Hari Buku Nasional, Ini Kumpulan Ucapan

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai Hari Buku Nasional, ini kumpulan ucapan untuk memperingati Hari Buku Nasional. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Peringatan Hari Buku Nasional 2022 dirayakan setiap tanggal 17 Mei, perannya begitu besar seperti pepatah yang mengatakan jika buku adalah jendela dunia.

Dimungkinkan untuk mendukung Hari Buku Nasional 2022 dengan meningkatkan kecintaan membaca pada diri sendiri, serta dengan menyebarkan kata-kata inspiratif.

Hari Buku Nasional, Ini Kumpulan Ucapan

Hari Buku Nasional

Salah satu hari besar di Indonesia adalah Hari Buku Nasional. Keberadaan peringatan hari besar di Indonesia seringkali dikaitkan dengan perayaan atau kegiatan yang berkaitan dengan peringatan hari-hari besar tersebut.

Hari Buku Nasional sering dikaitkan dengan minat membaca, sastra, dan semangat literasi. Oleh karena itu, Hari Buku Nasional menjadi ajang untuk merayakan dan mempromosikan budaya membaca di Indonesia.

Berdasarkan studi Most Littered Nation In The World tahun 2016, sebuah fakta mengungkap bahwa minat baca anak di Indonesia berada pada peringkat ke-60 dari 61 negara.

Hal serupa diungkap oleh UNESCO yang menunjukan jumlah persentase minat baca anak di Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, 10.000 dari anak Indonesia yang senang membaca buku hanya satu orang.

Tentu ini sangat mengkhawatirkan bagi masa depan peradaban Indonesia. Hal itu didasarkan karena membaca buku merupakan aspek penting dalam perkembangan suatu peradaban bangsa.

Dengan bukulah seseorang akan mendapatkan ilmu, karena buku adalah gudang ilmu. Permasalah minimnya minat baca buku anak Indonesia tidak serta merta diakibatkan oleh kurangnya infrastruktur pendukung.

Karena ketersediaan buku-buku sebetulnya sudah terpenuhi dengan baik. Bahkan para pihak terus mengembangkan untuk menyediakan fasilitas baca buku gratis seperti adanya perpustakaan daerah, perpustakaan keliling, dan yang terbaru adanya sebuah gerakan pemuda yang menggagas rumah baca dan sejenisnya di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Sehingga permasalah minimnya minat baca buku anak Indonsia lebih di titik beratkan kepada budaya anak Indonesia untuk membaca buku itu sendiri.

Hal senada perna diungkapkan oleh mantan Menteri Pendidikan Indonesia, Anies Basweda. Manurut Anies Baswedan minimnya minat baca buku anak Indonesia dikarenakan minimnya memanfaatkan infrastruktur pendukung yang ada, sehingga perlu adanya semangat menumbuhkan budaya baca buku bagi anak di Indonesia.

Berbicara cara menumbuhkan budaya membaca buku setidaknya perlunya suatu momen yang mendukung sehingga tujuan itu bisa tercapai.

Salah satunya yaitu dengan cara membudayakan perayaan Hari Buku Nasional yang jatuh tiap tanggal 17 Mei.

Makna membudayakan sendiri dalam KBBI ialah “membiasakan sesuatu perbuatan yang baik sehingga dianggap sebagai budaya”.

Sehingga bisa dimakna membudayakan Hari Buku Nasional adalah membiasakan perayaan Hari Buku Nasional ini menjadi perbuatan sehingga menjadi sebuah budaya baru.

Lebih jauh dari pada itu adalah menjadikan Hari Buku Nasional ini sebagai momentum melakukan kegiatan-kegiatan yang positif guna mendukung semangat yang melatarbelakangi Hari Buku Nasional tersebut sehingga menjadikan sebuah budaya baru di tengah masyarakat Indonesia.

Ucapan Hari Buku Nasional

Dikutip Infokekinian dari berbagai sumber, berikut ini adalah kumpulan ucapan Hari Buku Nasional 2022 yang pas dijadikan caption di media sosial:

1. Selamat Hari Buku Nasional 2022. Membaca bisa menjadi kekuatan super untuk anak. Membaca dapat membuat anak mulai memahami sebab dan akibat sehingga kemampuan berpikir logis mereka akan lebih berkembang.

2. Selamat Hari Buku Nasional 2022. Kita luar biasa dengan membaca.

3. Mempersiapkan generasi bahagia dan cerdas melalui kecintaan terhadap buku.

4. Selamat Hari Buku Nasional 2022. Buku adalah gudang ilmu, semakin rajin baca semakin besar ilmu yang kita dapat.

5. Mari ambil buku dan pena kita, itu adalah senjata paling ampuh menuju masa depan. Selamat Hari Buku Nasional 17 Mei 2022.

6. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi. – Dr. Seuss

7. Buku adalah warisan yang ditinggalkan oleh jenius besar bagi umat manusia, yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai hadiah kepada anak cucu yang belum lahir. – Joseph Addison

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai ucapan untuk memperingati Hari Buku Nasional, yang di peringati setiap tanggal 14 Mei.

Demikianlah artikel mengenai Hari Buku Nasional, Ini Kumpulan Ucapan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */