Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Mendengar kata ketombe mungkin akan membuat kita langsung merasa risih dan tidak nyaman. Pasalnya salah satu masalah pada rambut ini rata-rata dialami oleh banyak orang. Tidak hanya membuat kita tidak nyaman karena rasa gatal yang ditimbulkan akan tetapi juga membuat kita tidak percaya diri, karena terkadang ketombe menempel pada baju kita. Sungguh memalukan tentunya jika hal seperti ini terjadi.

Ketombe tersebut berjatuhan seperti salju yakni berwarna putih pada bagian bahu. Tidak hanya itu ketombe ini juga memicu rambut mengalami kerontokan parah. Tahukah anda untuk mengatasi serangan ketombe ini anda harus paham apa yang menyebabkan ketombe ini muncul. Ketombe yang berbentuk serpihan putih ini tidak hanya muncul pada kulit kepala saja akan tetapi juga di area lainnya seperti telinga, alis mata, hidung dan bagian tubuh lainnya yang paling banyak memproduksi minyak.

Kita mengetahui bahwa ketombe ini bisa selesai dengan menggunakan berbagai produk shampo yang memang khusus untuk membasmi ketombe. Namun perlu anda ketahui masalah ketombe ini juga memiliki beberapa tingkat keparahannya.

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi dan membasmi ketombe ini, sebaiknya anda ketahui dahulu apa penyebab ketombe ini. Apa saja? Yuk simak.

Penyebab Rambut Ketombe

Kulit kepala kering dan kotor

Penyebab ketombe yang utama dan paling umum ialah kulit kepala yang kotor dan juga kering. Jika tidak segera ditangani dengan benar dan tepat maka akan mengakibatkan sel kulit yang sudah mati menumpuk hingga menjadi kering. Hal ini akan membuat anda terserang ketombe yang parah untuk beberapa waktu yang lama.

Kulit kepala yang mengering hingga terkelupas pada dasarnya diakibatkan oleh minyak berlebih pada kulit tersebut. ketombe sendiri sebenarnya adalah jamur yang tumbuh secara berlebihan sehingga memakan minyak berlebih pada kulit kepala dan membuat sel kulit mati.

Kulit kepala yang kotor juga menjadi penyebab ketombe parah. Kepala dan rambut yang kotor ini akan menjadi tempat tinggal yang disukai oleh jamur dan bakteri lainnya. Caranya anda bisa rajin membersihkan rambut dengan rutin keramas.

Stres dan malas menyisir rambut

Selain menyebabkan rambut menjadi rontok, stres juga memicu munculnya ketombe pada kulit kepala. Maka sebaiknya anda juga mencoba untuk rileks atau melakukan pemijatan agar badan dan pikiran bisa menjadi segar serta tenang kembali. Selain itu usahakan untuk tidur atau istirahat yang cukup setiap harinya agar tingkat stres terus menurun hingga menghilang.

Penyebab lainnya ialah karena kebiasaan kita yang malas menyisir rambut. Tahukah anda rajin menyisir rambut tidak hanya membuat rambut lembut akan tetapi juga akan membersihkan kotoran yang menempel pada rambut atau kulit kepala. Anda bisa mulai rajin menyisir rambut tiap hari mulai sekarang, agar terhindar dari sel kulit mati yang menumpuk di kepala.

Pola makan yang salah

Tahukah anda pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Konsumsilah sayur-sayuran dan buahan sebagai salah satu cara mengatasi masalah ketombe ini. Tidak hanya mengatasi ketombe namun pola makan sehat juga akan bisa membantu merawat kerontokan pada rambut.

Dermatitis seboroik

Orang dengan kondisi dermatitis seboroik mempunyai masalah seperti iritasi, minyak berlebih dan ketombe yang lumayan parah. Perlu anda ketahui kondisi ini tidak hanya mempengaruhi bagian kulit kepala saja akan tetapi juga area kulit lainnya seperti tulang dada, punggung telinga, hidung dan alis mata. Cirinya yakni area kulit akan terlihat merah, banyak minyak, dan juga tertutup oleh sisik warna putih atau kekuningan.

