Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Buah Semangka merupakan salah satu buah yang sangat kaya akan manfaat, bahkan bukan hanya daging buahnya saja, kulit semangka pun memiliki khasiat yang sangat bagus baik itu untuk kesehatan, diet, kesuburan wanita dan masih banyak lagi. Terlebih buah segar yang identik sebagai pencuci mulut ini mudah ditemukan dan harganya pun cukup terjangkau, tak heran jika buah yang satu ini sangat disukai oleh banyak orang.

Sama seperti halnya jeruk nipis dan lemon, Buah Semangka memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat bagus sebagai sumber antioksidan tubuh, bukan hanya itu saja, buah semangka juga bagus untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A. untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, buah semangka juga menjadi pilihan tepat karena buah ini sangat rendah kandungan kalorinya.

Berikut ini adalah manfaat buah semangka untuk kesehatan yang mungkin belum anda tahu.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

  • Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat luar biasa buah semangka adalah menyehatkan jantung, buah semangka dipercaya dapat melancarkan aliran darah serta bagus untuk sistem kardiovaskular karena kandungan vitamin C nya yang dapat mencegah pengerasan arteri dan membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga tidak terjadi pembekuan dan lain sebagainya.

Hal ini sudah terbukti dari studi di Universitas Purdue dimana terdapat citrulline dan arginin yang sangat bagus untuk kesehatan organ dalam jantung karena dapat melancarkan sistem peredaran darah dan mengurangi lemak.

  • Bagus Untuk Mata

Bukan hanya tomat dan wortel saja, buah semangka juga bagus untuk kesehatan mata anda dikarenakan seperti yang sudah saya bilang diatas, buah semangka memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, mengonsumsi buah semangka secara rutin dan konsisten dipercaya dapat membuat mata menjadi lebih segar dan sehat.

  • Mengobati Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sedang rawan terjadi saat ini dimana orang yang terlihat sehat sehat saja bisa terkena penyakit ini secara tiba tiba,  untuk itu perlu dilakukan tindakan pencegahan agar penyakit tersebut tidak terjadi pada tubuh kita, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah semangka yang memiliki kalium yang cukup serta kandungan karetenoid yang dapat mencegah pengerasan pada dinding arteri maupun pembuluh vena. selain itu juga bagus untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi karena dapat menurunkan resiko penyakit seperti hipertensi yang berbahaya.

  • Meningkatkan Kekuatan Tulang

Tulang yang keropos dapat diperkuat dengan buah semangka. Buah semangka memiliki zal kalsium yang dibutuhkan tulang untuk membuatnya lebih kuat dan tidak mudah keropos, sehingga anda akan terhindar dari berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis dan sebagainya.

  • Mencegah Kanker dan Penyakit Ginjal

Semua orang sepakat bahwa kanker dan penyakit ginjal adalah salah satu penyakit paling berbahaya dimana jika terkena kanker, bahayanya bukan main, resiko kematian sangat mungkin terjadi dan untuk penyakit ginjal, dapat dipastikan bahwa organ tubuh anda tidak akan dapat bekerja dengan baik jika ginjal mengalami gangguan, tapi tenang, anda bisa menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari kanker dan menjaga kesehatan ginjal juga, caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah semangka

Buah semangka memiliki vitamin kompleks dan kalium yang dapat menghilangkan zat racun pada ginjal dan membuangnya, dan masalah penyakit kanker pun dapat diobati dengan manfaat buah semangka yang dapat melindungi tubuh karena adanya kandungan lycopene yang tinggi serta senyawa antioksidan untuk mencegah bertumbuhnya sel kanker.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Buah semangka sangat baik untuk ibu hamil, karena dengan buah semangka, anda dapat mencegah berbagai penyakit yang biasanya sering terjadi pada ibu yang sedang pada masa kehamilan,

  • Mengatasi Dehidrasi

Ibu Hamil sangat tidak bagus jika mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, sebagai obatnya, anda bisa mengonsumsi semangka karena jika anda mengalami dehidrasi, resiko kotraksi prematur akan mungkin terjadi.

  • Mencegah Pigmentasi Kulit

Ibu Hamil lebih mudah mengalami pigmentasi kulit, dengan kandungan antioksidan pada buah semangka, masalah pigmentasi kulit ini dapat teratasi karena bauh semangka dapat melancarakan sistem pencernaan tubuh.

