Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Ibu Hamil

Kacang Hijau merupakan kacang kacangan yang paling populer karena sering digunakan untuk berbagai minuman maupun produk makanan seperti kue. Disamping nikmatnya olahan kacang hijau, tahukah anda bahwa ada begitu banyak manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh? di China, Kacang Hijau sering digunakan sebagai bahan obat obatan tertentu untuk mengobati berbagai penyakit. Kacang hijau mengandung berbagau nutrisi yang diperlukan tubuh mulai dari kalsium, fosfor, zat besi, vitamin, niacin maupun asam amino dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan pun bisa menjadikan kacang hijau sebagai salah satu sumber konsumsi anda karnea kacang hijau sangat rendah karbohidrat. lebih lanjut mengenai Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan dan bahkan kecantikan wajah juga, simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

  • Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan dan resiko kanker sebenarnya cukup tinggi karena bisa saja terjadi pada semua orang, untuk itu terapkanlah pola hidup sehat dan yang cukup penting adalah konsumsi sehari hari anda. rutinlah mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan resiko terkena kanker seperti Kacang Hijau. hal ini dikarenakan kadang hijau mengandung senyawa yang dapat membasmi virus dalam tubuh srta dapat mencegah pertumbuhan sel sel kanker.

Berdasarkan kutipan medicalnewstoday.com, kacang hijau memiliki kandungan klorofil yang dapat mengatasi karsinogenik (pemicu kanker). selain mengonsumsi kacang hijau, anda juga harus mengonsumsi sumber makanan sehat lain seperti buah buahan maupun sayuran hijau.

  • Mengatasi Kurang Darah

Kurang Darah atau anemia biasanya sering terjadi pada banyak orang dikarenakan kekurangan sumber makanan seperi zat besi maupun protein dalam tubh, untuk itu kacang hijau sangat bagus untuk mengatasi masalah kurang darah karena mengandung zat besi yang cukup tinggi. cocok untuk anda para ibu hamil yang biasanya sering mengalami anemia atau kurang darah saat masa kehamilan.

  • Mengobati Diabetes

Untuk anda para orang tua yang sering mengalami diabetes, kini tidak perlu pusing lagi mencari obat alami untuk menyembuhkan penyakit itu, konsumsilah kacang hijau karena kacang hijau memang dipercaya ampuh mengobati diabetes karena mengandung kadar glikemik yang rendah dan dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. dikutip organiscfacts.net, kacang hijau dapat mengatasi diabetes dengan cepat. diabetes sendiri memang seringkali menyerang orang dengan usia lanjut.

  • Mencegah Osteoporosis (Menguatkan Tulang)

Semua orang membutuhkan tulang yang kuat baik itu anda yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas dan anda yang masih usia muda. dengan tulang yang kuat kita akan menjadi lebih sehat dan mudah dalam melakukan aktivitas sehari hari. selain minum susu, kacang hijau juga bisa dijadikan sebagai sumber kekuatan tulang tubuh kita karena kacang hijau mengandung kalsium serta fosfor yang cukup tinggi.  jadi bagus sekali untuk anda yang sedang mengalami penyakit tulang seperti osteoporosis.

  • Mencegah Kanker Usus

Kanker usus merupakan salah satu penyakit kanker yang sangat berbahaya dimana penyebab utamanya tentu pada pencernaant ubuh. untuk mencegah penyakit ini terjadi anda bisa mengonsumsi kacang hijau. Manfaat Kacang Hijau untuk mencegah penyakit ini memang sangat terbukti dikarenakan kacang hijau kaya akan serat yang tentu sangat baik untuk kelangsungan kelancaran pencernaan tubuh baik itu ginjal maupun usus. bukan hanya kanker usus saja, penyakit pencernaan yang lain juga dapat dicegah dengan konsumsi kacang hijau.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Selain serat, kacang hijau juga mengandung cukup kandungan vitamin A yang tentu sangat baik untuk menyehatkan mata dikarenakan kacang hijau dapar mencegah degenrasi makula dimana ini merupakan sala satu penurunan kemampuan melihat.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet atau Menurunkan Berat Badan

Sedang dalam proses diet? anda wajib mencoba Kacang Hijau untuk melancarkan proses diet guna menurunkan berat badan anda. kacang hijau mendukung hal ini dikarenakan memiliki beberapa faktor, diantara lain:

Kacang Hijau Rendah Karbohidrat, Namun Kaya Akan Serat

Sudah pasti bahwa saat diet pasti anda akan mengurangi konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi kan? untuk itu kacang hijau sangat baik untuk diet dikarenakan sangat rendah karbohidrat.

