Cara Menentukan Semir Rambut Yang Bagus dan Tidak Merusak Rambut

Semir rambut yang bagus dan tidak merusak rambut wajib di perhatikan bagi mereka yang sering berganti-ganti warna rambut dengan semir rambut yang beragam warna. Ada yang mempertebal dengan warna hitam sesuai warna aslinya dikarenakan rambut putih, namun ada juga dikarenakan alasan mengikuti trend warna rambut terbaru.

Seiring bertambahnya usia anda, tak dapat dihindari bahwa rambut juga akan berubah menjadi putih atau disebut uban. Meski usia anda belumlah tua dan masih berkisar 20 atau 30 tahunan, namun terkadang berubahnya warna rambut menjadi putih juga sering muncul. Belum lagi rasa gatal yang muncul di kulit kepala saat tumbuhnya rambut putih tersebut. Namun ada beberapa sebab berubahnya rambut menjadi putih. Mungkin rambut putih atau  uban yang anda miliki bisa jadi penyebabnya adalah salah satu hal berikut ini :

Penyebab Tumbuhnya Uban

Bertambahnya Usia Anda Menjadi Semakin Tua

Usia 50 tahun adalah usia normal dimana uban akan bermunculan. Karena layaknya kulit kita maka rambut juga berubah teksturnya seiring bertambahnya usia. Jika bertambah usia maka tekstur kulit akan keriput, maka tekstur yang terjadi pada rambut akan berubah menjadi putih. Hal ini diungkapkan oleh seorang Profesor Dermatology dari Stanford University, Prof. Dr. Anthony Oro. Namun banyak orang mengatasi hal ini dengan semir rambut yang mereka lakukan secara berkala.

Faktor Pstress

Meski tidak terlihat secara langsung, Namun stress dapat mempengaruhi rambut menjadi putih atau kusam. Meski kondisi yang sangat mencolok pada orang stress adalah lebih kepada kerontokan rambut

Faktor Gen

Uban pada seseorang sebenarnya dapat terjadi pada usia berapa saja. Jika anda memiliki orang tua yang beruban di usia relatif muda, maka jangan heran jika anda akan mewarisi hal yang sama, akan memiliki rambut putih pada usia muda juga.

Perilaku Gaya Hidup

Merokok merupakan contoh perilaku gaya hidup yang menjadi kebiasaan. Perlu diketahui bahwa merokok dapat mengikis vitamin B12. Padahal vitamin B12 sangat diperlukan dalam tubuh dalam hal mengatur pigmen, menyehatkan rambut, dan sekaligus memberi kekuatan pada rambut. Maka dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi seperti halnya wortel dan kacang hijau yang berperan melindungi tubuh dari racun dan penyakit termasuk melindungi rambut menjadi putih sebelum waktunya.

Dalam hal semir rambut dengan warna sesuai warna aslinya yaitu hitam ataupun warna lain, perhatikan bahwa komposisi yang ada didalamnya hendaknya aman bagi rambut dan kulit kepala anda. Terlebih menyemir rambut hendaklah jangan terlalu sering. Karena akan membuat masalah baru bagi rambut anda. Agar warna rambut yang akan anda gunakan sesuai dengan warna kulit, sehingga hasilnya akan sempurna.

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Semir Rambut

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam hal bagaimana mengenal undertone kulit anda yaitu warna kulit sebenarnya yang tidak akan berubah meski bagian kulit yang lain akan berubah gelap karena sinar matahari, maupun semakin cerah karena krim kosmetik. Hal ini lebih baik anda lakukan sebelum menentukan warna rambut yang akan anda pilih untuk warna semir rambut anda:

  1. Ketahuilah warna nadi di pergelangan tangan anda dibawah sinar matahari

Jika urat nadi anda berwarna ungu atau kebiruan berarti anda memiliki cool skin tone. Namun jika urat nadi berwarna hijau, berarti warna skin tone anda adalah warm. Jika warna biru keunguan dan hijau, maka bisa jadi warna skin tone anda adalah neutral.

