Aplikasi Shopify, Kelebihan dan Kekurangannya

InfoKekinian.com – Apakah kalian tahu mengenai aplikasi shopify? Ya benar sekali, bahwa shopify merupakan apk toko online yang bisa menjadi pilihan kamu untuk membuat toko. Yuk simak penjelasan aplikasinya di bawah ini ya!

Saat ini untuk dapat memiliki toko online bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak platform pembuat toko online yang tersedia saat ini, kamu tidak perlu lelah coding selama berhari-hari, cukup instal semuanya dan siap.

Ada sejumlah platform terkenal untuk membuat toko online, termasuk WooCommerce, PrestaShop, Magento, OpenChart, dan Shopify, misalnya.

Namun yang menarik perhatian disini adalah Shopify, karena memiliki banyak perbedaan dengan pembuat online shop lainnya.

Terbukti Shopify berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Shopify di Indonesia yang juga banyak digunakan. Bagaimana cara kerja Shopify?

Aplikasi Shopify, Kelebihan dan Kekurangannya (2)

Apa itu Aplikasi Shopify

Shopify, bagi kamu yang belum tahu, adalah platform untuk menyiapkan toko online yang mencakup alat untuk mengelola produk, pembayaran, inventaris, dan pengiriman.

Fitur lengkap yang ditawarkan telah menarik banyak orang untuk menggunakan Shopify. Termasuk bagi kamu sebagai pemilik bisnis yang membutuhkan website untuk keperluan penjualan, tidak perlu memesan jasa pembuatan website yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Shopify adalah layanan yang dihosting, jadi semua data kamu disimpan di server Shopify. Untuk itu kamu diharuskan membayar bulanan untuk layanan dari Shopify, untuk Shopify harga bervariasi dari yang termurah 29$/bulan dan yang paling mahal adalah Shopify plus biaya bulanan bisa dinegosiasikan langsung.

Kamu juga bisa melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan Shopify sesuai dengan kebutuhan yang kamu cari.

Platform lain untuk menyiapkan toko online di-host di server pihak ketiga. kamu diharuskan menyiapkan hosting untuk keperluan instalasi toko online kamu sendiri.

Untuk toko online yang dihosting sendiri, Qwords menawarkan rekomendasi VPS murah. Untuk memulai Shopify, kamu cukup membayar biaya bulanan dan kemudian mendaftarkan nama domain untuk toko online kamu.

Di balik segudang fitur yang dimiliki Shopify, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Agar tidak salah pilih sebelum memutuskan untuk membeli, silahkan simak dulu pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Shopify di bawah ini.

Kelebihan Aplikasi Shopify

Pemanfaatan Sangat Mudah

Banyak orang yang masih menganggap bahwa membuat e-commerce itu sulit, kamu harus memiliki keahlian dalam pemrograman, tetapi dengan Shopify kamu hanya perlu drag and drop sesuai dengan kebutuhan kamu. Builder Shopify ini memudahkan kamu untuk membuat e-commerce sesuai dengan kebutuhan kamu. Bagaimana tertarik untuk menggunakan?

Tema Aplikasi Shopify

Tidak perlu memikirkan tema, Shopify sudah menyediakan beragam tema Shopify yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menghasilkan uang dengan menjual produk toko online kamu, jangan khawatir tentang tampilannya; yang harus kamu lakukan adalah menggunakannya.

Produk Tak Terbatas

Dengan Shopify, tidak ada batasan atas jumlah produk yang dapat kamu jual. Ini cocok untuk toko online yang menjual berbagai keperluan terlepas dari kapasitas hosting yang kamu gunakan.

Fitur Akun Pribadi Karyawan

Akun staf memudahkan kamu sebagai pemilik untuk mengelola staf toko online dengan mudah. Selain itu, kamu sebagai pemilik dapat langsung berkomunikasi dengan staf.

Kemudahan Dalam Menjalankan Toko

Shopify memiliki fitur manajemen toko yang fleksibel, kamu dapat memantau langsung melalui aplikasi dari smartphone kamu. Hanya smartphone yang mampu menerima pesanan, serta mengunggah produk dan pekerjaan lainnya.

Dukungan 24/7 Aplikasi Shopify

kamu tidak perlu takut jika terjadi masalah, karena customer service dari Shopify selalu online 24 jam dan dapat dihubungi melalui chat, email atau telepon.

Fitur Pemesanan Manual

Tidak hanya pesanan otomatis, pesanan manual juga dibutuhkan, terutama untuk e-commerce yang menjual barang custom yang membutuhkan deskripsi lengkap dari pembeli secara langsung.

Fitur Kode Diskon Aplikasi Shopify

Fitur pembuatan kupon diskon dapat dilakukan dengan mudah. Dengan menggunakan diskon akan lebih menarik konsumen untuk melakukan pembelian.

Tersedia uji coba 14 hari

Jika kamu tidak yakin, Shopify menyediakan fitur uji coba 14 hari. Silakan coba cari tahu semua fitur yang dimiliki Shopify.

Kekurangan Aplikasi Shopify

Di balik semua kelebihan yang dimilikinya, kamu perlu mengetahui kekurangan yang dimiliki Shopify. Apakah mereka? Mari kita bahas di bawah ini.

Mahal

Shopify cukup mahal, karena paket basic hanya seharga 29$ per bulan, apalagi untuk versi plus yang lebih mahal lagi.

Akses fitur-fitur canggih mahal

Fitur yang didapatkan untuk paket basic dan advanced berbeda, kamu harus menebusnya dengan memilih paket di atas, tentunya dengan selisih harga yang cukup besar. Hanya ada beberapa opsi yang tersedia di fitur laporan bulanan.

Fitur laporan bulanan tidak tersedia pada paket dasar, kamu perlu mengupgrade paket Shopify untuk dapat menikmati fitur laporan bulanan ini

Belum Tersebar di Banyak Negara

Shopify tidak support di semua negara, fitur pembayaran masih menggunakan dollar tapi tidak bisa menggunakan mata uang lokal.
Diskon berdasarkan jumlah pembelian

Shopify menawarkan berbagai diskon, yang terbesar adalah diskon 2 persen untuk setiap pembelian.

Tidak ada hosting email

Karena kurangnya layanan hosting email Shopify sendiri, kamu harus menggunakan alamat email pribadi untuk berkorespondensi dengan pelanggan.

Kesimpulan

Itulah Penjelasan mengenai aplikai shopify, serta kelebihan dan kekurangannya, sobat kekinian bisa menjadikan aplikasi ini sebagai opsi untuk kamu yang ingin membuat toko online. Semoga bermanfaat!