Sebenarnya kondisi ini tidak terlalu berbahaya dan masih bisa diatasi akan tetapi untuk beberapa orang hal ini menjadi begitu aktif. Membuat kulit kepala menjadi mudah iritasi dan sel kulit semakin ekstra dihasilkan. Saat sel kulit tersebut mati dan rontok kemudian akan bercampur dengan minyak berlebih pada kulit atau rambut. Selanjutnya hal tersebut membentuk ketombe.

Jamur Malassezia

Rata-rata semua orang memiliki jamur Malassezia yang hidup pada permukaan kulit dan memakan sel kulit mati serta minyak berlebih di kepala. Meskipun juga menguntungkan bagi kita, namun sel kulit mati yang bertumpuk dan minyak yang terlalu berlebihan akan menyebabkan masalah ketombe muncul. Anda bisa mencuci dan membersihkan rambut dengan rutin agar ketombe menghilang, serta mengontrol pertumbuhan jamur Malassezia.

Kondisi cuaca

Penyebab ketombe selanjutnya yang datang dari faktor luar ialah cuaca. Saat kondisi cuaca sangat terik dan panas sebaiknya coba dinginkan tubuh dan kepala anda agar ketombe tidak mudah menyerang. Rasa panas pada kepala juga disebabkan oleh penggunaan hair dryer atau penggunaan kerudung. Kepala yang terlalu kepanasan akan membuat sel kulit mati dengan cepat dan akan menimbulkan ketombe. Sebagai antisipasinya anda bisa mengurangi penggunaan hair dryer dan menggunakan bahan kerudung yang lebih nyaman.

Jarang keramas dan terlalu sering keramas

Sebaiknya jangan mencuci rambut setiap hari akan tetapi disarankan untuk keramas satu kali tiga hari. Menurut penelitian keramas terlalu sering juga menjadi salah satu penyebab ketombe menyerang. Selain itu keramas setiap hari hanya akan membuat minyak alami rambut menghilang dan memicu kulit kepala cepat iritasi.

Gejala Ketombe

Jika seseorang menderita masalah ketombe maka pasti akan merasakan gejala seperti kulit kepala yang bersisik dan sering merasa gatal-gatal. Selain itu ada juga beberapa gejala lainnya yang umum dirasakan oleh penderita ketombe, antara lain :

  • Terkadang membuat beberapa bagian kulit kepala bengkak dan juga memerah.
  • Sering merasakan sangat gatal pada kulit kepala, bahkan rasa gatalnya sangat mengganggu.
  • Mulai menyebar pada area kulit lainnya seperti hidung, punggung telinga, dan lainnya.
  • Rambut mengalami kerontokan yang makin hari makin parah.

Ketika kondisi diatas masih tetap anda alami dan juga sudah menggunakan shampo anti ketombe sebagai cara mengatasi, namun ketombe tidak juga menghilang. Sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

Sekarang ini tidak banyak produsen shampo berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk yang mampu membasmi ketombe. Bisa anda lihat di pasaran berbagai merk shampo dengan fungsi anti ketombe dijual, namun masih juga terkadang tidak mampu membasmi ketombe 100 % dari kulit kepala. Selain menggunakan shampo anti ketombe sebagai alternatif lainnya anda juga bisa menggunakan berbagai ramuan dari bahan alami. Bahan alami juga banyak terbukti mampu mengatasi dan membasmi ketombe dengan sangat baik.

Cara mengatasi ketombe secara alami

Lidah buaya

Bahan alami yang satu ini memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan sering dijadikan alternatif untuk berbagai macam ramuan. Beberapa kandungan yang terdapat dalam lidah buaya ialah kalsium, karbohidrat, lemak, protein, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C. Lidah buaya ini juga sangat baik untuk menghitamkan rambut, membuat rambut tampak berkilau dan juga mampu mengatasi rambut rontok. Kandungan lidah buaya mampu menguatkan akar rambut serta yang paling penting lidah buaya juga ampuh membasmi ketombe dengan alami.

