Pengertian Olahraga Rugby, Ini Teknik Mudah Memainkannya

InfoKekinian.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal pengertian olahraga rugby yang merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim.

Olahraga rugby dan sepak bola memiliki banyak kesamaan. Namun, bermain olahraga dengan bola berbentuk oval akan jauh lebih sulit.

Apa Itu Rugby
Bagi kamu yang ingin mengetahui pengertian olahraga rugby hingga cara bermainnya, simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Rugby?

Rugby merupakan perkembangan dari permainan sepak bola dan menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat populer di Amerika dan Kanada.

Permainan ini biasanya dimainkan oleh 13 hingga 15 orang dengan menggunakan bola yang berbentuk lonjong atau oval dan dapat digiring ke segala arah.

Sejarah Rugby

Rugby adalah olahraga yang ditemukan oleh Inggris, sebagaimana dibuktikan oleh dokumen sejarah menurut Tony Biscombe dan Peter Drewett (2010: XIII), tahun 1823 tercatat dalam sejarah.

Pada pertandingan sepak bola sekolah di Rugby, Inggris, seorang pemuda bernama William Webb Ellis mengambil bola dan berlari ke garis gawang tim lawan. Hal inilah yang menandai awal dari permainan Rugby seperti yang kita kenal sekarang.

Dua abad kemudian, Rugby telah menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia, dengan jutaan orang bermain, menonton, dan menikmati permainannya.

Namun, rugby tidak sepopuler di Indonesia, seperti di Eropa dan Amerika Serikat pada saat itu.

Saat ini, rugby semakin populer di Indonesia, dan semakin banyak orang yang mulai mengenal olahraga ini.

Mereka yang tidak terbiasa dengan Rugby akan merasa sangat sulit untuk membedakan antara Rugby dan American Football.

Karena olahraga rugby ini menggunakan bola yang berbentuk oval, sehingga keduanya terlihat mirip. Pada dasarnya, American Football ini merupakan modifikasi dari permainan rugby.

Namun meskipun begitu, keduanya tentu berbeda. Hal ini berdasarkan perlengkapan, peraturan, hingga cara bermainnya yang berbeda.

Tujuan Rugby

Tujuan Rugby
Rugby memiliki tujuan sebgai tim untuk mencetak poin sebanyak mungkin, untuk mendapatkan kemenangan diakhir pertandingan.

Sebagian besar dari poin ini akan dinilai saat pemain bisa melewati garis di gawang lawan serta membuat bola menyentuh ke tanah.

Teknik-Teknik dalam Rugby

Berikut adalah teknik yang digunakan dalam permainan rugby:

1. Kerjasama Tim

Kerja sama tim sangat penting karena dapat menghasilkan kemenangan. Rugby bukanlah permainan individu, tetapi permainan tim yang dimainkan untuk meraih kemenangan.

Akan sulit bagi tim untuk menang tanpa kerja sama tim.

2. Keterampilan Posisi

Dalam rugby, sangat penting untuk memahami posisi dan fungsi setiap pemain untuk menentukan keputusan dan tindakan apa yang harus dilakukan.

3. Berlari (Running)

Rugby membutuhkan lari yang efektif dalam keterampilan dasarnya. Untuk bisa berlari secara efektif, tentu kamu memerlukan latihan yang rutin, seperti berlari lurus maupun mengindar.

Karena, berlari merupakan suatu hal yang penting dalam permainan ketika akan menyerang.

4. Menendang

Rugby akan selalu melibatkan tendangan dalam permainan dan saat menendang, posisi atlet di lapangan sangat penting untuk dipelajarinya.

Biasanya, pemain lini belakang bertanggung jawab untuk menendang. Sebuah tim bisa mendapatkan wilayah dan yard yang berharga dengan menendang bola.

5. Mengoper (Passing)

Mengoper bola adalah bakat utama yang jika dipraktikkan dengan teknik yang benar dan sesuai, akan bermanfaat selama pertandingan.

Passing dengan presisi tentunya akan sangat penting, oleh karena itu kita harus mengoper bola pada ketinggian yang mudah ditangkap antara pinggang dan dada.

6. Menangkap (Catching)

Menangkap bola membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, sehingga kamu harus menjaga konsentrasi dan mampu menangkap bola dengan ujung jari, menutup tangan saat bola mendekat.

7. Ruck dan Mauls

Wilayah ruck and maul adalah salah satu komponen permainan yang paling rumit.

Pemain yang memiliki kesadaran komprehensif tentang wilayah tersebut dapat menghasilkan permainan rugby yang jauh lebih kuat dan meningkatkan peluang mereka untuk menang.

8. Mentekel (Tackling)

Tekel adalah teknik tepat yang memainkan permainan penting dalam rugby. Jika pembawa bola dipegang oleh satu atau lebih pemain lawan, bola dapat ditekel.

Pembawa bola harus menjaga kontrol permainan untuk melakukan teknik Ruck yang aman.