Selain itu kacang hijau juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh seperti mengatasi sembelit dan sebagainya. jadi meskipun sedang diet, pencernaan tubuh anda tetap berjalan lancar dan kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Protein Tinggi

Semua jenis kacang kacangan tak terkecuali kacang hijau pasti memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, maka dari itu baik untuk diet dimana saat diet.

Mengandung Lemak Sehat

Jangan salah lho ya, meskipun lemak berbahaya bagi tubuh, tapi tetap saja tubuh kita perlu adanya lemak, dalam artian lemak tersebut adalah lemak sehat. salah satu sumber makanan dengan lemak sehat adalah kacang hijau dan selain itu juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 8. sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh anda.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Selain itu, kacang hijau juga memiliki cukup berragam manfaat untuk ibu hamil, seperti berikut ini:

  • Asupan Gizi dan Nutrisi

Saat sedang hamil, tubuh wanita memerlukan jumlah asupan gizi dan nutrisi 2 kali lipat lebih banyak dari pada biasanya. maka dari itu konsumsilah kacang hijauyang kaya akan gizi maupun nutrisi. hal ini juga sudah dipercaya banyak orang dan khasiatnya tidak perlu diragukan lagi.

  • Mencegah Cacat Bayi

Semua wanita hamil pasti ingin buah hatinya lahir dengan keadaan sempurna tanpa ada cacat sedikitpun, sudah sewajarnya anda memberikan yang terbaik agar hal itu terwujud, dan inilah manfaat kacang hijau untuk anda para wanita yang sedang hamil dikarenakan kacang hijau mengandung asam folat yang dapat menurunkan resiko cacat pada bayi.

  • Mencegah Bayi Lahir Premature

Bayi yang lahir dalam keadaaan premature biasanya akan rawan akan kecacatan meskipun tidak semuanya, dan pada dasarnya bayi baiknya lahir haruslah pada waktunya yakni 9 bulan, untuk mencegah prematur banyak faktor dan caranya, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin A dan ini ada pada kacang hijau.

  • Mengatasi Morning Sickness

Semua ibu hamil pasti mengalami gejala morning sickness, sebuah gejala dimana tubuh anda akan merasa mual dan muntah yang biasanya terjadi pada awal kehamilan, maka dari itu anda harus mengonsumsi kacang hijau yang mengandung vitamin B1 dan B2 sehingga ampuh mencegah morning sickness.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan Wajah

Kacang Hijau juga memiliki cukup manfaat untuk kecantikan wajah, diantara lain:

  • Mengencangkan Kulit, kacang hijau mengandung protein tinggi, sehingga dapat membuat memproduksi kolagen yang cukup dan membuat kulit menjadi kencang dan tidak kendur.
  • Menyejukkan Kulit, kacang hijau juga dapat membuat kulit menjadi lebih sejuk karena dapat menjadi sebagai astringent yang dapat membuat kulit menjadi segar dan sejuk.
  • Menghilangkan Bekas Jerawat, punya masalah jerawat? Pakai saja masker wajah alami dari kacang hijau, hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung sifat antioksidan yang tinggi dan baik untuk masalah jerawat.
  • Menghilangkan Minyak Berlebih, selain bekas jerawat, minyak berlebih juga dapat dihilangkan dengan kacang hijau yang dibuat menjadi masker wajah.

Itulah beberapa Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, Menurunkan Berat Badan atau Diet dan Kecantikan Wajah, yang perlu diingat, anda juga tidak boleh terlalu berlebihan mengonsumsi kacang hijau, karena segala sesuatu yang berlebihan tentu ada efek sampingnya.

Tinggalkan komentar