  1. Dengan memakai emas atau perak

Gunakanlah perhiasan cincin atau anting berbahan emas atau perak. Jika anda cenderung lebih cocok dengan menggunakan emas, maka warna undertone kulit anda adalah warm. Namun jika lebih cocok menggunakan warna silver berarti undertone anda adalah cool. Jika cocok keduanya maka dapat dipastikan undertone kulit anda adalah neutral.

  1. Gunakan warna cat kuku hijau dan biru

Poles cat kuku berwarna hijau pada satu kuku dan cat kuku biru pada satu kuku lainnya. Lalu buatlah posisi pergelangan tanda anda seperti menggenggam. Perhatikan warna apa yang lebih cocok untuk kukumu. Jika hijau maka undertone kulitmu adalah warm. Namun jika biru maka undertone kulitmu adalah cool. Dan neutral jika kedua warna hijau dan biru tersebut terlihat cocok di kuku anda.

Setelah anda mengenal warna undertone kulit anda, maka anda dapat memilih warna semir rambut yang sesuai sehingga hasilnya akan sempurna nantinya. Karena salah satu alasan wanita mengganti warna rambutnya adalah karena ingin mengganti suasana yang disebabkan karena bosan dengan gaya yang sebelumnya.

Warna Semir Rambut yang Bagus  dan Tips Memilihnya

Berikut jenis warna dalam menyemir rambut anda sesuai warna undertone kulit anda :

  1. Cool Undertone

Untuk jenis warna kulit seperti ini pastikan warna dalam menyemir rambut tidak terlalu warm dan juga jangan terlalu cool. Karena warna yang terlalu warm akan membuat wajah anda terlihat kusam.  Sedangkan warna yang terlalu cool akan membuat wajah terlihat kemerah-merahan. Jadi pilihlah yang sedang-sedang saja.

  1. Warm Undertone

Semir rambut dengan warna Cool Brunette, maka warna iced chocolate strawberry dan ash brown akan terlihat sangat sempurna dengan warna kulit warm undertone. Mintalah penata rambut anda untuk menambahkan warna Cool brown tone yang dapat membantu mencerahkan warna kulit anda. Namun jika anda tidak ingin memiliki satu warna rambut yang solid maka mintalah penata rambut anda untuk menggunakan foil agar rambut anda memiliki dimensi dan tekstur.

  1. Neutral Undertone

Anda yang memiliki warna kulit dengan neutral undertone sangatlah beruntung. Karena anda dapat menggunakan hampir warna apa saja untuk semir rambut anda. Meski tetaplah menjadi perhatian agar tidak memilih warna yang terlalu warm atau terlalu golden. Karena hal ini akan membuat wajah anda terlihat kusam. Anda dapat meminta penata rambut anda agar menggunakan warna Biscuit , Honey ataupun Walnut.

Apapun warna rambut yang ingin anda gunakan, pastikan juga anda berkonsultasi dengan penata rambut anda. Menyemir rambut. Namun hal ini dapat dipastikan membawa efek bagi rambut maupun kulit kepala anda. Karena komposisi dari pewarna yang digunakan menggunakan bahan kimia. Terkadang menggunakan bahan-bahan yang membahayakan kulit anda ataupun dosis yang melebihi yang dianjurkan.

Yang terbaik adalah anda memakai semir rambut berbahan alami atau herbal seperti Hina. Bahan ini terbuat dari daun pohon Inai. Dengan cara menggiling halus daun inai dengan mencampur air secukupnya, lalu oleskan pada rambut anda dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilaslah. Maka anda akan mendapatkan warna rambut yang kemerahan. Hal ini tentu saja dengan sedikit penyesuaian dengan warna undertone kulit anda. Anda dapat mengurangi warna kemerahan yang akan dihasilkan dengan mengurangi jumlah inai yang akan digunakan.

Jika anda ingin menggunakan warna dalam menyemir rambut yang berbahan kimia, bijaklah dalam memilih komposisi, merek dan produsennya, baik bagi warna hitam maupun warna lain. Cermati apakah merk tersebut sudah memiliki izin yang sah dari lembaga resmi dan masih aman untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu. Terlebih jenis pewarna rambut yang dapat bertahan lama karena sifatnya menghilangkan warna rambut yang asli. Yang membuat pewarna rambut tersebut mudah meresap dalam rambut dan bertahan lama hingga 4-5 kali keramas.