Manfaat Permainan Rugby

Manfaat Olahraga Rugby
Berikut adalah beberapa manfaat dalam bermain rugby:

1. Membantu Mengurangi Stress

Endorfin akan dilepaskan saat bermain rugby, dan pelepasan endorfin membantu meningkatkan mood dan tidur.

2. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Rugby membutuhkan kelincahan karena dapat digunakan sebagai kuncian dengan kaki dan tangan untuk menghasilkan perubahan arah dan permainan yang tiba-tiba.

Selain itu, adanya gerakan memutar dan menghindari yang sering membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.

3. Membantu Membangun Ketahanan

Rugby membutuhkan keuletan dan ketahanan untuk menanggung rasa sakit dan kesulitan demi kebaikan yang lebih besar.

Karakteristik rugby ini akan membentuk kehidupan pribadi dan profesional mereka, yang akan membantu dalam permainan ketahanan.

4. Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Rugby tidak diragukan lagi akan meningkatkan sistem kardiovaskular dengan memperkuat jantung dan paru-paru sehingga dapat memasok oksigen ke otot lebih cepat.

Berlari terus menerus dengan kecepatan tinggi akan meningkatkan detak jantung tubuh.

Peralatan Permainan Rugby

Peralatan Permainan Rugby
Berikut adalah beberapa peralatan pada rugby:

1. Bola

Bola rugby berbentuk oval atau lonjong dengan panjang 28 hingga 30cm dan ukuran lingkaran sekitar 75inchi setelah penuh dengan tekanan.

Terdapat peraturan yang menyepakati jenis bahan sintetis apa saja yang diperbolehkan serta kulit dalam pembuatan bola rugby.

2. Aksesoris Mode

Dalam aksesoris mode, terdapat kemeja khusus yang disebut sebagai bahu pad untuk permainan rugby yang berfungsi untuk melindungi area sensitif. Area sensitif ini pun bisa terdiri dari bisep, bahu, perut, dan punggung.

Peraturan Pertandingan Rugby

Aturan rugby yang paling mendasar adalah tidak ada pemain yang boleh melempar bola ke arah rekan setimnya.

Umpan harus dilempar ke samping atau ke belakang, setelah itu pemain boleh berlari dengan bola atau menendang ke arah garis gawang lawan untuk mendapatkan poin.

Untuk mencegah pihak penyerang mencetak gol, pemain bertahan diizinkan untuk menjegal lawan yang membawa bola.

Pemain hanya boleh menjegal lawan dengan melingkarkan tangan di pinggang dan menjatuhkannya ke tanah.

Peraturan Pertandingan Olahraga Rugby
Seorang pemain melakukan pelanggaran jika dia menjegal lawan di atas bahu atau membuat lawan tersandung dengan kakinya dan menyebabkan dia jatuh.

Selain aturan dasar tersebut, ada berbagai aspek lagi dalam pertandingan rugby yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Jumlah Peserta

Dua tim yang terdiri dari 15 pemain terlibat dalam olahraga rugby. Secara umum, masing-masing tim terdiri dari delapan striker dan tujuh pemain bertahan.

Setiap tim juga harus memiliki tujuh pemain yang tersedia untuk pergantian pemain selama pertandingan.

2. Durasi Pertandingan

Dua babak pertandingan rugby masing-masing berlangsung selama 40 menit. Pertandingan akan diawasi oleh satu orang wasit dan dua orang wasit pembantu. Dan ada jeda maksimal 10 menit di antara setiap babak.

3. Skor Pertandingan

Berikut adalah berbagai cara untuk mencetak poin dalam pertandingan rugby:

Try – 5 poin

Tim penyerang berhasil memindahkan atau menempatkan bola ke area bola mati di belakang gawang di sisi tim bertahan.

Conversion – 2 poin

Setelah percobaan yang berhasil, pihak yang menyerang diberikan tendangan bebas untuk dilakukan di antara tiang gawang dan bagian atas mistar gawang.

Penalty – 3 poin

Setelah pelanggaran serius oleh pihak yang bertahan, tim penyerang diberikan tendangan bebas.

Drop goal – 3 poin

Tendangan langsung ke gawang dalam posisi bola hidup (open play) jika bola pertama kali dijatuhkan dari tangan, menyentuh tanah, dan kemudian ditendang.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Berapa Ukuran Bola Rugby?

Bola rugby ini memiliki ukuran 4 dengan berat 420g atau 5 dengan berat 450g, yang berbentuk oval.

Apakah Rugby Ada di Indonesia?

Meski tidak begitu populer, tetapi permainan ini sudah ada ada di Indonesia sejak 30 tahun lalu, meski PB PRUI (Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia) baru berdiri secara resmi pada 28 Agustus 2013.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian olahraga rugby, lengkap dengan teknik dasar hingga peraturan pertandingan rugby.

Dan bisa kita simpulkan jika rugby ini adalah salah satu jenis permainan dalam bola besar yang dimainan oleh dua tim.

Permainan ini cukup mirip dengan sepak bola, hanya saja dalam rugby ini setiap pemain diperbolehkan untuk melontar, menyepak, mempertahankan bola dengan menggunakan tangan dalam meraih skor.

/* */