Fungsi Makanan Karbohidrat untuk Tubuh

Infokekinian.com – Kami akan membahas mengenai apa saja fungsi makanan karbohidrat yang bagus untuk tubuh dan kesehatan. Yuk simak bagaimana penjelasannya!

Saat ini, ada berbagai cara alami untuk diet dengan menghilangkan makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat dilarang karena dianggap berkontribusi pada peningkatan tubuh.

Padahal karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apa jadinya jika kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tidak terpenuhi?

Karbohidrat adalah sumber energi yang luar biasa bagi tubuh dan dapat membantu penurunan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Menjaga Saluran Pencernaan

Fungsi Makanan Karbohidrat bagi Tubuh

Karbohidrat juga melayani tujuan lain yang sebelumnya tidak diketahui. Apa yang mereka lakukan? Lihat paragraf berikutnya untuk informasi lebih lanjut.

Sebagai Sumber Energi Utama

Fungsi utama karbohidrat yang umum dikenal oleh individu adalah bahwa karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Karbohidrat adalah bahan bakar utama yang dibutuhkan tubuh untuk energi. Energi ini diperlukan agar orang dapat melakukan berbagai tugas.

Selama proses pencernaan, tubuh bekerja untuk memecah gula dan pati yang terdapat dalam makanan dan kemudian menyerapnya ke dalam sirkulasi yang kemudian membentuk gula darah atau glukosa. Untuk menjalankan tugas sehari-hari, tubuh kamu mengkamulkan glukosa sebagai sumber energi.

Glukosa dibutuhkan tidak hanya oleh tubuh tetapi juga oleh otak untuk kinerja yang optimal. Jika tubuh kamu kekurangan pasokan karbohidrat, hal itu dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, lemas, lesu dan kekurangan energi.

Dalam situasi ini, otak kamu tidak dapat berfungsi secara normal. Contoh sederhananya adalah ketika kamu lapar, kamu tidak bisa berpikir dengan baik.

Untuk Membatasi Asupan Kalori – Fungsi Makanan Karbohidrat

Fungsi kedua dari karbohidrat adalah untuk membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan penelitian ilmiah, kandungan serat yang tinggi pada karbohidrat akan membantu seseorang merasa lebih cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama daripada lemak.

Karbohidrat juga memiliki kalori minimal. Dalam 1 gram karbohidrat hanya mengandung 4 kalori tetapi dalam 1 gram lemak mengandung 9 kalori. Dengan begitu, karbohidrat berfungsi sama efektifnya dengan mengatur berat badan kamu. Konsumsi karbohidrat dalam tubuh sangat bermanfaat untuk pengelolaan berat badan yang sehat.

Menurunkan Risiko Penyakit Tertentu

Dapat meminimalkan kemungkinan tertular penyakit tertentu juga merupakan salah satu fungsi karbohidrat yang belum dipahami secara umum.

Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan pada serat makanan dan biji-bijian, dihipotesiskan bahwa mereka dapat menurunkan kemungkinan terkena beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sumber karbohidrat yang tinggi serat makanan antara lain kentang, ubi jalar, sayuran, dan biji-bijian, sehingga asupan makanan yang mengandung karbohidrat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, sekaligus meminimalkan risiko penyakit berbahaya seperti yang disebutkan di atas.

Menjaga Kesehatan Jantung – Fungsi Makanan Karbohidrat

Karbohidrat juga membantu menjaga kesehatan jantung dan organ penting lainnya. Kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga, jika jantung kita tidak sehat, sangat berbahaya dan dapat membawa beberapa gangguan besar yang mematikan.

Makanan yang mengandung banyak serat dan karbohidrat dapat membantu mengurangi akumulasi kolesterol di jantung. Akumulasi kolesterol inilah yang menjadi penyebab utama serangan jantung atau stroke.

