Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan yang Jarang di Ketahui

Jeruk Lemon merupakan salah satu jenis jeruk, namun sayangnya tidak terlalu populer khususnya di indonesia ini dikarenakan harganya yang cukup mahal. namun sama halnya seperti jeruk nipis, jeruk lemon juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh bahkan untuk perawatan kulit wajah. berbagai penyakit seperti penyakit pencernaan, stroke dan untuk anda yang ingin menurunkan berat badan bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jeruk lemon.

 

Sebelum membahas mengenai Manfaat dan Khasiat Jeruk Lemon, sebenarnya apa sih Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon? karena sekilas memang sangat mirip diantara kedua jeruk ini,  berikut ini beberapa perbedaannya.

  1. Warna Jeruk ,Pada buah jeruk lemon warnanya kuning, sedangkan jeruk nipis hijau, meskipun ada juga jenis spesies jeruk serupa yang memiliki warna berbeda namun mayoritas adalah warna kuning dan hijau.
  2. Rasa Jeruk , Jeruk Nipis sudah pasti memiliki rasa yang sangat asam dan pahit, berbeda pada jeruk lemon, meskipun asam namun juga ada rasa manis meski tidak terlalu manis. Hal inilah alasan kenapa jeruk lemon sering dijadikan minuman ataupun sebagai pelengkap minuman dari buah lainnya, berbeda dengan jeruk nipis yang penggunaannya mayoritas untuk keperluan bumbu masakan.
  3. Bentuk Jeruk , Sangat mudah sekali membedakan mana jeruk nipis dan mana jeruk lemon. jika jeruk nipis memiliki bentuk bulat padat, maka jeruk lemon berbentuk bulat lonjong.

Setelah mengetahui perbedaan jeruk lemon dan jeruk nipis, mari kita bahas apa saja manfaat jeruk lemon bagi kesehatan? bagaimana cara mengolah jeruk lemon dan bagaimana cara meminumnya yang benar? simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

  • Meningkatkan Kekebalan tubuh

Buah jeruk Lemon pada dasarnya sama seperti jeruk nipis, yakni mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin C pada buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

  • Bagus Untuk pencernaan

Mengonsumsi jeruk lemon biasanya dalam bentuk minuman jus segar, dengan lemon anda akan dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. berbagai masalah pencernaan yang biasanya terjadi seperti mual, diare dan lainnya akan dapat diatasi dengan jeruk lemon.

  • Menurunkan Berat Badan

Jeruk Lemon juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan bagi anda yang sedang dalam proses diet, lemon dapat menekan nafsu makan sehingga secara tidak langsung akan membuat anda dapat mengurangi konsumsi anda sehari hari, selain itu jeruk lemon juga bagus untuk metabolisme tubuh, sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Hal ini juga sudah terbukti dari penelitian Asnaashari S dan team yang di publikasikan Jurnal Phtotherapy Research Pada tahun 2010 dimana jeruk lemon mengandung minyak atsiri yang dapat menurunkan berat badan.

  • Mencegah Asma

Asma merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang menyerang area pernafasan tubuh manusia, orang yang mengalami asma akan sulit bernafas dan sangat mudah kambuh jika terkena angin berlebih dan sebagainya, asma atau sesak nafas ini dapat dicegah dengan mengonsumsi jeruk lemon karena mengandung vitamin C. namun jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi jeruk lemon ini karena itu juga tidak baik.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Jika anda mengalami tekanan darah yang tinggi, maka itu sangat tidak baik untuk kesehaan tubuh, solusinya adalah dengan mengonsumsi buah buahan seperti jeruk lemon ini yang mengandung kalium dan dapat berfungsi untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta pusing maupun mual dan muntah.

  • Menyegarkan Nafas

Jeruk Lemon memiliki aroma tersendiri yang dapat membuat aroma nafas kita menjadi lebih segar dan wangi, namun meskipun begitu, anda sangat dilarang apabila terlalu sering menggunakan jeruk lemon untuk keperluan penyegaran nafas seperti berkumur karena itu juga tidak bagus untuk kesehatan gigi.

  • Sebagai Pembasmi Radikal Bebas

Tubuh manusia tak dapat terbebas dari yang namanya radikal bebas, untuk mengatasi dan mencegah radikal bebas anda bisa menggunakan jeruk lemon karena adanya kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit berbahay terutama kanker.

  • Mengobati Bibir Pecah Pecah

Sama halnya seperti jeruk nipis, manfaat jeruk lemon yang tidak perlu diragukan lagi adalah khasiatnya yang luar biasa untuk mengobati bibir pecah pecah atau kering, vitamin C yang tinggi pada buah jeruk lemon inilah yang membuat bibir pecah pecah dapat teratasi karena daat mengangkat sel sel kulit mati pada bibir, untuk cara menerapkannya juga tidak terlalu sulit, anda hanya perlu mengiris lemon dan kemudian basuh dengan air sampai bersih lalu oleskan lemon ke bibir secara merata dan menyeluruh.

  • Menghilangkan Jerawat

Hampir semua anak remaja pasti punya wajah yang berjerawat, selain menggunakan produk penghilang jerawat atau obat tertentu, anda bisa juga menggunakan metode alami yakni dengan memakai jeruk lemon, jeruk lemon mengandung sifat antibakteri yang dapat membasmi jerawat pada kulit wajah, bukan hanya itu saja, manfaat jeruk lemon juga untuk membersihkan pori wajah yang mengalami penyumbatan, sehinga kulit akan lebih cerah dan bersih.

Cara Membuat Minuman Air Lemon Hangat

Jika anda ingin meminum air jeruk lemon, anda bisa ikuti langkah langkah membuatnya seperti berikut ini, kita akan menggunakan air hangat dan bisa juga pakai air dingin, tergantung selera.

Namun dalam membuatnya, anda tidak boleh sembarangan supaya manfaat jeruk lemon juga dapat terasa, air lemon memiliki kandungan anti bakteri, antivirus dan dapat melawan infeksi, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi.

  1. Siapkan lemon yang sudah dibersihkan dengan sikat.
  2. Masukkan lemon ke kulkas dan bekukan selama kurang lebih 2 jam.
  3. Potong lemon menjadi 20 irisan pada setiap 1 buah lemon dan masukkan ke wadah yang ditutup.
  4. Masukkan lagi ke kulkas dan pada esok harinya anda bisa menyeduh 2 iris lemon dengan air hangat.

Efek Samping Jeruk Lemon

Meskipun jeruk lemon kaya akan manfaat untuk kesehatan, namun juga memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan, dengan ini anda akan mengalami pengikisan lapisan email pada gigi. namun efek samping seperti ini tidak akan terjadi jika anda melakukan tips berikut ini:

Cara Minum Air Jeruk Lemon yang Benar

  1. Minumlah bersamaan dengan makanan, jadi jangan hanya mengonsumsi air jeruk lemonnya saja.
  2. Jangan meminum lemon dengan air yang terlalu panas, konsumsilah jeruk lemon menggunakan air hangat namun usahakan jga hangatnya tidak terlalu panas.
  3. Minum air lemon sebelum menggosok gigi supaya asam yang terdapat pada lemon tidak merusak email gigi.

Itulah beberapa Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Tubuh dan Perawatan Wajah serta Cara meminum dan membuatnya dan efek sampingnya untuk tubuh. Khusus anda yang ingin memanfaatkan lemon untuk diet, sebaiknya seimbangi dengan konsumsi makanan yang lain karena tubuh jika kelebihan vitamin C juga tidak baik.

Tinggalkan komentar