Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sirsak merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia, meski buah tersebut berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam hal rasa, buah sirsak memiliki rasa yang asam dan manis menyegarkan. Selain memiliki daging buah yang berserat, buah sirsak juga memiliki kandungan zat aktif yang sangat berguna bagi tubuh, diantaranya yakni karbohidrat, fruktosa, vitamin C, B1 dan B2.

Berbicara tentang sirsak, tahukah Anda bahwa tak hanya buah sirsak saja yang memiliki kandungan zat aktif yang berguna bagi tubuh, namun ternyata daunnya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Mengobati Penyakit Kanker
Manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker mungkin telah banyak diketahui oleh orang, hal ini memang daun sirsak telah digunakan secara turun temurun sebagai ramuan mengobati penyakit kanker. Selain itu, daun sirsak juga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan kegunaannya lebih cepat dan efektif dibandingkan kemoterapi.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena daun sirsak mengandung acetogenin yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker bahkan menghilangkannya. Perlu Anda ketahui pula, acetogenin dalam daun sirsak memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, bahkan bisa melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan driamycin.

Nah, untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, maka hal yang harus Anda lakukan adalah merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air. Kemudian rebus hingga airnya tersisa satu gelas saja. Selanjutnya minum air rebusannya tersebut di pagi hari setiap hari hingga Anda sembuh.

Mengobati Asam Urat
Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yakni untuk mengobati asam urat. Hal ini karena selain mengandung acetogenin, daun sirsak juga mengandung annocatalin, annomuricin, caclourin, asam gentisic dan asam linoleat yang sangat ampuh untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah meminum air rebusan daun sirsak. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan merebus 10 lembar daun sirsak menggunakan 3 gelas air putih, kemudian tunggu hingga mendidih atau air rebusannya tinggal 1 gelas. Selanjutnya minum setiap hari di pagi hari hingga sembuh.

Mengobati Kolesterol
Bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol, maka daun sirsak ini bisa Anda ambil manfaatnya. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol yakni dengan merebus 10 daun sirsak dengan 3 gelas air putih. Tunggu hingga mendidih dan air rebusannya tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusannya secara rutin di pagi hari hingga sembuh.

Mengobati Kista Ovarium
Kista ovarium atau tumor jinak merupakan penyakit yang sering ditemui oleh wanita. Nah, bagi Anda yang mengidap penyakit ini, maka tak perlu bingung, sebab daun sirsak bisa menyembuhkannya dengan mudah.

Seperti halnya mengobati kanker, manfaat daun sirsak untuk kista ovarium juga dengan menghambat pertumbuhan sel kista, bahkan menghilangkannya dengan mudah.

Untuk mengambil manfaatnya yakni dengan merebus 10 daun sirsak menggunakan 3 gelas air, kemudian tunggu hingga mendidih atau air rebusannya tinggal 1 gelas. Selanjutnya minum secara rutin setiap pagi air rebusan daun sirsak tersebut.

Mengobati Penyakit Diabetes
Manfaat daun sirsak selanjutnya yang sangat penting dalam kehidupan adalah mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena di dalam daun sirsak mengandung senyawa yang mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, kandungan antioksidan seperti bioflavonoid, saponin dan polienil di dalam daun sirsak juga mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, sehingga selain ampuh menghilangkan penyakit diabetes juga efektif menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat daun sirsak ini memang telah terkenal sejak dulu, sehingga tak heran jika banyak ramuan tradisional atau bahkan resep obat dari dokter sekalipun yang menggunakan daun sirsak sebagai salah satu komposisi utamanya.

Tinggalkan komentar