permainan Sepak Bola

Siapa yang disini tidak mengenal permainan sepak bola? Rasanya kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan sepak bola yang satu ini, atau mungkin kamu mendukung salah satu klub sepak bola Indonesia atau internasional?

Olahraga populer ini dimainkan oleh sebelas pemain per tim untuk merebutkan bola dari tim lain. Terlepas dari kesederhanaannya, permainan sepak bola ini membutuhkan penguasaan teknik dasar yang begitu penting.

Bola Basket

Bola Basket
Bola basket saat ini menjadi salah satu olahraga paling populer di Amerika Serikat. Selain itu, bola yang digunakan pun harus lebih besar dan lebih keras dari olahraga bola besar lainnya.

Bola basket melibatkan dua tim, dengan masing-masing tim terdiri dari lima pemain yang bertugas menempatkan bola di keranjang tim lain.

Skor adalah sistem penilaian yang digunakan dalam permainan bola basket, dimana tim pemenang akan memiliki poin terbanyak.

Dan untuk mendapatkan gol ini, kamu perlu melakukannya dengan benar sesuai dengan teknik-teknik dalam bola basket.

Permainan Bola Voli

William G. Morgan, merupakan pencipta permainan bola voli pada tahun 1895 di Amerika Serikat. Awalnya, permainan bola voli ini disebut sebagai “Mintonette” karena pola permainannya menyerupai bulu tangkis.

Permainan Mintonette ini tidak memiliki batasan pemain karena tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dan vitalitas.

Permainan ini berkembang sampai namanya diubah menjadi Volleyball, yang mengacu pada bola voli secara bergantian.

Bahkan saat Perang Dunia II berlangsung, game ini terus berkembang di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Asia.

Sayangnya, setelah berakhirnya Perang Dunia II, popularitas game ini menurun di Amerika Serikat, sementara itu meningkat lebih cepat di Eropa Timur dan Asia.

Permainan ini baru masuk ke Nusantara pada tahun 1928, ketika diperkenalkan oleh pasukan Belanda.

Sampai saat itu, pada tanggal 22 Januari 1945, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan Yogyakarta.

Dalam memainkannya, tentu kamu memerlukan teknik-teknik dalam bola voli agar permainan dapat berjalan dengan benar dan kamu berhasil mendapatkan point.

Bola Tangan

Handball mirip dengan sepak bola karena tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Namun, ada perbedaan dalam cara bermain bola tangan ini.

Dimana olahraga ini dimainkan hanya dengan tangan untuk melempar dan mengoper. Ada tujuh pemain kunci di setiap tim.

Skor ditentukan ketika seorang pemain memasuki lapangan lawan dengan membawa bola.

Futsal

Futsal adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola. Namun, futsal adalah olahraga kecil dengan perbedaan yang berbeda. Mulai dari jumlah pemain, lapangan permainan, dan faktor lainnya.

Satu tim yang terdiri dari lima pemain diperlukan untuk bermain futsal. Dibandingkan dengan sepak bola, ukuran lapangan yang digunakan untuk futsal ini berukuran lebih kecil.

Polo Air

Apakah kamu mengenal olahraga polo air? Polo air merupakan olahraga yang mungkin belum begitu terkenal di kalangan penduduk Indonesia.

Olahraga ini telah ditampilkan di berbagai kejuaraan nasional, termasuk PON, meskipun namanya terdengar asing.

Pada SEA Games 2019, bahkan Tim Nasional Polo Air Indonesia meraih emas. Seperti dalam sepak bola, tujuan polo air adalah memasukkan bola ke gawang lawan, begitu juga dalam polo air.

Bowling

Bowling
Bowling merupakan olahraga yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Meski demikian, olahraga ini tidak terlalu populer di Indonesia.

Bowling dimainkan dengan menggulirkan bola untuk menjatuhkan sepuluh pin yang diatur dalam formasi segitiga.

Dan untuk menjatuhkan keseluruhannya, kamu perlu mengetahui tips bermain bowling dengan baik.

Bowling biasanya dimainkan di dalam ruangan dan biasanya, ini tersedia di mal dan supermarket besar.

Rugby

Rugby cukup mirip dengan American Football, namun ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Permainan rugby ini memang tidak terlalu populer di Indonesia, dan bahkan hanya sedikit orang yang mengetahuinya.

Olahraga ini populer di Eropa dan Amerika Serikat. Mirip dengan sepak bola, tujuannya adalah untuk mendapatkan poin dengan membawa, melempar, atau menendang bola di belakang garis bola lawan.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang umum dipertanyakan dalam mengenal permainan bola besar:

  1. Apa Ciri Khusus dari Bola Besar Sebutkan?
  2. Adanya pemain pengganti atau cadangan
  3. Memerlukan anggota pemain yang banyak
  4. Adanya teknik-teknik atau strategi yang harus dikuasai
  5. Lebih rumit dari pada permainan bola kecil
  6. Menggunakan bola yang berukuran besar.

Apa Nama Persatuan Bola Voli?

Persatuan Bola Voli Indonesia atau PBVSI merupakan organisasi atau induk bola voli nasional yang dibentuk pada 22 Januari 1955.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal permainan bola besar, lengkap dengan fungsi, manfaat dan jenis-jenisnya.

Permainan atau olahraga bola besar ini pasti sudah kita pernah pelajari dan mainkan, baik disaat masa sekolah atau saat setelah lulus.

Dan jenis olahraga bola besar apa yang pernah kamu mainkan, Sobat Kekinian?.

/* */