Nah, dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan karbohidrat, sehingga bisa menurunkan pembentukan kolesterol di jantung. Oleh karena itu, benar jika dikatakan bahwa salah satu peran karbohidrat adalah menjaga kesehatan jantung.

Karbohidrat dari biji-bijian bergizi, sayuran, buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Tetapi ada karbohidrat lain yang perlu dihindari, terutama makanan berkarbohidrat seperti kue, makanan tinggi lemak, makanan yang dibuat dari tepung putih dan makanan yang mengandung banyak gula tambahan.

Penentu Indeks Glikemik

Penentu Indeks Glikemik

Indeks glikemik adalah fungsi dari seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diserap oleh tubuh, dan didasarkan pada indeks glikemik.

Semakin besar indeks glikemik maka semakin cepat makanan tersebut menaikkan kadar gula darah, sedangkan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah lebih lama diserap tubuh dan menyebabkan gula darah tidak cepat naik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa praktik minum atau makan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti kue manis, roti putih, minuman ringan, cokelat, dan sebagainya dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Menjaga Saluran Pencernaan – Fungsi Makanan Karbohidrat

Karbohidrat juga membantu menjaga fungsi pencernaan kamu dalam kondisi yang baik. Sembelit, diare, dan gangguan sistem pencernaan lainnya dapat dikurangi dengan makan banyak karbohidrat.

Diet tinggi serat dan karbohidrat membantu pencernaan berjalan lebih cepat. Di sisi lain, jika kamu tidak makan cukup karbohidrat, kamu berisiko tidak menerima cukup serat, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Kurangnya makanan kaya karbohidrat dapat menimbulkan masalah dengan pencernaan, dan kamu tidak menginginkannya.

Baik Untuk Membantu Fungsi Otak

Karbohidrat juga berfungsi sebagai penunjang otak untuk bekerja dengan benar dan memadai. Saat kamu mengonsumsi makanan berkarbohidrat, otak kamu akan memanfaatkan energi untuk menjalankan fungsinya. Memang benar apa yang mereka katakan tentang berurusan dengan otak yang mengambil energi.

Ini juga tipikal bagi seseorang untuk merasa lapar dengan cepat sementara hanya melakukan apa pun yang menuntut kapasitas intelektual untuk melakukannya. Konsumsi karbohidrat cenderung mengurangi cadangan energi tubuh juga.

Untuk membangunkan kembali sel-sel otak yang lelah dan membutuhkan energi segar agar berfungsi secara efektif, karbohidrat digunakan dengan cara ini.

Jadi jika kamu merasa pusing atau kurang konsentrasi untuk berpikir, mungkin karena kamu lapar dan butuh makanan. Saat lapar menyerang, otak menjadi tersumbat dan sulit berpikir jernih.

Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Kedelapan fungsi karbohidrat adalah mengoptimalkan fungsi protein atau meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Oleh karena itu, sangat perlu untuk menjaga kebutuhan karbohidrat dalam tubuh agar fungsi protein dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Karena protein sendiri merupakan kebutuhan yang sangat kritis dan harus dipenuhi dalam tubuh. Protein dibutuhkan oleh semua organ tubuh manusia agar dapat berfungsi secara efektif. Laktosa, jenis karbohidrat, sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu secara keseluruhan.

Laktosa dari susu atau yogurt seringkali merupakan sumber terbaik. Zat ini bisa membuat tubuh terasa lebih kenyang dalam waktu lama atau tahan lama. Laktosa juga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Sebagai Pengatur Kenaikan Kadar Gula dalam Darah – Fungsi Makanan Karbohidrat

Karbohidrat memiliki fungsi penting dalam mengontrol kadar gula darah, yang merupakan peran yang kebanyakan orang tidak sadari. Sebagian besar waktu, orang makan makanan kaya karbohidrat bahkan tanpa menyadarinya.

