Fungsi Sel Darah Merah Untuk Keberlangsungan Hidup Manusia

Apakah Anda tahu tentang fungsi sel darah merah? Ya, sel darah merah merupakan salah satu jenis sel darah yang ada di dalam tubuh. Berbicara tentang sel darah, di dalam tubuh terdapat 2 jenis, yakni sel darah merah alias eritrosit dan sel darah putih. Dimana masing-masing sel darah tersebut memiliki fungsi tersendiri dan sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia.

Sel darah merah sendiri merupakan sel darah yang paling banyak terdapat di dalam tubuh, dimana fungsi utamanya adalah untuk transportasi oksigen dan karbon dioksida. Sedangkan unsur pembentuk sel darah merah adalah hemoglobin, yang juga berperan sebagai zat warna dalam sel darah merah.

 

Lalu mengapa sel darah merah sangat penting bagi tubuh, bahkan sebagai penunjang keberlangsungan hidup manusia?

Berikut fungsi sel darah merah di dalam tubuh:

Untuk Mengantarkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Salah satu fungsi sel darah merah yang paling penting bagi tubuh adalah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dimana setelah tubuh berhasil membentuk sel darah merah, maka selanjutnya akan mengikat oksigen dari paru-paru, dan setelah itu akan disebarkan ke seluruh jaringan tubuh.

Selain itu, fungsi eritrosit lainnya adalah untuk mengikat karbondioksida dari jaringan tubuh, yang kemudian akan dikeluarkan melalui paru-paru. Hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai salah satu dari proses pernapasan.

Proses pengikatan yang terjadi di dalam sel darah merah tersebut dilakukan oleh hemoglobin, dimana hemoglobin telah bersenyawa dengan oksigen yang disebut juga dengan oksihemoglobin atau dengan rumus Hb+oksigen 4 Hb+oksigen).

Dengan demikian, maka oksigen akan diangkut dengan oksihemoglobin, yang kemudian akan dilepaskan setelah sampai ke jaringan tubuh, dan hal tersebut akan dilakukan secara terus-menerus, hingga Hb tadi  bersenyawa menjadi karbondioksida yang akan dikeluarkan oleh paru-paru.

Untuk Menentukan Golongan Darah

Apakah Anda tahu apa golongan darah yang Anda miliki? Nah, salah satu fungsi sel darah merah ini adalah sebagai pembentukan golongan darah manusia. Dimana penggolongan darah tersebut ditentukan oleh ada tidaknya antigen yang disebut dengan aglutinogen yang terdapat pada sel darah merah.
Di dalam sel darah merah sendiri terdapat dua jenis antigen, yakni antigen A yang disebut aglutinin dan antigen B yang disebut dengan aglutinogen. Untuk menemukan golongan darah seseorang adalah jika sel darah merahnya mengandung antigen A dan plasma darahnya memiliki kandungan antigen B, maka orang tersebut memiliki golongan darah A.

Dan sebaliknya jika sel darah merahnya mengandung antigen B anda plasma darahnya mengandung antigen A, maka orang tersebut memiliki golongan darah B.

Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi eritrosit selanjutnya adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dimana ketika sel darah merah sedang mengalami proses lisis yang disebabkan oleh patogen dan bakteri, maka hemoglobin dalam sel darah merah akan berperan dengan mengeluarkan radikal bebas, yang akan berfungsi untuk menghancurkan membran sel dan dinding patogen.

Untuk Membantu Pelebaran Pembuluh Tubuh

Salah satu fungsi sel darah merah yaitu untuk melepaskan senyawa S-nitrosthiol ketika hemoglobin terdeokgenasi. Dengan begitu pembuluh darah nantinya akan melebar yakni dengan menghancurkan arus darah agar cepat menuju ke jaringan tubuh yang kekurangan oksigen.

Untuk Mengatur Suhu Tubuh

Berkaitan dengan fungsi eritrosit yang digunakan untuk mengangkut oksigen, maka dengan proses oksidasi tersebut akan menghasilkan energi dengan bentuk panas. Dan panas yang dihasilkan oleh proses tersebut akan membantu untuk mempertahankan suhu tubuh manusia. Dan suhu tubuh yang normal adalah 37 derajat celcius.

Pentingnya fungsi sel darah merah membuat jika seseorang yang kekurangan atau kelebihan jumlahnya akan menyebabkan terjadinya penyakit. Contohnya jika kekurangan sel darah merah maka akan menyebabkan penyakit anemia.

Tinggalkan komentar