  • Menyembuhkan Morning Sickens

Gangguan terbesar ibu hamil salah satunya adalah mengalami morning sicknes, ini tak bisa dihindari karena semua ibu hamil pasti mengalaminya, anda dapat mengonsumsi buah semangka untuk mengatasi masalah morning sicknes.

Selain itu, ada manfaat lain buah semangka untuk ibu hamil, diantaranya:

  1. Mendukung Terbentuknya Tulang Janin
  2. Melancarkan Buang Sir Kecil
  3. Mencegah Pembengkakan

Namun buah semangka juga memiliki efek samping jika terlalu berlebihan dikonsumsi untuk anda ibu hamil yakni seperti diabetes, detoksifikasi dan penyakit lambung, namun selama tidak berlebihan, buah semangka tidak akan menimbulkan efek samping.

Bukan hanya untuk kesehatan saja, faktanya buah semangka memiliki manfaat besar untuk kecantikan dan perawatan kulit tubuh, diantara lain:

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

  • Mencegah Penuaan Dini

Penuaan Dini merupakan salah satu masalah terbesar bagi para pria maupun wanita, penuaan dini merupakan kondisi dimana kulit tubuh terlihat keriput dan sebagainya. dengan memanfaatkan buah semangka, anda bisa sekali mencegah penuaan dini itu terjadi, buah semangka sangat bagus untuk kulit karena memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi dimana sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas, bukan hanya itu saja, buah semangka juga mengandung likopen yang tentu dapat mencegah kulit supaya terhindar dari berbagai gangguan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi dan lainnya.

Buah semangka bagus untuk dikonsumsi atau dijadikan masker wajah dan kulit langsung, dengan buah semangka, niscaya kulit tubuh dan wajah anda akan terhindar dari berbagai kerusakan penuaan dini seperti garis gari skering, flek hitam, jerawat dan sebagainya.

  • Melembabkan Kulit

Banyak sekali orang yang mengalami kerusakan kulit berupa kulit kering dan bersisik, cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan buah semangka sebagai masker karena buah semangka memiliki kadar air yang banyak, sehingga bagus untuk melembabkan kulit tubuh.

Bahaya Buah Semangka

Perlu diperhatikan, buah semangka memang kaya akan manfaat untuk kesehatan dan lains ebagainya, namun buah semangka juga memiliki bahaya tersendiri jika dikonsumsi terlalu berlebihan, namun selama anda rutin mengonsumsi semangka dan tidak berlebihan, bahaya ini tentu saja tidak akan ada. karena sejatinya, sebaik apapun kalau berlebihan jatuhnya memang tidak baik.

  • Gastrointestinal

Buah semangka dapat menyebabkan Gastrointestinal, ini merupakan gangguan tubuh yang disebabkan karena gangguan system pencernaan tubuh yang disebabkan kelebihan lycopene yang terkandung dalam buah semangkan, Gastrointestinal ini akan membuat anda mengalami diare, mual dan kembung jika terlalu berlebihan mengonsumsi buah semangka,

  • Hyperkalemia

Selain lycopene, buah semangka juga kaya akan potassioum, jika dikonsumsi secara berlebihan, potassium ini justru akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh terutama pada mengakibatkan gangguan seperti detak jantung yang kurang beraturan dan kinerja sistem oto yang tidak bagus atau gangguan syaraf. bisa juga membuat ginjal menjadi terganggu jika kelebihan potassium.

  • Diabates

Diabetes bukan hanya menyerang orang berusia 40 tahun ke atas saja, melainkan ke semua orang tanpa terkecuali, mengonsumsi semangka terlalu berlebihan juga dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes ini karena buah semangka memiliki kandungan glikemik yang besar yakni 72% yang tentu sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat membuat kadar gula darah menurun karena diakibatkan kadar insulin pankreas yang terurai.

  • Kurang Darah

Saya sempat katakan diatas mengenai salah satu manfaat buah semangka adalah untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi, namun jika tekanan darah anda sedang turun, usahakan stop mengonsumsi semangka karena nantinya tekanan darah tubuh anda akan makin menurun sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Manfaat Buah Semangka untuk kesuburan, kesehatan, kecantikan dan lain sebagainya, yuk mulai sekarang, konsumsi buah segar dan bermanfaat ini!.

Tinggalkan komentar