Sedangkan jenis karbohidrat yang mengandung banyak gula dapat meningkatkan konsentrasi gula dalam darah. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, sangat mungkin untuk menderita diabetes. Nah, fungsi karbohidrat di sini adalah untuk memoderasi pertumbuhan kadar gula darah.

Untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap optimal, maka perlu mengkonsumsi berbagai sumber karbohidrat (serat dan gula). Produksi gula dan risiko terkena diabetes keduanya berkurang dengan konsumsi serat ini.

Membantu Menjaga Massa Otot

Fungsi tubuh bagi tubuh juga dapat membantu mempertahankan massa otot. Ketika tubuh tidak memiliki simpanan lemak yang cukup untuk menyediakan energi, tubuh secara naluriah akan menggunakan otot untuk tugas-tugas.

Penyimpanan cadangan glukosa di otot sangat penting pada saat-saat seperti ini, karena dapat membantu mempertahankan kesehatan otot. Ketika simpanan glukosa dalam otot telah habis total, otot akan mengambil cadangan energi yang masih berupa protein.

Dalam proses mengubah protein menjadi energi, akan mengubah massa otot dalam tubuh manusia. Protein merupakan bahan pembangun massa otot yang sangat vital, dimana jika protein terus menerus dimanfaatkan maka massa otot dalam tubuh juga akan menurun.

Energi fisik dan stamina tubuh menurun seiring waktu karena massa otot hilang seiring bertambahnya usia dan tubuh fisik berkurang.

Bahkan jika sudah terlambat untuk disembuhkan, itu dapat menyebabkan kematian. Fungsi karbohidrat dalam skenario ini adalah untuk meminimalkan kerusakan otot dan menawarkan glukosa sebagai sumber energi untuk fungsi otak.

Karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana adalah dua jenis karbohidrat yang dapat ditemukan dalam makanan.

Karbohidrat yang diklasifikasikan sebagai “kompleks” memiliki konsentrasi molekul gula yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi. Karena butuh waktu lama untuk mencerna karbohidrat jenis ini.

Fungsi karbohidrat kompleks juga memiliki manfaat yaitu dapat memberikan energi secara terus-menerus tanpa memberikan kesempatan tubuh menerima asupan kalori berlebih yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga. Selain itu, karbohidrat kompleks juga memiliki penurunan risiko penumpukan lemak dalam tubuh.

Sedangkan karbohidrat sederhana mengandung lebih sedikit molekul gula, yang memungkinkan proses pencernaan karbohidrat jenis ini menjadi lebih cepat. Gula sendiri merupakan bentuk sederhana dari karbohidrat.

Jenis Makanan Yang Banyak Mengandung Karbohidrat

Lantas, apa saja jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat?

Pati

Pati merupakan sumber makanan pertama dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Kategori karbohidrat kompleks termasuk pati. Makanan sumber pati terutama dibuat dari gandum, pasta, roti, kacang-kacangan, jagung, kentang dan sebagainya.

Menurunkan Risiko Penyakit Tertentu

Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran

Buah dan sayur juga merupakan sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat sederhana dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran karena kandungan gulanya yang rendah dan kemudahan pencernaan.

Susu

Ini juga merupakan ide yang baik untuk sering minum susu untuk membantu pencernaan karena ini adalah karbohidrat sederhana yang mudah dipecah dan diserap.

Kesimpulan

Saat ini, ada berbagai cara untuk diet dengan menghilangkan makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi yang luar biasa bagi tubuh dan dapat membantu penurunan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Kandungan serat yang tinggi dalam karbohidrat akan membantu seseorang merasa lebih cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama daripada lemak.

Karbohidrat dari biji-bijian bergizi, sayuran, buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan jantung kamu.

Sembelit, diare, dan gangguan sistem pencernaan lainnya dapat dikurangi dengan makan banyak karbohidrat.

Nah itulah penjelasan mengenai fungsi makanan karbohidrat , semoga informasi yang kami berikan bermanfaat ya!

/* */