Efek Samping Salah Memilih Semir Rambut

Fakta di bawah ini terjadi pada kasus kesalahan dalam menentukan merk semir rambut berbahan kimia yang tidak aman bagi kulit anda :

  • Alergi biasanya muncul pada kulit kepala yang sensitif terhadap bahan kimia tertentu. Sebelum anda menggunakannya ada baiknya anda mencobanya terlebih dahulu dengan memoleskan pewarna rambut tersebut sedikit di daun telinga anda. Diamkan selama 24 jam. Jika muncul kemerahan dan gatal maka zat kimia yang terkandung didalamnya tidak aman untuk digunakan.
  • Gangguan pada kekebalan tubuh atau resiko kanker yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh dan limfatik.
  • Iritasi yang muncul dari  bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam semir rambut dapat terjadi pada kulit kepala dan mata. Yaitu anda akan merasa panas pada mata, gatal pada kulit dan timbul luka.
  • Kanker Payudara adalah reaksi yang timbul dari kandungan Karsinogenik pada pewarna rambut.
  • Gangguan Hormon juga salah satu efek akan zat kimia APE dalam pewarna rambut yang digunakan secara berkala oleh penggunanya.
  • Gangguan janin akan dialami wanita hamil yang menggunakan pewarna rambut yang terserap kulit. Zat kimia ini akan masuk dalam aliran darah dan terserap oleh janin. Bahan kimia berjenis PPD adalah yang paling sering terkandung dalam sebagian besar pewarna rambut. PPD tidak hanya dapat memicu kanker namun juga berakibat iritasi dan alergi yang akan sangat mengganggu.

Bagi anda yang tidak menginginkan menggunakan semir rambut dan ingin rambut anda tetap natural, namun juga ingin mencegah uban di kepala anda. Hal berikut ini dapat dilakukan selain agar Rambut Putih Tidak Muncul Lebih Awal. Juga merawat rambut dan kulit kepala.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Perawatan Rambut Yang Disemir

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi:

  1. Ikan Salmon

Ikan Salmon diketahui mengandung sumber asam Omega 3 yang sangat tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Disarankan agar mengkonsumsi ikan Salmon 2x dalam seminggu.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau tinggi akan kandungan vitamin B6 dan B12 yang sangat diperlukan bagi kesehatan rambut. Salah satu sayuran yang dapat menghasilkan pigmen yang dapat mempertahankan warna rambut adalah Bayam. Begitu juga Daun salam dan Buncis, kedua sayuran hijau ini mengandung tinggi mineral protein yang bermanfaat bagi rambut anda.

  1. Telur

Kandungan telur dipercaya mengandung vitamin B12 yang sangat berguna bagi kesehatan rambut. Baik dimakan atau dioleskan pada rambut dengan mencampurkan minyak Zaitun ataupun madu.

  1. Coklat

Coklat mengandung zat tembaga yang berfungsi menghasilkan zat melanin pada rambut. Melanin sendiri berfungsi menghasilkan warna bagi rambut hingga rambut putih yang muncul pada usia dini, dapat dihindari. Bisa jadi coklat adalah salah satu semir rambut yang lezat yang pernah ada.

  1. Kacang Almond

Diketahui bahwa kandungan kacang Almond dapat mencegah berubahnya warna rambut menjadi putih ataupun kusam. Karena kandungan vitamin E didalamnya.

  1. Pisang

Pisang mengandung Yodium dan zat besi yang tinggi. Juga mengandung Vitamin B1 (tyamin), B2 (ryboflavin) dan B3 (niacin). Yang berguna membantu memberikan kekuatan lebih pada folikel rambut.

Semoga anda dapat memperlakukan rambut anda sebagai mahkota yang berharga dengan bijak. Baik dengan cara natural maupun pemilihan semir rambut. Karena selalu saja mencegah itu lebih baik daripada menanggulangi sesuatu hal buruk yang kadung terjadi.

Tinggalkan komentar