Cara membuat ramuan anti ketombe menggunakan bahan ini antara lain yakni haluskan daging dari lidah buaya tidak perlu terlalu banyak secukupnya saja. Selanjutnya oleskan bahan tersebut pada kulit kepala secara merata, kemudian pijat lembut agar ramuan tersebut meresap ke kulit. Setelah itu biarkan saja selama kurang lebih 30 menit dan baru setelahnya dibilas dengan air sampai bersih.

Jeruk nipis

Tahukah anda jeruk nipis adalah salah satu jenis buah-buahan yang kaya dengan kandungan vitamin C. Selain vitamin C juga terdapat kandungan lain seperti vitamin B1, B2, B3, serat, karbohidrat, kalsium, zat  besi, fosfor, dan masih banyak kandungan lainnya. Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis akan membantu pertumbuhan akar rambut. Jika jeruk nipis ini anda gunakan secara rutin dan teratur tidak hanya menebalkan dan mengantisipasi kebotakan, juga bagus untuk membasmi ketombe.

Cara membuat ramuan anti ketombe menggunakan jeruk nipis ialah dengan memeras jeruk nipis, lalu campurkan air perasan jeruk nipis dengan air bersih secukupnya saja. Langkah berikutnya anda bisa mengoleskan pada kulit kepala atau rambut secara rata dan tunggu beberapa menit agar meresap hingga ke dalam kulit kepala. Terakhir bisa anda bilas dengan air hingga bersih.

Minyak kemiri

Selain berfungsi untuk menyuburkan rambut, minyak kemiri ini dikatakan juga ampuh dalam membasmi ketombe yang sangat mengganggu kita. Cara membuat ramuannya ialah gunakan minyak kemiri ini pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas. Lalu diamkan selama 30 menit dan baru bilas dengan air bersih.

Lemon

Selain jeruk nipis anda juga menggunakan buah lemon sebagai solusi untuk membasmi ketombe dan mengurangi rambut rontok. Nah, untuk cara penggunaannya sama dengan cara pengaplikasian jeruk nipis tadi.

Daun sirsak

Kandungan acetogenin yang terdapat dalam daun sirsak dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Acetogenin ialah senyawa aktif yang aktivitasnya membunuh racun yang ada dalam tubuh kita dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat daun sirsak ini sangat bagus dalam membunuh berbagai bakteri dan racun yang ada dalam tubuh manusia. Hal ini menyebabkan daun sirsak sangat bagus dalam membasmi dan menghambat perkembangan jamur/kutu penyebab ketombe.

Cara menggunakan daun sirsak sebagai anti ketombe ialah tumbuk beberapa helai daun sirsak hingga halus. Lalu tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai masker pada rambut anda dengan mengoleskan secara rata. Diamkan selama 30 menit agar meresap, baru kemudian dicuci dengan air hingga bersih.

Cuka

Tentu aneh rasanya bagi kita mendengar bahwa cuka bisa mengatasi ketombe, karena yang kita ketahui cuka digunakan untuk campuran pada bahan makanan. Anda bisa menggunakan bahan yang satu ini untuk mengusir ketombe di kepala, namun sebaiknya gunakan dengan hati-hati ya.

Cara menggunakan bahan cuka ini ialah satu sendok teh cuka tersebut oleskan secara merata pada kepala. Diamkan untuk beberapa agar cuka meresap dan selanjutnya cuci kepala dengan air bersih. Jika anda menginginkan hasil yang maksimal maka bisa lakukan cara ini seminggu dua kali.

Baking soda

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan untuk membasmi ketombe ialah baking soda. Bahkan cara ini diklaim mampu membasmi ketombe secara permanen. Tidak jauh beda dengan penggunaan cuka, jangan gunakan baking soda terlalu banyak. Cara penggunaannya bisa dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air bersih. Kemudian aplikasikan pada kepala dan biarkan beberapa saat hingga meresap. Terakhir bilaslah dengan air hingga bersih.

Tinggalkan komentar